free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Tabanan Bali
T2/17/2018

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Tabanan Bali

Iklan
Iklan
Tabanan merupakan kabupaten yang terkenal dengan sebutan “bumi lumbung padi” karena di sini banyak sekali terdapat area perswahan yang luas dan hijau. Sebagian besar warga tabanan bekerja sebagai sektor pertanian wajar saja jika kabupaten ini mendapat julukan seperti itu. Agar lahan pertanian di tabanan tidak tergerus oleh zaman dan beralih fungsi, maka pemerintah setempat menjadikan pertanian sebagai bagian dari pariwisata kabupaten tabanan dengan membuat desa wisata berbasis agrowisata.
Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Tabanan Bali
Keindahan alam pantai di tabanan 

Tidak hanya alam persawahan yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Tabanan, tetapi ada potensi wisata lainnya yang mendukung. Berikut admin bagikan 100 tempat wisata yang ada di kabupaten tabanan yang layak untuk dikunjungi.

1. Alas Kedaton
Di tempat wisata ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Alas Kedaton. Pura ini terletak di tengah hutan yang dihuni oleh ribuan kera dan ratusan kelelawar besar. Monyet di hutan Kedaton sangat “ramah” dengan pengunjung karena para wisatawan selalu memberinya makan berupa kacang-kacangan dan makanan ringan lainnya. Tetapi meskipun monyetnya ramah, pengunjung dihimbau agar tetap berhati-hati, karena mereka juga bisa menyerang ketika mereka merasa terganggu. Lokasi: Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Air Terjun Pengempu
Air terjun Pengempu masih relatif sepi dari kunjungan wisatwan karena merupakan air terjun yang tersembunyi. Keunikan dari Air Terjun Pengempu yakni air terjun ini seperti dihimpit dua buah tebing batu yang sangat kokoh. Suasana sekitar air tejrun Pengempu masih sangat alami dengan pepohonan rindang dan menghijau. Pengunjung bisa berendam di kolam yang berada tepat jatuhnya air terjun ini. Selain berendam, air terjun ini kerap digunakan sebagai latar untuk berfoto selfi oleh anak muda. Lokasi: Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

3. Jogger Bali Luwus
Jogger Bali merupakan tempat belanja oleh-oleh di Bali yang pengunjungnya didominasi oleh wisatawan domestik, hal ini disebabkan karena produk baju kaos yang ditawarkan berisi kata-kata lucu berbahasa Indonesia. Selain baju kaos dengan kata-kata lucu dan unik, toko Joger juga menawarkan berbagai souvenier, sandal, tas, cangkir, sepatu dan topi. Lokasi: Jalan Mekarsari - Baturiti Bedugul, No.16, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

4. Air Terjun Leke Leke
Nama lain dari Air terjun Leke-leke yakni air terjun kipuan kebo yang artinya tempat berkubang kerbau. Walaupun debit airnya tidak begitu besar namun pesona yang ditawarkan sangat menawan dengan latar pohon pakis yang menghijau. Untuk mengakses air terjun ini kita harus melalui jalan setapak melewati perkebunan milik warga dengan hawa udara yang sejuk dan alami. Lokasi: Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

5. The Sila's Agrotourism
The Sila's Agrotourism merupakan tempat rekreasi yang sangat nyaman dan menyenangkan dengan hawa udara yang sejuk karena berada di daerah pegunungan. Aktifitas yang mungkin bisa dilakukan pengunjung di The Sila’s Agrotourism yakni berkemah, bermain ATV, flying fox, paintball, berkuda, trekking, bersepeda, dan memancing. Selain itu, di sini juga tersedia wahana permainan lainnya seperti kincir yang tingginya sekitar 30 meter dan kora-kora (perahu ayun). Tempat ini sangat ramah untuk anak-anak karena tersedia kid’s zone yang menyediakan panjat tebing, mandi balon, prosotan dan lainnya. Lokasi: Banjar Batusesa, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

6. Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan merupakan danau terluas kedua setelah danau Batur. Danau Beratan terletak di daerah pegunungan sehingga hawa udaranya sangat sejuk dan hijau serta kadang-kadang diselimuti kabut. Bila Anda memiliki hobi memancing, maka di Danau Beratan ini bisa digunakan sebagai tempat memancing. Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan danau ini dari tengah danau, Anda bisa menyewa kapal boat atau sampan. Lokasi: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

7. Pantai Mejan
Pantai Mejan merupakan pantai pasir hitam yang siap memanjakan pengunjung akan keindahan pantainya. Di pinggir pantai terdapat hamparan pohon kelapa yang hijau dengan daun yang melambai-lambai. Sore hari di pantai ini akan disuguhkan dengan pesona matahari tenggelamnya. Lokasi: Jalan Batu Mejan, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali

8. Taman Pahlawan Margarana
Taman Pahlawan Margarana atau dikenal nama Taman Pujaan Bangsa merupakan sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1954. Monumen ini merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran Puputan Margarana 20 November 1946 melawan penjajah. Sebagai wujud rasa nasionalisme, mungkin anda bisa mengunjungi taman ini yang diperuntukkan bagi pahlawan-pahlawan yang gugur pada perang puputan Margarana. Lokasi: Banjar Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

9. Air Terjun Blahmantung
Nama lain dari Air Terjun Blahmantung adalah Air Terjun Pupuan karena berada di kecamatan pupuan. Air terjun yang berketinggian sekitar 50 meter ini lokasinya agak tersembunyi, berada di antara tebing-tebing yang tinggi di tengah perkebunan kopi milik warga setempat. Air terjun ini benar-benar alami dan asri. Lokasi: Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

10. Air Terjun Yeh Hoo
Air terjun Yeh Hoo benar-benar indah dengan debit air yang sangat besar dan jernih sekali. Di sekitar air terjun ini ada sebuah permainan air lho, jadi pengunjung bisa mandi untuk menikmati sejuknya air di air terjun ini. Lokasi: Jalan Batu Luwih Kawan, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

