free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Telaga Waja Karangasem Bali
T6/07/2013

Tempat Wisata Air Terjun Telaga Waja Karangasem Bali

Iklan
Iklan
Kabupaten Karangasem, selain terkenal dengan budaya megibungnya juga terkenal akan keindahan alamnya. Long trip kali ini akan menceritakan pengalaman tim Long Trip Mania ke salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Karangasem yaitu Air Terjun Telaga Waja.

Air terjun telaga Waja terletak di Sungai telaga Waja. Sungai ini merupakan sungai yang cocok untuk kegiatan rafting karena airnya yang deras dan debit airnya yang tetap sepanjang tahun. Untuk menuju kawasan ini ada dua alternatif yang bisa anda tempuh. Alternatif pertama dengan cara melakukan kegiatan rafting. Jika anda melakukan kegiatan rafting di sungai Telaga Waja maka anda secara tidak langsung akan bertemu dengan air terjun ini. Alternatif yang kedua, yaitu dengan melewati hamparan persawahan yang bernama Bodog.

Berikut kisah petualangan Tim Long Trip Mania ke air terjun Telaga Waja pada 5 Juni 2013. Seperti biasa kami berangkat dari markas (Banjar Dukuh) jam 14.30 dengan anggota 5 orang. Lokasi air terjun ini kira-kira berjarak 5 km dari banjar kami. Jadi kami tidak perlu lagi harus menggunakan mobil untuk mencapai lokasi tersebut, cukup hanya dengan menggunakan sepeda motor. Sebelumnya tim sudah pernah menyambangi tempat ini, tetapi 10 tahun yang lalu, wow sudah lama sekali ya.
 
Untuk mencapai kawasan ini tim menggunakan alternatif yang kedua yaitu melewati hamparan sawah di Bodog, karena untuk menggunakan alternatif yang pertama harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa perlengkapan rafting. Jadi agar hemat biaya kami putuskan untuk melewati kawasan Bodog. Akan tetapi jalan untuk melewati kawasan ini tidak beraspal.

Setelah sampai di lokasi, tim memakir sepeda motor di sebuah villa (ini merupakan satu-satunya villa yang ada di lokasi tersebut). Dari villa ini tim melihat pemandangan yang WOW. Anda akan berdecak kagum melihatnya, hampir sama seperti sungai Amazon dengan sungainya yang mengalir dengan derasnya. Di lokasi ini kami sempat melakukan sesi foto-foto untuk mengabadikan kenangan kami. Dari sini kami mendengar suara air terjun yang berada di bawah villa tersebut.

Untuk menghilangkan penasaran kami, tim akhirnya menuruni sebuah lereng dengan kemiringan yang cukup curam. Jadi tim harus berhati-hati dalam menuruni lereng ini. Di pertengahan lereng ini kami menemukan sebuah mata air yang sangat jernih. Kira-kira 15 menit perjalanan tim akhirnya sampai di bibir sungai telaga waja. Wow ternyata airnya deras dan sejuk.

Karena air terjun lokasinya di seberang sungai maka tim harus melewati sungai itu terlebih dahulu. Dengan hati-hati dan kerja sama maka tim akhirnya sampai di lokasi air terjun dan tim berdecak kagu akan keindahan air terjun ini. Sungguh suasana yang menakjubkan untuk disaksikan. Di lokasi ini tim juga bertemu dengan wisatawan asing dari Arab yang sedang melakukan kegiatan rafting bersama pemandunya. Wisatawan asing tersebut juga kagum akan indahnya air terjun di sungai tersebut dan memotretnya berkali-kali.
 
Tidak mau kalah dengan wisatawan asing, kami juga ikut melakukan sesi foto-foto. Kurang lebih satu jam kami menikmati suasana air terjun, akhirnya kami putuskan untuk naik menuju villa tersebut. Karena jalannya yang menanjak maka kami memerlukan ekstra tenaga untuk naik ke atas. Tentunya membuat badan kami penuh dengan keringat dan terasa panas. Untuk itu tim berniat untuk mandi di mata air yang ada dipertengahan lereng tersebut dan kami akhirnya putuskan untuk mandi di sana. WOW airnya sungguh sangat sejuk dan kami rasanya tidak mau berhenti untuk mandi di lokasi tersebut.
 
Jam sudah menunjukan jam 5 sore, akhirnya tim melanjutkan perjalanan naik ke tempat parkiran di villa. Sesampai di villa kami kembali sempat menikmati pemandangan yang sebelumnya sudah kami saksikan.
 
Demikian petualangan tim Long Trip Mania menjelajahi objek wisata air terjun Telaga Waja.

Iklan