free counter with statistics Inilah 24 Tempat Wisata Sawah Di Bali Yang Instagramable
T12/03/2018

Inilah 24 Tempat Wisata Sawah Di Bali Yang Instagramable

Iklan
Iklan

Belibur ke Bali para wisatawan akan ditawarkan ribuan tempat wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi. Jadi berlibur ke Bali para wisatawan tidak perlu bingung-bingun mencari tempat berwisata. Bentang alam pantai pasir putih siap memanjakan para wisatawan dengan panorama sunset atau sunrise yang memukau mata. Selain itu, panorama hijaunya perbukitan juga siap mengisi liburan para traveler karena Pulau Bali banyak sekali memiliki tempat wisata bukit yang sangat indah.
Inilah 24 Tempat Wisata Sawah Di Bali Yang Instagramable
Panorama Sawah di Bali

Jika bosan berlibur ke pantai atau ke perbukitan, coba sesekali mampir ke tempat wisata sawah di Bali. Walaupun Pulau Bali lebih dominan mengandalkan sektor pariwisata sebagai penujang perekonomiannya, tetapi sektor pertanian juga tidak dilupakan begitu saja. Bahkan sektor pertanian sangat menunjang sektor pariwisata di Bali, sehingga banyak bermunculan tempat wisata berbasis pertanian. Lahan pertanian di Bali dapat dijadikan sebagai objek wisata karena menawarkan panorama yang sangat indah dan unik, tentunya yang sangat diminati oleh kaula muda yang gemar berswafoto. Berikut admin bagikan beberapa tempat wisata sawah di Bali yang Instagramable yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke pulau yang mendapat julukan sebagai “Pulau Seribu Pura” ini.

1. Sawah di Ubud
Selain sebagai tempat wisata seni dan budaya di Bali, ternyata Ubud juga memiliki areal persawahan yang masih asri dan hijau. Keindahan sawah di Ubud dapat dilihat dalam Film Holiwood yang berjudul “Eat Pray Love” yang dibintangi artis Julia Roberts.

2. Tegallalang Rice Terrace
Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace menawarkan pesona pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Tegallalang Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di Gianyar yang lokasinya dekat dengan tempat wisata Ubud dan satu arah dengan perjalanan menuju tempat wisata Kintamani Bali. Lokasi: Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

3. Sawah Di Jatiluwih
Desa Jati luwih memiliki areal persawahan yang berundak-undak (terasering) dengan pemandangan alam yang sangat indah. Untuk menikmati panorama keindahan persawahan, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman. Sejauh mata memandang hanya persawahan hijau nan asri yang bisa dilihat. Akan sangat baik jika berkunjung ke kawasan ini pada saat musim cocok tanam, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani yang sedang melakukan aktivitasnya seperti membajak sawah, menanam padi, dan lain sebagainya. Lokasi: Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

4. Sawah Di Desa Belimbing
Desa Wisata Belimbing atau Pupuan Panorama memang terkenal dengan sawahnya yang masih asri dan luas serta berada di dataran tinggi dengan latar belakang Gunung Batukaru. Persawahan dengan terassering yang tersusun rapi dan indah dapat dinikmati di desa ini. Desa ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang cantik dan sejuk dengan beberapa pohon kelapa di sekitarnya. Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

5. Sawah di Desa Nyambu
Ada dua kegiatan utama yang bisa dilakukan di ketikan berwisata ke desa wisata nyambu yakni wisata susur sawah dan susur budaya. Pada kegiatan susur sawah, pengunjung akan diajak menyusuri hamparan sawah yang tersusun sejauh dua kilometer. Selain bisa menikmati pesona keindahan alam persawahan desa, kegiatan susur sawah juga menambah wawasan tentang tentang struktur persawahan di Bali. Sedangkan untuk wisata susur budaya, pengunjung akan belajar tentang adat, budaya, dan religi yang ada di desa nyambu. Selain itu, pengunjung akan diajak menikmati kuliner khas bali di desa ini. Lokasi: Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

6. Panorama Sawah di Ekowisata Taman Sari Buwana
Ekowisata Taman Sari Buana yang juga dikenal dengan sebutan farming tour yang menawarkan wisata trekking dan menyaksikan kehidupan pedesaan. Pada saat trekking wisatawan akan diajak menikmati pemandangan dengan hamparan persawahan yang luas dan indah, menyaksikan petani memanjat pohon kelapa di ladang. Selama menyusuri pedesaan wisatawan akan melihat aktivitas penduduk setempat dalam kehidupan sehari-hari. Lokasi: Banjar Beng Kaja, Desa Tunjuk,  Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

7. Sawah Di Desa Tista.
Di Desa Tista terdapat area persawahan yang luas dan digunakan untuk jalur trekking hingga ke sungai Yeh Ho. Selain digunakan untuk jalur trecking, lokasi persawahaan ini juga sangat cocok digunakan untuk aktivitas jogging dan bycling di pagi dan sore hari dengan pemandangan sunset yang indah. Lokasi: Desa Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

8. Sawah Di Desa Beraban
Desa Wisata Beraban menawarkan wisata trekking menyusuri area persawahan yang luas dengan terasering tertata rapi hingga ke pantai sebagai tempat istirahat dan santai. Selain itu, di desa beraban terdapat objek wisata terkenal yakni pura tanah lot dan pantai nyanyi. Lokasi: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

9. Sawah Di Desa Gunung Salak
Desa Wisata Gunung Salak menawarkan pesona alam yang sangat indah dengan persawahan yag menghijau dan beberapa pohon kelapa yang menghiasi desa wisata ini. Sawah di desa ini tersusun secara berundak-undak sehingga menambah indah kawasan desa wisata ini. Selain itu, di desa wisata Gunung Salak terdapat tiga air terjun alami yang membuat desa ini makin terkenal. Lokasi: Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali.

10. Terasering Soka
Banjar Soka tidak hanya terkenal akan tempat wisata pantai Soka dan Museum Ogoh-Ogoh yang sangat unik, tetapi juga memiliki bentang alam persawahan yang menghijau. Lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Gilimanuk Denpasar. Di sini para pecinta wisata alam akan disajikan pemandangan sawah yang hijau dan berundak-undak. Kawasan ini akan terlihat sangat keren pada saat musim padi mulai tumbuh. Lokasi: Lokasi: Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

11. Panorama Sawah di Sidemen
Sidemen merupakan daerah pegunungan yang dilalui oleh Sungai Yeh Unda, tentu kawasan ini banyak memiliki lahan persawahan yang sangat subur. Areal persawahan di sidemen menyuguhkan panorama yang indah dengan latar belakang Gunung Agung yang menjulang tinggi. Bagi yang ingin melihat panorama persawahan di sidemen sambil trakking bisa mengunjungi daerah Cepik dan Banjar Dinas Dukuh. Di sini terdapat areal persawahan yang sangat luas dan hijau. Bahkan ada juga areal persawahan yang berundak-undak yang sangat bagus untuk berfoto-foto selfie. Lokasi: Banjar Dinas Tabola dan Banjar Dinas Dukuh, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali.

12. Sawah Di Desa Gubug
Desa Wisata Gubug memiliki pemandangan alam yang sangat indah terutama panorama keindahan alam persawahannya yang terasering. Selain itu, desa ini terkenal sebagai sentra pengerajin pisau dan golok yang terletak di Banjar Pande dan Banjar Batusangian. Berbagai macam jenis pisau dihasilkan mulai dari ukuran yang besar hingga ukuran yang lebih kecil. Lokasi: Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

13. Sawah Di Canggu
Canggu tidak hanya menyuguhkan panorama pantai yang indah dengan suguhan sunset sangat memukau mata, tetapi juga menawarkan panorama persawahan yang sangat indah dan hijau.

14. Lembah Pantunan
Lembah Pantunan ini memiliki panorama hamparan sawah yang sangat indah yang letaknya tepat berada di dasar bukit kecil yang memukau mata. Lokasi: Banjar Bangkaing Sidem, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

15. Gembok Cinta Tegallalang
Di sini pengunjung bisa menyimpan kenangan dan menggembok cinta bersama pasangan dengan simbol sebuah gembok yang tinggalkan di sini. Tempatnya sangat bagus untuk berfoto- selfie dan dengan latar belakang pemandangan sawah hijau dan asri. Lokasi: Banjar Gagah, Desa Tegalalang, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