11. Air Terjun Benben
Air terjun Benben merupakan air terjun yang berada di aliran Tukad Yeh Sapuan yang alami dan asri. Suasana pegunungan dengan udara yang sejuk serta pepohonan yang menghijau akan membuat pengunjung ke air terjun ini akan betah berlama-lama. Walaupun debit airnya tidak terlalu besar, tetapi keindahan yang ditawarkannya akan membuat pengunjung terpukau. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali

12. Air Terjun Melasti
Air Terjun Melasti dapat dikatakan sebagai satu-satunya air terjun yang ada di kawasan pantai di pulau bali. Air terjun ini memang benar-benar indah, di mana pada siang hari karena anda bisa melihat semacam pelangi. Selain itu, air terjun ini dekat dengan objek wisata yang terkenal seperti pura tanah lot dan pura batu bolong. Satu hal lagi yang perlu diketahui, air terjun ini merupakan air terjun musiman, artinya air terjun ini akan ada pada musim cocok tanam padi. Di mana sisa pengairan dari sawah milik petani akan dialirkan menuju laut maka terbetuklah air terjun. Jika anda ingin menikmati indahnya air terjun ini, datanglah pada musim tanam padi di sekitaran tanah lot. Selain air terjunnya yang menjadi incaran para traveler, pantainya juga sangat bagus lho, spot yang sangat pas untuk melihat matahari terbenam. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

13. Air Terjun Sade
Air Terjun Sade memiliki nama lain Air Terjun Singsing dan airnya masih satu aliran dengan air terjun Benben yakni dari aliran Tukad Yeh Sapuan. Hanya saja air terjun sade ini berada di hulu dari air terjun benben. Uniknya, air terjun ini dikelilingi oleh tebing dan hutan bambu yang menghijau dan asri. Walaupun tidak terlalu tinggi dan debit air juga tidak terlalu besar, air terjun ini sangat indah dipandang mata. Sangat pas untuk sekedar berfoto-foto ria bersama teman atau orang yang kita sayangi. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali

14. Air Terjun Angseri
Jika anda berkunjung ke pemandian air panas Angseri, tidak hanya bisa berendam di kolam air panas, tetapi juga dapat melihat pesona air terjunnya. Air Terjun Angseri berada di kaki gunung Batukaru, tepatnya berada di tempat wisata pemandian Air Panas Angseri. Air terjun ini mengalirkan air yang hangat dan mengandung belerang, sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu air terjun dengan air yang hangat di pulau bali. Lokasi: Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

15. Air Terjun Singsing Angin
Air terjun Singsing Angin masih sepi dari kunjungan, hal ini disebakan karena tidak banyak yang tahu akan keberadaan air terjun ini. Padahal air terjun ini menawarkan keindahan yang mampu membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana karena kealamiannya. Bahkan untuk menjangkau air terjun ini sangatlah mudah karena tempatnya tidak jauh dari jalan utama dan harus menuruni beberapa puluh anak tangga untuk menemukannya. Lokasi: Banjar Apit Yeh, Desa Manikyang, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

16. Air terjun Tibu Sampi
Air terjun Tibu Sampi memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan dengan debit air yang cukup besar. Air terjun ini berasal dari sumber mata air alami yang airnya digunakan untuk mengairi persawahan. Selain keindahan air terjunnya, tempat ini sangat bagus untuk mandi karena airnya yang segar dan bening, apalagi jika berkunjung ke sini pada siang hari sangat pas untuk bermain air di air terjun ini. Lokasi: Banjar Kementug Desa, Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

17. Air Terjun Batu Sangian
Tidak jauh dari air terjun Tibu Sampi terdapat air terjun Batu Sangian yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Uniknya, air terjun ini airnya terasa manis lho. Air terjun ini bersumber dari 10 mata air, jadi debit airnya selalu stabil walaupun musim kemarau. Lokasi: Banjar Kementug Desa, Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemdeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

18. Air Terjun Tibu Megan
Tidak banyak info yang admin dapatkan dari objek wisata air terjun tibu megan ini. Air terjun ini masih dalam satu desa dengan air terjun batu sangian dan air terjun tibu sampi. Lokasi: Banjar Apit Yeh, Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

19. Pura Ulun Danu Beratan
Tabanan memiliki sebuah danau dan merupakan danau terbesar kedua di Bali yang bernama danau Beratan. Keindahan Danau Beratan ditambah adanya Pura Ulun Danu di tengah danau menjadi pemandangan indah yang perlu anda kunjungi dan abadikan selama berlibur ke pulau Dewata. Bahkan tempat wisata ini menjadi icon dari pariwisata Pulau Bali. Karena tempat ini sangat terkenal, pemerintah Indonesia juga memuat gambar Pura Ulun Danu ini dalam uang kertas pecahan lima puluh ribuan. Lokasi: Lokasi: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

20. Air Panas Penatahan
Air Panas Penatahan sangat pas dikunjungi jika sudah lelah jalan-jalan menikmati pesona keindahan alam tabanan. Pengunjung bisa merelaksasi diri dengan berendam di kolam pemandian air panas. Air panas ini mengandung belerang dan mineral lainnya yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Lokasi: Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

21. Wisata Alam Jatiluwih
Desa Jati luwih merupankan areal persawahan yang berundak-undak (terasering) yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain menawarkan pesona keindahan persawahan, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman. Sejauh mata memandang hanya persawahan memukau yang bisa dilihat. Akan sangat baik jika berkunjung ke kawasan ini pada saat musim cocok tanam, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani seperti membajak sawah, menanam padi, dan lain sebagainya. Lokasi: Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

22. Pantai Batu Lumbang
Pantai yang berbatu karang ini sangat cocok untuk bersantai. Pantai ini masih alami dan belum terjamah oleh aktivitas investor serta masih sepi dari kunjungan wisatawan. Tingginya batu karang menambah indahnya pantai dengan deburan ombak yang terus menjalar ke pinggir pantai. Lokasi: Banjar Batu Lumbang, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

23. Pantai Soka
Pantai Soka memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pada bagian timur pantai ini akan terlihat Gunung Agung sedangkan disebelah barat pantai terbentang kebun kelapa dan hamparan persawahan yang tertata rapi dengan gugusan perbukitan dan Gunung Batukaru yang mempesona. Di pantai Soka terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet. Lokasi: Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

24. Museum Ogoh-Ogoh
Tidak jauh dari pantai terdapat museum Ogoh-Ogoh (patung raksasa yang diarak-arak pada perayaan nyepi). Di museum ini setidaknya terdapat 20 buah ogoh-ogoh dengan berbagai ukuran dan bentuk. Wisatawan yang berkunjung ke sini didominasi oleh wisatawan domestik. Lokasi: Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

25. Museum Subak
Museum Subak merupakan sebuah museum yang menjelaskan dan berisi informasi tentang sistem irigasi (pengairan) air sawah di pulau Bali. Di museum ini kita bisa belajar tentang sistem pengairan dan peralatan yang digunakan pada areal persawahan di Bali secara lengkap. Lokasi: Jalan Gatot Subroto No. 5B, Banjar Anyar, Desa Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Bali.

26. Pantai Selabih
Pantai Selabih berada di perbatasan antara kabupaten Jembrana dan Tabanan. Pengunjung bisa menikmati indahnya pantai sambil duduk di warung menikmati makanan dan minuman. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Denpasar-Gilimanuk. Pantai Selabih merupakan pantai matahari tenggelam, pada saat menjelang senja kita akan melihat indahnya sang surya tenggelam di balik cakrawala. Lokasi: Desa Selabih, Kecamatan Selamdeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali.

27. Pantai Yeh Gangga
Pantai Yeh Gangga merupakan pantai pasir hitam dengan panorama yang indah serta keadaan pantai yang masih tenang dan nyaman. Pada saat sore pengunjung bisa menyaksikan pesona matahari terbenam. Uniknya, kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Pada saat air laut surut, pengunjung bisa naik ke atas batu karang tersebut dan melihat pesisir pantai yang membentang luas ke selatan. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati. Lokasi: Jalan Yeh Gangga, Banjar Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

28. Pantai Bonian
Pantai Bonian merupakan pantai pasir hitam yang menawarkan pesona keindahan pantainya. Oleh masyarakat sekitar pantai, kawasan ini kerap digunakan untuk kegiatan ritual melasti yang dilakukan oleh umat Hindu. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat potensial sekali untuk bermain surfing. Lokasi: Banjar Bonian, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali

29. Pura Tanah Lot
Pura Tanah lot Bali merupakan tempat yang sangat bagus untuk menyaksikan matahari terbenam pada sore hari. Jika air laut sedang pasang, Pura Tanah Lot ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Sedangkan jika air laut sudah mulai surut, daratan yang menghubungkan pura ini akan terlihat. Pada saat menjelang matahari tenggelam, momen-momen inilah yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai objek fotografi maupun praweding. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

30. Pantai Balian
Pantai Balian memiliki pemandangan laut biru dibarengi gulungan ombak yang tinggi serta suasana tenang di sekitarnya cukup membuat pengunjungnya terkesima, disukai oleh penggemar olah raga surfing. Lokasi: Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali

31. Pantai Nyanyi
Pantai Nyanyi merupakan pantai dengan hamparan pasir hitam yang sangat luas menghadap ke Selatan dan menyuguhkan pemandangan indah laut biru Samudera Hindia. Ombak di pantai ini cukup besar dan panjang, sehingga sangat ideal untuk bermain surfing. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sunset di pantai ini. Lokasi: Dusun Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

32. Pantai Kelating
Pantai Kelating sangat bagus digunakan untuk tempat berekreasi bersama keluarga karena memiliki hamparan pasir hitam yang luas dan landai. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak cukup besar, sehingga sangat bagus untuk kegiatan bermain surfing. Pantai kelating merupakan pantai sunset, sehingga pada sore hari pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pesona matahari tenggelam dari pantai ini. Lokasi: Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali

33. Bali Outbound And Farm Stay
Bali Outbound And Farm Stay berdiri di lahan seluas 10 hektar dengan nuansa alam yang asri. Banyak tersedia outbound di kawasan ini seperti Paintball, Strawberry, Camping, ATV, 4WD Offroad, Cycling, Fun Trail Trip, Outing, Outbound, Flying Fox, Trekking, Fishing, dan Berkuda. Lokasi: Bukit Melingkuh, Desa Baturiti, Desa Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

34. Pantai Kedungu
Pantai Kedungu merupakan pantai pasir hitam yang memiliki gelombang laut yang cocok untuk surfing. Selain itu, pantai ini dikelilingi oleh pemandangan persawahan yang hijau sehingga menambah indah panorama di Pantai Kedungu. Pantai Kedungu cocok digunakan sebagai lokasi camping karena ada beberapa tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Lokasi: Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

35. Pantai Pasut
Pantai Pasut memiliki pasir berwarna hitam yang terhapar luas dan landai dengan pemandangan alamnya yang menawan. Keindahannya akan semakin bertambah ketika sore hari menjelang matahari tenggelam. Selain itu, pantai ini memiliki suasana yang tenang dan damai sehingga sangat cocok untuk merelaksasi pikiran. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini ialah berjemur, bersantai dan berenang. Lokasi: Desa Tibubiyu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

36. Pantai Langudu
Pantai Langudu memiliki pemandangan yang indah serta ombak yang bagus untuk selancar. Karena memiliki ombak yang sangat mendukung di kawasan pantai juga tersedia camp surf yakni semacam tempat pelatihan untuk bermain selancar bagi yang ingin belajar menggunakan papan surfing. Lokasi: Desa Langudu, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

37. Pantai Kelecung
Pantai Kelecung memiliki ombak yang besar sehingga menjadi incaran bagi wisatawan pecinta surfing. Pantai Kelecung juga berpasir hitam yang berkilapan kalau terkena sorotan sinar matahari, sehingga sangat menawan, eksotis, apalagi dipadukan  dengan pesona persawahan bertingkat-tingkat yang membentang luas. Suasana pantai yang begitu asri semakin menambah suasana yang nyaman dan tenang. Lokasi: Banjar Kelecung, Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

38. Pantai Mekayu
Pantai Mekayu memiliki hamparan pantai pasir hitam yang sangat luas, sehingga sangat cocok untuk aktivitas bermain bola di kawasan pantai yang landai ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pesona pantai yang sangat indah dengan pohon kelapa berdiri di pinggir pantai. Sore hari pesona sunset menambah indah pantai ini. Lokasi: Banjar Mekayu, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali.

39. Bendungan Telaga Tunjung
Selain sebagai tempat penampungan air irigasi, bendungan ini dimanfaatkan sebagai objek wisata, sehingga wisatawan dapat memanfaatkan bendungan tersebut untuk berfoto-foto, sebab pemandangannya sungguh menarik. Wisatawan bisa melihat pemandanagan dari atas bukit karena disana dibangun teras-teras yang berada di atas bukit. Lokasi: Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

40. Tebing Balian
Tebing balian menawarkan pesona pemandangan pantai dari atas tebing. Tebing ini diapit oleh dua pantai yang berada di kanan kirinya. Tebing ini benar-benar sangat indah. Lokasi: Jalan Pantai Balian, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali

41. Pantai Abian Kapas
Pantai Abian Kapas memiliki pasir hitam dengan pesona pantai yang sangat indah. Pantai ini masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan, sehingga sangat bagus untuk wisata rekreasi keluarga. Selain itu, pantai ini juga spot memancing yang sangat bagus karena di pantai ini terdapat muara besar sebagai tempat bertemunya air laut dan air tawar sehingga sangat banyak terdapat ikannya. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali

42. Pemandian Air Panas Belulang
Air Panas Belulang terhampar di tengah persawahan yang luas dan indah. Air panas ini berbeda dengan kebanyakan air panas lainnya yang menimbulkan bau belerang yang cukup menyengat. Air Panas Belulang tidak menimbulkan bau belerang. Lokasi: Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

43. Gunung Watukaru
Gunung Batukaru atau Watukaru memiliki ketinggian 2.276 meter merupakan gunung tertinggi kedua di pulau bali dan masih menjadi bagian dari kawasan Cagar Alam Batukaru ini. Watukaru berasal bahasa bali yang terdiri urat kata watu yang berarti batu dan Karu berarti tempurung kelapa. Sesuai namanya, Gunung Batukaru yang tidak aktif ini memiliki sebuah kawah besar yang bentuk menyerupai tempurung kelapa. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Batukaru, kita akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Lokasi: Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

44. Desa Wisata Nyambu
Ada dua kegiatan utama yang bisa dilakukan di desa wisata nyambu yakni wisata susur sawah dan susur budaya. Pada kegiatan susur sawah, pengunjung akan diajak menyusuri hamparan sawah yang tersusun sejauh dua kilometer. Selain bisa menikmati pesona keindahan alam persawahan desa, kegiatan susur sawah juga menambah wawasan tentang tentang struktur persawahan di Bali. Sedangkan untuk wisata susur budaya, pengunjung akan belajar tentang adat, budaya, dan religi yang ada di desa nyambu. Selain itu, pengunjung akan diajak menikmati kuliner khas bali di desa ini. Lokasi: Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

45. Desa Wisata Pinge
Desa Wisata Pinge menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan persawahan yang hijau. Wisatawan yang datang ke sini bisa melihat secara langsung para petani membajak sawah, menyiapkan bibit, menanam padi, menuai dan memasukkan padi ke lumbung. Selain memiliki alam yang memikat, di desa wisata pinge banyak ditemukan benda-benda bersejarah, salah satunya berada di cagar budaya Pura Natar Jemeng. Lokasi: Desa Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

46. Desa Wisata Belimbing
Desa Wisata Belimbing memang terkenal dengan sawahnya yang masih asri dan luas. Persawahan dengan terassering yang indah dapat dinikmati di desa ini. Desa ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang cantik dan sejuk dengan beberapa pohon kelapa di sekitarnya. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

47. Bali Adventure Penebel
Bali Adventure Penebel merupakan salah satu tempat ATV di Bali yang memiliki jalur yang sangat keren di alam pedesaaan. Di daerah ini juga terkenal sebagai agro wisata dengan pemandangan alam tanaman padinya yang membentang luas. Lokasi: Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

48. Wisata Agro Desa Gadungan
Desa Gadungan merupakan penghasil cokelat terbaik dengan luas perkebunan sekitar 60 hektar. Selain itu, di desa ini terdapat areal tracking sejauh 3 km dengan pemandangan alam yang eksotik. Di tempat ini juga para wisatawan dapat menikmati berbagai menu tradisional seperti kelapa muda serta aneka kue hasil produk masyarakat setempat yang dapat dijumpai di sepanjang jalan di desa ini. Lokasi: Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

49. Kebun Raya Bali
Kebun Raya Bali memiliki nama lain Kebun Raya Eka Karya Tabanan merupakan salah satu hutan lindung di Bali yang berfungsi sebagai paru – paru udara. Karena merupakan kawasan hutan maka kebun raya bali ini memiliki udara yang sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga. Kebun yang memiliki luas sekitar 50 hektar dengan koleksi 2000 lebih spesies flora yang beberapa diantaranya adalah tumbuhan langka. Uniknya, di kebun raya ini terdapat rumah kaca yang berisi koleksi puluhan jenis tanaman kaktus. Lokasi: Jalan Kebun Raya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

50. Puri Agung Tabanan
Puri Agung Tabanan merupakan istana tempat kediaman keluarga kerajaan Tabanan. Istana ini dulu dijadikan sebagai pusat perintahan di saat sebelum zaman kemerdekaan oleh Raja Tabanan. Keunikan Puri Agung Tabanan ini adalah terdapatnya banyak bangunan antara lain pelinggih Agung, Pelinggih Rong Tiga, Suci, Bale Gong, Kori Agung, Bale Astapeta, Bale Saren, Bale Loji, Kori Alit, Bale Gede, Kori Belakang, Kori Saren Kelod dan Bale Jineng. Lokasi: Jalan Srigunting No. 3, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

51. Pura Luhur Watukaru
Pura Luhur Batukaru merupakan pura sebagai tempat memuja Tuhan sebagai Dewa Mahadewa. Pura Batukaru juga terkenal sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bagi anda yang sedang liburan di Bali, mungkin bisa mencoba merasakan suasana tenang, damai serta segarnya udara pegunungan dengan mengunjungi obyek wisata Pura Batukaru ini. Lokasi: Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, provinsi Bali,

52. Pura Luhur Tamba Waras
Pura Luhur Tamba Waras merupakan tempat suci umat Hindu untuk memohon obat dan kesembuhan. Uniknya, di areal Pura Tamba Waras terdapat 7 buah pancuran yang dinamakan Pancoran Sapta Gangga. Lokasi: Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

53. Bali Tree Top Adventure Park
Bali Treetop Adventure Park yang berada di kawasan Kebun Raya Bedugul ini dirancang sebagai wahana untuk menguji adrenalin bagi para pecinta olahraga menantang. Tak hanya untuk orang dewasa, bahkan anak-anak pun bisa menikmati keseruan bermain di wahana ini. Di sini ada sekitar 72 permainan yang menantang seperti Flying-Fox, Spider Nets, Suspended bridges, Flying Swings, Tarzan Jumps, dan lainnya. Lokasi: Jalan Kebun Raya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

54. Desa Wisata Antapan
Desa Antapan merupakan daerah pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan. Di desa ini dibudidayakan sayur mayur dan bunga. Para wisatawan bisa melihat langsung para petani menanam, memetik dan melihat langsung tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi oleh para wisatawan mancanegara. Alam di desa Antapan sangat mempesona yang menawarkan indahnya pegunungan dan teras sawah yang siap memanjakan para wisatawan. Selain itu, desa ini memiliki kesenian yang sangat unik yakni kesenian okokan. Lokasi: Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

55. Vihara Dharma Giri
Di Vihara Dharma Giri terdapat sebuah Patung Budha Tidur yang dibangun begitu besar dan megah. Masuk kedalam vihara tidak dipungut biaya, akan tetapi masuk ke kawasan wihara ini dilarang menggunakan celana pendek tetapi menggunakan celana panjang. Jika lupa mengenakan celana panjang, disana sudah disediakan kain yang nantinya diikatkan di pinggang layaknya rok panjang sampai ke kaki. Lokasi: Jalan Raya Pupuan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

56. Pura Malen
Pura Malen atau masyarakat menyebutnya Pura Gedong terletak di kaki gunung watukaru. Pura Malen juga biasa digunakan sebagai tempat start sebelum mengadakan pendakian ke Puncak Gunung Batukaru. Sebelum pendakian, para pendaki diwajibkan untuk melakukan persembahyangan di Pura Malen untuk memohon keselamatan selama pendakian. Selain itu, sekitar kawasan pura malen memiliki pemandangan alam yang masih asri dan indah. Lokasi: Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

57. Taman Kota Tabanan
Taman kota Tabanan berada di sebelah utara monumen Ida Batari Sagung Wah. Uniknya, di taman kota ini terdapat stage terbuka dengan patung Dewa Wisnu dan Burung Garuda sebagai ornamennya. Patung inilah yang menghiasi taman kota tabanan. Lokasi: Jalan Danau Toba, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

58. Soka Adventure Park
Di Soka Adventure Park pengunjung bisa bermain berbagai wahana permainan di lokasi yang cukup luas seperti Flying Fox, ATV, mini trail, dan lain-lain. Setelah puas menikmati wahana yang ada, pengunjung bisa istirahat di gazebo-gazebo  yang sudah disediakan. Di Soka Adventure Park juga menyediakan restoran menu yang beragam yang bisa pilih seperti jus, soft drink, seafood, dan masih banyak yang lainnya. Lokasi: Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali

59. Agro Puncak Bukit Catu
Agro Puncak Bukit Catu merupakan tempat rekreasi keluarga maupun kelompok untuk mengadakan kegiatan di dalam maupun di luar ruangan. Berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana sejuk dan asri yang dikelilingi daerah bukit dan pertanian menjadikan wilayah ini sebagai tempat rekreasi keluarga yang memberikan pendidikan tentang alam dan tanaman khususnya buah dan sayur. Lokasi: Banjar Bukit Catu, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

60. Pasar Tradisional Candi Kuning
Pasar Tradisional Candi Kuning memiliki ciri khas yakni pedangang di sini sebagian besar menjual buah-buahan dan sayuran khas hasil bumi Bedugul seperti strawberry, pisang, jeruk, jagung, markisa dan yang lainnya dengan harga yang terjangkau. Walaupun buah mendominasi penjualan di pasar, barang-barang lainnya bisa juga ditemui di pasar ini seperti seperti pakaian-pakaian, pernak-pernik seperti gelang, sandal Bali, kalung, dan sebagainya. Lokasi: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

61. Bali Strawberry Bedugul
Berwisata di Bali strawverry bedugul wisatawan bisa melihat dan langsung memetik buah strawberry dari kebunnya. Di kebun ini memiliki luas 50 are dan terdapat 4 kebun strawberry dan 6 buah gazebo khas Bali dari kayu dan beratap jerami. Uniknya, Bali Strawberry juga menyediakan restaurant yang menawarkan berbagai macam menu yang terbuat dari strawberry. Lokasi: Banjar Taman Tanda, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

