free counter with statistics Inilah 100 Desa Wisata Unik Yang Ada Di Bali
T2/17/2018

Inilah 100 Desa Wisata Unik Yang Ada Di Bali

Iklan
Iklan
Bali merupakan surganya destinasi wisata yang keren dan unik, sehingga tidak mengherankan jika bali mendapat julukan sebagai The Island of Paradise dan The Last Paradise on Earth. Gunung, bukit, lembah, danau, jurang, tebing, air terjun, sawah, sungai sampai pantai, teluk dan laut di Bali mempunyai pemandangan yang eksotis dan mengagumkan tiap mata memandangnya.
Inilah 100 Desa Wisata Unik Yang Ada Di Bali
Suasana Desa Wisata Penglipuran

Tidak hanya wisata alamnya yang sudah melegenda, keunikan dan kehidupan warga dengan budaya dan keseniannya juga sangat terkenal. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke bali dapat memilih destinasi wisata dengan bebas dan tidak membosankan. Salah satunya dengan mengunjungi desa wisata yang unik dan mungkin tidak ada di tempat lainnya. Jika tertarik untuk mengunjungi desa wisata di Bali, berikut admin bagikan beberapa desa wisata yang ada di bali yang layak untuk dikunjungi.

1. Desa Wisata Perancak
Desa Perancak menyajikan banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, seperti pantai perancak dengan pohon kelapa yang melambai-lambai, perancak sunset point yang menjadi incaran turis asing, sirkuit makepung sebagai tempat diadakannya tradisi makepung tiap tahunnya, hutan mangrove yang hijau dan asri, pura perancak, dan pelabuhan nelayan perancak yang unik dengan jukung-jukung nelayan yang bersandar. Sebagian besar penduduk di desa perancak bekerja sebagai nelayan. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Desa Wisata Yeh Embang Kangin
Desa Wisata Yeh Embang kangin menawarkan pesona keindahan pantai Rambut Siwi dengan sebuah tempat suci umat Hindu yang berdiri di atas tebing yang bernama Pura Rambut Siwi. Pura Rambut Siwi erat kaitannya dengan kedatangan seorang Pendeta dari Majapahit yang melakukan perjalanan ke Bali dan singgah di tempat ini untuk memberikan ajaran Agama Hindu. Keunikan lain yang ditawarkan oleh desa wisata Yeh Embang Kangin yakni Green Cliff yang merupakan sebuah bangunan ditepi tebing yang terbuat dari bambu dengan panjang lintasan 60 meter serta tinggi 10 meter. Di atas bangunan tersebut dibangun gazebo serta tiga buah kursi panjang yang memudahkan pengunjung untuk berfoto. Selain wisata alam pegunungan, desa ini juga memiliki tempat wisata air terjun. Bagi yang melakukan perjalanan panjang dari arah barat (Gilimanuk) ke timur (Denpasar) coba mampir ke Anjungan cerdas rambut Siwi yang berada di Rest Area Rambut Siwi. Lokasi: Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

3. Desa Wisata Gumrih
Desa Gumbrih terkenal akan destinasi wisata taman airnya. Di tempat wisata ini wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin. Pesona yang ditawarkan sangat memukau dengan aliran air sungai yang tenang dihiasi dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Tidak hanya menyuguhkan wisata sungai, di desa ini juga memiliki pantai pasir hitam dengan pesona yang sangat memukau dengan panorama hutan bakaunya yang hijau. Selain itu, di desa wisata ini juga terdapat Bali Reptile Rescue yaitu sebuah organisasi untuk menolong dan menjaga reptil-reptil di Pulau Bali. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten jembrana, Bali.

4. Desa Wisata Pendem
Desa Wisata Pendem menawarkan pesona alam yang indah seperti perbukitan yang hijau, air terjun, dan hutan yang masih asri. Selain wisata alam, desa pendem juga mengembangkan wisata seni seperti Kesenian Jegog, Leko, dan Bumbung. Lokasi: Kelurahan Pendem, Kecamataan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

5. Desa Wisata Belimbing
Desa Wisata Belimbing memang terkenal dengan sawahnya yang masih asri dan luas. Persawahan dengan terassering yang indah dapat dinikmati di desa ini. Desa ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang cantik dan sejuk dengan beberapa pohon kelapa di sekitarnya. Di desa ini juga terdapat air terjun yang indah yakni Air Terjun Benben dan Air Terjun Sade yang lebih dikenal dengan nama air terjun Singsing. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali

6. Desa Wisata Kali Bukbuk
Desa Kalibukbuk terkenal akan keindahan pantainya yang berpasir hitam dengan ombak yang relatif lebih tenang. Selain itu, pesona bawah laut yang ditawarkan di desa ini sangat memukau dengan terumbu karang yang masih bagus dan indah dan ikan hias yang menghuninya. Pantai Lovina merupakan destinasi wisata terkenal yang ada di Desa Kalibukbuk, di mana pantai ini populer dengan atraksi lumba-lumbanya di pagi hari yang membuat wisatawan betah untuk berkunjung ke desa ini. Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

7. Desa Wisata Batubulan
Desa Batubulan terkenal akan keseniannya. Hampir tiap hari di desa ini diadakan pertunjukan tari tradisional khas Bali yakni tari barong, legong, dan kecak. Selain seni tari, di desa ini juga tekenal akan kesenian patung dan ukirannya. Tidak mengherankan jika sepanjang jalan raya Batubulan terdapat toko-toko yang menjual patung, baik itu terbuat dari kayu, batu maupun paras putih. Bagi yang suka membeli oleh-oleh khas bali, di sini juga terdapat pasar swalayan yang menjual oleh-oleh khas bali seperti baju barong, layang-layang, lukisan dan lain sebagainya. Lokasi: Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Desa Wisata Kamasan
Kamasan merupakan sebuah desa tua di Kabupaten Klungkung yang tetap melestarikan warisan seni budaya seperti lukisan wayang kamasan dan kerajinan uang bolong (pis bolong). Masyarakat desa Kamasan telah mewarisi kemampuan melukis gaya kamasan secara turun temurun. Lokasi: Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

9. Desa Wisata Tihingan
Desa Tihigan terkenal sebagai sentra pengrajin dan pembuat instrumen gamelan tradisional Bali seperti Gong, Gender, Semara Pegulingan, Kelentangan dan Angklung. Keahlian mereka membuat instrumen gambelan diperoleh secara turun-temurun dari nenek moyangnya, sehingga tidak mengherankan jika sebagian besar penduduk desa ini bergelut di dunia seni gamelan. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini dapat melihat secara langsung proses pembuatan istrumen gambelan dan juga bisa mengetahui macam-macam gambelan khas Bali. Lokasi: Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

