free counter with statistics Tempat Wisata Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali
T11/27/2015

Tempat Wisata Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali

Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Bali selain Gunung Agung. Walaupun Gunung Batur masih aktif, sampai artikel ini dibuat Gunung Batur masih dalam keadaan aman-aman saja, bahkan hampir setiap hari gunung ini menjadi objek hiking para pendaki yang ingin menginjakan kaki di puncaknya. 
Tempat Wisata Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali
Gunung Batur dengan danaunya yang biru
Gunung yang memiliki ketinggian 1717 meter dari permukaan air laut ini cocok didaki oleh siapa saja, bahkan anak-anak umur 10 tahun bisa dengan mudahnya mendaki gunung ini, asalkan dengan pengawasan orang dewasa. Pada hari libur nasional gunung ini menjadi incaran para pelancong, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pada tanggal 17 Agustus 2015 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pendaki ke Gunung Batur mencapai puluhan ribu orang, mereka merayakan HUT kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Batur. Sedangkan pada hari biasa, pendaki ke puncak Gunung Batur hanya mencapai ratusan orang dan itu didominasi oleh wisatawan mancanegara.

Jalur Pendakian Gunung Batur

Hal pertama yang Anda lakukan sebelum memulai pendakian Gunung Batur adalah mendaftar di pos Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB) dengan membayar Rp 10.000 per orang untuk wisatawan nusantara. Sedangkan untuk wisatawan asing membayar lebih mahal dan harus menggunakan jasa pemandu yang sudah disediakan oleh tim HP2GB. Untuk wisatawan nusantara jika ingin menggunakan jasa pemandu harus membayar lagi, tetapi lebih murah dari wisatawan mancanegara. Akan lebih baik jika mendaki Gunung Batur secara berkelompok agar biaya lebih murah jika ingin menyewa pemandu. Tim Long Trip Mania sudah melakukan pendakian ke Gunung Batur sebanyak dua kali yakni pada tanggal 29 Desember 2014 dan tanggal 17 Agustus 2015. Pendakian pertama bersama 11 orang dan pendakian kedua bersama 18 orang, tanpa menggunakan jasa pemandu.
 Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali
Tim Long Trip Mania beristirahat di pos HP2GB
Pembayaran karcis oleh para pendaki Gunung Batur dilakukan di pos HP2GB yang berada di samping Pura Jati Batur. Begitu Anda sampai di pos, akan disambut dengan ramah oleh tim HP2GB, dan akan menjelaskan apa yang Anda harus lakukan sebelum melakukan pendakian. Di sini kita akan mendapat fasilitas menginap di sebuah “bale gede” yang berada di samping Pura Jati Batur. Selain tersedia fasilitas “bale gede”, juga tersedia toilet yang bersih, area parkir yang luas, warung makanan dan minuman, dan area untuk membangun tenda bagi yang ingin membangun tenda. Di “bale gede” tersebut sudah tersedia TV bagi yang ingin menonton TV dan stop kontak untuk mengecas HP. Akan lebih baik jika pendakian dilakukan pada pagi hari (pukul 04.00 waktu setempat) agar begitu sampai di puncak Gunung Batur kita bisa menyaksikan fenomena matahari terbit (sun rise). Tentunya anda harus menginap di pos HP2GB terlebih dahulu. Untuk menghindari pos HP2GB penuh alangkah baiknya Anda memboking tempat tersebut terlebih dahulu.

