free counter with statistics Pantai Kelan, Tempat Melihat Sunset Terbaik Di Bali
T11/17/2018

Pantai Kelan, Tempat Melihat Sunset Terbaik Di Bali

Iklan
Iklan

Badung memang terkenal sebagai surganya destinasi wisata pantai pasir putih yang eksotis nan memukau mata. Titik pantai pasir putih di Bali terbanyak berada di kawasan Kuta Selatan. Hampir semua titik pantai di kawasan ini berpasir putih lho. Tidak hanya menawarkan pesona pasir putihnya yang menjadi primadona bagi para turis untuk datang ke Badung, pesona matahari tenggelamnya (sunset) juga mampu menjadi magnet tersendiri yang menyedot ribuan kunjungan turis di sore hari tiap harinya. Mereka akan datang berbondong-bondong lalu nongkrong di pinggiran pantai kala senja hari menunggu detik-detik sang surya hilang dari pandangan seolah-olah nyemplung ke dalam lautan.
Pantai Kelan, Tempat Melihat Sunset Terbaik Di Bali
Sunset di Pantai Kelan

Salah satu tempat melihat sunset terbaik di Bali, khususnya di Kuta Selatan yakni Pantai Kelan. Pantai pasir putih yang satu ini benar-benar unik dan menarik untuk dikunjungi. Keunikan pantai ada pada letaknya yang dekat dengan pacu landas bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bahkan pantai Kelan merupakan salah satu pantai yang dekat dengan bandara di Bali. Deru pesawat yang akan landing maupun flight terdengar sangat jelas dari kawasan pantai ini. Panorama pantai ini akan sangat indah ketika sang surya akan tenggelam di balik cakrawala dunia di bagian barat bumi dengan cahayanya yang kemerah-merahan. Apalagi perpaduan antara pesawat yang akan landing atau flight dengan bola matahari yang kemerah-merahan sungguh pemandangan yang sangat unik dan langka.

Tidak hanya digunakan untuk tempat melihat sunset terbaik di Bali lho, kawasan Pantai Kelan yang landai dan luas ini kerap kali digunakan untuk bermain bola oleh anak-anak muda yang tinggal sekitaran pantai sembari mengunggu panorama sunset. Makin sore, kawasan ini makin ramai dikunjungi para wisatawan yang didominasi oleh warga lokal yang ingin melepaskan lelahnya akibat sibuknya aktivitas hariannya. Tidak hanya diminati oleh kaum muda-mudi lho, bahkan orang tua dan anak-anak juga ikut berbaur di pantai ini untuk menikmati pesona pantainya. Saking ramainya pengunjug ke pantai ini, keadaan ini dimanfaatkan oleh beberapa warga untuk memperoleh keuntungan dengan menjual makanan dan minuman ringan, seperti minuman dingin (soft drink), bakso, mie ayam, jagung bakar, dan lain sebagainya.

Begitu sang surya hilang dari pandangan dan berganti gelapnya kawasan pantai, satu persatu wisatawan mulai meninggalkan kawasan ini. Ada beberapa wisatawan yang beralih ke lokasi lainnya yang sangat bagus untuk nongkrong di malam hari seperti pantai Kedonganan yang terkenal dengan kuliner seafoodnya. Hilangnya sang surya dari pandangan dan bubarnya para pemburu sunset di kawasan ini bukan berati pantai ini sepi banget dari warga yang memanfaatkan pantai ini. Ada beberapa warga yang mencoba mencari keberuntungannya dengan memancing di kawasan pantai Kelan ini. Ada spot memancing yang sangat bagus di pantai ini. Bagi yang suka dengan fotografi, panorama orang yang sedang memancing yang dipadukan dengan panorama sunset akan menghasilkan jepretan yang sangat unik.
Pantai Kelan, Tempat Melihat Sunset Terbaik Di Bali
Spot memancing di Pantai Kelan

Tidak jauh dari pantai Kelan, terdapat Pasar Malam Kedonganan yang dapat digunakan tempat alternatif untuk mengisi liburan setelah menikmati pesona sunset di Pantai Kelan. Di pasar malam Kedonganan yang berada dekat dengan dermaga Kedonganan banyak pedangang yang menawarkan aneka pakaian, souvernir, dan keperluan rumah tangga lainnya. Pasar Malam Kedonganan ini juga dekat dengan Pasar Ikan Kedonganan lho. Walaupun namanya pasar ikan, pasar ini tidak hanya menjual ikan laut yang mentah lho, tetapi juga menyediakan ikan yang sudah diolah untuk disantap di tempat ini dengan harga yang murah meriah. Pengunjung bisa memilih ikan yang akan diolah, baik itu mau digoreng maupun dibakar. Hampir tiap harinya tempat ini ramai diserbu oleh para wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas kedonganan yakni ikan bakarnya. Tidak hanya ikan saja, di pasar ini ada berbagai jenis menu seafood lainnya, seperti udang, cumi-cumi, lobster, hingga kepiting.

Bagi Anda yang kebetulan berlibur ke Bali khususnya ke Kuta Selatan dan ingin menimati panorama sunset di Bali, cobalah sambangi pantai Kelan yang lokasinya berada di sebelah selatan pacu landas Bandara Internasioanl I Gusti Ngurah Rai, tepatnya berada di Jalan Pantai Kelan, Banjar Kelan, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya di Pasar Ikan Kedonganan ya. Dijamin maknyuus.
Iklan