10. Desa Wisata Bongkasa Pertiwi
Desa Bongkasa Pertiwi merupakan desa yang berbukit dan sejuk dengan alam asri dan juga memiliki hamparan sawah yang luas dan berterasering. Untuk mendukung sebagai desa wisata yang menarik maka dibuatkan jalan untuk ATV rider dengan panorama persawahan, perkebunan, dan tebing sungai Ayung. Uniknya, di desa ini juga menawarkan destinasi wisata ayunan dengan ketinggian mencapai 35 meter. Lokasi: Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

11. Desa Wisata Sangkaragung
Di Desa Sangkaragung terdapat pusat kesenian khas Jembrana yaitu kesenian Jegog yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Di Desa Sangkaragung kesenian Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung. Wsatawan dapat belajar memainkan kesenian jegog di sanggar ini. Lokasi: Desa Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

12. Desa Wisata Batuagung
Desa wisata Batuagung menawarkan pesona keindahan alam khas pedesaan. Di desa ini terdapat perbukitan yang hijau, air terjun yang indah, dan sungai yang mengalir jernih. Uniknya di sini juga terdapat spot berfoto yang dinamai "batu belah", karena tumbuh sebuah pohon besar diantara batu yang penampakannya seperti terbelah menjadi dua. Lokasi: Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

13. Desa Wisata Berangbang
Di Desa Berangbang pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam perswahan yang asri dan tegalan dengan pohon kelapanya. Di desa ini juga ada peninggalan arkeologi berupa sarkofagus atau peti kubur. Selain bekerja sebagai petani, warga desa berangbang juga bekerja membuat kerajinan ingka untuk mengisi waktu senggangnya. Lokasi: Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

14. Desa Wisata Pekutatan
Di Desa Pekutatan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Di desa ini terdapat areal persawahan yang berpotensi menjadi objek wisata yang sangat menarik karena pesona yang ditawarkannya tidak kalah menarik dengan persawahan di daerah tabanan. Selain persawahan, Desa pekutatan didominasi oleh area perkebunan (terutama perkebunan coklat dan karet) yang sangat bagus digunakan untuk tempat trakking menyusuri perkebunan warga. Di desa ini juga terdapat tempat trail adventure yang sangat populer di Bali. Lokasi: Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

15. Desa Wisata Belimbingsari
Desa Wisata Belimbingsari adalah salah satu tempat wisata di bali barat yang paling unik. Keunikan yang dimiliki oleh Belimbingsari yaitu terletak pada keramah tamahan dari penduduknya. Keramah tamahan penduduk desa tersebut juga didukung dengan berbagai kondisi alam yang indah dan asri. Di sini juga ada berbagai wahana permainan atau wisata edukasi yang siap mengisi liburan wisatawan ke Bali Barat. Lokasi: Desa Belimbingsari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

16. Desa Wisata Baha
Selain pemandangan alam yang indah dan asri, desa Baha terdapat kesenian cak pria dan wanita, pertunjukan tari legong dan tempat rekreasi memancing. Desa Baha juga kaya dengan aktivitas kerajinan seperti ukir-ukiran, anyam-anyaman, sarana upacara agama Hindu dan industri rumah tangga lainnya. Lokasi: Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

17. Desa Wisata Bindu
Desa Wisata Bindu memiliki rute trekking yang indah, menantang dan terasa sangat unik. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai jenis tanaman langka, tanaman buah-buahan, padi, jagung, hamparan bunga pacar, dan juga hamparan bunga gemitir yang kuning keemasan. Selain itu, di desa wisata ini juga dilengkapi dengan atraksi wisata air berupa permainan tubing dengan rute sekitar 2 Km. Lokasi: Banjar Bindu, Desa Mekar Buana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

18. Desa Wisata Trunyan
Masyarakat di Desa Trunyan memiliki tradisi yang unik yaitu penguburan terbuka. Orang yang telah meninggal jenasahnya tersebut diletakkan di atas tanah area kuburan yang bernama Seme Wayah. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat keren dengan pesona danau batur dan gunung batur yang indah. Di desa ini juga terdapat jalur trakking yang melalui perbukitan di Desa Trunyan. Lokasi: Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

19. Desa Wisata Penglipuran
Desa Penglipuran memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk arsitektur bangunan rumah tradisional yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Yang paling membuat kagum adalah desa ini mendapat predikat desa terbersih di dunia. Selain pesona desa dengan keunikan bangunannya, di desa ini juga terdapat hutan bambu yang sangat bagus untuk spot berfoto-foto. Lokasi: Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

20. Desa Wisata Bayung Gede
Desa Bayung Gede termasuk desa kuno di Bali yang hingga kinipun masih dijaga kelestariannya. Desa Bayung Gede memiliki tradisi unik dalam hal menguburkan ari-ari (tali pusar) bayi yang baru lahir. Jika pada umumnya tali pusar bayi ditanam di tanah, di desa ini ditempatkan di batok kelapa dan digantungkan di pohon pada “setra” (kuburan) khusus yang terletak di belakang desa dan tradisi menaruh ari-ari di dalam batok kelapa ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Lokasi: Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

21. Desa Wisata Undisan
Masyarakat desa Undisan menerapkan community based tourism, masih menerapkan sistem pertanian subak, dan memegang teguh aturan adat. Di desa ini wisatawan bisa treking menyusuri jalan pedesaan, bersepeda, membajak sawah dengan sapi, mengikuti cooking class, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya. Lokasi: Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

22. Desa Wisata Guliang Kangin
Wisatawan akan diajak berjalan mengelilingi perkampungan penduduk, sambil menyaksikan pemandangan dan aktivitas keseharian masyarakat desa seperti proses pembuatan perkakas dari besi, membuat minyak kelapa, menyadap nira dan berbagai aktivitas masyarakat lainnya. Lokasi: Banjar Guliang Kangin, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

23. Desa Wisata Satra
Desa Satra memiliki tradisi unik yakni tradisi Menek Truna bagi pria dan Menek Bajang bagi perempuan. Menek Truna merupakan bahasa Bali yang artinya mulai dewasa untuk laki-laki dan Menek Bajang yanga artinya mulai dewasa untuk perempuan. Dalam prosesi Menek Truna dan Menek Bajang, ratusan babi guling dipersembahkan. Lokasi: Desa Pakraman Satra, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali.

