free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Abiansemal Bali
T11/16/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Abiansemal Bali

Iklan
Iklan

Kabupaten Badung merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki luas wilayah sekitar 7,2 % dari wilayah provinsi Bali. Kabupaten yang mendapat julukan “Bumi Keris” ini terbagi menjadi 6 kecamatan, salah satunya kecamatan Abiansemal. Kecamatan yang berada di tengah-tengah kabupaten Badung ini memiliki luas wilayah sekitar 69,01 km² dan secara administratif terbagi menjadi 18 desa. Tiap-tiap desa tersebut tentunya memiliki potensi wisata yang sudah dikembangkan. Wilayah Abiansemal berada di tengah-tengah kabupaten yang memiliki motto “Ҫura Dharma Raksaka” ini, tentunya Abiansemal tidak memiliki objek wisata pantai seperti kecamatan Kuta dan Kuta Selatan. Akan tetapi, potensi wisata alam di wilayah ini sangat menjanjikan karena alamnya masih terjaga dan asri. 

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Abiansemal Bali
Salah satu tempat wisata di Abiansemal Bali


Bagi yang ingin berlibur ke Abiansemal, berikut admin rekomendasikan 10 tempat wisata keren yang ada di Abiansemal yang wajib untuk dikunjungi.

1. Bali Gading
Bali Gading merupakan tempat wisata outbound yang mengambil konsep kerjasama, komunikasi, dan saling percaya. Di dalam kegiatan tersebut terdapat game-game secara kelompok yang sangat cocok melatih kerja sama tim. Tidak hanya game, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam secara langsung dengan jalan kaki di pematang sawah. Mereka diperlihatkan cara membajak sawah secara tradisional hingga cara menanam padi di lahan persawahan. Pengunjung juga diperlihatkan cara pembuatan alat pertanian dan membuat senjata perang di rumah warga pande di Banjar Sayan. Selanjutnya pengunjung dituntun melihat kebiasaan warga di sana. Seperti halnya pembuatan minyak kelapa, Pembuatan tuak, gula Bali, jajanan Bali dan cara mejejaitan membuat canang. Lokasi: Banjar Sayan Agung, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

2. Tanah Wuk
Tanah Wuk merupakan objek wisata alam yang terletak di lembah sungai Tukad Penet yang menghijau dan asri. Berlibur di sini sangat cocok untuk yang ingin mencari ketenangan dari rutinitas kita setiap hari. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan lembah ngarai yang hijau dan mempesona dengan keadaan lingkungan yang sangat tenang, barisan perbukitan yang menghijau dengan nyiur yang melambai-lambai, hamparan sawah yang berundak, dan perkebunan kopi milik masyarakat setempat yang menambah keindahan alam tersebut. Di tempat wisata lembah tanah wuk sudah tersedia fasilitas pendukung seperti seperti gazebo tempat nongkrong yang asik dan anjungan untuk menyaksikan keindahan alam sekitar dengan bentuk unik seperti anjungan jukung. Lokasi: Banjar Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

3. Sangeh Monkey Forest
Sangeh Monkey Forest berupa hutan homogen yang ditumbuhi oleh pohon pala. Tidak hanya disuguhkan dengan keunikan pohon palanya, kita juga bisa melihat tingkah lucu para kera abu-abu ekor panjang yang menghuni hutan tersebut. Walaupun kera-kera di sini terbilang jinak, tetapi kita harus berhati-hati terhadap barang bawaan, karena terkadang monyet di sini mengambil makanan atau minuman yang kita bawa secara paksa. Lokasi: Jalan Brahmana, Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

4. Bumi Perkemahan Blahkiuh
Berkemah di Blahkiuh kita akan disuguhkan dengan suasana yang sangat tenang karena jauh dari keramaian. Di bumi perkemahan ini, pepohonan dibiarkan tumbuh secara alami sehingga pada siang hari tempat ini benar-benar sejuk. Yang jadi nilai plus dari bumi perkemahan Blahkiuh adalah adanya tempat khusus untuk mandi dengan sumber air alam yang sangat jernih. Apabila terjadi hujan kita tidak perlu khawatir, karena kita bisa berteduh di sebuah bangunan besar khas bali yang serbaguna yang cukup luas. Lokasi: Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

