free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Gianyar Bali
T1/25/2018

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Gianyar Bali

Iklan
Iklan
Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Dewata Bali. Kabupaten ini mendapat julukan “bumi seni” karena di kabupaten ini merupakan gudangnya seni. Tidak mengherankan jika di kabupaten ini terdapat tempat wisata seni yang sangat banyak di Bali. Kesenian di Kabupaten Gianyar sudah ada sejak zaman prasejarah, ini terbukti banyak sekali ditemukan benda-benda seni hasil peninggalan kebudayaan masyarakat Gianyar tempo dulu.
Inilah 100 Tempat Wisata Di Gianyar Bali
Tempat wisata air terjun di Gianyar Bali

Tidak hanya wisata seni dan sejarah, kabupaten gianyar juga memiliki segudang destinasi wisata alam yang sangat indah dan keindahannya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Berikut Admin rangkum 100 tempat wisata yang ada di kabupaten Gianyar Bali.

1. Musuem Antonio Blanco
Museum Antonio Blanco memiliki koleksi berbagai karya seni lukis dari Mario Antonio Blanco. Karya lukis beliau identik dengan keindahan tubuh seorang wanita Bali. Yang menjadi model dalam lukisan beliau bernama Ni Rondji seorang penari Bali yang mampu memikat hati sang maestro. Lokasi: Jalan Raya Penestanan, Desa Campuhan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

2. Museum Neka
Museum Neka didirikan oleh Pande Wayan Suteja Neka. Di dalam museum terdapat koleksi berbagai lukisan, keris dan patung. Koleksi museum dipajang dalam enam bangunan yang berarsitektur khas Bali. Lokasi: Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

3. Museum Seni Agung Rai
Museum Seni Agung Rai atau dalam bahasa asing dikenal dengan nama Agung Rai Museum Art (ARMA) merupakan musuem seni rupa yang memajang berbagai koleksi lukisan yang berasal dari pelukis-pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Tidak hanya sekedar memajang hasil seni lukis, museum ini juga merupakan pusat visualisasi dan seni pertunjukan, serta memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya berbagai seniman, pertunjukan teater, tarian, musik, dan kelas melukis, toko buku, ruangan baca, perpustakaan, bengkel budaya, program pelatihan dan seminar. Lokasi: Jalan Pengosekan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

4. Museum Puri Lukisan Ratna Warna
Museum Puri Lukisan Ratna Warna merupakan museum yang berisi koleksi lukisan, khusus memajang dan memamerkan karya seni lukis Bali traditional dan modern dari karya para maestro seni lukis di Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Nyana, Anak Agung Gde Sobrat, I Gusti Made Deblog, serta karya lukisan Rudolf Bonnet, Walter Spies dan lain sebagainya. Lokasi: Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

5. Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma
Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma memiliki koleksi berbagai macam topeng dan wayang yang banyaknya mencapai lebih dari 1300 topeng dan wayang sekitar 5700 buah. Di mana koleksi-koleksi tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Jepang, China, Thailand, Myanmar, India, Laos, Srilangka, Korea dan Italia. Lokasi: Jalan Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

6. Museum Rudana
Museum Rudana merupakan koleksi berbagai lukisan dan benda seni yang berasal dari para seniman Bali, luar Bali dan juga seniman luar negeri. Lokasi: Jalan Cok Rai Pudak no 44, Kelurahan Paliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

7. Museum Gedong Arca
Museum Gedong Arca merupakan museum arkeologi yang memiliki berbagai koleksi dari masa prasejarah dan sejarah. Di museum ini kita bisa melihat benda-benda peninggalan purbakala, sehingga sangat pas mereka yang memiliki ketertarikan terhadap wisata budaya dan antropologi, khususnya Bali di masa lampau. Lokasi: Jalan Raya Tampaksiring, Desa Bedulu, Kecamatan Belahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Museum Pendet
Di dalam museum Pendet kita bisa melihat berbagai koleksi hasil karya seni lukis dan patung hasil karya seniman Bali yang bernama Wayan Pendet dan putra sulungnya yang bernama Wayan Gunasta. Lokasi: Desa Nyuh Kuning, kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

