free counter with statistics Rekomendasi 10 Pantai Di Denpasar Selatan
T10/08/2019

Rekomendasi 10 Pantai Di Denpasar Selatan

Iklan
Iklan

Denpasar Selatan adalah sebuah kecamatan di kota Denpasar, provinsi Bali, Indonesia. Wilayah Kecamatan Denpasar Selatan sebagian besar merupakan wilayah pesisir, yakni 8 Desa/Lurah terletak di wilayah pantai dan 2 Desa/Lurah merupakan wilayah bukan pantai. Adapun 4 desa dan 6 kelurahan yang ada di Denpasar Selatan yakni Desa Pemogan, Desa Sanur Kaja, Desa Sanur Kauh, Desa Sidakarya, Kelurahan Panjer, Kelurahan Pedungan, Kelurahan Renon, Kelurahan Sanur, Kelurahan Serangan, dan Kelurahan Sesetan.
Rekomendasi 10 Pantai Di Denpasar Selatan
Pantai di Denpasar Selatan

Karena sebagian besar wilayah kecamatan Denpasar Selatan berada di pesisir tentunya kecamatan ini memiliki pantai yang sangat mempesona. Yang lebih keren, hampir semua pantai di kecamatan Denpasar Selatan berpasir putih yang eksotis dan terkenal keindahannya hingga ke luar negeri. Bagi yang mencari pantai di Denpasar Selatan, admin rekomendasikan untuk mengunjungi 10 pantai di Denpasar Selatan berikut ini.

1. Pantai Matahari terbit
Pantai ini berada di sebelah selatan pantai Padang Galak, tepatnya di Jalan Pantai Matahari Terbit, Sanur. Walaupun masih satu garis dengan pantai Padang Galak, pantai Matahari Terbit berpasir putih lho. Sesuai dengan namanya, pantai ini terkenal akan keindahan matahari terbitnya, sehingga tidak mengherankan jika menjelang matahari akan terbit banyak wisatawan yang nongkrong di pantai ini. Selain itu, pantai ini dijadikan spot penyeberangan ke pulau Nusa Ceningan atau Nusa Lembongan, sehingga pantai ini tiap harinya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

2. Segara ayu
Pantai Segara Ayu merupakan pantai nelayan sehingga tepat di depan pantai ini terdapat sebuah patung seorang nelayan yang membawa jaring dan seolah-olah melihat laut. Pantai yang berpasir putih ini merupakan spot untuk menyaksikan matahari terbit pada pagi hari dan sore hari dipenuhi oleh pengunjung yang mandi di pantai pasir putih ini. Pantai ini beralamat di Jalan Pantai Segara Ayu, Sanur.

3. Pantai Sindhu
Pantai Sindhu berada di Jalan Pantai Sindu, Sanur. Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang sangat tenang, sehingga ramah untuk anak-anak. Tidak mengherankan kalau pantai ini kerap kali digunakan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga yang tinggal di Kota Denpasar dan sekitarnya.  Sore hari pantai ini dipadati oleh wisatawan lokal yang ingin mandi di pantai ini sambil bermain kano.

4. Pantai Karang
Yang unik dari pantai Karang adalah terdapat gazebo kembar yang menghiasi pantainya. Jika air laut mengalami pasang, gazebo kembar ini akan terpisah dengan daratan sehingga tampak berada di tengah lautan yang menambah indahnya kawasan pantai berpasir putih ini. Tetapi jika laut sedang surut, kita bisa jalan-jalan menuju gazebo tersebut. Gazebo kembar ini kerap kali digunakan sebagai latar belakang foto selfie.

5. Pantai Mertasari
Diantara semua pantai yang ada di kawasan sanur, Pantai Mertasari memiliki ciri khas tersendiri yaitu kita bisa menyaksikan matahari tebit sekaligus matahari terbenam. Pagi hari pengunjung akan disajikan panorama matahari terbit yang sangat indah, sedangkan pada sore hari akan disuguhkan dengan panorama matahari terbenam yang tidak kalah cantiknya seperti sunset di Kuta. Pantai ini sering digunakan untuk mengadakan festival layang-layang setiap tahunnya. Jika ingin melihat meriahnya festival layang-layang di Pantai Mertasari, datanglah pada bulan Juli - Sepetember setiap tahunnya.