62. Puri Anyar Kerambitan
Puri Anyar Kerambitan memiliki luas area sekitar 2 hektar, di dalamnya terdapat bangunan kuno dari abad ke 17. Selain itu, untuk menarik kunjungan wisatawan di sini diadakan pertunjukan tari, musik dan prosesi menikah ala kerajaan dengan perjamuan makan malam di Puri Anyar Kerambitan. Uniknya, di Puri Anyar Kerambitan diadakan pagelaran Gamelan Tektekan yang merupakan kesenian khas Tabanan. Lokasi: Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

63. Taman Makam Pancaka Tirta
Di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta ini “dibumikan” jasad para pahlawan bangsa yang gugur dalam peperangan melawan para penjajah, khususnya wilayah Bali. Tepat di depan pintu taman makam ini berdiri tegak patung dua orang pahlawan yakni Wagimin dan I Gusti Debes. Lokasi: Jalan Bima, Desa Abian Tuwung, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

64. Taman Kupu-Kupu Bali
Bali Butterfly Park adalah taman yang dikhususkan untuk konservasi satwa kupu-kupu dari seluruh Indonesia. Taman Kupu-Kupu Bali juga dipakai untuk edukasi dan penelitian, di mana di taman ini terdapat ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai spesies yang dikembangbiakkan, baik yang dilindungi oleh hukum maupun yang tidak dilindungi. Lokasi: Jalan Batukaru, Banjar Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

65. Pura Makori
Pura Makori dikelilingi oleh hutan yang asri sehingga udaranya cukup sejuk. Sebelum memasuki kawasan tempat suci ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang menghijau dan asri. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

66. Desa Wisata Pejaten
Desa Pejaten terkenal sebagai sentra kerajinan barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat seperti keramik, gerabah, guci, kendi, genteng, pot, vas bunga dan lain sebagainya. Bahkan hasil kerajinan keramik dari desa pejaten sudah menembus pasar-pasar internasional seperti Swedia, Australia, dan Jerman karena keramik yang diproduksi di desa ini memiliki kualitas yang tinggi. Lokasi: Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

67. Desa Wisata Wanagiri
Desa Wanagiri berada paling ujung utara di kaki Gunung Batukaru sehingga kawasan desa ini masih asri dan sejuk. Potensi wisata di Desa Wisata Wanagiri yakni memiliki pemandangan alam yang indah dan kebun coklat yang luas sehingga kawasan ini cocok untuk agrowisata pertanian. Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Selmadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

68 Desa Wisata Sekartaji
Desa Sekartaji memiliki keindahan alam yang masih asri serta terjaga kelestariannya. Di desa ini wisatawan dapat menikmati suasana yang sangat menyenangkan dengan melihat persawahan yang hijau membentang luas menghijau. Di desa ini terdapat jalur trekking dengan melewati areal persawahan, ladang, hutan bambu dan sungai. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

69. Desa Legung Luwih
Desa Legung Luwih menawarkan pemandangan indah pedesaan yang masih asri dengan aktivitas penduduknya. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling untuk melihat bangunan tradisional, lahan pertanian atau perkebunan. Selain itu, pengunjung bisa berpartisipasi untuk membajak sawah dengan menggunakan sapi, menanam padi dan menuai. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan pembuatan gula merah dengan cara tradisional dan melihat petani menurunkan air nira dari pohon enau. Lokasi: Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

70. Ekowisata Taman Sari Buwana
Ekowisata Taman Sari Buana yang juga dikenal dengan sebutan farming tour menawarkan wisata trekking dan menyaksikan kehidupan pedesaan. Pada saat trekking wisatawan akan diajak menikmati pemandangan dengan hamparan persawahan yang luas dan indah, menyaksikan petani memanjat pohon kelapa di ladang. Selama menyusuri pedesaan wisatawan akan melihat aktivitas penduduk setempat dalam kehidupan sehari-hari. Lokasi: Banjar Beng Kaja, Desa Tunjuk,  Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

71. Pantai Surabarata
Pantai Suraberata sangat cocok bagi pengunjung yang menginginkan suasana kedamaian dan ketenangan, karena pantai ini masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga surga bagi para peselancar. Lokasi: Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

72. Desa Selanbawak
Desa Selanbawak menawarkan pesona keindahan alam dengan sungai yang airnya bersih bening dan mengalir pelan. Di desa ini juga terdapat Pancoran Solas yang dikenal sebagai tempat penglukatan (meruwat) yang diyakini bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Bagi yang suka dengan wisata pertualangan di desa ini sudah disediakan jalan setapak untuk trekking sehingga bisa menikmati indahnya alam sekitar desa Selanbawak ini. Lokasi: Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

73. Bali Gumitir Bedugul
Bali Gumitir Bedugul merupakan tempat spot berfoto atau selfie berupa hamparan kebun bunga gumitir (bunga Marigold) milik warga setempat. Hamparan bunga yang berasal dari Mexico ini memiliki nama latin Tageter Erecta sangat digemari kaula muda sebagai tempat untuk berfoto-foto. Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

74. Desa Wisata Tista
Desa Wisata Tista terdapat area persawahan yang luas dan digunakan untuk jalur trekking hingga sungai Yeh Ho. Selain digunakan untuk jalur trecking, lokasi persawahaan ini juga sangat cocok digunakan untuk aktivitas jogging dan bycling di pagi dan sore hari dengan pemandangan sunset yang indah. Lokasi: Desa Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

75. Desa Wisata Beraban
Desa Wisata Beraban menawarkan wisata trekking menyusuri area persawahan yang luas dengan terasering tertata rapi hingga ke pantai sebagai tempat istirahat dan santai. Selain itu, di desa beraban terdapat objek wisata terkenal yakni pura tanah lot dan pantai nyanyi. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