5. Taman Mumbul
Taman Mumbul Sangeh merupakan lokasi yang disucikan karena di taman ini terdapat sebuah tempat suci (pura). Di taman ini terdapat sebuah kolam dengan air yang sangat jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Taman ini merupakan sebuah area hijau yang asri. Dari sisi sebelah selatan kolam kita bisa menyaksikan indahnya panorama kolam dan sekitarnya serta teduhnya pepohonan menaungi sebuah kolam. Pada sebelah utara kolam terdapat sebuah pura agak menjorok masuk ke tengah kolam. Pura ini menambah kesan yang sangat unik di taman ini, mirip seperti tempat wisata Bedugul, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Sambil duduk di bawah pohon yang rindang, kita bisa melepaskan lelah sejenak sambil memberikan ikan makan. Untuk memberikan makan ikan, kita harus membeli pakan ikan seharga dua ribu rupiah yang sudah disediakan di sisi sebelah selatan kolam. Lokasi: Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

6. Gumuh Sari Rekreasi
Gumuh Sari Rekreasi merupakan tempat rekreasi keluarga yang menyediakan kolam renang, waterpark, restaurant, lapangan futsal, dan gym. Sebagai sarana untuk tempat rekresi dan berolahraga, Gumuh Sari juga dilengkapi 16 buah gazebo yang bisa dipakai pengunjung secara gratsis, dengan layanan order menu dan makanan dari restaurant setempat. Tempat rekreasi seluas 50 are ini memberlakukan tiket masuk Rp 15 ribu untuk anak-anak dan Rp 25 ribu untuk pengunjung dewasa (khusus hari minggu tiket dewasa Rp 30 ribu). Lokasi: Jalan Tegal Gumuh No.9, Desa Tegak Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

7. Agro Wisata Sutera Sari Segara
Di Agro Wisata Sutera Sari Segara pengunjung akan belajar bagaimana kain sutera dibuat. Mulai dari mengembangbiakan ulat sutera, pembibitan tanaman morbei untuk makanan ulat, pengolahan dari ulat menjadi helaian benang, hingga kemudian diolah menjadi kain dan diberi pola tertentu sehingga memiliki nilai jual. Lokasi: Banjar Lateng, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

8. Monumen Perjuangan Blumbungan
Bagi yang suka dengan wisata sejarah bisa mampir ke Monumen Perjuangan Blumbungan. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bali dalam memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia dari penjajah. Monumen perjuangan rakyat ini dibangun dengan mengambil bentuk Padmasana yang diberi nama Cakra Bioha Panca Bhakti. Juga di sebelah monumen itu kemudian dibangun pula sebuah tugu pahlawan yang berisi catatan nama-nama pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Disamping itu dibangun patung dua orang Jepang yang berjasa membantu perjuangan rakyat di Blumbungan. Monumen Blumbungan dibangun atas semangat masyarakat pendukung perjuangan 1945, disponsori oleh keluarga Puri Sibang, dan dukungan dari pemerintah. Lokasi: Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

9. Bali Swing Bongkasa
Tempat wisata Bali Swing ini menawarkan ayunan pada ketinggian 35 meter dari permukaan tanah. Selama berayunan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menawan serta pemandangan lembah sungai Ayung dengan pepohonan yang hiau dan asri. Lokasi: Jalan Dewi Saraswati 7, Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

10. Bindu Tubing River
Desa Wisata Bindu memiliki rute trekking yang indah, menantang dan terasa sangat unik. Selama perjalanan, pelancong akan menemukan berbagai jenis tanaman langka, tanaman buah-buahan, padi, jagung, hamparan bunga pacar, dan juga hamparan bunga gemitir yang kuning keemasan. Selain itu, di desa wisata ini juga dilengkapi dengan atraksi wisata air berupa permainan tubing dengan rute sekitar 2 Km. Lokasi: Banjar Bindu, Desa Mekar Buana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

Perlu diketahui bahwa Abiansemal dekat dengan objek wisata Ubud yang merupakan salah satu tempat populer di Bali, sehingga tempat ini menjadi liburan alternatif bagi wisatawan setelah mengunjungi Ubud atau sebaliknya. Semoga 10 tempat wisata keren di Abiansemal Bali yang admin rekomendasikan dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali. Salam longtriper.
Iklan