16. Pesona Sawah di Agrowisata Subak Munduk Nangka
Di Agrowisata Subak Munduk Nangka pengunjung akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang indah dan berundak-undak. Spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto di areal persawahan dengan latar pegunungan yang hijau. Jika pada musim tanam padi, pengunjung akan melihat para petani menggarap sawahnya, seperti membajak sawah dan menanam padi. Lokasi: Banjar Munduk Nangka, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali

17. Rice Terrace Ambengan
Ambengan merupakan sebuah desa yang posisinya di atas bukit yang menghijau. Desa ini dihiasi oleh hamparan sawah yang sangat indah. Lokasi: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

18. Sawah di Desa Iseh
Sebuah pemandangan yang indah berada di pinggir jalan raya jurusan Sidemen-Amlapura. Hamparan sawah yang hijau dengan latar gunung agung membuat kawasan ini benar memukau. Lokasi: Desa Adat Iseh, Kecamatan Sidemen, kabupaten Karangasem, Bali

19. Sawah Di Desa Antosari
Desa Antosari menawarkan pesona hijaunya hamparan persawahan yang sangat luas dengan bentuk yang berundak-undak. Uniknya, letak persawahan yang terletak di kaki bukit menyebabkan bentuknya tidak simetris atau berliku sehingga tampak begitu memukau mata. Lokasi: Desa Antosari, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bal

20. Sawah Di Desa Pinge
Desa Wisata Pinge menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan persawahan yang hijau. Wisatawan yang datang ke sini bisa melihat secara langsung para petani membajak sawah, menyiapkan bibit, menanam padi, menuai dan memasukkan padi ke lumbung. Selain memiliki alam yang memikat, di desa wisata pinge banyak ditemukan benda-benda bersejarah, salah satunya berada di cagar budaya Pura Natar Jemeng. Lokasi: Desa Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

21. Sawah Di Desa Sekartaji
Desa Sekartaji memiliki keindahan alam yang masih asri serta terjaga kelestariannya. Di desa ini wisatawan dapat menikmati suasana yang sangat menyenangkan dengan melihat persawahan yang hijau membentang luas menghijau. Di desa ini terdapat jalur trekking dengan melewati areal persawahan, ladang, hutan bambu dan sungai. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

22. Sawah di Legung Luwih
Legung Luwih menawarkan pemandangan indah pedesaan yang masih asri. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling untuk melihat bangunan tradisional, lahan pertanian atau perkebunan. Selain itu, pengunjung bisa berpartisipasi untuk membajak sawah dengan menggunakan sapi, menanam padi dan menuai. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan pembuatan gula merah dengan cara tradisional dan melihat petani menurunkan air nira dari pohon enau. Lokasi: Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

23. Sawah Di Desa Buwit
Dulunya Desa Buwit terkenal sebagai sentra pembuat senjata seperti keris, pedang, tombak dan lain sebagainya. Tetapi karena peminatnya sangat kurang maka jumlah pengerajin senjata di desa ini sudah berkurang. Selain terkenal sebagai pengerajin senjata, desa buwit juga memiliki pemandangan alam yang sangat keren. Tidak mengherankan jika desa ini digunakan untuk aktivitas bersepeda dan trekking oleh wisatawan asing dengan melalui persawahan yang hijau. Di desa Buwit juga terdapat kolam pemancingan. Lokasi: Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali

24. Sawah Di Desa Mengesta
Desa Mengesta berada di kaki Gunung Batukaru yang menyuguhkan pemandangan persawahan dan perkebunan yang luas, sistem terasering  persawahan, panorama alam pegunungan, dan sumber air panas. Pesona desa Tista dapat dinimati melalui jalur trekking yang sudah disediakan. Lokasi: Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

Nah itu beberapa tempat wisata sawah di Bali yang bisa dikunjungi. Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi wisatawan yang ingin mencari tempat wisata sawah di Bali yang Instagramable. Tidak hanya menyuguhkan panorama sawah yang terasering, tetapi juga menawarkan panorama tempat wisata hutan bakau lho. Hutan bakau atau hutan mangrove di Bali kini menjadi tempat wisata yang populer di Bali, tentunya sangat instagramable banget yang banyak diminati oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie. Salam longtriper.
Iklan