free counter with statistics Tempat Wisata Di Bali, Pantai Dreamland vs Pantai Pandawa
T11/17/2018

Tempat Wisata Di Bali, Pantai Dreamland vs Pantai Pandawa

Iklan
Iklan

Pantai pasir putih dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata populer ke Pulau Bali. Tidak hanya diburu wisatawan lokal, bahkan wisatawan asing banyak mencari pantai pasir putih untuk mengisi liburannya ke Bali. Pantai juga digandrungi oleh anak muda yang gemar dengan aktivitas foto selfie untuk diunggah di sosial media. Bali memiliki ratusan titik pantai yang berpasir putih yang layak untuk dikunjungi. Mungkin para traveler yang sering lalu lalang ke Bali tidak asing dengan namanya pantai Dreamland dan pantai pandawa. Kedua pantai ini sekarang menjadi pantai yang paling populer di Bali. Apa persamaan dan perbedaan dari Pantai Dreamland vs Pantai Pandawa?

Persamaan Pantai Dreamland vs Pantai Pandawa
Secara administratif Pantai Dreamland dan Pantai Pandawa berada di kecamatan Kuta selatan, Kaupaten Badung, Bali. Jika dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai jarak pantai dreamland sekitar 16,6 km, sedangkan jarak Pantai Pandawa sekitar 17 km.

Tempat Wisata Pantai Dreamland Bali
Pantai Dreamland


Baik pantai dreamland Bali maupun pantai pandawa Bali, kedua pantai ini sama-sama memiliki pasir putih yang membentang cukup panjang dan luas. Area pantai ini kerap kali digunakan untuk bermain pasir oleh anak-anak dan bermain bola voli untuk orang dewasa. Selain memiliki pesona pantai yang sangat indah dengan pasir putihnya, pantai dreamland dan pantai Pandawa merupakan spot surfing terbaik di Bali. Kedua pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan panjang, sehingga cocok untuk bermain selancar.


Bagi pecinta sunset di pantai, maka Pantai Pandawa dan Pantai Dreamland surganya sunset di Bali selain pantai Kuta. Untuk melihat sunset di pantai dreamland dapat dilakukan sambil duduk-duduk di hamparan padang rumput yang hijau yang agak miring mengarah pantai. Sedangkan untuk melihat panorama sunset di pantai pandawa bisa dilakukan di hamparan pasir putih atau di atas tebing karang yang sudah ditata dengan rapi dan indah.

Perbedaan Pantai Dreamland vs Pantai Pandawa
Jika dilihat dari kepopulerannya di dunia maya, khususnya para pengguna sosial media Instagram maka akan terlihat bahwa pantai pandawa lebih populer dibandingan dengan pantai dreamland. Di media sosial Instagram, pantai Pandawa mendapat urutan ke dua setelah pantai Kuta dalam hal jumlah kiriman yang mencapai 253k dengan #pandawabeach. Sedangkan Pantai Dreamland dengan jumlah kiriman mencapai 63,3k dengan #dreamlandbeach.


Kepolueran pantai tersebut juga mempengaruhi jumlah kunjungan yang ingin menikmati pesona pantainya. Dalam hal jumlah kunjungan, tiap harinya pantai dreamland relatif sepi dari kunjungan para wisatawan dan didominasi oleh wisatawan mancanegara. Sedangkan kunjungan di pantai pandawa di dominiasi wisatawan nusantara yang kebetulan berlibur ke Bali. Jadi bagi yang ingin mencari pantai yang relatif sepi dari kunjungan wisatawan bisa mencari pantai dreamland, sedangkan yang ingin mencari suasana pantai yang beda dari yang lainnya ya datanglah ke pantai pandawa.

Tempat Wisata Pantai Pandawa Bali
View di pantai Pandawa dengan pasir putihnya pada sore hari


Dari segi fasilitas, pantai pandawa lebih lengkap, karena di sini terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti pemandian air tawar untuk membersihkan dir dari pasir pantai, terdapat wantilan yang besar untuk istirahat atau berteduh, dan warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Fasilitas lainnya yang tersedia di pantai pandawa yakni terdapat jasa penyewaan alat untuk bermain kanoe.

Walaupun sama-sama dikelilingi oleh tebing-tebing karang, kedua pantai ini terlihat perbedaan yang sangat mencolok sekali. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi dan masih kelihatan alami. Sedangkan di pantai pandawa, tebing-tebing karang yang mengisolasi pantai ini sudah ditata dengan rapi sehingga tidak alami lagi, tetapi masih menawarkan panorama yang sangat unik dan menarik untuk disaksikan.

Karena pantai pandawa dikelola dengan sangat baik dan terdapat beberapa fasilitas pendukung, maka para pengunjung ke pantai ini dikenai biaya masuk dan biaya parkir. Untuk wisatawan domestik akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp8.000 per orang dan turis mancanegara dikenai biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang. Pengelola Pantai Pandawa juga akan memungut biaya parkir dengan rincian sepeda motor dikenai sebesar Rp2.000, mobil dikenai sebesar Rp5.000 dan bus dikenai sebesar Rp10.000. Sedangkan untuk kunjungan ke Pantai Dreamland hingga saat ini (bulan November 2018) tidak dikenai biaya masuk (alias gratis).

Terlepas dari perbedaan dan persamaan, kedua pantai ini layak untuk Anda kunjungi, karena kedua pantai ini akan memberikan pengalaman liburan Anda ke Bali akan berbeda dan tentunya akan berkesan.
Iklan