T11/07/2014

Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali

Tempat Wisata Pantai Watu Klotok => Kabupaten klungkung secara umum terbagi menjadi dua wilayah yaitu klungkung daratan dan klungkung kepulauan. Sebagian besar wilayah klungkung berupa kepulauan yang meliputi pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan, sedangkan wilayah klungkung daratan menyatu dengan pulau Bali. Karena wilayah klungkung daratan lebih kecil, maka klungkung daratan tidak banyak memiliki wisata pantai. Adapun objek wisata pantai yang ada di klungkung daratan yakni pantai kusamba, pantai lepang, pantai sedayu, pantai jumpai, pantai tegal besar, pantai watu klotok, dan lain-lain. Pada postingan ini long trip mania akan mengulas tentang pantai watu klotok.
Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali
Pantai Watu Klotok denga pasir hitamnya

Nama Watu Klotok diambil dari istilah "watu" yang memiliki arti batu, dan "klotok" yang berarti bunyi. Jadi watu klotok artinya batu yang mengeluarkan bunyi. Oleh karena konon di pantai ini ditemukan batu yang bisa mengeluarkan bunyi maka pantai ini diberi nama pantai Watu Klotok.

Pantai watu klotok terletak di Banjar Celepik, Desa Tojan, kecamatan Klungkung. Pantai watu klotok sering disebut dengan pantai klotok, sehingga jika Anda menuju pantai ini maka petunjuk arah (plank) yang ada di jalan by pass Ida Bagus Mantra akan dituliskan pantai klotok. Bagaimana mengakses pantai watu klotok?

Jika Anda berangkat dari kawasan kuta atau bandara Ngurah Rai, maka arahkan kendaraan Anda menuju jalan by pass Ngurah Rai menuju kawasan sanur. Dari kawasan sanur arahkan kendaraan Anda menuju jalan by pass Ida Bagus Mantra menuju ke timur sampai di perempatan Desa Tojan atau sering disebut sebagai perempatan pantai klotok akan belok ke kanan dan Anda sudah sampai di pantai watu klotok.

Jika Anda dari kawasan objek wisata kerta gosa yang berada di kota klungkung (Semarapura) maka arahkan kendaraan Anda di jalan raya Puputan sampai ke jalan raya Tojan. Dari jalan Raya Tojan lurus hingga menemukan jalan by pass Ida Bagus Mantra dan bertemu dengan perempatan. Diperempatan tersebut Anda lurus maka Anda akan bertemu dengan pantai watu klotok. Jarak Pantai Watu Klotok dari kota Semarapura kira-kira 5 km ke arah selatan.

Jika dari kawasan Pantai Candidasa maka arahkan kendaraan Anda menuju pantai kusamba atau Pura Goa Lawah sampai jalan By Pass Ida Bagus Mantra dengan melewati Jl Raya Kusamba terlebih dahulu, nanti akan bertemu perempatan pantai klotok (plank) belok ke kiri.

Pantai Watu Klotok memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk kegiatan surfing bagi yang suka olahraga tantangan, sehingga pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara untuk menjajal ombak di pantai ini. Ombak Pantai Watu Klotok tampaknya cukup kuat menggerus pinggir pantai sehingga di pinggir pantai Watu Klotok diberi tembok beton yang rendah.
Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali
Pantai Watu Klotok pada siang hari

Selain memiliki ombak yang bagus untuk kegiatan surfing, pantai Watu Klotok juga memiliki panorama yang indah dengan pasir pantai yang berwarna hitam. Di sekitar pantai Anda juga bisa menyaksikan pemandangan persawahan serta pemandangan Gunung Agung yang terlihat megah dan indah dari kejauhan.
Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali
Pantai Watu Klotok pada senja hari

Pantai ini akan ramai dikunjungi oleh penduduk lokal pada saat akhir pekan. Perlu diingat, jika anda mengunjungi kawasan ini dilarang keras berbuat hal-hal yang kurang sopan karena pantai ini merupakan kawasan suci dan berdiri sebuah pura kahyangan jagat yang bernama Pura Watu Klotok.
Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali
Pura Segara Watu Klotok

Penduduk di sekitar pantai watu klotok bekerja sebagai pengerajin “batu sikat”. Batu sikat merupakan bebatuan kecil yang halus yang diambil di pinggir pantai. Batu sikat ini disulap menjadi hiasan pot bunga atau hiasan lantai. Selain itu penduduk lokal juga ada yang berjualan sate lilit. Selain serombotan yang sudah terkenal, sate lilit merupakan makanan khas klungkung. Jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi pantai ini, maka sempatkan diri Anda menikmati kuliner khas klungkung yakni sate lilitnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai watu klotok yakni area parkir yang cukup luas, toilet, dan sejumlah pedagang yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Jadi, silahkan kunjungi objek wisata pantai di sepanjang jalan by pass Prof Dr Ida Bagus Mantra.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Watu Klotok Klungkung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif