free counter with statistics Inilah 10 Sungai Tempat Mancing Di Denpasar
T9/29/2019

Inilah 10 Sungai Tempat Mancing Di Denpasar

Iklan
Iklan

Pemerintah Denpasar terus menata bantaran sungai yang melewati kotanya yang nantinya akan menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai objek wisata, menata bantaran sungai juga diharapkan agar masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai. Kini beberapa sungai di Denpasar sudah menjadi tempat rekreasi yang mampu menarik kunjungan wisatawan dengan menambahkan beberapa fasilitas pendukung seperti lampu taman, area jogging track, dan spot untuk berfoto-foto yang sangat Instagramable.
Inilah 10 Sungai Tempat Mancing Di Denpasar
Spot memancing di Denpasar

Tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata, sungai di Denpasar juga dimanfaatkan sebagai lokasi memancing. Biasanya pemancing yang datang ke sungai di denpasar berasal dari warga sekitar sungai untuk mengisi waktu luangnya. Bagi yang suka memancing, berikut admin bagikan 10 sungai tempat mancing di Denpasar.

1. Taman Pancing Pemogan
Bantaran tukad Badung di Desa Pemogan pada kanan kirinya dijadikan taman untuk rekreasi dengan menanam rumput hijau dan beberapa pohon peneduh lengkap dengan kursi duduknya. Taman yang berada di hilir Tukad Badung ini bernama Taman Pancing Pemogan. Bagi yang hobi memancing, kawasan Taman Pancing Pemogan sangat ideal untuk menyalurkan hobi memancing. Bahkan kawasan ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pemancing mania dari warga sekitarnya. Para pemancing bisa duduk santai di pinggiran sungai yang sudah dibeton sambil menunggu kailnya disambar ikan. Lokasi Taman Pancing Pemogan berada di Jalan Taman Pancing, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan.

2. Tukad Korea
Tempat wisata ini baru dikembangkan oleh pemerintah Kota Denpasar. Sebenarnya nama sungai yang mengalir di Kota Denpasar ini bernama Tukad Badung, karena penataannya mirip seperti sungai Cheonggyecheon yang terletak di pusat kota Seoul, Korea Selatan ini, maka para wisatawan menyebut sungai ini dengan nama Tukad Korea. Sungai yang mengalirkan airnya di tengah antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari ini dapat dijadikan sebagai lokasi memancing. Karena sudah dilengkapi dengan lampu taman, pada malam hari juga bisa digunakan untuk memancing. Banyak pemancing mania mencoba keberuntugannya di sungai ini. Sangat menyenangkan memancing ikan di sungai sambil berwisata.

3. Tukad Tagtag
Sungai berikutnya di Kota Denpasar yang dijadikan sebagai tempat memancing adalah Tukad Tagtag yang berlokasi di sebelah timur SMPN 10 Denpasar atau di sebelah timur Taman Kota Lumintang. Di pinggir sungai atau Tukad Tagtag ini sudah di lengkapi dengan sarana jogging track. Yang lebih keren, di jalan menuju Tukad Tagtag ini juga dihiasi dengan mural. Selain pemasangan paving dipadu dengan hiasan batu sikat, di kawasan tersebut juga dilengkapi lampu taman, sehingga pada malam hari sungai ini dapat digunakan untuk  tempat nongkrong.

4. Tukad Bindu
Tukad Bindu selain sebagai tempat rekreasi, sungai yang berada Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman Kecamatan Denpasar Timur ini kerap kali digunakan sebagai tempat memancing oleh warga sekitar sungai. Selain sebagai tempat memancing, sungai ini dapat digunakan sebagai tempat jogging karena sudah tersedia arean jogging track. Bahkan sungai ini juga dilengkapi lampu taman, sehingga pada malam hari bisa digunakan untuk tempat rekreasi.

5. Tukad Loloan Mertasari
Sungai yang berada di Jalan Pengembak ini bisa dijadikan alternatif untuk menyalurkan hobi memancing. Di sini terdapat banyak spot-spot untuk memancing. Sore hari kawasan ini tidak pernah sepi dari para pemancing mania yang biasanya berasal dari warga sekitar sungai ini.

6. Muara Tukad Ayung
Tukad Ayung atau Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Pulau Bali yang panjang aliran sungai kurang lebih mencapai 70 km. Sungai ini sangat ideal digunakan untuk aktivitas rafting. Tidak hanya itu saja, kawasan hilir yakni pada bagian muara sungai ini sangat bagus untuk kegiatan memancing. Pada bagian muara sungai ini memisahkan pantai tangtu dengan pantai padang galak. Untuk aktivitas memancing bisa melalui pantai tangtu. Di mana pinggir sungai ini sudah dibeton dengan sangat baik, sehingga bisa duduk sambil menunggu umpan disambar ikan.

7. Bendungan Wongan
Bendungan atau dam Wongan membendung Sungai Sagsag untuk dialirkan airnya ke beberapa sungai disekitarnya. Tidak hanya sebagai sarana irigasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat wisata memancing. Apalagi rerimbunan pohon yang menambah sejuk suasanadi kawasan ini. Hanya saja lokasi bendungan ini sangat angker, diharapkan jangan berkata kasar di lokasi ini.

8. Waduk Muara Nusa Dua
Waduk Muara Nusa Dua merupakan bagian hilir dari tukad badung. Di sini banyak sekali terdapat ikan yang sangat bagus untuk tempat memancing. Hampir tiap hari warga sekitar menyalurkan hobi memancingnya di kawasan ini. Ada yang sekedar untuk rekreasi ataupun untuk melepaskan lelah. Sambil melempar kail kita bisa melihat aktivitas mobil yang lalu lalang di Jalan By Pass Ngurah Rai. Terkadang bisa melihat burung bangau yang mencari ikan di tengah sungai, sungguh pemandangan yang langka dan indah.

9. Sungai Rangda
Sungai Rangda yang berada di Jalan Pamelisan, Banjar Suwung Batan Kendal ini dapat digunakan sebagai lokasi memancing. Perlu diperhtikan pada tahun 2017 ditemukan beberapa ekor buaya berkeliaran sungai ini. Jadi bagi pemancing mania, harus hati-hati ketika akan memancing di sungai ini.

10. Bendungan Tukad Mati Umadui
Bendungan Tukad Mati Umadui yang berlokasi Jalan Gunung Soputan, Denpasar Barat, Denpasar ini dapat digunakan sebagai lokasi memancing. Bahkan tempat ini pernah digunakan sebagai tempat lomba memancing yang diselengarakan oleh organisasi pemuda yang berada di sekitar sungai ini.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari sungai tempat memancing di Denpasar Bali. Perlu diperhatikan, ketika berkunjung ke sungai, jangan membuang sampah ke sungai. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Kalau bukan kita yang merawat sungai, siapa lagi?
Iklan