76. Pig Stone Beach
Pig Stone Beach merupakan spot surfing yang sangat populer di tabanan karena memiliki ombak yang sangat ideal untuk bermain surfing. Sepanjang perjalanan menuju Pig Stone Beach akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang indah. Pantai ini merupakan pantai pasir hitam dan berkarang dengan pesona yang sangat indah. Lokasi: Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

77. Luwus Camp
Di Luwus Camp pengunjung akan diajak bersepeda menyusuri area persawahan yang asri. Selain bersepeda, pengunjung bisa memilih paket wisata trekking menyusuri areal persawahan dan hutan kecil kemudian bermalam dengan sebuah tenda yang sudah disiapkan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi: Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

78. Secret Garden Village Bedugul Bali
Di Secret Garden Village Bedugul Bali wisatawan akan dimanjakan dengan suasana menarik dan sejuk. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan pabrik kosmetik herborist yang terkenal dengan lulur Bali-nya. Uniknya, di sini terdapat museum kopi, di mana pengunjung bisa melihat porses pembuatan kopi dari biji mentah sampai menjadi bubuk kopi yang berkualitas. Fasilitas lain yang disediakan yakni restoran dengan menu khas Bali dan Asia dengan menghadap pemandangan perbukitan yang sejuk dan indah. Lokasi: Jalan Raya Denpasar Bedugul, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

79. Basangbe Adventure Park
Basangbe Adventure Park menawarkan ayunan menguji nyali karena memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Bagi yang takut ketinggian ada juga ayunan yang memiliki ketinggian 5 meter dan 20 meter. Yang paling antimainstrem dari ayunan ini adalah pengunjung akan berayun dijurang. Selain itu, tempat ini juga menawarkan spot selfi yang sangat keren karena sudah disediakan ayunan tandem, empat sarang burung yang lucu, spot I Love You Bali dan panggung romantis yang tergantung di pohon yang sangat menakjubkan. Dari atas jurang pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam yang sangat keren berupa hutan hijau dan pohon kelapa yang indah. Lokasi: Banjar Basangbe, Desa Perean Kangin, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

80. Pancoran Solas
Pancoran Solas merupakan sebuah sumber mata air yang keluar dari tebing dan dialirkan ke-11 pancoran yang sering didatangi umat Hindu untuk melukat. Aliran air di Pancoran Solas diperkirakan berasal dari sumber air di sekitar Pura Luhur Pucak Padang Dawa. Suasana tenang dan rimbun terasa saat menyusuri tegalan di, untuk menuju ke Pancoran Solas. Lokasi: Banjar Batannyuh, Desa Pakraman Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali

81. Desa Wisata Mengesta
Di Desa Wisata Mengesta berada di kaki gunung Batukaru yang menyuguhkan pemandangan persawahan dan perkebunan yang luas, sistem terasering  persawahan, panorama alam pegunungan, dan sumber air panas. Pesona desa Tista dapat dinimati melalui jalur trekking yang sudah disediakan. Lokasi: Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

82. Desa Wisata Buwit
Dulunya Desa Buwit terkenal sebagai sentra pembuat senjata seperti keris, pedang, tombak dan lain sebagainya. Tetapi karena peminatnya sangat kurang maka jumlah pengerajin senjata di desa ini sudah berkurang. Selain terkenal sebagai pengerajin senjata, desa buwit juga memiliki pemandangan alam yang sangat keren. Tidak mengherankan jika desa ini digunakan untuk aktivitas bersepeda dan trekking oleh wisatawan asing dengan melalui persawahan yang hijau. Di desa Buwit juga terdapat kolam pemancingan. Lokasi: Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

83. Air Panas Piling Kawan
Air Panas Piliang Kawan masih alami. Di sini terdapat lima buah pancuran dan dua bak mandi ukuran sedang yang bisa dinikmati pengunjung untuk menikmati kehangatan aliran airnya. Pesona alam di sekitar air panas ini sangat mempesona. Sepanjang perjalanan menuju air panas ini akan disuguhkan dengan lembah dengan hamparan pesawahan ataupun tegalan dengan latar belakang tiga gunung yakni gunung Batukaru, Pucak Puun dan Pucak Adeng. Lokasi: Banjar Piliang Kawan, Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

84. Desa Wisata Petiga
Desa Wisata Petiga terkenal sebagai sentra budidaya tanaman hias dan tanaman obat di bali. Di sepanjang jalan di desa ini, pengunjung akan disajikan pemandangan berbagai tanaman hias yang bisa dibeli langsung oleh wisatawan. Selain itu, di desa ini juga terdapat jalur trekking yang melewati hamparan kebun coklat milik warga setempat. Pengunjung bisa melihat aktivitas petani coklat dalam mengolah kebunnya dan proses pembuatan bubuk coklat. Lokasi: Desa Petiga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

85. Desa Tengkudak
Yang unik dari Desa Tengukdak adalah terdapat bangunan dapur yang terletak di utara dan menghadap ke selatan. Biasanya secara umum masyarakat bali membuat dapur terletak di selatan pekarangan. Selain itu, di bidang kesenian desa tengkudak memiliki tarian sakral yang bernama tari Sang Hyang Sampat, Baris Memedi, Rejang Tabuh, dan Sang Hyang Cicing. Selain potensi budaya dan seni, Desa Tengkudak yang berada di kaki gunung watukaru ini juga memiliki alam yang masih asri dengan panorama yang sangat indah.

86. Pantai Batu Tampih
Sepanjang perjalanan menuju pantai batu tampih, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang asri. Walaupun pantai ini menawarkan pesona yang sangat memukau, tetapi pantai Batu Tampih masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Lokasi: Banjar Batu Tampih Kangin, Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

87. Pantai Antap
Walaupun berpasir hitam, pemandangan Pantai Antap sangat mengagumkan. Terdapat tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Ada pula sekumpulan batu karang yang selalu dihempas oleh terjangan ombak. Suasana Pantai Antap sangat tenang sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin mencari suasana pantai yang tenang dan nyaman. Jika ingin merasakan sensasi lain, silahkan naik ke salah satu tebing di pantai ini, akan terlihat pemandangan yang lebih indah dan menyaksikan lautan lepas yang jauh. Lokasi: Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

88. Clubhouse Waterpark
Clubhouse Waterpark merupakan taman air yang menyediakan wahana prosotan air untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.99, Banjar Anyar, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

89. Air Terjun Tibu Kentenan
Tidak banyak yang mengetahui akan keberadaan air terjun ini. Sekitar air terjun nuansa alamnya masih asri. Lokasi: Desa Mundeh Kangin, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali.