9. Museum Ida Bagus Marka
Museum Ida Bagus Marka lahir dari gagasan dan upaya Ida Bagus Marka dan sang istri yakni Ida Ayu Candra dalam mengkoleksi karya seni pahat. Museum ini menyimpan berbagai ukiran kayu dari pelbagai komunitas pemahat terbaik di Bali. Lokasi: Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

10. Museum Seni Batuan
Museum Seni Batuan merupakan museum yang khusus memajang seni lukis tradisional gaya batuan. Lokasi: Jalan Prebangsa, Gang Sunaren No.9, Banjar Gede, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

11. Njana Tilem Museum
Museum yang dibangun oleh Ida Bagus Njana dan Ida Bagus Tilem ini memajang hasil karya seni patung karya beliau. Lokasi: Jalan Raya Mas No.162, Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

12. Museum Runa
Museum Runa merupakan sebuah museum perhiasan yang didirikan dan dikelola oleh Runa Palar bersama Adrian Palar. Semuanya berawal dari sebuah hobi merancang busana dan membuat perhiasan sendiri seperti perak dan emas. Lokasi: Banjar Abiansemal, desa Lodtunduh, kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

13. Museum of Marketing 3.0
Museum Marketing 3.0 diprakarsai oleh seorang guru pemasaran dunia yang bernama Philip Kotler dan diinisiatori oleh pakar pemasaran Indonesia yang bernama Hermawan Kartajaya. Museum ini memuat contoh pemasaran berbasis spirit kemanusiaan dari belasan perusahaan mendunia. Lokasi: Jalan Raya Ubud No.23, kecamatan Ubud

14. Museum Bung Karno
Tidak hanya di denpasar, di kabupaten Gianyar juga ada museum Bung Karno. Museum yang didirikan oleh lembaga The Soekarno Center dan diprakarsai oleh Sukmawati Soekarno Putri bersama Rektor Universitas Mahendradatta Arya Wedakarna memiliki sekitar 150 koleksi foto Bung Karno. Lokasi: Banjar Manca Warna, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali

15. Musuem Pisang
Museum Pisang berisi koleksi tanaman pisang dari berbagai jenis yang berada di Kebun Raya Gianyar. Lokasi: Kebun Raya Gianyar, Desa Pilan, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

16. Museum Subak Gianyar
Museum Subak berisi informasi tentang sistem pengairan di pulau Bali yang dikenal dengan istilah sistem subak. Di sini kita bisa mengenal berbagai kegiatan becocok tanam mulai dari pembibitan hingga memanennya. Lokasi: kawasan Pura Masceti, Desa Medahan, kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

17. Desa Wisata Petulu
Desa ini sangat unik, di mana ketika matahari akan terbenam akan ada ribuan burung bangau datang untuk bertengger di pohon-pohon yang berjajar di jalan. Jika dilihat dari kejauhan burung bangau yang puith ini terlihat seperti bunga pohon, sungguh pemandangan yang unik. Lokasi: Desa Petulu , Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

18. Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan atau ada yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Blangsinga, merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di Bali. Selain karena memiliki view yang bagus, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun yang terdekat dengan kota Denpasar. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Lokasi: Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

19. Air Terjun Kanto Lampo
Air terjun Kanto Lampo ini tergolong unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

20. Air Terjun Goa Rang Reng
Air Terjun ini terlihat unik, sekilas mirip seperti Air Terjun Kanto Lampo, airnya mengalir pada sungai berbentuk tebing berundak, sehinga aliran airnya tidak terjun bebas ke bawah seperti air terjun pada umumnya. Lokasi: Banjar Gitgit, Desa Babakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

