free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Pantai Di Klungkung Bali
T10/24/2018

Inilah Tempat Wisata Pantai Di Klungkung Bali

Iklan
Iklan

Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil di Provinsi Bali yang memiliki luas sekitar 315 km2 atau sekitar 5,4% dari luas Provinsi Bali. Perlu diketahui bahwa sepertiga wilayah kabupaten Klungkung terletak di Pulau Bali yang dikenal dengan sebutan “Klungkung Daratan” dan dua pertiganya lagi merupakan kepulauan yang terdiri dari tiga pulau yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Wilayah klungkung yang berupa kepulauan ini dikenal dengan sebutan “Klungkung Kepulauan”.

Inilah Tempat Wisata Pantai Di Klungkung Bali
Pantai Di Klungkung Bali


Walaupun klungkung merupakan kabupaten terkecil di Bali, namun memiliki banyak destinasi wisata yang populer di Bali, misalnya Monumen Puputan Klungkung, Taman Gili dan Kerta Gosa, Desa Wisata Kamasan, Pura Goa Lawah, dan keindahan alam pantai di Pulau Nusa Penida yang eskotis. Akan tetapi, untuk bisa menikmati pesona pantai di kawasan kepulauan Nusa Penida para wisatawan harus menyeberangi laut Selat Badung terlebih dahulu.


Pantai-pantai yang indah nan eksotis tidak hanya terdapat di Klungkung Kepulauan lho, tetapi banyak juga terdapat di Klungkung Daratan. Nah bagi yang ingin menikmati pesona pantai yang indah di Klungkung Daratan berikut admin bagikan beberapa pantai yang mungkin bisa dikunjungi di Klungkung Bali.

Pantai yang berada di perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem menawarkan panorama pantai yang indah terutama panorama matahari terbitnya di pagi hari. Siang hari para wisatawan bisa melihat proses pembuatan garam tradisional (natural salt maker) di pantai ini. Banyak turis asing yang tertarik untuk melihat proses pembuatan garam di pantai ini. Lokasi: Banjar Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung, Bali

2. Pantai Goa Lawah
Pantai Goa Lawah juga menyajikan fenomena matahari terbit pada pagi hari. Tidak hanya menyajikan indahnya matahari terbit (sunrise) lho, di pantai ini kita juga bisa melihat aktivitas penduduk sebagai nelayan yang menyandarkan jukungnya di siang hari. Tidak jauh dari lokasi pantai ini terdapat tempat suci umat Hindu yang sangat populer bagi wisatawan asing yang dikenal dengan nama Pura Goa Lawah. Lokasi: Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

3. Pantai Pesinggahan
Pantai Pesinggahan tidak hanya menawarkan pesona panti berpasir hitam indah tetapi juga sebagai jalur penyeberangan ke Nusa Penida. Selain itu, pantai ini terkenal akan kuliner khas lautnya. Bagi yang kebetulan akan berlibur ke Bali Timur misalnya ke Taman Ujung atau ke pantai Candidasa, silahkan cicipi kuliner khas Pesinggahan yang lokasinya berada di pinggir jalan raya dan dekat dengan pantai. Lokasi: Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

4. Pantai Segara Kusamba
Berkunjung ke Pantai Segara Kusamba para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang alami dan asri dengan suasana pantai yang tenang serta pesona matahari terbit di pagi hari yang sangat keren. Selain itu, pengunjung juga akan melihat gugusan kepulauan Nusa Penida di seberang lautan dan pesona Gunung Agung dikejauhan yang menjulang tinggi. Lokasi: Jalan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Selain bisa menikmati pantainya yang asri dan alami, pagi hari pengunjung akan disuguhkan dengan fenomena matahari terbit (sunrise) dan aktivitas para nelayan yang melaut. Siang hari terlihat jukung-jukung yang berjejer dengan rapi di pinggi pantai yang menambah kesan indah kawasan pantai ini. Lokasi: Kampung Kusamba, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

6. Pantai Banjar Bias
Pantai Banjar Bias menyuguhkan pemandangan pantai pasir hitam dengan ombak yang sangat indah. Dari bibir pantai kita bisa melihat gugusan kepulauan Nusa Penida dikejauhan. Tidak hanya menawarkan pesona pantai, pantai banjar bias merupakan alternatif tempat menyeberang ke Nusa Penida. Lokasi: Jalan Pasir Putih, Banjar Bias, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali.

