free counter with statistics Wisata Kali Unda, Tempat Nongkrong Asik Di Pinggiran Sungai Di Bali
T1/16/2019

Wisata Kali Unda, Tempat Nongkrong Asik Di Pinggiran Sungai Di Bali

Iklan
Iklan

Kali Unda atau dikenal dengan nama Tukad Yeh Unda merupakan nama sebuah sungai yang melintasi dua kabupaten di Bali yakni kabupaten Karangasem dan kabupaten Klungkung. Dalam bahasa Bali, tukad artinya sungai, yeh artinya air dan unda artinya kiriman. Jadi kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “Tukad Yeh Unda” artinya sungai air kiriman. Kiriman yang dimaksud di sini adalah di mana air Sungai Yeh Unda berasal dari beberapa sungai seperti Tukad Palangan, Tukad Didup, Tukad Telaga Waja, dan lain-lain. Semua sungai tersebut menyatu di sepanjang sungai di tempat yang berbeda dan menjadi satu sungai yang bernama Tukad Yeh Unda. 


Air yang mengalir di sepajang sungai ini dimanfaatkan oleh warga untuk mengairi sawah disekitar sungai. Ini terbukti beberapa titik disepanjang sungai ini dibangun dam atau bendungan yang tujuannya untuk mengalirkan airnya ke sawah-sawah. Dam-dam yang dibangun oleh pemerintah ini tidak hanya berfungsi sebagai irigasi juga dapat dijadikan tempat wisata yang keren. Salah satu bendungan atau dam yang menjadi objek wisata di sepanjang aliran sungai yeh unda adalah bendungan yang berada di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali yang bernama Wisata Kali Unda.

Tempat wisata Kali Unda sangat mudah diakses karena dekat dengan jalan raya, bahkan dapat dilihat dari atas jembatan yang menghubungkan antara Kota Klungkung dengan Kecamatan Dawan. Jika berkunjung ke objek wisata Kerta Gosa, lalu ingin menikmati keunikan tempat wisata Goa Lawah atau sekitar Pantai Candidasa, tentu akan melewati jembatan penghubung ini dan jika pandangan diarahkan ke utara atau sebelah kiri jembatan maka akan melihat sebuah tirai air terjun yang pemandangan yang sangat indah dan terdapat sebuah tulisan besar “WISATA KALI UNDA” yang menjadi ciri khas dari objek wisata yang baru-baru berkembang ini.

Wisata Kali Unda memiliki keindahan yang mampu memikat hati pengunjung, di mana pengunjung akan disuguhkan dengan panorama tirai air terun yang panjang. Untuk bisa menikmati panorama yang unik ini, pengelola tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti bangku tempat nongkrong dipinggir sungai, gazebo untuk berteduh, dan restoran yang menyediakan menu makanan khas Bali. Wisata Kali Unda dapat dijadikan tempat ngongkrong yang asik di pinggiran sungai sambil menikmati pesona air terjun ini dengan deburannya yang menderu.

Keindahan yang ditawarkan oleh wisata kali unda sering dijadikan objek foto oleh para fotografer untuk melakukan sesi foto-foto baik itu yang sifatnya komersil atau pribadi, bahkan banyak pasangan yang akan menikah melakukan foto prawedding di tempat wisata ini. Bagi yang suka eksis di sosial media, tempat wisata kali Unda wajib untuk dikunjungi karena tempatnya sangat Instagramable banget lho.

Di sekitar Wisata Kali Unda terdapat banyak tumbuh pohon yang hijau dan rindang sehingga suasanya tampak asri. Pengunjung bisa menikmati deburan air di air terjun ini lebih dekat dengan cara turun ke sungai. Sungai ini memiliki kedalaman air cukup dangkal di bagian tengah, kira-kira hanya selutut. Namun tepat di tempat jatuhnya air, bendungan ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Air di bendungan ini cukup tenang, namun pengunjung harus hati-hati karena ada bagian dasar sungai yang berbatu licin karena lumut yang bisa membuat kita terpleset saat mengijak kaki di bebatuan. Jika pada musim penghujan, air yang mengalir di bendungan ini sangat keruh dan berwarna kecokelatan, tentunya debit airnya sangat besar karena mendapat kiriman dari beberapa sungai.

Jika kebetulan berlibur ke Bali Timur khususnya ke Kabupaten Klungkung, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata Kali Unda ini ya. Apalagi tidak jauh dari objek wisata ini banyak terdapat tempat wisata populer yang mungkin bisa dikunjungi setelah mengunjungi objek wisata ini seperti Bukit Belong dengan panorama hijaunya rumput ilalang di atas perbukitan yang sangat Instagramable, Monumen Puputan Klungkung yang menawarkan wisata sejarah, Taman Kerta Gosa, dan Desa Wisata Kamasan.
Iklan