free counter with statistics Tempat Wisata Bukit Putung Karangasem Bali
T2/06/2016

Tempat Wisata Bukit Putung Karangasem Bali

Karangasem merupakan salah satu nama kabupaten yang berada di Bali Timur. Kabupaten yang terkenal dengan sebutan “bumi lahar” ini memiliki panorama alam pegunungan yang sudah terkenal keindahannya hingga ke luar negeri seperti tempat wisata Bukit Jambul yang terletak diperbatasan antara kabupaten Klungkung dan Karangasem. Tidak hanya memiliki objek wisata Bukit Jambul, Kabupaten Karangasem juga memiliki objek wisata Bukit Putung yang merupakan perpaduan antara keindahan alam perbukitan, perkebunan, persawahan, dan laut yang biru dikejauhan.
Bukit Putung dengan pemandangan lautnya

Tempat wisata Bukit Putung ini mempunyai keindahan alam yang mengagumkan dan memukai mata pengunjung. Keindahan alam di sini merupakan kombinasi antara pegunungan yang hijau dengan laut yang biru dari kejauhan. Karena objek wisata bukit putung berada di daerah pegunungan maka di sini terdapat berbagai pohon yang menghijau, pakis aji, pohon kelapa dan perkebunan salak milik warga setempat. Tempat ini sangat cocok bagi yang suka dengan suasana tenang dan damai apalagi hawa udara di tempat ini sangat sejuk.
 Tempat Wisata Bukit Putung Karangasem Bali
Dari tempat wisata ini kita bisa melihat keindahan alam di kecamatan Manggis seperti keindahan laut dan garis pantai dengan dermaga, perahu tradisional nelayan Bali sedang berlayar sedang menangkap ikan, dan petak-petak sawah milik penduduk di kecamatan Manggis. Selain itu, kelihatan juga gugusan pulau Nusa Penida yang berada di tengah lautan Indonesia. Dengan susana seperti itu tentu membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati panorama di tempat wisata Bukit Putung ini.
Tempat wisata Bukit Putung menjadi terkenal berkat jasa seorang pelukis berkebangsaan Italia yang bernama Christiano. Beliau bertahun-tahun tinggal di Putung, bahkan beliau menikahi wanita Bali dari Desa Manggis. Beliau menuangkan keindahan panorama Bukit Putung ke dalam lukisannya sehingga membuat putung makin terkenal hingga ke mancanegara. Bukit Putung pun sempat menjadi ikon wisata alam di Karangasem pada tahun 1980-an.

Jika Anda ingin menikmati sensasi rasa buah lokal seperti salak bali. Tidak jauh dari objek wisata putung terdapat obyek agrowisata salak Sibetan. Di sini Anda bisa menikmati buah salak yang langsung diambil dari pohonnya bersama para petani salak di sana. Selain itu kita juga bisa melihat proses pengolahan salak seperti membuat kripik salak, manisan salak, selai salak, dan lain sebagainya. Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Jagasatru. Pada musim kemarau air terjun ini debit airnya sangat kecil sedangkan pada musim penghujan debit airnya sangat besar dan tentunya sangat elok dipandang mata karena ketinggian air terjun ini lumayan tinggi.
 Tempat Wisata Bukit Putung Karangasem Bali
Obyek wisata Bukit Putung mampu menarik wisatawan mancanegara maupun nusantara, karena memiliki keindahan alamnya yang khas dengan hawanya yang sejuk, tenang, bebas polusi dan jauh dari kebisingan perkotaan. Wisatawan mancanegara yang berkunjung dan menginap di Putung akan berlama-lama berada di sana, karena mereka menginginkan suasana yang tenang dan nyaman. Di samping itu, para wisatawan yang berkunjung dapat pula melihat secara langsung kebun salak yang banyak tumbuh subur di kawasan wisata ini. Sebagai obyek wisata, desa Putung kini telah dilengkapi dengan sarana jalan yang cukup bagus dan areal parkir.