7. Pantai Monggalan
Pantai Monggalan dijadikan sebagai tempat penyeberangan menuju ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Tidak hanya sebagai tempat penyeberangan, pantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata pantai yang menyenangkan. Pantai ini masih alami dan asri. Di pantai ini kita bisa berfoto ria di samping jukung-jukung para nelayan yang bersandar dengan rapi di pingir pantai. Pantai ini merupakan pantai matahari terbit, pagi hari pantai ini sangat bagus melihat sang surya muncul dari balik cakrawala. Lokasi: Jalan Windu Segara I, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Pantai yang berpasir hitam ini memiliki area pantai yang cukup luas. Sangat cocok untuk aktivitas olahraga seperti bermain voli dan sepak bola. Angin di pantai ini sangat bagus digunakan untuk menaikan layang-layang, sehingga tidak mengherankan jika hari-hari tertentu kita bisa melihat penduduk sekitar memainkan layang-layang di pantai ini. Pagi hari kita bisa melihat indahnya sang surya muncul ke permukaan laut dengan garangnya memancarkan sinarnya. Lokasi: Jalan Melasti, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

9. Pantai Jumpai
Pantai yang berpasir hitam ini memiliki ombak yang besar sehingga cocok untuk kegiatan surfing. Tidak hanya cocok untuk surfing doang lho, pantai ini juga cocok untuk tempat nongkrong sambil menikmati suasana sepi dan tenang karena pantai yang relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Gugusan kepulauan Nusa Penida terlihat dengan jelas dari pantai ini yang menambah indahnya kawasan ini. Lokasi: Desa Jumpai, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

10. Pantai Batu Tumpeng
Pantai Batu Tumpeng mempunyai pasir berwarna hitam dengan gelombang ombak yang sangat bagus untuk berselancar serta memiliki pemandangan yang eksotik pada saat menjelang matahari tenggelam. Untuk menghindari abrasi maka pemerintah setempat memberikan beton pada pinggir pantainya dan di atas dipaving yang pas sekali untuk jalan-jalan (jogging). Di sini juga tersedia tempat kemah lho, bahkan tersedia juga jasa penyewaan tenda dan matras dengan harga yang terjangkau. Lokasi: Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

11. Pantai Watu Klotok
Selain memiliki ombak yang bagus untuk kegiatan surfing, Pantai Watu Klotok juga memiliki panorama yang indah dengan pasir pantai yang berwarna hitam. Di sekitar pantai Anda juga bisa menyaksikan pemandangan persawahan serta pemandangan Gunung Agung yang terlihat megah dan indah dari kejauhan. Lokasi: Banjar Celepik, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

Pantai ini memiliki ombak yang besar dan juga memiliki arus yang besar sehingga pengunjung dilarang mandi pantai ini. Walaupun pengunjung dilarang mandi di kawasan ini, pengunjung juga masih bisa menikmati keindahan pantai ini karena pantai ini masih asri dan tenang apalagi didukung dengan keindahan hamparan sawah yang luas hijau membentang menambah indahnya panorama pantai ini. Lokasi: Banjar Sedayu, Kelurahan Takmung, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

13. Pantai Lepang
Pantai Lepang merupakan pantai dengan pasir hitam yang berkilau seperti kristal jika terkena sinar matahari. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bentuk pantai yang berkelok-kelok dengan latar belakang hamparan sawah serta pegunungan yang menjulang indah pesona. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dengan deburan ombaknya yang besar yang memecah kesunyian. Lokasi: Dusun Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

14. Pantai Tegal Besar
Sama seperti pantai Sedayu dan pantai Lepang, Pantai Tegal Besar juga memiliki pasir hitam yang berkilau seperti kristal jika terkena paparan sinar matahari. Pantai Tegal Besar merupakan salah satu objek wisata pantai yang memiliki panorama eksotis dengan deburan ombak yang besar, sehingga cocok untuk kegiatan surfing. Lokasi: Banjar Tegal Besar, Kelurahan Takmung, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.


Wow . . . ternyata “Klungkung Daratan” banyak memiliki tempat wisata pantai yang sangat keren dan tentunya sangat instagramable banget lho. Tidak hanya menawarkan pesona pantai, Klungkung Daratan juga menawarkan pesona alam perbukitan yang hijau nan asri seperti pesona Bukit Belong, Bukit Buluh, dan Bukit Abah. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin menikamti pesona dan suasana pantai di Klungkung Daratan. Semoga liburan anda ke Klungkung menjadi menyenangkan. Salam longtriper.
Iklan