24. Desa Wisata Petulu
Desa ini sangat unik, di mana ketika matahari akan terbenam akan ada ribuan burung bangau datang untuk bertengger di pohon-pohon yang berjajar di jalan. Jika dilihat dari kejauhan burung bangau yang puith ini terlihat seperti bunga pohon, sungguh pemandangan yang unik. Lokasi: Desa Petulu , Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

25. Desa Wisata Celuk
Desa Wisata Celuk merupakan sentra kerajinan perak dan emas yang tersohor hingga ke luar negeri. Para wisatawan bisa melihat dari dekat para seniman mengerjakan kerajinan tradisional ini, berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi yang bermutu tinggi. Lokasi: Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

26. Desa Wisata Bedulu
Desa Wisata Bedulu memiliki panorama alam yang membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahannya. Kita akan disuguhkan dengan sawah yang hijau membentang pada sisi kanan kiri jalan saat kita memasuki kawasan desa wisata ini. Selain itu, desa ini memiliki suasana yang masih asri dan alami. Selain itu, di desa ini juga terdapat peninggalan situs purbakala yang menarik untuk dikunjungi, seperti museum gedong arca, goa gajah, relief Yeh Pulu, dan lain-lain. Lokasi: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

27. Desa Wisata Mas
Desa Wisata Mas terkenal sebagai sentra pengerajin yang berbahan kayu, seperti ukiran dan patung. Tidak mengherankan jika di sepanjang jalan Desa Mas banyak ditemui artshop yang menjual berbagai jenis ukir-ukiran dan patung dari kayu. Lokasi: Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

28. Desa Wisata Peliatan
Di Desa Wisata Peliatan para pelancong bisa membeli hasil kerajinan rakyat ataupun untuk menyaksikan pertunjukan pagelaran kesenian yang sering kali digelar di desa Peliatan. Tidah hanya itu saja, pemandangan alam di sini akan membuat kita terpukau akan keindahan ribuan hektar sawah berundak-undak nan elok. Lokasi: Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

29. Desa Wisata Lodtunduh
Di sepanjang jalan Desa Wisata Lodtunduh terdapat berbagai toko seni yang memajang berbagai macam barang seni seperti kerajinan lukisan dan patung. Selain itu, desa ini para pelancong akan disuguhkan dengan berbagai kekayaan seni dan budaya seperti pementasan tari cak dan calonarang, serta joged bumbung. Tidak mengherankan jika di desa ini terdapat beberapa sanggar-sanggar tari. Lokasi: Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

30. Desa Wisata Pakudui
Desa wisata Pakudui terkenal sebagai sentra pembuat kerajinan Patung Garuda sehingga desa ini oleh wisatawan asing dikenal dengan nama “Garuda Village”. Kemampuan warga dalam membuat patung garuda didapatkan secara turun-temurun. Hampir 90% warga di desa ini bekerja sebagai pematung garuda. Lokasi: Desa Pakraman Pakudui, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

31. Desa Wisata Belega
Desa Wisata Belega terkenal sebagai sentra pengerajin berbahan bambu seperti kursi, meja, tempat tidur, lemari, tempat lampu, dan lain-lain yang berbahan bambu. Bahkan hasil kerajinan di desa ini sudah di ekspor hingga ke luar negeri. Lokasi: Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

32. Desa Wisata Bona
Desa Wisata Bona terkenal sebagai sentra pengerajin berbahan daun lontar, seperti kipas, topi, tas, sandal, keranjang, hiasan-hiasan pohon natal dan lain sebagainya. Selain itu, desa wisata Bona juga terkenal dengan pentas tariannya seperti tari kecak, Tari Sang Hyang Dedari,  dan Tari Sang Hyang Jaran. Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

33. Desa Wisata Bresela
Desa Wisata Bresela terkenal sebagai sentra pengerajin dulang di Bali. Dulang merupakan tempat sesaji yang akan dipersembahkan untuk para dewa. Selain itu, dulang juga bisa digunakan untuk sajian kuliner. Lokasi: Desa Bresela, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

34. Desa Wisata Kerta
Di Desa Wisata Kerta terdapat jalur trekking yang bernama “jalur Trekking Pucak Sari” yang berlokasi di Banjar Pilan Desa Kerta. Selain memiliki tempat wisata trekking, desa kerta dapat dijadikan sebagai wisata sejarah karena di sini ditemukan beberapa Sarkofagus. Lokasi: Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

35. Desa Wisata Suwat
Desa wisata Suwat terkenal akan festival airnya yang dikenal dengan nama “Siat Yeh” yang artinya perang air. Festival air ini rutin dilakukan tiap tahunnya yang tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan ke desa ini. Festival ini dibuka untuk umum, artinya peserta festival ini tidak hanya warga dari desa Suwat tetapi masyarakat dari luar desa juga bisa mengikuti festival ini yang diadakan tiap penyambutan tahun baru, bahkan wisatwan asing juga diperbolehkan terlibat dalam acara ini. Lokasi: Catus Pata (perempatan jalan) desa Adat Suwat, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

36. Desa Wisata Sembiran
Desa Sembiran merupakan sebuah desa kuno yang sudah berumur ratusan tahun. Ada banyak peninggalan bersejarah di desa ini. Lokasi: Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

37. Wisata Desa Julah
Di Desa Julah terdapat sebuah situs yaitu Situs Batu Gambir Upit. Dalam temuan di situs ini terdapat beberapa buah artefak. Temuan lainnya berupa fragmen gerabah merupakan temuan yang paling banyak dihasilkan dengan tipe-tipe semisal tipe piring, paus, kendi, dan tutup. Lokasi: Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

38. Desa Wisata Bulian
Desa Bulian merupakan salah satu desa kuno yang ada di daerah Bali utara sehingga banyak ditemukan prasasti terkait dengan perkembangan desa ini. Desa ini sekarang dikembangkan menjadi wisata budaya. Lokasi: Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali

39. Desa Wisata Sidetapa
Desa Sidatapa ini merupakan sebuah desa Bali Aga atau desa tua di Buleleng yang masih melestarikan budaya dan warisan leluhurnya. Misalnya adanya sebuah bangunan rumah adat yang sudah tua dan langka bernama Bale Gajah Tumpang Salu dan tradisi unik bernama Agung Briyang yang tujuannya untuk mengusir roh-roh jahat. Lokasi: Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

40. Desa Wisata Cempaga
Desa Cempaga merupakan desa tua yang berlokasi di dataran tinggi yang memiliki berbagai jenis tarian sakral yang berbeda dengan daerah lain, misalnya tari Jangkang dan Tari Baris Jojor. Lokasi: Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

41. Desa Wisata Tenganan Pegringsingan
Keunikan desa Tenganan terdapat pada bangunan penduduk yang masih traditional, memiliki kain tenun tradisional yang bernama Kain Tenun Gringsing dan ritual Perang Pandan. Lokasi: Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

42. Desa Wisata Jasri
Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan kehidupan tradisional, desa wiata Jasri juga menyuguhkan kesenian dan pertunjukan budaya yang menarik. Desa ini memiliki tradisi kuno yang disebut ter-teran atau api perang yang dilakukan setiap tahun, sehari sebelum Nyepi. Selain ter-teran, ada juga perkusi tradisional yang disebut tambur jasri tari serta tarian sakrak rejang jasri  yang diturunkan dari generasi ke generasi. Lokasi: Desa Pekraman Jasri, Desa Subangan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

43. Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu dikelilingi oleh persawahan asri dan kebun yang subur. Desa ini lebih didominasi oleh pemandangan hamparan persawahan yang indah. Potensi ini dimanfaatkan dengan membuat jogging track yang melewati areal persawahan. Selain itu, di sini juga terdapat monumen gong perdamaian dunia dan rute untuk bermain ATV. Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamtan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali

44. Desa Wisata Nyambu
Ada dua kegiatan utama yang bisa dilakukan di desa wisata nyambu yakni wisata susur sawah dan susur budaya. Pada kegiatan susur sawah, pengunjung akan diajak menyusuri hamparan sawah yang tersusun sejauh dua kilometer. Selain bisa menikmati pesona keindahan alam persawahan desa, kegiatan susur sawah juga menambah wawasan tentang tentang struktur persawahan di Bali. Sedangkan untuk wisata susur budaya, pengunjung akan belajar tentang adat, budaya, dan religi yang ada di desa nyambu. Selain itu, pengunjung akan diajak menikmati kuliner khas bali di desa ini. Lokasi: Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

45. Desa Wisata Pinge
Desa Wisata Pinge menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan persawahan yang hijau. Wisatawan yang datang ke sini bisa melihat secara langsung para petani membajak sawah, menyiapkan bibit, menanam padi, menuai dan memasukkan padi ke lumbung. Selain memiliki alam yang memikat, di desa wisata pinge banyak ditemukan benda-benda bersejarah, salah satunya berada di cagar budaya Pura Natar Jemeng. Lokasi: Desa Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

46. Desa Wisata Antapan
Desa Antapan merupakan daerah pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan. Di desa ini dibudidayakan sayur mayur dan bunga. Para wisatawan bisa melihat langsung para petani menanam, memetik dan melihat langsung tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi oleh para wisatawan mancanegara. Alam di desa Antapan sangat mempesona yang menawarkan indahnya pegunungan dan teras sawah yang siap memanjakan para wisatawan. Selain itu, desa ini memiliki kesenian yang sangat unik yakni kesenian okokan. Lokasi: Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

47. Desa Wisata Pejaten
Desa Pejaten terkenal sebagai sentra kerajinan barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat seperti keramik, gerabah, guci, kendi, genteng, pot, vas bunga dan lain sebagainya. Bahkan hasil kerajinan keramik dari desa pejaten sudah menembus pasar-pasar internasional seperti Swedia, Australia, dan Jerman karena keramik yang diproduksi di desa ini memiliki kualitas yang tinggi. Lokasi: Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

48. Desa Wisata Wanagiri
Desa Wanagiri berada paling ujung utara di kaki Gunung Batukaru sehingga kawasan desa ini masih asri dan sejuk. Potensi wisata di Desa Wisata Wanagiri yakni memiliki pemandangan alam yang indah dan kebun coklat yang luas sehingga kawasan ini cocok untuk agrowisata pertanian. Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Selmadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

49. Desa Wisata Sekartaji
Desa Sekartaji memiliki keindahan alam yang masih asri serta terjaga kelestariannya. Di desa ini wisatawan dapat menikmati suasana yang sangat menyenangkan dengan melihat persawahan yang hijau membentang luas menghijau. Di desa ini terdapat jalur trekking dengan melewati areal persawahan, ladang, hutan bambu dan sungai. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

50. Desa Wisata Legung Luwih
Desa Legung Luwih menawarkan pemandangan indah pedesaan yang masih asri dengan aktivitas penduduknya. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling untuk melihat bangunan tradisional, lahan pertanian atau perkebunan. Selain itu, pengunjung bisa berpartisipasi untuk membajak sawah dengan menggunakan sapi, menanam padi dan menuai. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan pembuatan gula merah dengan cara tradisional dan melihat petani menurunkan air nira dari pohon enau. Lokasi: Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

51. Desa Wisata Selanbawak
Desa Selanbawak menawarkan pesona keindahan alam dengan sungai yang airnya bersih bening dan mengalir pelan. Di desa ini juga terdapat Pancoran Solas yang dikenal sebagai tempat penglukatan (meruwat) yang diyakini bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Bagi yang suka dengan wisata pertualangan di desa ini sudah disediakan jalan setapak untuk trekking sehingga bisa menikmati indahnya alam sekitar desa Selanbawak ini. Lokasi: Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

52. Desa Wisata Tista
Desa Wisata Tista terdapat area persawahan yang luas dan digunakan untuk jalur trekking hingga sungai Yeh Ho. Selain digunakan untuk jalur trecking, lokasi persawahaan ini juga sangat cocok digunakan untuk aktivitas jogging dan bycling di pagi dan sore hari dengan pemandangan sunset yang indah. Lokasi: Desa Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

53. Desa Wisata Beraban
Desa Wisata Beraban menawarkan wisata trekking menyusuri area persawahan yang luas dengan terasering tertata rapi hingga ke pantai sebagai tempat istirahat dan santai. Selain itu, di desa beraban terdapat objek wisata terkenal yakni pura tanah lot dan pantai nyanyi. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

54. Desa Wisata Mengesta
Di Desa Wisata Mengesta berada di kaki gunung Batukaru yang menyuguhkan pemandangan persawahan dan perkebunan yang luas, sistem terasering  persawahan, panorama alam pegunungan, dan sumber air panas. Pesona desa Mengesta dapat dinimati melalui jalur trekking yang sudah disediakan. Lokasi: Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

