free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Pantai Sekitar Tanah Lot Bali
T12/03/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Pantai Sekitar Tanah Lot Bali

Iklan
Iklan

Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bali. Tempat wisata yang menjadi andalan dari kabupaten Tabanan ini di sosial media Instagram benar-benar populer, ini terbukti dengan banyaknya kiriman tentang tempat wisata ini, misalnya #tanahlot mendapat 528 ribu kiriman, #tanahlotbali mendapat 57,1 ribu kiriman, #tanahlottemple mendapat 41,2 ribu kiriman dan #puratanahlot mendapat 11,8 ribu kiriman. Saking populernya, tiap harinya tempat wisata yang menjadi ikon pariwisata Bali ini selalu diserbu ribuan kunjungan wisatawan, baik wisatawan dari luar negeri maupun wisatawan nusantara yang kebetulan berlibur ke Bali.
Inilah 10 Tempat Wisata Pantai Sekitar Tanah Lot Bali
Tempat wisata Tanah Lot Tabanan Bali
Berlibur ke Tanah Lot para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama sebuah tempat suci umat Hindu yang lokasinya berada agak di tengah laut. Jika air laut sedang surut kita bisa masuk ke dalam kawasan tempat suci ini, bagi yang tidak melakukan persembahyangan harus mendapat izin terlebih dahulu untuk memasuki kawasan suci ini. Sedangkan jika air laut sedang pasang tempat suci ini seolah-olah terpisah dengan daratan pulau Bali. Sore hari tempat wisata ini menjadi incaran para traveler yang berburu panorama indahnya matahari terbenam dengan latar belakang tempat suci ini. Bagi yang ingin melihat pertunjukan tari kecak, tidak jauh dari kawasan pura Tanah Lot terdapat stage untuk pertunjukan Tari Kecak yang dipentaskan tiap harinya terutama ketika matahari akan terbenam.

Sekitar tempat wisata Tanah Lot banyak terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama tempat wisata pantai. Pantai-pantai di sekitar Tanah Lot dapat dijadikan liburan alternatif sebelum menuju tempat wisata Tanah Lot atau sebaliknya. Tentunya liburan tidak akan membosankan karena kita bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya, tentunya relatif lebih sepi dari kunjungan para turis. Berikut admin rekomendasikan 10 tempat wisata pantai sekitar Tanah Lot.

1. Pantai Melasti
Tidak hanya di kawasan Kuta Selatan terdapat Pantai Melasti, di kabupaten dengan julukan “bumi lumbung padi” ini juga terdapat pantai yang namanya Pantai Melasti. Tempat wisata yang satu ini lokasinya sangat dekat dengan objek wisata Tanah Lot, berjarak sekitar 400 meter di sebelah barat pura Tanah Lot. Pantai ini menjadi incaran para traveler, karena panorama pantainya sangat bagus dan spot yang sangat pas untuk melihat panorma indahnya matahari terbenam (sunset) di barat cakrawala dunia. Yang paling unik, kawasan pantai ini memiliki air terjun lho. Air Terjun Melasti, itulah nama air terjun yang satu-satunya air terjun yang ada di kawasan pantai di Pulau Bali. Air terjun ini memang benar-benar indah, terutama ketika pada siang hari karena bisa melihat semacam pelangi. Satu hal lagi yang perlu diketahui, air terjun ini merupakan air terjun musiman, artinya air terjun ini akan ada pada bulan-bulan tertentu, terutama pada musim cocok tanam padi, karena aliran air yang mengaliri air terjun ini berasal dari air persawahan di sekitarnya. Di mana sisa pengairan dari sawah milik petani setempat akan dialirkan menuju laut, maka terbetuklah air terjun ini. Jika ingin menikmati indahnya air terjun ini, datanglah pada musim tanam padi di sekitaran tanah lot. Lokasi pantai Melasti berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Pantai Kedungu
Bagi pecinta surfing, pantai kedungu dapat dijadikan alternatif untuk bermain selancar karena memiliki gelombang laut yang sangat mendukung untuk aktivitas surfing. Pantai yang berlokasi di Jalan Pantai Kedungu, Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali ini berjarak sekitar 3,4 km dari kawasan tempat wisata Tanah Lot. Selain itu, pantai yang berpasir hitam ini dikelilingi oleh pemandangan persawahan yang hijau, tentunya akan menambah indah panorama di pantai ini. Pantai Kedungu cocok digunakan sebagai lokasi camping karena ada beberapa tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

3. Pantai Nyanyi
Pantai berikutnya yang ada di sekitar Tanah Lot adalah Pantai Nyanyi yang berlokasi di Pantai Nyanyi, Dusun Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari tempat wisata tanah Lot, pantai yang memiliki hamparan pasir hitam yang sangat luas ini berjarak sekiar 7,2 km. Pantai Nyanyi menghadap ke Selatan dengan panorama laut biru Samudera Hindia yang indah. Ombak di pantai ini cukup besar dan panjang, sehingga sangat ideal untuk bermain surfing. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sunset di pantai ini.