21. Air Terjun Petanu
Di air terjun ini terdapat batu-batuan besar dan pohon yang cukup besar yang tumbuh subur berwarna hijau. Air terjun ini memiliki debit air sangat deras. Lokasi: Banjar Sumampan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

22. Air Terjun Manuaba
Air terjun manuaba memiliki keunikannya tersendiri, di mana airnya mengalir di antara tebing. Di bawahnya air terjun terlihat seperti kolam kecil. Aliran airnya juga jernih, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan aliran air terjun ini untuk mandi. Lokasi: Banjar Manuaba, Desa Kendran, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

23. Air Terjun Titi Gong Gang
Air terjun ini berada dekat dengan Waterboom Bukit Jati. Lokasi: Jalan Raya Bukit Jati, Samplangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

24. Air Terjun Apit Aungan Pejeng
Keunikan air terjun ini adalah terdapatnya aungan (goa) yang mengapit air terjun ini. Lokasi: Jalan Raya Pejeng Tampaksiring, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

25. Tegallalang Rice Terrace
Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace menawarkan pesona pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Lokasi: Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

26. Hidden Canyon Guwang
Tempat ini memang keren sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter. Lokasi: Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

27. Goa Gajah
Goa Gajah merupakan goa buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Lokasi: Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

28. Pura Tirta Empul
Di sini kita akan disajikan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus mengguanakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Lokasi: Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

29. Pasar Seni Guwang
Pasar Seni Guwang merupakan tempat membeli oleh-oleh khas bali dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif. Lokasi: Jalan Raya Guwang No 5, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

30. Pasar Seni Sukawati
Sama seperti pasar seni Guwang, Pasar Seni Sukawati juga tempat membeli oleh-oleh khas bali. Lokasi: Jalan Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali.

31. Taman Wisata Lembu Putih
Di Taman Wisata Lembu Putih kita bisa melihat hewan sapi yang seluruh badannya berwarna putih dan masyarakat setempat menyebutnya “Lembu Putih”. Lembu ini sangat disucikan, sehingga masyarakat tidak ada yang berani mengganggu ataupun memperlakukan seperti sapi biasanya dan mendapatkan perlakuan yang istimewa. Lokasi: Desa Taro Kaja, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali

32. Taman Kota Ciung Wanara
Taman Kota Ciung Wanara merupakan salah satu tempat wisata berupa taman yang kental dengan nuansa seni. Taman yang memiliki luas 2.600 meter persegi ini tepat berada ditengah-tengah kota Gianyar. Taman ini dihiasi beberapa patung yang menjadi ikon kabupaten Gianyar. Pada hari minggu, taman ini juga dijadikan sebagai Car Free Day (CFD) dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi: Jalan Ciung Wanara, Kota Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

33. Bali Zoo Park
Di Bali Zoo Park pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung. Sangat pas berliburan ke sini bersama anak-anak, karena kita akan disuguhkan dengan aktivitas yang berhubungan dengan binatang yang jinak. Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

34. Bali Fun World
Bali Fun World merupakan salah satu taman bermain anak di dalam ruangan yang ada di Pulau bali dan merupakan taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Taman bermain Bali Fun World, memiliki sarana bermain untuk anak balita, anak di atas 6 tahun, serta orang dewasa yang terpisah. Anak-anak anda akan diawasi oleh petugas, sehingga orang tua akan merasa lebih tenang dan ikut menikmati wahana bermain di arena khusus untuk orang dewasa. Lokasi: Jl. Lettu I Wayan Sutha II, Banjar Paninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali

35. Bali Bird Park
Di Bali Bird Park atau Taman burung Bali terdapat sekitar 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species. Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam burung, wisatawan juga bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini. Lokasi: Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Kecataman Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

36. Desa Wisata Batubulan
Di Desa Batubulan sepanjang jalan raya terdapat berbagai galeri dan toko kesenian (art shop) yang menjual karya seni maupun kerajinan, khususnya patung dan ukiran. Selain terkenal akan karya seni patung dan ukiran, desa batubulan juga terkenal akan atraksi tari barong (barong dance). Lokasi: Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

37. Relief Yeh Pulu
Tempat wisata Yeh Pulu merupakan tempat wisata cagar budaya nasional berupa relief bersejarah. Di sini banyak sekali terdapat pahatan-pahatan di dinding batu cadas yang menceritakan kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali Kuno. Pada dinding tebing juga terdapat cerukan-cerukan menjorok ke dalam dinding. Tempat wisata ini terletak di lokasi persawahan yang luas sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan persawahaan yang  tertata rapi. Lokasi: Jalan Yeh Pulu, desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

38. Taro Elephant Safari Park
Taro Elephant Safari Park merupakan atraksi wisata berupa menunggangi gajah megeliling alam pedesaan yang hijau dan asri. Cocok untuk wisata keluarga dan tentunya anak-anak anda akan senang menaiki hewan yang besar ini. Hijaunya alam desa Taro serta kesegaran udara menambah semarak perjalanan berpetualang menungganggi gajah di sini. Lokasi: Jl. Elephant Park, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

39. Candi Tebing Jukut Paku
Candi Tebing Jukut Paku berada di lereng tebing curam, sehingga untuk akses ke lokasi harus menuruni puluhan anak tangga. Di sini terdapat dua buah ceruk yang dipahat rapi. Lokasi: desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

40. Candi Tebing Gunung Kawi
Tempat wisata Candi Gunung Kawi merupakan objek wisata cagar budaya yaitu berupa candi yang menempel di sebuah tebing dipingir sungai petanu. Candi ini benar-benar unik karena berada di tebing yang dipahat. Lokasi: Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

41. Relief Bebitra
Relief Bebitra merupakan cagar budaya nasional berupa tempat pertapaan yang berbentuk lorong buntu yang membentang dari arah utara ke selatan. Pertapaan ini terdiri dari dua dinding batu padas yang berada di sebelah barat dan sebelah timur. Adapun pada dinding sebelah barat terdapat pancoran, ceruk kecil, dan relief-relief. Sedangkan pada dinding sebelah timur terdapat sebuah ceruk tempat sesaji, goa-goa tempat bertapa, dan juga terdapat relief-relief. Lokasi: Banjar Roban, Desa Bitera, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

42. Bali Safari and Marine Park
Taman Safari dan Bahari Bali atau Bali Safari and Marine Park merupakan kebun binatang terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Bali dengan luas area sekitar 40 hektar dan memiliki sekitar 400 hewan dari 60 spesies. Taman Safari dan Bahari Bali lebih tepat disebut sebagai tempat konservasi binatang daripada sebagai kebun binatang, karena tak ada satu hewan pun di area itu berada dalam kandang. Semua hewan dilepaskan namun masih dalam pengawasan di habitatnya yang dibuat mirip dengan situasi kehidupan asli satwa tersebut. Di sini Anda bisa berpetualang seru untuk melihat kehidupan binatang di alam liar dari berbagai belahan dunia bersama keluarga atau orang yang Anda disayangi dengan memakai kendaraan yang sudah di desain khusus untuk kenyamanan pengunjung. Di sini juga para pengunjung diberi pengetahuan tentang kehidupan satwa langka. Lokasi: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8, Gianyar, Bali – Indonesia.

43. Desa Wisata Celuk
Desa Wisata Celuk merupakan sentra kerajinan perak dan emas yang tersohor hingga ke luar negeri. Para wisatawan bisa melihat dari dekat para seniman mengerjakan kerajinan tradisional ini, berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi bermutu tinggi. Lokasi: Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

44. Bukit Campuhan
Bukit Campuhan atau lebih dikenal dengan nama bukit Cinta merupakan tempat wisata berupa alam perbukitan dengan area jogging dengan rumput ilalang di kanan kiri track ini. Di sini kita akan disajikan pemandangan alam yang akan membuat anda betah berada di tempat ini. Pemandangan alamnya yang asri dan terjaga kebersihannya membuat tempat ini menjadi incaran para traveler. Lokasi: di Jalan Bangkiang Sidem, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

45. Ubud Monkey Forest
Tempat wisata Ubud Monkey Forest atau Mandala Wisata Wenara Wana merupakan sebuah kawasan hutan dengan luas areal mencapai 10 hektar yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Selain sebagai objek wisata, Ubud Monkey Forest merupakan kawasan yang digunakan sebagai pusat penelitian dan konservasi. Di sini wisatawan bisa melihat tingkah pola perilaku kera-kera yang berada di kawasan hutan yang alami dengan penuh suasana religius. Lokasi: Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

46. Rafting Sungai Ayung
Ayung rafting atau ubud rafting merupakan salah satu tempat wisata arung jeram di bali. Di sini kita akan menyusuri aliran sungai ayung selama 2 jam. Selama perjalanan akan melihat sebuah relief ramayana yang panjangnya mencapai 600 meter. Selain itu, kita akan menemukan air terjun yang berada di pinggir sungai ayung. Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

47. Puri Saren Ubud
Puri Saren Ubud merupakan tempat tinggal dari raja Ubud yang sangat indah dengan tetap memertahankan rumah-rumah tradisional. Istana kerajaan ini memang sangat unik, karena memiliki benda-benda yang sarat dengan nilai-nilai estetika, bangunan tradisionalnya menawan dan artistik. Puri ini dilengkapi juga dengan wantilan sebagai tempat pertemuan. Hampir setiap malam di puri Ubud diadakan pentas kesenian tari, seperti tari Barong. Lokasi: Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

48. Banjar Nyuh Kuning
Banjar Nyuh Kuning merupakan desa wisata yang bernuansakan alam Bali sesungguhnya, rumah-rumah penduduk bisa dijadikan sebagai tempat menginap, berbaur bersama penduduk lokal serta bisa lebih menyelami budaya setempat dengan alamnya yang tenang, nyaman dan damai. Anda bisa menginap beberapa saat di desa ini dan coba rasakan suasanya. Lokasi: Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

49. Pasar Seni Ubud
Jika ingin membeli oleh-oleh khas Bali di Ubud, maka pasar seni ubud tempatnya. Barang yang dijual pasar seni tradisional Ubud tergolong lumayan berkualitas dengan harga yang relatif murah. Tapi untuk mendapatkan harga murah, anda sebagai pembeli harus pandai dalam menawar. Lokasi: Jalan Raya Ubud No.35, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

50. Pura Taman Saraswati Ubud
Pura Taman Saraswati merupakan tempat suci bagi umat Hindu yang khusus untuk memuja dewi ilmu pengetahuan, Dewi Sarasawati. Pura ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pura ini memiliki panggung pemantasan tari kecak yang di kelilingi oleh kolam teratai. Jadwal pementasan tari kecak pada hari selasa dan kamis, mulai pertunjukan jam 19:30. Lokasi: Jl. Kajeng, Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

51. Taman Nusa
Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan tentang kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia, sehingga sangat tepat dijadikan sarana rekreasi dan pendidikan untuk lebih memahami budaya Indonesia. Di Taman Nusa terdapat 60 rumah tradisional tiap etnis yang ada di Indonesia dan dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. Lokasi: Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

52. Pantai Lembeng
Pantai Lembeng dulunya dikenal dengan nama secret beach bagi pecinta peselancar karena pantai ini merupakan spot yang bagus untuk bermain surfing dan melihat matahari terbit di ufuk timur di pagi hari. Lokasi: Banjar Lembeng, Kelurahan Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

53. Pantai Gumicik
Pantai yang berpasir hitam ini cocok untuk kegiatan surfing karena ombaknya sangat mendukung untuk kegiatan surfing. Pantai ini masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di pantai ini yakni memancing, menikmati matahari terbit, bermain, dan duduk-duduk sambil menikmati deburan ombak serta menyaksikan atraksi para peselancar menari-nari di atas papannyaLokasi: Banjar Gumicik, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

54. Pantai Kubur
Pantai ini memiliki view yang sangat bagus. Selain itu, pantai ini cocok untuk kegiatan surfing karena ombaknya sangat mendukung untuk kegiatan surfing. Warga sekitar memanfaatkan kawasan pantai ini untuk mengambil batu-batu kecil yang bersih dan mulus untuk menghias pekarangan atau tempat lainnya. Batu-batu kecil yang diambil oleh warga di pingir pantai sering disebut sebagai “Batu Sikat”. Lokasi: Banjar Kubur, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

55. Pantai Manyar
Pantai ini memiliki pasir hitam dan spot yang sangat bagus untuk surfing dan menyaksikan matahari terbit di pagi hari. Tempat yang asik untuk nongkrong karena sudah tersedia gazebo dekat dengan pantai. Lokasi: Banjar Manyar, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

56. Pantai Pabean
Dari sini kita bisa melihat gugusan kepulauan nusa penida di seberang lautan. Selai itu, pantai ini surganya para peselancar karena memiliki ombak yang sangat mendukung. Lokasi: Banjar Pabean, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

57. Pantai Rangkan
Pantai ini merupakan pantai sunrise dan bagus untuk kegiatan surfing. Pada saat sore hari, pantai ini dijadikan tempat untuk sekedar duduk-duduk untuk melepaskan lelah, bermain bola, dan lari-lari untuk olahraga. Lokasi: Banjar Rangkan, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

58. Pantai Purnama
Pantai ini memiliki pasir hitam yang berkilauan pada siang hari. Pagi hari, pantai ini memiliki pesona yang sangat mengagumkan ketika sang surya akan terbit di ufuk timur. Lokasi: Banjar Lumpang Telabah, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

59. Pantai Saba
Pantai yang berpasir hitam ini memiliki area pantai yang luas sehingga kerap kali digunakan untuk kegiatan bermain sepak bola oleh warga sekitar. Lokasi: Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

60. Pantai Pering atau Pantai Segara Wilis
Pantai ini sering digunakan untuk aktivitas berkuda oleh wisatawan asing yang berlibur ke bali, khususnya ke gianyar. Pantai yang berpasir hitam ini juga sangat bagus sebagai tempat untuk melihat matahari terbit. Lokasi: Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

61. Pantai Keramas (Komune Beach)
Pantai keramas selain terkenal dengan ombaknya yang bagus untuk surfing, juga merupakan tempat berkuda yang ideal. Menyusuri pantai dengan menunggangi kuda sungguh pengalaman berlibur yang sangat mengesankan. Lokasi: Desa Keramas, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

62. Pantai Masceti
Nama Pantai Masceti ini diambil dari nama Pura yang berada dilokasi yaitu Pura Masceti. Di pantai ini juga terdapat museum subak. Sama seperti pantai lainnya di gianyar, pantai ini juga berpasir hitam dan merupakan pantai sunrise. Lokasi: desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

63. Pantai Cucukan
Pantai Cucukan relatif sepi dari kunjungan. Pantai ini masih alami dengan pohon kelapa yang hijau berdiri di pinggir pantai. Siang hari akan disuguhkan dengan pemandangan jukung-jukung nelayan yang berjejer dengan rapi di pinggir pantai yang berpasir hitam ini. Lokasi: Banjar Cucukan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

64. Pantai Lebih
Pantai Lebih terkenal dengan kuliner seafoodnya. Di sini berdiri warung-warung makan yang menjual aneka olahan ikan laut, seperti sate, bakso, dan sop yang berbahan dasar ikan laut. Pagi hari pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat keren dengan pesona matahari terbitnya. Lokasi: Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar,Bali.

65. Pantai Siyut
Pantai Siyut merupakan pantai pasir hitam yang berbatasan langsung dengan kabupaten Klungkung. Sama seperti pantai lainnya di Gianyar, pantai siyut juga menawarkan pesona matahari terbitnya di pagi hari. Lokasi: Banjar Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

66. Gembok Cinta Tegallalang
Di sini pengunjung bisa menyimpan kenangan dan menggembok cinta bersama pasangan dengan simbol sebuah gembok yang tinggalkan di sini. Tempatnya sangat bagus untuk berfoto- selfie dan dengan latar belakang pemandangan sawah hijau dan asri. Lokasi: Banjar Gagah, Desa Tegalalang, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

67. Kawasan Mandala Wisata Pura Samuan Tiga
Pura Samuan Tiga dikenal memiliki nilai spiritual tinggi, dan terdapat peninggalan artefak sejarah pada masa lampau. Uniknya, di pura ini warga masih tetap mempertahankan tradisi membuat “pajegan” atau sesajen yang tingginya mencapai 2,5 meter. Lokasi: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

68. Desa Wisata Bedulu
Desa Wisata Bedulu memiliki panorama alam yang membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahannya. Kita akan disuguhkan dengan sawah yang hijau membentang pada sisi kanan kiri jalan saat kita memasuki kawasan desa wisata ini. Selain itu, desa ini memiliki suasana yang masih asri dan alami. Lokasi: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

69. Desa Wisata Mas
Desa wisata Mas terkenal dengan kerajinan yang berbahan kayu, seperti ukiran dan patung. Tidak mengherankan jika di sepanjang jalan Desa Mas banyak ditemui artshop yang menjual berbagai jenis ukir-ukiran dan patung dari kayu. Lokasi: Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

70. Waterboom Bukit Jati
Waterboom yang dibangun di kawasan Bukit Jati memiliki beberapa wahana permainan air yang membuat liburan kamu menjadi lebih asik seperti River Pool, Body Slide, Tube Slide dan Little Oasis Playground untuk anak-anak dan juga pengunjung dewasa. Sangat pas untuk tempat rekreasi keluarga di akhir pekan dengan harga yang terjangkau. Lokasi: Jalan Raya Bukit Jati, Desa Samplangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Ginayar, Bali.

71. Candi Tebing Tegallinggah
Candi Tebing Tegallinggah merupakan situs purbakala yang ditemukan oleh ahli purbakala berkebangsaan belanda yang bernama Krijsman. Candi ini terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan yang dipisahkan oleh Tukad Pakerisan. Selain melihat kemegahan bangunan dari masa lalu, daerah sekitar Candi Trebing Tegallinggah juga memiliki kenampakan alam yang cukup mempesona indah dengan hamparan sawah penduduk yang berundak-undak. Lokasi: Dusun Tegallinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali

72. Goa Garba
Goa Garba merupakan sebuah goa yang berupa pahatan curuk di dinding tepi jurang sungai Pakerisan. Agar bisa sampai ke goa ini, pengunjung harus turun dan menuju gapuran dengan tangganya yang terbuat dari batu kali dan tersusun rapi. Selama menuruni tangga, pengunjung akan menjumpai bekas telapak kaki manusia yang oleh masayarakat setempat dipercaya sebagai telapak kaki Kebo Iwa. Lokasi: Dusun Sawegunung, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

73. Istana Tampaksiring
Istana Tampaksiring merupakan istana peninggalan Presiden Soekarno yang didesain oleh arsitek yang bernama R.M Soedarsono. Uniknya, istana ini dibangun di atas bukit sebelah barat pura Tirta Empul. Istana ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Lokasi: Jalan Astina Pura Utara, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