90. Pantai Bebali
Pantai Bebali masih relatif sepi dari kunjungan sehingga sangat tepat bagi yang mencari pantai dengan suasana yang tenang. Sore hari pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat keren sekali. Pantai yang memiliki pasir hitam ini masih asri dengan persawahan lengkap dengan pohon kelapa menghiasi pantai ini. Lokasi: Jalan Pantai Bebali, Desa Berengbeng, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

91. Desa Wisata Gunung Salak
Desa Wisata Gunung Salak menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan persawahan yag menghijau dan beberapa pohon kelapa yang menghiasi desa wisata ini. Sawah di desa ini tersusun secara berundak-undak sehingga menambah indah kawasan desa wisata ini. Selain itu, di desa wisata Gunung Salak terdapat tiga air terjun alami yang membuat desa ini makin terkenal. Lokasi: Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

92. Desa Wisata Bongan Tabanan
Desa Wisata Bongan memiliki tradisi yang unik yakni tradisi mesuryak yang artinya bersorak atau berteriak. Tradisi tersebut berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang dilakukan warga dalam rangkaian perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, terutama penghormatan untuk para leluhur. Lokasi: Dusun Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Tabanan, Bali

93. Desa Wisata Kampung Jalak Bali
Desa Wisata Kampung Jalak Bali merupakan pusat penangkaran dan pengembangbiakan Jalak Bali  yang dikelola oleh pecinta burung ‘Kicau Bali’. Bagi pecinta burung sangat bagus untuk mengunjungi lokasi ini. Lokasi: Banjar Bongan Kauh Kelod, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Tabanan, Bali

94. Pantai Tibubiu
Selama perjalan menuju pantai Tibubiu, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona hamparan sawah yang luas. Pantai ini merupakan spot yang sangat bagus untuk memancing, sehingga tidak mengherankan jika tiap hari terlihat warga sekitar yang berdiri di pinggir pantai menunggu kailnya disambar ikan. Pantai yang memiliki pasir hitam ini merupakan pantai sunset. Lokasi: Desa Tibubiyu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

95. Pasar Kodok Tabanan
Pasar Kodok Tabanan merupakan tempat wisata belanja pakaian bekas impor terbesar di Bali. Walaupun pakaian bekas, namun masih kelihatan seperti baru dengan kualitas yang masih baik dan tentunya harga yang ditawarkan terbilang murah, sehingga pasar ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bukan hanya warga lokal saja yang berburu pakaian impor tetapi turis asing juga ikut membeli pakaian di sini. Lokasi: Jalan Kampung Kodok, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

96. Desa Wisata Gubug
Desa Wisata Gubug memiliki pemandangan alam yang sangat indah terutama panorama keindahan alam persawahannya yang terasering. Selain itu, desa ini terkenal sebagai sentra pengerajin pisau dan golok yang terletak di Banjar Pande dan Banjar Batusangian. Berbagai macam jenis pisau dihasilkan mulai dari ukuran yang besar hingga ukuran yang lebih kecil. Lokasi: Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

97. Air Terjun Tukad Yeh Nu
Walaupun air terjun Yeh Nu tidak terlalu tinggi, tetapi air terjun ini menawarkan pesona yang mampu memikat wisatawan. Akan tetapi untuk menuju ketempat air terjun, harus turun ke sungai dan melewati bebatuan yang ada di tukad Yeh Nu. Lokasi: Perbatasan Desa Subamia, Kecamatan Tabanan dengan Desa Rianggede, Kecamatan Penebel

98. Pupuan Panorama
Pupuan Panorama atau Belimbing Rice Terrace berada di dataran tinggi dengan pemandangan persawahan luas yang indah, berundak-undak, tersusun rapi luas hijau membentang dengan latar belakang Gunung Batukaru. Lokasi: Desa Blimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali

99. Desa Wisata Antosari
Desa Wisata Antosari dan Antap menawarkan pesona hijau hamparan persawahan yang sangat luas dengan bentuk yang berundak-undak. Uniknya, letak persawahan yang terletak di kaki bukit menyebabkan bentuknya tidak simetris atau berliku sehingga tampak begitu memukau mata. Lokasi: Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

100. Terasering Soka
Banjar Soka tidak hanya terkenal akan wisata pantai dan museum ogoh-ogohnya, tetapi juga memiliki bentang alam persawahan yang menghijau. Lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Gilimanuk Denpasar. Di sini para pecinta wisata alam akan disajikan pemandangan sawah yang hijau dan berundak-undak. Kawasan ini akan terlihat sangat keren pada saat musim padi mulai tumbuh. Lokasi: Lokasi: Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Nah itu 100 tempat wisata yang mungkin bisa dijadikan refrensi dalam mencari tempat wisata di kabupaten tabanan. Selain yang disbeutkan di atas masih banyak sekali destinasi wisata yang belum terungkap ke kahlayak umum karena kurangnya sosialisasi atau pengembangan objek wisata tersebut, misalnya air terjun Tibu Pangseg Malem, air terjun Pangkung Sakti, dan lain sebagainya. Semoga nantinya masyarakat dan pemerintah setempat bersinergi mengembangkan objek wisata tersebut, agar mampu meningkatkan perekonomian rakyat. Semoga liburan anda ke tabanan semakin berkesan karena tersedia beragam destinasi wisata yang asik. Salam longtriper.
Iklan