Ketika pukul 04.00 pagi perjalanan pendakian Gunung Batur sudah bisa dimulai. Dari pos HP2GB, perjalanan akan melalui jalan yang sudah diaspal hingga ke Pura Pasar Agung Gunung Batur, tetapi dalam kondisi jalannya sangat parah. Untuk mencapai Pura Pasar Agung Gunung Batur kira-kira memerlukan waktu 30 menit perjalanan. Nah pertualangan Anda akan dimulai dari Pura Pasar Agung Gunung Batur ini. Di sini kita akan berjalan menggunakan jalan setapak hingga pos yang pertama. Di pos ini kita akan menemukan prasasti yang menjelaskan keadaan Gunung Batur sebelum letusan, akibat letusan, dan ditetapkannya Gunung Batur sebagai geopark.
 Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali
Prasasti di Gunung Batur
Dari prasasti ini kita akan melewati 3 pos lagi untuk mencapai puncak Gunung Batur. Pos-pos tersebut digunakan sebagai tempat peristirahatan. Pada langit dalam keadaan cerah, di pos terakhir merupakan momen-momen yang sangat pas untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di atas puncak Gunung Batur. Momen-momen langka ini akan diabadikan oleh para fotografer atau para pelancong dengan berfoto ria atau sekedar berselfi. Di sini terdapat sebuah celah-celah gunung yang mengeluarkan uap panas. Banyak wisatawan yang memanfaatkan fenomena ini dengan merebus telur. Kita tidak perlu repot-repot membawa panci dan air untuk merebus telur, cukup dengan menaruh telur tersebut di dalam sebuah goa-goa kecil yang mengeluarkan uap panas dan tunggu kira-kira 15 menit telur sudah matang. Setelah puas menyaksikan keindahan matahari terbit dan memasak telur,  perjalanan dilanjutkan kembali untuk menuruni lereng gunung batur denga rute yang sama.
 Pendakian Gunung Batur Kintamani Bali
Suasana di puncak Gunung Batur pada 17 Agustus 2015
Pada saat menuruni lereng Gunung Batur hari sudah mulai terang, sehingga kita dengan mudah melihat pemandangan alam disekeliling kita, seperti danau batur yang membiru. Di pos pertama (tempat prasasti itu berada) kita akan melihat pemandangan yang indah. Jika Anda beruntung kita bisa melihat sekupulan kera yang bermain di sekitar prasasti tersebut. Tepat di bawah prasasti itu ada sebuah gua yang lumayan dalam (kira-kira 50 meter). Jika Anda penasaran ingin masuk ke dalamnya bisa mencobanya, karena di dalam gua dalam keadaan gelap disarankan menggunakan lampu senter dan harus menundukan kepala karena goanya tidak begitu tinggi.

Sepanjang perjalanan menuruni gunung batur pendangan sungguh sangat indah. Kita bisa melihat pemandangan alam di penelokan yang begitu indah, hutan yang berkelompok, dan awan yang kadang-kadang menutupi sinar matahari. Setelah sampai di pos HP2GB, anda bisa beristirahat atau membeli makanan dan minuman di warung terdekat. Jika ingin merasakan sensasi yang lain, Anda bisa berendam di pemandian air panas Toya Bungkah yang lokasinya tidak jauh dari pos HP2GB.

