free counter with statistics Tempat Wisata Rumah Pohon Temega Bali
T12/03/2018

Tempat Wisata Rumah Pohon Temega Bali

Iklan
Iklan

Bali kini sedang gencar-gencarnya mengembangkan objek wisata baru yang kreatif dan inovatif seperti ayunan selfie dengan panorama danau kembarnya (Danau Buyan dan Danau Tamblingan). Bahkan ada objek wisata baru yang tergolong ekstrem dengan ayunan yang super tinggi seperti ayunan yang ada di Desa Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal yang dikenal dengan nama Bali Swing. Tidak hanya itu saja kreatifitas orang Bali dalam memanfaatkan potensi wisata yang dimilikinya, kebun bunga yang pada awalnya ditanam untuk diambil bunganya untuk dijual di pasar, kini kebun bunga tersebut menjadi tempat wisata baru yang banyak diburu para wisatawan untuk sekedar berfoto selfie seperti Taman Bunga Gumitir di Desa Petang, Taman Edelwies di Desa Temukus yang lokasinya dekat dengan objek wisata Pura Besakih, dan Taman Bunga Matahari di Desa Cau Belayu.

Bagi yang berencana akan berlibur ke Kabupaten Karangasem, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata baru yang memanfaatkan pohon yang tinggi. Di atas pohon yang tinggi dibuat sebuah tempat untuk melihat pemandangan sekitarnya yang indah dan asri yang dikenal dengan sebutan rumah pohon. Rumah pohon kini menjadi tempat wisata yang banyak digandrungi oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie yang ingin selalu eksis dan update di media sosial. Berfoto dengan pemandangan rumah unik dan cantik akan menjadi sensasi baru dalam mengisi liburan dan kekinian di Bali.

Tempat wisata rumah pohon yang kini sedang viral di sosial meda memang dirancang memanfaatkan pohon-pohon yang tumbuh disekitar lokasi dengan panorama yang keren, kemudian pohon-pohon tersebut dibuatkan sebuah tempat untuk berpijak dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti batang kayu dan bambu yang diikat dengan erat satu dengan lainnya sehingga menjadi kokoh dan dapat dinaiki oleh beberapa orang. Tangga-tangga menuju rumah pohon, juga digantung membentuk sebuah jembatan gantung, kalau dilewati akan bergoyang-goyang, tentunya ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi pecinta wisata petualangan dan menguji adrenalin.

Pada tahun 2018, Di Kabupaten Karangasem sudah terdapat tiga spot tempat wisata yang menawarkan sensasi rumah pohon yakni satu spot berada di Kecamatan Kubu yang bernama rumah pohon Tukad Abu, dan dua spot lainnya berada di kecamatan Abang yang dikenal dengan nama Rumah Pohon Temega. Untuk di kecamatan Abang, dua spot tempat wisata rumah pohon lokasinya saling berdekatan, bahkan lokasinya juga sangat dekat dengan objek wisata populer di Bali yakni Taman Tirta Gangga.

Akses menuju Rumah Pohon Temega Bali sangat mudah sekali, karena lokasinya sangat strategis yang berlokasi dipingir jalan raya yang menghubungkan kota Amalpura dengan kabupaten Buleleng. Jika datang dari arah Kota Denpasar arahkan kendaraan menuju Kota Amlapura (ibu kota kabupaten Karangasem) kemudian menuju jurusan Singaraja, sebelum mencapai objek wisata Taman Air Tirta Gangga, tepat berada di sebelah kiri jalan raya akan terlihat sebuah plang petunjuk arah tentang rumah pohon tersebut. Perlu diketahui di Desa Adat Temega Bali terdapat dua buah tempat wisata rumah pohon lho, yakni  Rumah Pohon Bukit Lemped dan Rumah Pohon Poh Landung.
Tempat Wisata Rumah Pohon Temega Bali
Rumah Pohon Temega Bali


1. Rumah Pohon Bukit Lemped
Tempat wisata rumah Pohon Bukit Lemped lokasinya berada di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja, tepatnya berada di Banjar Pladung, Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Keberadaan tempat wisata yang satu ini sangat dekat dengan objek wisata yang sangat populer di Karangasem yakni Taman Tirta Gangga. Hanya berjarak sekitar 1,8 km dari Taman Tirta Gangga pengunjung bisa menikmati keunikan tempat wisata baru ini. Rumah pohon yang ada di tempat wisata ini tingginya mencapai 40 meter lho. Tempatnya benar-benar keren karena tersedia tempat untuk berfoto selfi dengan latar sarang burung raksasa dan ayunan. Dari atas pohon pengujung bisa melihat alam sekitar yang sangat indah dan hijau. Para wisatawan bisa melihat gundukan Bukit Dausa di sebelahnya dan rumah pohon Poh Landung juga kelihatan dari rumah pohon ini. Tempat wisata ini sangat digemari oleh kaula muda yang suka berfoto selfie, karena tempatnya sangat Instagramable banget lho.

2. Rumah Pohon Poh Landung
Tempat wisata rumah pohon kedua yang berada di Desa Adat Temega yakni Rumah Pohon Poh Landung. Lokasi rumah pohon ini masih dekat dengan rumah pohon Bukit Lemped yang berjarak sekitar 400 meter lho. Rumah Pohon Poh Landung merupakan tempat wisata paling dekat dengan tempat wisata Taman Tirta Gangga yang jaraknya sekitar 1,4 km lho. Dari atas pohon pengunjung bisa melihat indahnya alam pedesaan, pohon-pohon rindang dan menjulang tinggi, serta hamparan persawahan. Panorama yang ditawarkan hampir sama dengan rumah pohon Bukit Lemped. Lokasi rumah pohon Poh Landung berada di Jalan Raya Tirta Gangga, Banjar Timbul (Desa Adat Temega), Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Semoga ini dapat dijadikan referensi dalam mencari tempat wisata baru dan unik di Kabupaten Karangasem. Selain Taman Tirta Gangga, tempat wisata lainnya yang dekat dengan rumah pohon Temega yakni Bukit Cinta Karangasem yang menawarkan panorama perpaduan antara pesona Gunung Agung yang menjulang tinggi dan panorama persawahan yang hijau nan asri. Salam Longtriper.
Iklan