55. Desa Wisata Buwit
Dulunya Desa Buwit terkenal sebagai sentra pembuat senjata seperti keris, pedang, tombak dan lain sebagainya. Tetapi karena peminatnya sangat kurang maka jumlah pengerajin senjata di desa ini sudah berkurang. Selain terkenal sebagai pengerajin senjata, desa buwit juga memiliki pemandangan alam yang sangat keren. Tidak mengherankan jika desa ini digunakan untuk aktivitas bersepeda dan trekking oleh wisatawan asing dengan melalui persawahan yang hijau. Di desa Buwit juga terdapat kolam pemancingan. Lokasi: Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

56. Desa Wisata Petiga
Desa Wisata Petiga terkenal sebagai sentra budidaya tanaman hias dan tanaman obat di bali. Di sepanjang jalan di desa ini, pengunjung akan disajikan pemandangan berbagai tanaman hias yang bisa dibeli langsung oleh wisatawan. Selain itu, di desa ini juga terdapat jalur trekking yang melewati hamparan kebun coklat milik warga setempat. Pengunjung bisa melihat aktivitas petani coklat dalam mengolah kebunnya dan proses pembuatan bubuk coklat. Lokasi: Desa Petiga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

57. Desa Wisata Tengkudak
Yang unik dari Desa Tengukdak adalah terdapat bangunan dapur yang terletak di utara dan menghadap ke selatan. Biasanya secara umum masyarakat bali membuat dapur terletak di selatan pekarangan. Selain itu, di bidang kesenian desa tengkudak memiliki tarian sakral yang bernama tari Sang Hyang Sampat, Baris Memedi, Rejang Tabuh, dan Sang Hyang Cicing. Selain potensi budaya dan seni, Desa Tengkudak yang berada di kaki gunung watukaru ini juga memiliki alam yang masih asri dengan panorama yang sangat indah.

60. Desa Wisata Gunung Salak
Desa Wisata Gunung Salak menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan persawahan yag menghijau dan beberapa pohon kelapa yang menghiasi desa wisata ini. Sawah di desa ini tersusun secara berundak-undak sehingga menambah indah kawasan desa wisata ini. Selain itu, di desa wisata Gunung Salak terdapat tiga air terjun alami yang membuat desa ini makin terkenal. Lokasi: Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

61. Desa Wisata Bongan
Desa Wisata Bongan memiliki tradisi yang unik yakni tradisi mesuryak yang artinya bersorak atau berteriak. Tradisi tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang dilakukan warga dalam rangkaian perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, terutama penghormatan untuk para leluhur. Lokasi: Dusun Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Tabanan, Bali

62. Desa Wisata Gubug
Desa Wisata Gubug memiliki pemandangan alam yang sangat indah terutama panorama keindahan alam persawahannya yang terasering. Selain itu, desa ini terkenal sebagai sentra pengerajin pisau dan golok yang terletak di Banjar Pande dan Banjar Batusangian. Berbagai macam jenis pisau dihasilkan mulai dari ukuran yang besar hingga ukuran yang lebih kecil. Lokasi: Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

63. Desa Wisata Antosari
Desa Wisata Antosari dan Antap menawarkan pesona hijau hamparan persawahan yang sangat luas dengan bentuk yang berundak-undak. Uniknya, letak persawahan yang terletak di kaki bukit menyebabkan bentuknya tidak simetris atau berliku sehingga tampak begitu memukau mata. Lokasi: Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

64. Desa Wisata Munggu
Desa Wisata Munggu mempunyai potensi wisata alam yaitu Pantai Munggu dan Pantai Seseh. Tradisi makotek adalah potensi wisata budaya yang terdapat di Desa Wisata Munggu ini. Makotek adalah tradisi bertolak bambu yang dilaksanakan setiap hari raya Kuningan. Acara ini semakin semarak, disaksikan banyak pengunjung. Lokasi: Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.
65. Desa Wisata Pangsan
Desa Wisata Pangsan menawarkan keunika tradisinya. Di desa wisata ini wisatawan dapat melihat, mempelajari, ikut merasakan bagaimana masyarakat melaksanakan beberapa upacara adat seperti Upacara Ngenar (upacara menanak bubur oleh anak-anak yang masih berusia 9 sampai 10 tahun di Pura Puseh Pingit), Upacara Dahe Teruna (upacara bagi anak yang akan mulai beranjak dewasa), dan Tradisi Nyerahane Saye (upacara serah terima petugas pembantu kelihan). Selain menawarkan keunikan tradisinya, desa wisata Pangsan juga memiliki tempat wisata alam yang sangat keren. Di sini wisatawan bisa bermain arung jeram, trekking dan cycling

66. Desa Wisata Pelaga
Desa Wisata Pelaga terkenal dengan agrowisatanya yang sering disebut sebagai Bagus Agro Pelaga. Di sini wisatawan bisa beriteraksi langsung dengan para petani dalam mengolah perkebunannya, mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan. Berbagai macam tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur-sayuran dan buah buahan. Kawasan ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan. Selain perkebunan yang menjadi daya tarik, kawasan pucak Mangu juga sebagai jalur trakking yang sangat populer dikalangan wisatawan, karena keindahan alamnya yang masih hijau. Di desa ini juga terdapat sebuah jembatan Tukad Bangkung, yang digadang-gadang sebagai jembatan tertinggi di Asia Tengara. Lokasi: Desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali

67. Desa Wisata Pemuteran
Desa Pemuteran berada di pesisir pantai sekaligus dekat dengan bukit-bukit yang hijau membuatnya cocok untuk kawasan wisata bahari sekaligus wisata alam. Desa ini menawarkan pesona pantai pasir putih yang sangat eksotis ditambah keindahan matahari tebenamnya membuat desa ini tambah terkenal di mancanegara. Selain itu, pantai yang ada di desa ini merupakan spot snorkeling dan menyelam yang paling populer di Bali Utara, karena terkenal akan keindahan terumbu karangnya. Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai, di desa Pemuteran juga memiliki objek wisata perbukitan. Spot yang paling populer melihat keindahan desa ini dari ketinggin adalah Bukit Batu Kursi. Uniknya, Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus menyusuri ribuan anak tangga. Dari atas ketinggian, panorama biru Teluk Pemuteran terlihat sangat indah. Lokasi: Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