Pesiapan Pendakian Gunung Batur

Pastikan konsidi kita dalam keadaan fit, karena kita akan memerlukan tenaga yang ekstra selama mendaki Gunung Batur. Adapun hal-hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki Gunung Batur yakni sebagai berikut.
1. Jaket, Topi Kupluk, Syal, dan Slop Tangan => sudah dipastikan suhu udara di sekitar Gunung Batur sangat rendah. Jadi persiapkan jaket yang nyaman dan tentunya mampu membuat anda merasa kehangatan. Agar kepala tetap hangat gunakan topi kupluk, dan untuk menghangatkan bagian leher gunakan syal.
2. Sepatu dan Kaos kaki=> ini hal paling penting karena Gunung Batur merupakan kawasan yang penuh dengan batu padas (hampir mirip dengan batu karang) yang tajam, gunakan sepatu yang cocok untuk outdor. Akan lebih baik dilengkapi dengan kaos kaki biar kaki lebih terasa hangat.
3. Senter atau Penerangan => ini merupakan barang yang sangat penting yang harus anda bawa jika ingin mendaki dalam suasana gelap (jam 4 pagi suasana di Gunung Batur masih gelap).
4. Jas hujan => pada pendakian pertama Tim Long Trip Mania kehujanan sebelum mencapai Pura Pasar Agung Gunung Batur, karena tidak membawa jas hujan terpaksa tim harus beristirahat di gubuk milik warga untuk menunggu hujan reda. Sedangkan pada pendakian yang kedua kalinya tim sudah membawa jas hujan tetapi cuaca di sana cerah alias tidak ada hujan sama sekali. Jadi, cuaca di Gunung Batur tidak menentu kadang ada hujan kadang tidak ada sama sekali, jadi untuk berjaga-jaga persiapkan jas hujan.
5. P3K atau Obat-Obatan => mendaki gunung batur memerlukan tenaga yang ekstra sehinga terkadang kaki kita akan terasa keram karena suhu udara di sana sangat dingin, maka bawalah obat gosok untuk kaki keram. Selain itu bisa juga membawa minyak hangat, obat merah, perban, dan lain-lain yang diperlukan.
6. Makanan dan minuman => dipastikan selama mendaki kita akan kehausan, jadi bawalah air minum secukupnya. Walaupun di tiap pos terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman seperti mie instant, air mineral, teh, kopi dan jus. Akan tetapi harganya sangat mahal (bisa mencapai 10 kali lipat dari harga sebenarnya). Lebih baik membawa dari rumah atau membelinya di warung di sekitar pos HP2GB dengan harga yang lebih murah dan tentunya lebih menghemat pengeluaran anda. Bawalah telur mentah khusus bagi yang ingin merebus telur di puncak gunung dengan memanfaatkan uap panas yang dihasilkan oleh Gunung Batur.
7. Tongkat => ini akan membantu Anda selama melakukan pendakian, bisa menggunakan bambu, kayu atau besi yang penting kuat untuk menopang tubuh Anda jika suatu saat diperlukan. Selain sebagai alat untuk mengurangi beban tubuh kita, dapat juga digunakan sebagai tempat untuk mengikatkan bendera.
Pemandangan alam di Gunung Batur pada siang hari

Letak dan Cara Akses Ke Gunung Batur Dari Bandara

Tempat wisata Gunung Batur berada di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dari objek wisata penelokan hanya berjarak 10,9 km, dari objek wisata penglipuran hanya berjarak 27,6 km, dari objek wisata besakih hanya berjarak 28,7 km, dan dari Kota Bangli hany berjarak 30,6 km.

Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan jarak 83 km atau menempuh waktu 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan melalui jalan Tol Bali Mandara kemudian ke jalan By Pass Ngurah Rai. Dari By Pass Ngurah Rai dilanjutkan ke jalan By Pass Ida Bagus Mantra ke timur hingga ke perempatan jalan Pantai Siyut belok ke kiri untuk menuju jalan Raya Tulikup. Dari Jalan Raya Tulikup bisa menuju ke pertigaan bangli atau bisa juga melalui jalan Taman bali (melalui Taman Nusa) hingga ke Kota Bangli. Dari Kota Bangli cari jalan Nusantara hingga ke objek wisata Penelokan (Anda akan disabut sebuah plang “Welcome to Batur Global Geopark Kintamani”).


Setelah melihat sebuah gunung dan terdapat sebuah danau berati Anda sudah sampai di objek wisata Penelokan. Di sini Anda akan menemukan sebuah pertigaan, jika lurus akan mengarah ke Kota Singaraja. Ambil arah belok ke kanan dengan menuruni sebuah lereng dengan jalan berkelak kelok. Tepat di bawah Anda akan menemukan pertigaan lagi, jika belok ke kiri akan mengarah ke dermaga Danau Batur dan Objek Wisata Desa Trunyan. Ambil arah ke kanan, sepanjang perjalanan anda akan melihat pemandangan yang sungguh indah dengan batu padas disebelah kiri kanan jalan. Ikuti jalan tersebut, jika menenukan pertigaan, ambil arah ke kiri, maka Anda akan melihat sebuah pos yang terdapat sebuah pura. Nah di sanalah start point pendakian gunun batur yang berada di Pura Jati Batur (pos HP2GB) dan silahkan Anda beristirahat di pos ini.