Letak dan Cara Akses Tempat Wisata Bukit Putung

Tempat wisata Bukit Putung berada di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem Bali. Dari objek wisata Besakih hanya berjarak 18 km, dari kota amlapura hanya berjarak 17 km, dari kota Semarapura hanya berjarak 23 km, dari pelabuhan padang bai hanya berjarak 13 km, dan dari kota denpasar hanya berjarak 54 km.

Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 66 km atau dengan waktu tempuh 103 menit (1 jam 43 menit) perjalanan dengan kendaraan bermotor. Ada dua jalan alternatif yang bisa ditempuh untuk menuju objek wisata bukit putung yakni melalui kecamatan Manggis dan melalui kecamatan Sidemen. Adapun rute dan objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama perjalanan menuju objek wisata Putung sebagai berikut. Begitu Anda keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Tol Bali Mandara hingga ke By Pass Ngurah Rai ke timur sampai ke Patung Titi Banda yang berada ujung timur jalan By Pas Ngurah Rai. Dari Patung Titi Banda arahkan kendaraan Anda menuju jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan pantai Klotok. Nah di perempatan jalan Pantai Klotok Anda harus memilih jalur yang mana akan dilalui.

Jalur Manggis

Jika ingin melalui jalur manggis maka di perempatan pantai Klotok lurus hingga ke jalan Goa Lawah (perbatasan Karangasem Klungkung). Ikuti jalan tersebut hingga menemukan sebuah pertigaan. Jika belok ke kanan akan menuju pantai dan pelabuhan padang Bai, sedangkan jika lurus akan menuju kota Amlapura. Ambil jalan yang lurus hingga menemukan sebuah pertigaan yang terdapat patung buah Manggis dengan burung elang di atasnya. Di patung ini Anda belok ke kiri dengan menyusuri jalan tersebut. Di sini jalan menuju Bukit Putung sangat menanjak sehingga perlu kondisi fit untuk menuju lokasi ini. Area ini dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi selain bus karena jalan di sekitar objek wisata yang kecil dan medan tanjakan yang mendominasi. Setelah Anda berada di atas perbukitan berati Anda sudah sampai di kawasan objek wisata Bukit Putung.
Patung Manggis
Patung manggis, icon kecamatan Manggis

Jalur Sidemen

Di perempatan pantai Klotok belok ke kiri menuju jalan Raya Tojan kemudian ke jalan Puputan, hingga menemukan perempaatan yang ada patung Kanda Pat Sari (sebuah patung bermuka empat) yang berada di kota Semarapura. Di patung ini belok ke kanan hingga Perempatan Satria yang sebelumnya melewati sebuah jembatan yang terdapat air tejunnya. Di perempatan Satria belok ke kiri untuk menuju jalan raya sidemen. Ikuti jalan ini hingga sampai di kecamatan selat akan menemukan pertigaan lalu belok ke kanan hingga ke desa Duda Timur akan menemuka pertigaan lagi. Di pertigaan ini belok ke kanan dengan mengikuti jalan tersebut Anda akan sampai di objek wisata bukit putung. Walaupun jalur ini terdapat sedikit tanjakan dan jalannya lebih datar, tetapi jalur ini merupakan jalur galian C sehingga banyak terdapat truk yang memuat material lewat di jalur ini, di sarankan supaya berhati-hari berkendara di jalur ini karena terkadang ada truk yang mogok di tengah jalan.

Adapun objek wisata yang bisa Anda kunjungi sebelum sampai di tempat wisata bukit putung yakni tempat wisata pantai di kawasan Sanur, Patung Titi Banda, Monumen Gong Perdamaian, pantai di sekitar jalan Ida Bagus Mantra, dan Bali Safari and Marine Park. Jika melalui jalur manggis adapun objek wisata yang bisa dikunjungi yakni Goa Lawah, Pantai Kusamba, proses pembuatan garam tradisional, Pantai Wates, dan Pantai Padang Bai serta keindahan Pelabuhan Padang Bai. Sedangkan jika melalui jalur sidemen adapun objek wisata yang bisa dikunjungi yakni Taman Kertha Gosa, Museum Semarajaya, Monumen Puputan Klungkung, Bendungan Yeh Unda Klungkung, Bendungan Yeh Unda Hulu, dan tempat wisata Desa Iseh.