T8/07/2012

Sekilas Tentang Kabupaten Buleleng Bali

Sekilas Tentang Kabupaten Buleleng Bali => Kabupaten Buleleng terletak di belahan utara Pulau Bali memanjang dari barat ke timur. Kabupaten Buleleng berbatasan dengan Kabupaten Jembrana di sebelah barat, Kabupaten Karangasem di sebelah timur, laut jawa/bali di bagian utara dan 4 kabupaten yaitu Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung dan Bangli di bagian selatan.

Peta Kabupaten Buleleng
Peta Kabupaten Buleleng

Kabupaten Buleleng memiliki pantai di bagian utara yang panjangnnya 157,05 km. Semua kecamatan kecuali Kecamatan Busungbiu dan Sukasada yang tidak memiliki garis pantai. Kecamatan Gerokgak memiliki garis pantai yang terpanjang di antara Kecamatan-Kecamatan yang lain, panjang pantainya mencapai 76,89 km.

Secara keseluruhan luas wilayah Kabupaten Buleleng adalah 136.588 hektar atau 24,25% luas Propinsi Bali. Apabila dilihat dari luas masing-masing kecamatan, Kecamatan Gerokgak merupakan Kecamatan terluas yakni 26,11 % dari luas kabupaten diikuti Kecamatan Busungbiu sebesar 14,40 % Kecamatan Sukasada dan Banjar Masing-masing 12,66 % dan 12,64 %, kemudian Kecamatan Kubutambahan sebesar 8,66 %, Kecamatan Seririt 8,18 %, Kecamatan Tejakula 7,15 % dan yang terkecil adalah Kecamatan Buleleng yaitu 3,44%.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Buleleng merupakan daerah berbukit yang membentang di bagian selatan, sedangkan di bagian utara yakni sepanjang pantai merupakan dataran rendah. Diantara perbukitan yang membentang di bagian selatan tersebut terdapat gunung yang bukan gunung berapi. Gunung yang tertinggi di daerah ini adalah Gunung Tapak (1903 m) berada di Kecamatan Sukasada, sementara yang paling randah adalah gunung jahe (222 m) berada di wilayah Kecamatan Gerokgak. Selain itu Kabupaten Buleleng juga mempunyai banyak sungai besar dan kecil, sebagain dari diantaranya adakah sungai tadah hujan. Dua buah danau juga terdapat di daerah ini, walaupun danau tersebut berdampingan, namun secara geografis terletak di dua wilayah Kecamatan yang berbeda, Danau Tamblingan (110 Hektar) berada di wilayah Kecamatan Banjar, sedangkan Danau Buyan (360 Hektar) terletak di Kecamatan Sukasada.

0 Response to "Sekilas Tentang Kabupaten Buleleng Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif