free counter with statistics Tempat Wisata Museum Semarajaya Klungkung
T1/30/2015

Tempat Wisata Museum Semarajaya Klungkung

Iklan
Iklan
Hampir tiap kabupaten di Bali memiliki museum yang memiliki keuinkan tersendiri. Misalnya Kabupaten Badung ada Museum Pasifika, Kabupaten Gianyar ada Museum Antonio Blanco, Kodya Denpasar ada Museum Bajra Sandi, Kabupaten Tabanan ada Museum Ogoh-Ogoh, Kabupaten Bangli ada Museum Vulkanologi Batur, Kabupaten Karangasem ada Museum Puri Agung Karangasem, Kabupaten Jembrana ada Museum Manusia Purba, Kabupaten Buleleng ada Muesum Buleleng, dan Kabupaten Klungkung ada Museum Semarajaya.

Tempat Wisata Museum Semarajaya Klungkung
View di depan Museum Semarajaya

Pada kesempatan ini Long Trip Mania akan memposting tentang tempat wisata Museum Semarajaya yang berlokasi tepat di jantung Kota Semarapura (ibu Kota Kabupaten Klungkung). Museum ini berada satu komplek dengan tempat wisata Kertha Gosa, tepatnya berada di Jalan Untung Surapati no 3 Kota Semarapura. Untuk menuju museum ini sangat mudah dicapai karena satu jalur dengan Objek Wisata Bukit Jambul dan Objek Wsiata Pura Besakih. Jika datang dari kawasan Kota Denpasar bisa melalui kota Gianyar atau bisa juga melalui jalan By Pass Prof. Dr Ida Bagus Mantra ke timur dengan menempuh jarak kira 70 km untuk sampai ke Kota Semarapura.

Museum ini didirikan oleh Dr. Tjokorda Gede Agung dan diresmikan pada tanggal 28 April 1992. Di dalam museum ini dipamerkan barang-barang atau benda-benda koleksi dari jaman prasejarah (purbakala) hingga sampai benda-benda yang dipergunakan selama perang Puputan Klungkung. Benda-benda koleksi di dalam museum ini berada dalam 3 ruangan, yaitu ruangan pertama benda-benda prasejarah, ruangan yang kedua benda-benda yang bersejarah, dan ruangan ketiga untuk barang-barang hasil kerajinan yang mengandung nilai sejarah yang khas Klungkung. Selain koleksi-koleksi tersebut, dapat dilihat juga barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara-upacara adat oleh raja-raja Klungkung serta terdapat koleksi-koleksi berupa photo-photo dokumentasi silsilah atau keturunan raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Klungkung, seperti Ida I Dewa Agung Rai, Adipati Agung dan Penasehat Utama semasa pemerintahan Ida I Dewa Agung Putra III (1850 – 1903), serta foto para pembesar kerajaan semasa Ida I Dewa Agung Gede Jambe.
Tempat Wisata Museum Semarajaya Klungkung
Salah satu koleksi di museum Semarajaya

Museum ini banyak sekali dikunjungi oleh wistawan mancanegara maupun wisatawan nusantara karena letak museum ini berada satu komplek dengan Kertha Gosa dan berdekatan dengan Monumen Puputan Klungkung. Untuk menunjang kegiatan pariwisata di Kabupaten Klungkung maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas umum seperti areal parkir yang cukup luas, toilet umum, dan pertamanan kota, juga terdapat pusat pertokoan yang berdekatan dengan pasar tradisional kota Semarapura. Untuk memasuki ke tiap-tiap komplek dari obyek-obyek wisata tersebut, setiap pengunjung atau wisatawan dikenakan biaya retribusi.

Jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi objek wisata kerta gosa atau monumen puptuan Klungkung, maka silahkan sempatkan diri Anda untuk mengunjungi Museum Semarajaya ini. Objek wisata yang dekat dengan Musem Semarajaya ini yakni Objek Wisata Pura Goa Lawah dan Objek Wisata Bukit Jambul.
Iklan