6. Pantai Serangan
Pantai Serangan dikenal juga dengan sebutan pantai penyu karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat pusat penangkaran penyu hijau yang sangat langka. Pantai yang berpasir putih ini  memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga cocok untuk rekreasi keluarga. Pantai Serangan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan panorama yang menakjubkan dengan keadaan pantainya yang asri dan tenang. Kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya berenang, berjemur dan bersantai. Di pantai ini juga terdapat dermaga penyeberangan menuju Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Gili Trawangan. Sambil duduk di pasir putih kita bisa melihat aktivitas para traveler atau penduduk yang turun atau naik ke kapal yang akan menyeberang dari Nusa Lembongan atau sebaliknya.

7. Pantai Batu Jimbar
Bagi yang ingin mencari pantai yang tenang, maka pantai Batu Jimbar pilihan yang sangat tepat. Ombak di pantai Batu Jimbar sangat tenang bahkan kadang-kadang sama sekali tidak ada ombaknya sehingga pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai yang sangat ramah dengan anak-anak. Airnya yang tenang dengan bentangan pantai pasir putih akan membuat anak-anak betah bermain air laut atau pasir putih. Siang hari kita akan melihat perahu nelayan yang berjejer dengan rapi di pinggir pantai tentunya akan menambah indahnya kawasan ini. Sesekali akan terlihat wisatawan asing yang asik bermain jetski hilir mudik di tengah pantai. Bagi yang suka bermain kano, pantai ini merupakan pilihan yang tepat karena lautnya yang cukup tenang.

8. Pantai Reklamasi Serangan
Tidak jauh dari pantai Serangan, di pulau Serangan juga terdapat pantai akibat dari reklamasi pulau Serangan. Karena hasil reklamasi, maka seluruh pantai ini dibentengi dengan batu yang sangat besar. Sambil duduk di atas batu, kita bisa melihat aktivitas di Pelabuhan Benoa. Selain itu, di sini juga kita bisa melihat aktivitas para pelancong yang uji nyali dengan bermain permainan air (watersport) yang berada di pantai Tanjung Benoa. Sore hari pantai ini menawarkan keindahan matahari tenggelam yang sangat memukau. Di sini banyak sekali ada spot untuk berfoto selfie dengan panorama yang sangat keren.

9. Pantai Semawang
Sama seperti pantai lainnya di kawasan Sanur, pantai Semawang dapat dijadikan sebagai spot untuk menyaksikan sunrise dengan keindahan yang spektakuler. Selain itu, pantai Semawang juga dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Pantai ini ramah dengan anak-anak karena memiliki gelombang yang kecil dan kadang-kadang tidak ada sama sekali.

10. Pantai Pengembak
Pantai ini bernama Pantai Pengembak karena tidak jauh dari pantai ini berada sebuah tempat suci yang bernama Pura Dalem Pengembak. Pantai ini merupakan pantai yang paling ujung di kawasan Sanur. Di sini kita bisa menyaksikan keindahan hutan bakau. Di pantai ini terdapat sebuah taman rekreasi keluarga yang bernama Taman Inspirasi Mertasari. Di sini tersedia spot untuk berfoto selfie seperti ayunan dan pohon bakau yang sangat indah.

Selain itu, masih ada pantai lainnya di Denpasar Selatan yang mungkin bisa dikunjungi dan memiliki panorama alam yang sangat mempersona seperti pantai Sidakarya, pantai Cemara Alit, pantai Duyung, Pantai Serangan Timur, Pantai Serangan I, Pantai Serangan II, dan Pantai Serangan III. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencari tempat wisata pantai di Denpasar Selatan.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Denpasar_Selatan,_Denpasar
https://densel.denpasarkota.go.id
Iklan