4. Pantai Mengening
Pantai yang satu ini suasananya mirip seperti pantai Tanah Lot, di mana juga terdapat sebuah pura yang berada ditengah batu karang seperti Purat Tanah Lot. Tidak seperti pantai lainnya di Bali yang memiliki kawasan yang berpasir, justru Pantai Mengening kawasan pantainya berupa batu karang. Karena memiliki ombak yang cukup besar, pengunjung hanya bisa menyaksikan keindahan pantai ini dari bibir pantai. Panorama pantai ini benar-benar sangat memukau mata, apalagi ketika matahari akan terbenam. Pantai ini berjarak sekitar 8,9 km dari tempat wisata Tanah Lot, yang beralamat di Jalan Pantai Mengening, Banjar Adat Tempek Mengening, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

5. Pantai Seseh
Sebelah timur dari Pantai Mengening ada pantai Seseh yang berpasir hitam. Panorama yang ditawarkan berupa suguhan pemandangan sunset. Pantai ini mempunyai gelombang besar dan berangin kencang sehingga cocok untuk melakukan kegiatan olahraga selancar dan Kitesurf. Pantai yang berjarak sekitar 9,2 km dari objek tanah lot ini berlokasi di Jalan Pantai Seseh, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

6. Pantai Yeh Gangga
Pantai Yeh Gangga berada di sebelah barat dari objek wisata tanah lot dan pantai Kedungu. Dari objek wisata Tanah Lot berjarak sekitar 9,8 km yang berlokasi di Jalan Yeh Gangga, Desa Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Pantai Yeh Gangga merupakan pantai pasir hitam dengan panorama yang indah serta keadaan pantai yang masih tenang dan nyaman. Pada saat sore pengunjung bisa menyaksikan pesona matahari terbenam. Uniknya, kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Pada saat air laut surut, pengunjung bisa naik ke atas batu karang tersebut dan melihat pesisir pantai yang membentang luas ke selatan. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati.

7. Pantai Pererenan
Pantai Pererenan memiliki area pantai yang luas dan landai sehingga sangat cocok untuk atraksi wisata naik kuda. Walupun pantai Pererenan belum begitu populer dikalangan wisatawan, namun pantai ini menyuguhkan keindahan alam pantai yang tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Sambil menunggangi kuda kita akan menyusuri pantai pasir hitam yang eksotis dan melihat kapal-kapal milik para nelayan setempat yang dijajarkan dengan rapi. Deburan ombak yang silih berganti akan menambah indahnya pesona pantai ini. Kini pantai ini sudah memiliki ikon berupa patung “gajah mina” yakni sebuah patung berwujud ikan yang berkepala gajah. Bagi yang ingin menikmati panorama di pantai ini, silahkan datang ke Jalan Pantai Pererenan, Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali yang berjarak sekitar 10,4 km di sebelah timur objek wisata Tanah Lot Bali.

8. Pantai Batu Mejan
Kawasan pantai Batu Mejan berada di atas karang namun pada sisi pantainya terdapat pasir yang landai. Pantai Batu Mejan atau dikenal dengan nama Echo Beach menawarkan pesona keindahan pantai ketika matahari tenggelam. Pantai ini sangat cocok untuk yang mencari suasana tenang, sunyi, dan sepi. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menyaksikan para turis yang sangat lihai dalam berselancar, meliuk-liukan papan selancarnya di atas gulungan ombak yang besar, sungguh pemandangan yang unik. Pantai yang berlokasi di Jalan Pantai Batu Mejan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali ini berjarak sekita 11,8 km dari objek wisata Tanah Lot.

9. Pantai Batu Bolong
Pantai Batu Bolong merupakan salah satu pantai populer di Bali, khususnya pengguna sosial media Instagram. Jika cari dengan #batubolongbeach di Instagram, maka akan ada sekitar 21,8 ribu kiriman tentang pantai ini. Di pantai ini terdapat batu besar dengan sebuah bolongan di dalamnya yang menjadikan pantai ini bernama Pantai Batu Bolong. Pemandangan matahari terbenam yang luar biasa, membuat pantai ini terlihat menakjubkan dan indah. Lokasi Pantai Batu Bolong berada Jalan Pantai Batu Bolong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali dengan jarak tempuh sekitar 12,5 km dari objek wisata Tanah Lot Bali.

10. Pantai Nelayan
Pantai Nelayan berada di Jalan Nelayan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. pantai yang berjarak sekitar 12,7 km dari Tanah Lot ini menawarkan panorama keindahan laut dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Sesuai dengan namanya, pengunjung di pantai ini akan disuguhkan dengan kegiatan para nelayan tradisional untuk mencari ikan segar. Jadi bagi yang ingin membeli ikan segar, udang dan lobster bisa membeli secara langsung dari para nelayan di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga menyuguhkan panorama sunset yang terlihat begitu indah di kala matahari akan terbenam di ufuk barat.

Pantai-pantai yang admin sebutkan tersebut dapat dijadikan pilihan alternatif mengisi liburan ke Bali setelah atau sebelum mengunjungi Tanah Lot. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mencari tempat wisata pantai sekitar Tanah Lot Bali. Salam longtriper.
Iklan