68. Desa Wisata Jatiluwih
Desa Jatiluwih terkenal akan keindahan alamnya yang mampu membuat para pelancong akan berdecak kagum, terutama keindahan sawahnya yang berundak-unda yang sangat luas. Sistem pengairan sawah yang digunakan di Desa Jatiluwih adalah pengairan Subak, yaitu sistem irigasi tradisional Bali yang berbasis masyarakat. Selain pemandangan sawah berteras, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sungai dengan air terjun Yeh Ho yang mempesona, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Selain menawarkan pesona keindahan persawahan, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman. Desa wisata ini bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Lokasi: Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

69. Desa Wisata Sibetan
Desa Sibetan terkenal sebagai sentra budidaya salak Bali yang merupakan buah ikonik kabupaten karangasem dengan rasa yang manis. Selain menawarkan agrowiata salah Bali, desa sibetan juga memilki alam yang sangat keren. Desa Sibetan memiliki beberapa bukit yang indah, di tempat ini wisatawan bisa melakukan aktivitas camping, yoga dan masih banyak aktivitas outbond yang lain. Dari perbukitan pengunjung bisa melihat indahnya laut selatan Karangasem, Pelabuhan Teluk Amuk dan bukit-bukit menghijau di sekitarnya. Lokasi: Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Bali.

70. Desa Wisata Sanur Kauh
Desa Sanur Kauh terkenal akan destinasi wisata alam berupa pantai putih yang sangat eksotis. Sekitar bulan Juli-September di lapangan pinggir pantai Mertasari sering diadakan event festival layang-layang yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata ini. Selain itu, di desa ini juga terdapat sebuah taman yang sangat keren, namanya taman Inspirasi Mertasari yang menyajikan berbagai spot untuk berfoto ria, berkuda, maupun sekedar nongkrong menikmati kulinernya. Di Desa Sanur Kauh juga terdapat sebuah prasasti yang terbuat dari batu padas, berbentuk tiang batu atau pilar pada bagian atas berntuk bunga teratai (lotus) yang bernama Prasasti Blanjong. Prasasti ini memuat sejarah tertulis tertua tentang Pulau Bali. Bahkan sungai yang mengalir melalui desa sanur kauh ini juga ditata dengan baik dan dijadikan sebagai sarana rekreasi dan jogging. Lokasi: Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

71. Desa Wisata Sangeh
Desa Wisata Sangeh terkenal akan desatinasi wisata yang bernama Monkey Forest Sanur yakni berupa wisata alam berupa hutan pala yang dihuni oleh kera serta jalur trekking. Seni tari, seni tabuh, seni ukir, seni anyaman, Pura Bukit Sari merupakan atraksi wisata budaya, sedangkan atraksi wisata buatan di desa Wisata Sangeh ini adalah wisata kuliner dan memancing. Selain hutan palanya, desa ini juga menyajikan wisata lembah yang benawan hati di Tanah Wuk dan sebuah taman yang ada tempat sucinya di tengah kolam yang bermana Taman Mumbul. Lokasi: Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

72. Desa Wisata Mengwi
Desa Mengwi terkenal dengan destinasi wisata Pura Taman Ayun, di mana tempat suci umat Hindu ini memiliki sebuah kolam air yang dihuni ikan yang sangat indah. Di tempat wisata Taman Ayun terdapat botanical garden, kebun buah dan bunga yang bermanfaat untuk sarana upacara. Di desa ini juga terdapat hamparan sawah yang masih menerapkan sistem subaknya. Selain itu, kawasan luar Pura Taman Ayun yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Lokasi: Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

73. Desa Wisata Muntigunung
Sebelum jadi desa wisata, desa ini terkenal dengan julukan “desa para pengemis”, tetapi kini keadaannya sudah berubah. Kawasan lereng Gunung Agung menawarkan pesona yang sangat indah. Desa ini sangat cocok digunakan untuk trekking karena desa ini memiliki kontur berbukit dengan panorama yang sangat indah. Lokasi: Desa Muntigunung, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

74. Desa Wisata Munduk
Desa Munduk berada di daerah pegunungan dengan udara yang cukup segar dan terkadang desa ini diselimuti oleh awan yang tipis sehingga mendapat julukan “Desa Atas Awan di Bali”. Desa ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau dengan hamparan perkebunan kopi, teh dan cengkeh yang menjadi daya tariknya. Selain itu, di desa ini juga terdapat air terjun yang tidak kalah cantiknya dengan air terjun lainnya di Bali yakni air terjun Munduk dan air terjun Melanting. Danau Tamblingan menjadi daya tarik desa ini yang lainnya di desa ini. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang menghijau sehingga memiliki udara yang sejuk. Danau ini juga memilik pemandangan yang indah dan masih alami. Keindahan matahari pagi kala baru terbit semakin menambah pesona danau ini. Lokasi: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

75. Desa Wisata Sambangan
Desa Sambangan menawarkan pesona keindahan alamnya berupa persawahan yang bertingkat dengan menggunakan sistem subak untuk mengatur irigasinya. Selain itu, di desa ini juga masih memiliki hutan yang dilindungi. Bagi yang suka berburu air terjun, di desa ini terdapat 7 buah air terjun yang sangat mempesona dengan lokasi yang berbeda-beda. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

76. Desa Wisata Selumbung
Desa Selumbung menawarkan wisata trakking untuk menikmati pesona desa ini. Wisatawan akan menyusuri daerah perkebunan milik warga dan melihat warga dalam mengolah perkebunannya. Setelah puas melihat perkebunan warga, perjalanan bisa dilanjutkan menuju air terjun yang memiliki panorama yang sangat memukau mata. Air terjun yang ada di desa ini memiliki air yang jernih,bersih, dan menyegarkan sehingga cocok untuk mencuci muka maupun untuk menyegarkan badan setelah menyusuri perkebunan warga. Tidak hanya menawarkan keindahan air terjun, di desa ini juga memiliki perbukitan yang sangat menawan, di mana dari  puncak bukit wisatawan akan melihat pemandangan yang sangat menawan, seperti lembah, bukit, persawahan, pemukiman penduduk, lautan dan kebun kelapa yang sangat luas. Lokasi: Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

77. Desa Wisata Carangsari
Di Desa Carangsari terdapat monumen pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang menjadi destinasi wisata. Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa kepahlawanan beliau dalam membela tanah air ini dalam mengusir penjajah. Selain monumen, di desa ini juga terdapat atraksi berwisata naik gajah sumatra dengan melewati hutan, sawah, dan alam yang asri. Di sini pengunjung juga bisa melihat gajah mandi pada pagi dan sore hari yang ditemani oleh pawang gajah. Bagi yang suka dengan wisata arung jeram, di desa ini juga menyediakan jasa rafting di Sungai Ayung. Lokasi: Desa Carangsari, Kecamatan Petang Kabupaten Badung, Bali.

78. Desa Wisata Abang Rawang Suter
Desa Suter memiliki hutan pinus yang merupakan hutan lindung. Kawasan ini hijau, asri dan indah. Selain itu, dari desa ini kita bisa melihat pemandangan danau batur yang sangat indah dari ketinggian. Jalur trekking menuju Gunung Abang menjadi destinasi wisata favorit di desa ini. Lokasi: Desa Suter, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

79. Desa Wisata Serangan
Desa atau Kelurahan Serangan berada di Pulau Serangan, yang memiliki sejumlah tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Di sini terdapat penangkaran penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation and Education Centre (TCEC). Penangkaran penyu ini dapat dijadikan sebagai sarana wisata dan edukasi bagi anak-anak. Di sini pengunjung dapat melihat tiga dari enam jenis penyu yang hidup di Indonesia yaitu penyu hijau, penyu sisik, dan penyu lekang. Di Desa ini juga terdapat rumah panggung yang merupakan rumah khas suku Bugis. Dari rumah panggung ini, pengunjung juga bisa jalan-jalan ke makam Haji Mu’min, orang yang pertama kali datang dan meletakkan generasi pertama orang Bugis di Serangan. Pantai serangan dan pantai reklamasi serangan merupakan spot yang sangat bagus bagi pecinta panorama pantai yang eksotis di desa ini. Lokasi: Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

80. Desa Wisata Sudimara
Desa Sudimara menawarkan atraksi wisata berkuda menyusuri areal persawahan dan pantai Yeh Gangga yang terkenal akan keindahannya. Sambil menunggangi kuda, wisatawan bisa melihat warga di desa ini melakukan aktivitasnya. Lokasi: Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

81. Desa Wisata Singapadu Tengah
Desa Wisata Singapadu Tengah menyajikan tempat wisata Pura Dalem Desa Adat Negari yang memiliki keindahan dan kemegahan  peninggalan kori agungnya. Dalam areal pura ini terdapat banyak peninggalan arkeologi berupa arca-arca kuno yang masih disucikan hingga saat ini. Pada bagian belakang kompleks pura yang berbatasan langsung dengan tepian Sungai Oos ini juga terdapat penginggalan yang bernilai sejarah tinggi yang berupa sumber mata air suci, gerbang petirtan, dan tinggalan candi tebing pasraman kuno. Selain itu, sebagian besar warga di desa ini bekerja sebagai petani, sehingga wisatawan bisa melihat aktivitas para petani dalam mengolah persawahannya dengan menerapkan sistem subak. Lokasi: Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

82. Desa Wisata Bakas
Di Desa Bakas terdapat obje wisata yang terkenal yakni Bakas Levi Rafting dan Elephant Riding Tour. Di sini pengunjung bisa berpetualang bersama gajah Sumatra. Pengunjung bisa duduk di punggung gajah bersama seorang pawang gajah sehingga perjalanan akan terasa lebih aman dan menyenangkan. Selain itu, kondisi sungai Melangit masih alami dengan udara masih segar, serta jauh dari kebisingan kota sehingga sungai ini sangat cocok untuk aktivitas arung jeram. Lokasi: Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

83. Desa Wisata Antiga
Desa Antiga menawarkan destinasi wisata yang sangat keren yakni labuan amuk. Tidak hanya pesona pantainya, pesona bawah lautnya juga tidak kalah keren. Dengan adanya Odyssey Submarine Bali yakni aktivitas wisata kapal selam yang bisa melihat keindahan bawah lautnya. Selain wisata bahari, di desa antiga juga terdapat jalur trekking yang menyusuri perbukitan yang sangat indah. Lokasi: Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

84. Desa Wisata Padang Bai
Desa Padang Bai terkenal akan keindahan pantai apsir putihnya yang eksotis. Setidaknya di sini terdapat tiga titik pantai yang berpasir putih, yakni pantai padang kurungan, pantai padang bai dan pantai bias tugel. Bawah lautnya juga sangat menarik dikunjungi karena terumbu karangnya masih alami, sehingga padang bai menjadi spot menyelam sangat populer di pulau Bali. Lokasi: Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

85. Desa Wisata Kapal
Yang menjadi keunikan dari desa kapal ini adalah terdapat tradisi siat tipat (perang ketupat) dan tradisi Tradisi Mendak Paluh. Sedangkan tempat wisata yang terkenal di desa ini adalah Pura Puru Sada Kapal serta Pasar Seni Kapal. Lokasi: Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

86. Desa Wisata Sanur Kaja
Desa Sanur Kaja banyak menawarkan destinasi wisata seperti pantai Matahari Terbit, Pantai Segara Ayu, dan Musem Le Mayuer. Di sini juga terdapat jogging track yang menghubungkan pantai Matahari Terbit hingga ke pantai Mertasari. Di desa ini juga sering diadakan kegiatan event tahunan yang bernama Sanur Village Festival. Lokasi: Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

86. Desa Wisata Bugbug
Desa Bugbug terkenal akan keindahan perbukitannya dengan view lautnya yang sangat keren. Di desa ini juga terdapat tempat berkemah yang sangat populer di Bali. Selain itu, di desa ini juga terdapat pantai yang sangat keren yakni pantai Virgin yang berpasir putih dan pantai Bugbug yang berpasir hitam. Lokasi: Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

87. Desa Wisata Sebatu
Warga Desa Sebatu sebagian besar bekerja sebagai petani dan pematung. Di sini para turis bisa melihat maupun membeli berbagai macam kesenian dan hasil kerajinan masyarakat yang mayoritas terbuat dari bahan kayu. Selain itu, di desa ini juga terdapat tempat wisata lainnya yang tidak kalah menariknya seperti Pura Gunung Kawi Sebatu, Pura Dalem Pingit Sebatu, Pura Pemaksan Pasek Gelgel dan Pura Beji. Lokasi: Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

88. Desa Wisata Budakeling
Desa Budakeling yang berada tepat di bawah kaki Gunung Agung memiliki pemandangan  hamparan  sawah  dan bukit  indah yang masih  alami sehingga cocok  dijadikan sebagai tempat trekking. Wisatawan bisa berkeliling desa untuk mengenal bagaimana kehidupan masyarakat di desa ini. Selain pesona alam, daya tarik dari desa budakeling ini adalah wisata budayanya seperti tarian perang api, kolaborasi seni antara seni Burdah dari masyarakat Jawa dengan seni Cekepung dari Bali, alat musik gambuh, dan alat musik parwa. Di desa ini juga ada tradisi meter-teran. Keunikan tradisi ini yaitu media yang digunakan adalah sabut kelapa yang dibakar dengan api, tradisi ini juga sering disebut dengan perang api. Lokasi: Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali.

89. Desa Wisata Nyuh Kuning
Di Desa Nyuh Kuning wisatawan bisa menikmati alam Ubud dengan nuansa alam pedesaan dan budaya yang kental. Rumah-rumah penduduk bisa dijadikan sebagai tempat menginap, berbaur bersama penduduk lokal serta bisa lebih menyelami budaya setempat. Alamnya tenang, nyaman dan damai. Wisatawan juga akan disuguhkan dengan kesenian tradisional bali seperti Tari Kecak Api, Tari Barong dan Keris, Tari Joged dan Frog Dance. Lokasi: Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

90. Desa Wisata Medewi
Desa Medewi adalah desa yang mengunggulkan wisata alam, budaya, hingga kulinernya. Desa Medewi memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan arela sawah yang sangat luas yang masih menggunakan sistem subak. Selain itu, di desa ini juga terdapat pantai yang sangat terkenal bagi para surfer karena memiliki ombak yang sangat kuat dan besar sehingga sangat cocok untuk para wisatawan yang senang berselacar. Lokasi: Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

91. Desa Wisata Tumbu
Di Desa Tumbu terdapat tempat wisata yang sangat populer di Bali Timur yakni Istana Air Taman Sukasada Ujung. Di taman ini terdapat sebuah istana raja yang lokasinya berada di tengah sebuah kolam. Taman Ujung merupakan salah satu mega karya Bali dibangun dengan melibatkan arsitek dari Bali, Belanda, dan Cina sehingga menghasilkan seni bangunan kombinasi dari arsitektur Bali, Cina dan Eropa. Dari Taman ujung wisatawan juga bisa melihat laut lepas dengan pantai Ujungnya yang sangat indah ketika matahari tenggelam. Tidak seperti pantai lainnya, Pantai Ujung tidak berpasir melainkan berbatu yang sudah di susun sedemikian rupa untuk menghindari abrasi yang terus menggerus pantai ini. Lokasi: Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

92. Desa Wisata Petang
Desa Petang memiliki pemandangan alam yang indah, arung jeram, kawasan luar Pura Pucak Tedung, dan air terjun Nungnung. Desa Petang juga terkenal dengan wisata agronya, serta atraksi trakking yang sangat asri di tengah perkebunan yang melewati jalur – jalur wisata sejarah hingga ke pura puncak Tedung. Lokasi: Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

93. Desa Wisata Belok
Desa Belok mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona, perkebunan kopi dan bunga. Masyarakat menjadikan sawah mereka kebun bunga gumitir yang tak hanya untuk dipanen dan dijual hasilnya untuk kebutuhan sesajen dan hiasan tetapi juga menjadi daya tarik wisata. Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

94. Desa Wisata Tulamben
Desa Tulamben terkenal akan keindahan bawah lautnya karena terumbu karangnya masih alami. Tidak hanya itu, pesona pantainya juga tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di bali, hanya saja pantainya berkerikil yang di sekitarnya banyak terdapat pohon kelapa sehingga tampak sangat menawan dari kejauhan. Setiap tahun di desa ini juga diadakan event “Festival Pesona Tulamben” yakni ajang tahunan yang tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan ke desa ini. Lokasi: Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

95. Desa Wisata Pinggan
Desa Pinggan berada di dekat Gunung dan Danau Batur. Udara di sana asngat segar dan juga sejuk. Dari desa ini wisatawan bisa melihat desa songan yang berada di bawahnya. Pesona matahari terbit dari desa ini sangat keren sekali. Lokasi: Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali.

96. Desa Wisata Pengotan
Di desa wisata Pengotan menawarkan pesona desa tradisional yang terdapat sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berjejer di kiri dan kanan jalan. Selain itu, di desa ini juga terdapat sebuah tempat kemah yang bernama Bali Woso. Lokasi: Desa Wisata Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

97. Desa Wisata Bebetin
Di Desa Bebetin terdapat wisata alam berupa air terjun Seseran dan pemandian berupa kolam renang. Selain itu, di Desa Bebetin terdapat atraksi wisata Sapi Gerumbungan, penangkaran satwa langka jenis kijang, dan keelokan alam Bukit Bebetin. Lokasi: Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng, Bali.

98. Desa Wisata Batukaang
Desa Batukaang menawarkan panorama alam di sekitarnya yang indah dan juga seni budaya. Di  sepanjang jalan akan disuguhkan dengan perkebunan kopi yang membentang sangat luas. Lokasi: Desa Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

99. Desa Wisata Manikliyu
Desa Manikliyu merupakan wilayah pengembangan kawasan wisata prasejarah dan agrowisata. Potensi arkeologi didukung dengan adanya situs bersejarah berupa sarkofagus. Sedangkan potensi desa Manikliyu lain yang dapat dikembangkan adalah potensi agrowisata jeruk dan kopi karena sebagai besar wilayah desa digunakan untuk perkebunan jeruk dan kopi. Lokasi: Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali.

100. Desa Wisata Cekeng
Penataan pemukiman  warga di Cekeng sangat unik dan mirip dengan penataan objek wisata desa tradisional Penglipuran. Sepanjang perjalanan menuju Cekeng, kita disuguhi panorama alam yang masih alami sehingga perjalanan tidak akan membosankan. Lokasi: Desa Adat Cekeng, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Tidak hanya itu saja, masih banyak desa wisata lainnya yang belum admin sebutkan. Seiring perkembangan waktu akan banyak lagi bermunculan desa wisata dengan keindahan dan keunikannya tersendiri. Sekarang pemerintah tiap kabupaten dan kota di Bali sudah mulai memunculkan desa wisata yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semoga artikel ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari destinasi wisata di Bali, khususnya desa wisata. Semoga liburan anda menyenangkan dan salam longtriper.
Iklan