T8/07/2012

Sekilas Tentang Kabupaten Karangasem Bali


Sekilas Tentang Kabupaten Karangasem Bali => Kabupaten Karangasem merupakan salah satu dari delapan kabupaten yang ada di Provinsi Bali, terkenal dengan nama “Bumi Magibung” karena di kabupaten Karangasem masih melestarikan tradisi Magibung yaitu makan bersama dalam satu wadah. Kabupaten yang terletak di bagian timur Pulau Bali ini berbatasan dengan Selat Lombok di bagian timur, bagian barat dibatasi oleh kabupaten Klungkung, Bangli, dan Buleleng, bagian Selatan dibatasi oleh Lautan Hindia, dan bagian Utara oleh Laut Jawa. Ibu kota dari kabupaten ini adalah Amlapura. 

Peta Kabupaten Karangasem
Peta Kabupaten Karangasem

Jika dilihat dari letak astronomisnya, kabupaten Karangasem terletak di bujur selatan dengan koordinat 8º00'00" - 8º41'37,8" dan di bujur timur dengan koordinat 115º35'9,8" - 115º54'8,9". Kabupaten ini memiliki luas daerah 83.954 hektar, yang terdiri atas delapan kecamatan yaitu Karangasem, Abang, Kubu, Bebandem, Sidemen, Selat, Rendang, dan Manggis.

Pendataan penduduk tahun 2003 mencatat bahwa jumlah penduduk total Kabupaten Karangasem adalah 388.320 orang, terdiri atas 193.518 pria dan 194.802 wanita. Penduduk Karangasem memiliki penghidupan yang beragam. Ada yang menjadi petani, nelayan, pedagang, pengerajin, dan bahkan ada aktif di bidang pariwisata. Mayoritas penduduknya beragama Hindu, yang sangat religius, sehingga hampir setiap hari ditemukan aktifitas ritual.

Kabupaten Karangasem adalah daerah dengan iklim tropis, yang dipengaruhi oleh dua jenis musim: musim kemarau (April-Oktober) dan musim hujan (November--Maret). Curah hujan tertinggi terjadi pada Oktober, yakni dalam 166 hari, dengan rata-rata curah hujan 182 mm. Flora dan faunanya tergolong spesies tropis. Gunung Agung merupakan titik tertinggi di Kabupaten Karangsem.

Jarak antara Kabupaten Karangasem dan Bandara Internasional Ngurah Rai adalah 88 km (53 mil). Sepanjang jalan dari bandara Anda akan melihat panorama Bali Timur yang menawan dengan perbukitannya, persawahannya yang indah, dan gunung Agung yang menjulang tinggi. 

Tempat yang banyak dikunjungi oleh wistawan di kabupaten karangasem adalah Sungai Telaga Waja (wisata rafting), dan Air Terjun Telaga WajaPura Besakih, Jemeluk (Pantai Amed), Candidasa, Desa Tenganan, Tulamben, Padang Bai, Taman Tirta Gangga, Taman Ujung Karangasem, Pantai Virgin, Bukit Asah, Bukit Jambul, Pura Pasar Agung, dan lain-lain.


Sumber Artikel dan Gambar:

0 Response to "Sekilas Tentang Kabupaten Karangasem Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif