free counter with statistics Inilah 3 Tempat Melihat Sunrise Terkeren Di Kintamani Bali
T10/23/2018

Inilah 3 Tempat Melihat Sunrise Terkeren Di Kintamani Bali

Iklan
Iklan

Cara paling gampang untuk menikmati pesona matahari terbit (sunrise) di Bali, ya datanglah ke pantai di Bali. Pulau Dewata banyak memiliki pantai sunrise yang sangat populer, salah satunya yang paling populer adalah pantai matahari terbit sanur. Akan tetapi untuk menikmati pesona sunrise tidak harus ke pantai doang lho, bisa juga dilihat dari pengunungan. Kintamani merupakan salah satu tempat wisata alam pegunungan yang bisa digunakan untuk melihat fenomena sunrise yang sangat indah. Berikut tempat-tempat melihat sunrise terkeren di tempat wisata Kintamani Bali.

1. Gunung Batur
Inilah 3 Tempat Melihat Sunrise Terkeren Di Kintamani Bali
Monumen Gunung Batur
Gunung yang memiliki ketinggian 1717 m dari permukaan air laut ini sangat cocok “dijajal” ketinggiannya oleh siapa saja, bahkan anak-anak umur 10 tahun bisa dengan mudahnya mendaki gunung ini, tetapi harus dengan pengawasan orang dewasa. Pada hari libur nasional gunung ini menjadi incaran para pelancong, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pendaki ke Gunung Batur mencapai puluhan ribu orang, mereka merayakan HUT kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Batur. Sedangkan pada hari biasa, pendaki ke puncak Gunung Batur hanya mencapai ratusan orang dan itu pun didominasi oleh wisatawan mancanegara. Untuk menemukan sunrise di puncak gunung Batur, pendakian sebaiknya dimulai pada pukul 04.00 dini hari yang biasanya mengambil titik start di Pura Jati Batur. Tetapi wisatawan bisa juga mendirikan tenda di Monumen Gunung Batur, karena di sinni terdapat area lapang yang cukup luas untuk mendirikan tenda untuk berkemah sembari mengunggu fajar menyingisng di ufuk timur. Untuk bisa menyaksikan fenomena sunrise yang spektakuler di puncak Gunung Batur, usahakan datang pada bukan musim penghujan, karena kawasan puncak gunung batur sering berkabut yang menghalangi pandangan kita untuk melihat sunrise. Jika cuaca cerah, pendaki akan disajikan pesona sunrise yang indah ditambah dengan keagungan Gunung Agung dan Gunung Rinjani di Pulau Lombok yang menjulang tinggi.


2. Gunung Abang
Inilah 3 Tempat Melihat Sunrise Terkeren Di Kintamani Bali
Tanda petunjuk arah pendakian Gunung Abang Bali
Tempat kedua untuk melihat sunrise di Kintamani adalah Gunung Abang yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali (2152 m) dan merupakan puncak tertinggi di kaldera Batur. Gunung ini berada di antara Gunung Batur dan Gunung Agung. Gunung abang merupakan  bukit yang berupa hutan basah dan cemara, tentunya karakteristik gunung ini berbeda dengan Gunung Batur. Gunung Abang kini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya wisatawan pendaki gunung. Setelah sampai di Puncak Gunung Abang Bali, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah sekali, yang mampu melupakan sejenak rasa lelah selama melakukan pendakian. Pendakian sebaiknya dilakukan pada pukul 02.00 dini hari agar bisa menemukan sunrise. Akan tetapi pendakian bisa juga dilakukan pada siang hari, untuk bisa melihat sunrise para pendaki harus mendirikan tenda untuk berkemah di puncak gunung Abang. Pesona pagi hari di kawasan puncak Gunung Abang sangat keren lho, kita akan disajikan dengan pesona gunung Batur yang diselimuti awan putih dan yang kelihatan hanya puncaknya saja.


3. Bukit Cinta Pinggan
Tempat Melihat Sunrise Terkeren Di Kintamani Bali
View siang hari di sekitar Desa Pinggan
Tempat ketiga untuk melihat sunrise di Kintamani adalah di Bukit Cinta Pinggan. Untuk menuju tempat ini, wisatawan tidak perlu repot-repot harus mendaki gunung atau bukit layaknya melihat sunrise di Gunung Batur dan Gunung Abang. Para penikmat sunrise bisa langsung menuju lokasi tempat melihat sunrise dengan menggunakan sepeda motor atau mobil karena tempatnya berada di pinggir jalan Desa Pinggan. Hanya saja akses ke sana agak sulit karena harus menuruni lereng kaldera batur yang jalannya berkelok-kelok. Bukit Cinta Pinggan merupakan tempat tebaik untuk menikmati indahnya sunrise dengan latar belakang tiga gunung (Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung) yang diselimuti kabut pada bagian pertengahan gunung. Usahakan menghindarai musim hujan saat mengujungi objek wisata ini, agar diperoleh pemandangan alam yang mempesona dengan background tiga gunungnya. Bulan terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit dengan kabutnya di desa Pinggan Kintamani sekitar bulan September – November. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya para fotografer yang berburu indahnya matahari terbit dengan pemandangan kabut disekitar Gunung Batur. Tempat wisata ini sekarang sudah viral lho di sosial media khususnya di Instagram. Apalagi kawasan ini sekarang sudah dikembangkan fasilitasnya seperti terdapat anjungan untuk melihat indahnya desa songan yang lokasinya berada di bawahnya, mirip seperti anjungan yang ada di puncak JR Jembrana.



Perlu diketahui bahwa kintamani merupakan dataran tinggi yang memiliki hawa udara dingin sepanjang hari, lebih dingin lagi pada pagi hari dibandingan pada siang harinya. Pengunjung yang ingin menikamti pesona sunrise di Kintamani harus menggunakan baju hangat atau jaket dan pakaian lainnya seperti selop tangan, topi, dan sepatu. Setelah menikmati pesona sunrise di pagi hari, siang hari bisa mampir ke tempat-tempat keren lainnya di kintamani. Silahkan baca: Inilah Tempat Wisata Keren Wajib Dikunjungi Jika Ke Kintamani Bali dan Inilah Tempat Wisata Yang Ada di Kintamani Bali. Akhir kata, semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata untuk melihat sunrise di kintamani dan salam longtriper.
Iklan