free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Keren Sekitar Kota Gianyar Bali
T11/17/2018

Inilah 20 Tempat Wisata Keren Sekitar Kota Gianyar Bali

Iklan
Iklan

Gianyar terkenal masyarakatnya sebagai pecinta seni. Beragam seni berkembang di daerah ini, mulai dari seni ukir, seni musik, seni patung, seni tari hingga seni lukis. Tidak hanya sebagai pusat seni di Bali, kabupaten yang memiliki ibukota dengan nama yang sama juga memiliki beberapa destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata  yang menarik di Kota Gianyar ialah Taman Kota Ciung Wanara yang tepat berada di jantung kota “Bumi Seni” ini.

Inilah 20 Tempat Wisata Keren Sekitar Kota Gianyar Bali
Taman Kota Ciung Wanara di Kota Gianyar


Selain memiliki taman yang indah dan kreatif serta artistik, tidak jauh dari taman kota ini terdapat banyak destinasi wisata keren yang mampu menarik para wisatawan. Berikut admin bagikan 20 tempat wisata keren sekitar kota Gianyar Bali.

1. Air terjun Kanto Lampo
Air terjun Kanto Lampo ini termasuk air terjun populer di Gianyar Bali. Uniknya, air terjun ini memiliki air terjunan yang yang jatuhnya tidak secara langsung menuju sungai karena memiliki kemiringan dan tingginya mencapai kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Berjarak sekitar 2,6 km dari pusat kota Gianyar. Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

2. Air Terjun Goa Rangreng
Air terjun lainnya yang dekat dengan Kota Gianyar adalah air terjun Goa Rang Reng yang berjarak sekitar 3,7 km yang berlokasi di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Air Terjun ini terlihat unik, sekilas mirip seperti Air Terjun Kanto Lampo, airnya mengalir pada sungai berbentuk tebing berundak, sehinga aliran airnya tidak terjun bebas ke bawah seperti air terjun pada umumnya.

3. Bali Fun World
Bali Fun World merupakan salah satu taman bermain anak di dalam ruangan yang ada di Pulau bali dan merupakan taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Taman bermain Bali Fun World, memiliki sarana bermain untuk anak balita, anak di atas 6 tahun, serta orang dewasa yang terpisah. Anak-anak anda akan diawasi oleh petugas, sehingga orang tua akan merasa lebih tenang dan ikut menikmati wahana bermain di arena khusus untuk orang dewasa. Berjarak sekitar 10,5 km yang berlokasi di Jalan Lettu I Wayan Sutha II, Banjar Paninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali

4. Pantai Lebih
Pantai Lebih terkenal dengan kuliner seafoodnya. Di sini berdiri warung-warung makan yang menjual aneka olahan ikan laut, seperti sate, bakso, dan sop yang berbahan dasar ikan laut. Pagi hari pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat keren dengan pesona matahari terbitnya. Pantai ini berjarak sekitar 6,6 km dari Kota Gianyar yang berlokasi di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar,Bali.

5. Relief Bebitra
Relief Bebitra merupakan cagar budaya nasional berupa tempat pertapaan yang berbentuk lorong buntu yang membentang dari arah utara ke selatan. Pertapaan ini terdiri dari dua dinding batu padas yang berada di sebelah barat dan sebelah timur. Adapun pada dinding sebelah barat terdapat pancoran, ceruk kecil, dan relief-relief. Sedangkan pada dinding sebelah timur terdapat sebuah ceruk tempat sesaji, goa-goa tempat bertapa, dan juga terdapat relief-relief. Lokasi cagar budaya ini berada di Banjar Roban, Desa Bitera yang berjarak sekitar 800 meter dari Kota Gianyar.

6. Stadion Kapten Dipta
Stadion yang berjarak sekitar 3,4 km  dari pusat Kota Gianyar ini merupakan markas sekaligus tempat latihan dari tim sepak bola Bali United. Setiap pagi dan sore banyak orang yang memanfaatkan di kawasan luar stadion ini untuk berolahraga lari-lari (jogging). Lokasi: Jalan By Pass Dharma Giri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

7. Waterboom Bukit Jati
Bagi yang suka dengan wisata tirta coba mampir ke Waterboom Bukit Jati yang berjarak sekitar 2,2 km dari Kota Gianyar. Waterboom yang dibangun di kawasan Bukit Jati memiliki beberapa wahana permainan air yang membuat liburan kamu menjadi lebih asik seperti River Pool, Body Slide, Tube Slide dan Little Oasis Playground untuk anak-anak dan juga pengunjung dewasa. Sangat pas untuk tempat rekreasi keluarga di akhir pekan dengan harga yang terjangkau. Lokasi: Jalan Raya Bukit Jati, Desa Samplangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan atau ada yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Blangsinga, merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di Bali. Selain karena memiliki view yang bagus, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun yang terdekat dengan kota Denpasar. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Berjarak sekitar 7,8 km yang berlokasi di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

9. Keramas Park
Di Keramas Park merupakan sarana edukasi sekaligus rekreasi yang berjarak sekitar 3,9 km dari pusat Kota Gianyar Bali. Di sini terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya, panjat tembok, ATV, dan rumah pohon. Uniknya, di dalam ruumah pohon tersebut terdapat trampolin, perosotan, dan flying fox khusus untuk anak-anak. Bahkan keramas park menyediakan tempat untuk berkemah karena memiliki area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan tempat api unggun. Lokasi: Jalan Maruti 8, Desa Keramas, Kecamatan Balahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

10. Goa Gajah
Bagi pecinta wsiata sejarah, coba mampir ke Goa Gajah. Tempat wisata ini merupakan goa buatan tempo dulu sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Tempatnya sangat instagramable banget lho. Berjarak sekitar 5,5 km  yang berlokasi di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

11. Taman Nusa
Ke timur dari Kota Gianyar sekitar 5,8 km akan menemukan sebuah tempat wisata yang keren bernama Taman Nusa. Tempat wisata ini merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan tentang kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia, sehingga sangat tepat dijadikan sarana rekreasi dan pendidikan untuk lebih memahami budaya Indonesia. Di Taman Nusa terdapat 60 rumah tradisional tiap etnis yang ada di Indonesia dan dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. Lokasi: Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

12. Ubud Monkey Forest
Salah satu destinasi andalan dari Kabupaten Gianyar ialah Ubud Monkey Forest yang berjarak sekitar 9,3 km. Tempat wisata Ubud Monkey Forest atau Mandala Wisata Wenara Wana merupakan sebuah kawasan hutan dengan luas areal mencapai 10 hektar yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Selain sebagai objek wisata, Ubud Monkey Forest merupakan kawasan yang digunakan sebagai pusat penelitian dan konservasi. Di sini wisatawan bisa melihat tingkah pola perilaku kera-kera yang berada di kawasan hutan yang alami dengan penuh suasana religius. Lokasi: Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

13. Bali Safari
Taman Safari dan Bahari Bali atau Bali Safari and Marine Park merupakan kebun binatang terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Bali dengan luas area sekitar 40 hektar dan memiliki sekitar 400 hewan dari 60 spesies. Taman Safari dan Bahari Bali lebih tepat disebut sebagai tempat konservasi binatang daripada sebagai kebun binatang, karena tak ada satu hewan pun di area itu berada dalam kandang. Semua hewan dilepaskan namun masih dalam pengawasan di habitatnya yang dibuat mirip dengan situasi kehidupan asli satwa tersebut. Di sini Anda bisa berpetualang seru untuk melihat kehidupan binatang di alam liar dari berbagai belahan dunia bersama keluarga atau orang yang Anda disayangi dengan memakai kendaraan yang sudah di desain khusus untuk kenyamanan pengunjung. Di sini juga para pengunjung diberi pengetahuan tentang kehidupan satwa langka. Lokasi: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8, Gianyar, Bali – Indonesia.

14. Relief Yeh Pulu
Selain Goa Gajah dan Relief Bebitra, tempat wisata yang bersejarah lainnya di Gianyar adalah Relief Yeh Pulu yang lokasinya dekat dengan Goa Gajah dan berjarak sekitar 5,4 km dari pusat Kota Gianyar Bali. Tempat wisata Yeh Pulu merupakan tempat wisata cagar budaya nasional berupa relief bersejarah. Di sini banyak sekali terdapat pahatan-pahatan di dinding batu cadas yang menceritakan kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali Kuno. Pada dinding tebing juga terdapat cerukan-cerukan menjorok ke dalam dinding. Tempat wisata ini terletak di lokasi persawahan yang luas sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan persawahaan yang  tertata rapi. Lokasi: Jalan Yeh Pulu, desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

15. Kawasan Mandala Wisata Pura Samuan Tiga
Pura Samuan Tiga dikenal memiliki nilai spiritual tinggi, dan terdapat peninggalan artefak sejarah pada masa lampau. Uniknya, di pura ini warga masih tetap mempertahankan tradisi membuat “pajegan” atau sesajen yang tingginya mencapai 2,5 meter. Lokasi: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

16. Taman Kupu-kupu
Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk yang mengajak akan-anak berlibur ke Gianyar. Taman Kupu-kupu Kemenuh merupakan adalah taman konservasi berbagai jenis kupu-kupu yang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Di sini kita akan disuguhkan dengan kecantikan dan keindahan dari warna-warni kupu-kupu yang terbang lalu lalang mencari dahan tumbuhan. Kita bisa dengan bebas memotret kupu-kupu yang ada di taman ini dengan kamera. Bagi yang sedang mengajak anak-anak berlibur ke air terjun tegenungan bisa mampir ke taman ini, tentu liburan anak-anak akan lebih berkesan dan menyenangkan. Lokasi taman ini sangat dekat dengan air terjun tegenungan, hanya berjarak sekitar 1,5 km atau dengan waktu tempuh 4 menit dengan kendaran bermotor. Sedangkan dari Kota Gianyar, Taman ini berjarak sekitar 6,6 km yang berlokasi di Jalan Raya Kemenuh, Desa Kemenuh, Kecamatan sukawati, Gianyar Bali.

17. Air Terjun Petanu
Air terjun petanu ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Di air terjun ini terdapat batu-batuan besar dan pohon yang cukup besar yang tumbuh subur berwarna hijau. Air terjun ini memiliki debit air sangat deras. Lokasi air terjun petanu berada di Banjar Sumampan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.

18. Desa Wisata Bedulu
Desa Wisata Bedulu memiliki panorama alam yang membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahannya. Kita akan disuguhkan dengan sawah yang hijau membentang pada sisi kanan kiri jalan saat kita memasuki kawasan desa wisata ini. Selain itu, desa ini memiliki suasana yang masih asri dan alami. Lokasi: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

19. Candi Tebing Tegallinggah
Candi Tebing Tegallinggah merupakan situs purbakala yang ditemukan oleh ahli purbakala berkebangsaan belanda yang bernama Krijsman. Candi ini terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan yang dipisahkan oleh Tukad Pakerisan. Selain melihat kemegahan bangunan dari masa lalu, daerah sekitar Candi Trebing Tegallinggah juga memiliki kenampakan alam yang cukup mempesona indah dengan hamparan sawah penduduk yang berundak-undak. Lokasi: Dusun Tegallinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali

20. Pasar Seni Sukawati
Bagi yang ingin membeli oleh-olehkhas Bali, cobalah mampir ke Pasar Seni Sukawati yang menjual aneka kerjinan seni seperti patung, lukisan, souvernir, perhiasan perak dan emas, topeng, dan lain sebagainya dengan ciri khas Balinya. Terdapat juga baju barong yang khas Bali tersebut. Harga barang di pasar ini tidak ada tarfinya lho, jadi berbelanja di sini harus pintar-pintar menawar harga. Siapa tahu mendapat harga yang sangat murah. Lokasi: Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali.


Nah itu beberapa tempat wisata keren sekitar Kota Gianyar Bali yang bisa dikunjungi jika kebetulan berlibur ke kabupaten yang memiliki motto “Dharma Raksata Raksita” ini. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali khususnya yang dekat dengan Kota Gianyar. Untuk info tempat wisata lebih lengkap di Gianyar Bali, silahkan baca postingan Admin yang berjudul “Inilah 100 Tempat Wisata Di Gianyar Bali”. Salam longtriper.
Iklan