free counter with statistics Tempat Wisata Bukit Jambul Karangasem Bali
T10/23/2014

Tempat Wisata Bukit Jambul Karangasem Bali

Tempat Wisata Bukit Jambul Karangasem Bali => Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Karangasem yang menawarkan keindahan alam dengan perpaduan antara perbukitan, persawahan, lembah dan panorama laut yakni objek wisata Bukit Jambul. Jika Anda habis menikmati objek wisata Kerta Gosa dan Museum Semarajaya di Kabupaten Klungkung dan akan melanjutkan perjalanan untuk menuju objek wisata Pura Besakih maka secara otomatis Anda akan melewati objek wisata bukit jambul.

Tempat wisata Bukit Jambul terletak di Desa Adat Pesaban Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. Desa Adat Pesaban merupakan desa yang terletak di perbatasan antara kabupaten Karangasem dengan Kabupaten Klungkung, namum masih dalam wilayah kabupaten karangasem, sehingga jika Anda menuju objek wisata bukit Jambul maka Anda akan menjumpai logo dari Kabupaten Klungkung dan logo Kabupaten Karangasem.
Lambang dari Kabupaten Karangasem dan Klungkung
di perbatasan di area bukit jambul

Untuk mengakses objek wisata bukit jambul, jika datang dari area pantai Kuta atau Bandara Ngurah Rai maka arahkan kendaraan menuju jalan By pass I Gusti Ngurah Rai untuk menuju kawasan Pantai Sanur atau pantai Matahari Terbit. Kemudian dari kawasan Sanur, arahkan kendaraan Anda ke jalan By pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra sampai ke trafik light di perempatan Pantai Lepang belok ke kiri menuju Jalan Raya Takmung lalu menuju jalan Batu Tabih. Setelah jalan Batu Tabih arahkan kendaraan Anda menuju jalan Flamboyan hingga menemukan perempatan. Dari perempatan ini lurus menuju jalan Ngurah Rai (klungkung) hingga sampai ke lampu pengatur lalu lintas belok kiri menuju jalan raya Besakih. Ikuti Jalan besar itu maka Akan menemukan tanda perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem kemudian ikuti jalan tersebut naik ke atas dan agak berbelak belok jalannya. Nanti akan menemukan plang penyambutan di Bukit Jambul. Agar tidak bingung silahkan lihat jalur perjalannya di Google Map.
Tempat Wisata Bukit Jambul Karangasem Bali
Pemandanga di bukit jambul dan penginapannya

Dari objek wisata kerta gosa arahkan kendaraan ke utara sepanjang 8 km. Anda akan melalui jalan dengan kelokan dan tanjakan di tengah-tengah lembah yang dipenuhi kebun cengkeh, sehingga memberikan nuansa alami dan membuat hati damai sepanjang perjalanan. Jika Anda datang dari kawasan objek wisata Pura Besakih maka arahkan kendaraan Anda menuju pertigaan Nongan, terus lurus sehingga Anda akan menemukan sebuah belokan dengan view yang indah dan akan melihat laut yang indah pada arah selatan, itulah objek wisata Bukit Jambul.

View selatan di Bukit Jambul
Karena lokasinya di perbatasan maka objek wisata bukit jambul dijadikan sebagai tempat persinggahan dengan hawa yang sejuk serta menyajikan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian 500 m di atas permukaan laut. Di objek wisata bukit jambul sudah tersedia area parkir luas yang berada di pingir jalan, restoran dengan berbagai menunya, dan penginapan yang nyaman bagi yang ingin menikamti suasana malam di kawasan ini.
Tempat Wisata Bukit Jambul Karangasem Bali
Area parkir di bukit jambul

Jika Anda sekedar istirahat untuk melepaskan lelah sejenak tanpa harus mampir ke restoran atau ke penginapan, maka cukup Anda nongkrong-nongkrong di area parkir yang berada di atas tebing dan pingir persawasan. Dari area parkir ini, Anda akan menyaksikan hamparan bukit serta lembah dengan perpaduan areal sawah yang berundak-undak, alam dengan perpohonan hijau yang asri serta berhawa sejuk sehingga sangat cocok untuk mengilangkan penat Anda selama perjalanan. Selain alam yang hujau, kita juga akan melihat pemandangan laut lepas di sebelah selatan. Di kejauhan akan tampak gugusan pulau Nusa Penida yang berada diseberang lautan. Jika pandangan kita arahkan ke sebelah Timur tampak bukit menjulang tinggi di wilayah Sidemen.
Pemandangan di bukit jambul dengan sawah dan perbukitannya

Nah demikian sekilas tentang objek wisata bukit jambul. Jika Anda sempat melewati kawasan ini alangkah baiknya Anda luangkan waktu Anda sejenak untuk melepaskan lelah anda atau sekedar berfoto-foto dengan backroundnya alam yang hijau.