free counter with statistics Inilah 5 Tempat Wisata Hutan Mangrove Di Bali
T12/03/2018

Inilah 5 Tempat Wisata Hutan Mangrove Di Bali

Iklan
Iklan
Hutan bakau atau sering disebut juga dengan nama hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau atau rawa-rawa yang terletak di garis pantai atau sekitar muara sungai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan mangrove memiliki manfaat yang sangat banyak, misalnya untuk menahan abrasi pantai akibat terjangan gelombang air laut dan juga sebagai habitat biota laut dan satwa jenis lainnya seperti kera, buaya, dan burung. Selain sebagai pelindung garis pantai dari abrasi, kawasan hutan mangrove memiliki panorama yang sangat indah, sejuk dan asri. Tentunya suasana seperti itu sangat cocok kalau hutan mangrove digunakan sebagai tempat rekreasi dan wisata edukasi.

Bali sebagai daerah tujuan wisata di dunia menjadikan hutan mangrove sebagai tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Tempat wisata hutan mangrove Di Bali tidak hanya diminati oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie, tetapi juga banyak diminati oleh anak-anak bahkan orang tua lho. Selain itu, hutan mangrove di Bali kerap kali digunakan untuk sesi foto preweding bagi pasangan yang akan melangungkan pernikahannya. Tempat wisata hutan mangrove di Bali dapat dijadikan salah satu tujuan wisata bagi yang ingin mencari sensasi lain dalam berlibur ke Bali.

Bagi yang ingin mencari tempat wisata hutan mangrove di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Hutan Mangrove Tuban
Hutan Mangrove Tuban atau Ekowisata MangroveWanasari merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan bandara Ngurah Rai yang berjarak sekitar 2,8 km. Kawasan hutan yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali ini akan menawarkan pesona pemandangan hutan mangrove yang sangat indah. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan di antara keramba kepiting milik nelayan Wanasari. Dengan pohon bakau yang menghijau membuat tempat ini sangat sejuk di siang hari. Selain bisa berwisata, kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mangrove dan ekologinya di Ekowisata Mangrove Wanasaari. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang. Sekitar hutan mangrove ini juga terdapat tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi seperti Taman Ngurah Rai yang berjarak sekitar 28 meter dan Taman Satrya Gatotkaca yang berjarak sekitar 450 meter. Sebelum meluncur ke tempat wisata populer di Bali alangkah baiknya untuk mengunjungi tempat wisata hutan mangrove yang satu ini untuk menikmati kulinernya, dijamin maknyus.
Tempat Wisata Ekowisata Mangrove Tuban Bali
Ekowisata Mangrove Tuban Bali

2. Hutan Mangove Suwung
Denpasar sebagai ibu kota provinsi Bali juga menyediakan tempat rekreasi dengan nuansa alam yang hijau nan asri di tempat wisata hutan mangove Suwung. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari ketenangan dan kenyamanan dengan hawa udara yang sejuk dan jauh dari polusi di tengah-tengah kota metropolitan yang super sibuk. Para pengunjung akan suguhkan dengan keindahan hutan bakau. Untuk menikmati keindahan hutan ini, pengelola menyiapkan jalan setapak yang terbuat dari kayu sepanjang 3 km. Sepanjang jalan sudah disediakan beberapa titik gazebo untuk istirahat atau sekedar nongkrong. Hutan yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Pemogan, Denpasar Selatan ini mampu membuat mengunjung berlama-lama di kawasan ini. Apalagi pada siang hari kawasan hutan ini sejuk karena cahaya matahari terhalang dengan rimbunan daun pohon bakau.

3. Hutan Mangrove Perancak
Perancak sebagai sebuah desa wisata di Bali Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Perancak yang terkenal dengan panorama Perancak Sunset Point, tempat wisata penangkaran dan konservasi penyu, dermaga kapal nelayan dengan jejeran kapal nelayan yang sangat unik, dan spot mengadakan lomba makepung yang sangat ikonik banget. Selain itu, kawasan ini juga memiliki hamparan hutan mangrove yang tumbuh dengan subur dan hijau. Uniknya, hutan mangrove di sini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diolah menjadi bahan makanan, jus, sabun dan sarana batik tulis. Hutan yang berlokasi di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali ini wajib untuk dikunjungi jika berlibur ke Bali Barat.

4. Hutan Mangrove Budeng
Bali Barat tidak hanya menawaran panorama Hutan Mangrove Perancak sebagai tujuan wisata yang Instagramable, tetapi juga menyuguhkan keindahan Hutan Mangrove Budeng. Hutan mangrove yang ada di Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali ini memiliki potensi untuk dijadikan wisata alam dan edukasi. Di hutan ini merupakan habitat hewan-hewan perairan seperti kepiting, burung, udang dan lain-lain. Tempat ini benar-benar indah apalagi dikawasan ini sudah dibuatkan jembatan kayu sebagai tempat untuk sekedar berfoto-foto selama mengisi liburan ke hutan mangrove ini.

5. Hutan Mangrove Nusa Lembongan
Hutan mangrove yang satu ini berada di luar Pulau Bali, tepatnya berada di Pulau Lembongan atau Nusa Lembongan. Pulau yang berjarak sekitar 11 km di tenggara Pulau Bali ini menjadi tempat wisata yang sangat populer di Bali. Hutan mangrove di kawasan ini benar-benar terjaga kelestariannya, bahkan warga adat di Desa Lembongan mengeluarkan peraturan atau awig-awig yang melarang menebang pohon bakau secara sembarangan. Hutan mangrove yang ada di Pulau Lembongan cukup luas dengan panorama yang sangat indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan bakau dengan cara menyusurinya dengan menggunakan perahu jukung. Bagi yang ingin menikmati panorama hutan bakau Lembongan yang berlokasi di Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali ini pengunjung harus menyeberang laut selat Badung. Ada banyak titik penyeberangan ke Pulau lembongan dari Pulau Bali, salah satunya bisa melalui Pantai Matahari Terbit Sanur atau melalui dermaga di Pulau Serangan.

Nah itu beberapa tempat wisata hutan mangrove di Bali yang bisa dikunjungi ketika belibur ke Pulau Dewata. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi yang mencari tempat wisata hutan mangrove di Bali. Bali tidak hanya memiliki tempat wisata hutan mangrove lho, juga memiliki tempat wisata hutan bambu dan tempat wisata hutan pinus dengan panorama yang sangat indah dan tentunya sangat unik. Salam longtriper.
Iklan