74. Pasar Senggol Gianyar
Di Pasar Senggol Gianyar menyediakan berbagai kuliner khas Bali seperti Ayam Betutu, Sayur urap Serombotan, pepes belut, pepes ikan, ayam bakar, yang dilengkapi dengan sambal terasi dan sambal matah bali. Bahkan Pasar Senggol Gianyar sebagai ikon kuliner Kota Gianyar. Selain itu, di sini juga bisa membeli jajanan pasar khas Bali seperti jajan laklak, jajan klepon dan lainnya. Lokasi: Jalan Ngurah Rai, Kota Gianyar, Bali

75. Desa Wisata Peliatan
Di Desa Wisata Peliatan para pelancong bisa membeli hasil kerajinan rakyat ataupun untuk menyaksikan pertunjukan pagelaran kesenian yang sering kali digelar di desa Peliatan. Tidah hanya itu saja, pemandangan alam di sini akan membuat kita terpukau akan keindahan ribuan hektar sawah berundak cantik yang menghijau nan subur. Lokasi: Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

76. Pura Puseh Batuan
Pura Puseh Batuan merupakan Pura Puseh (tempat memuja dewa wisnu) tertua di Bali. Di pura ini juga tersimpan sejumlah peninggalan purbakala yang berasal dari jaman prasejarah, seperti sejumlah arca, lingga dan juga peripih. Lokasi: Jalan Raya Batuan, Dusun Tengah, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

77. Pura Gunung Kawi Sebatu
Pura Gunung Kawi  memiliki suasana alam yang asri dengan tebing dan hutan yang memberikan kesan hijau kawasan ini. Di sini juga terdapat kolam dengan ukuran cukup besar yang dihuni ratusan ikan koi yang lalu lalang di dalam kolam. Lokasi: Banjar Sebatu, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

78. Pasar Senggol Batubulan
Pasar Senggol Batubulan berada di terminal Batubulan. Di sini tersedia bermacam kuliner, tidak hanya kuliner khas Bali, bahkan kuliner dari luar Bali juga tersedia di pasar yang buka mulai sore hari hingga tengah malam ini. Tidak hanya itu, di pasar senggol Batubulan juga menjual aneka jenis pakaian dan mainan anak-anak. Lokasi: Jalan Raya Batubulan No.63, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

79. Desa Wisata Lodtunduh
Di sepanjang jalan Desa Wisata Lodtunduh terdapat berbagai toko seni yang memajang berbagai macam barang seni seperti kerajinan lukisan dan patung. Selain itu, desa ini para pelancong akan disuguhkan dengan berbagai kekayaan seni dan budaya seperti pementasan tari cak dan calonarang, serta joged bumbung. Tidak mengherankan jika di desa ini terdapat beberapa sanggar-sanggar tari. Lokasi: Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

80. Pura Pegulingan
Di Pura Pegulingan banyak ditemukan benda-benda bersejarah seperti sisa-sisa bangunan berupa Stupa besar yang kakinya berbentuk segi delapan, arca Budha, mangkok berisi lempengan emas dan perak berbentuk bujur sangkar, Stupa kecil yang terbuat dari batu padas ditemukan dipusat candi. Pemandangan di sini sangat mengagumkan sekali dan Istana Tampaksiring juga terlihat dari kawasan tempat suci ini. Lokasi: Desa Pekraman Basangambu, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

81. Desa Wisata Pakudui
Desa wisata Pakudui terkenal sebagai sentra pembuat kerajinan Patung Garuda sehingga desa ini oleh wisatawan asing dikenal dengan nama “Garuda Village”. Kemampuan warga dalam membuat patung garuda didapatkan secara turun-temurun. Hampir 90% warga di desa ini bekerja sebagai pematung garuda. Lokasi: Desa Pakraman Pakudui, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

82. Pura Kebo Edan
Di Pura Kebo Edan terdapat arca kuno berukuran tinggi dan besar, yakni arca Siwa Bhairawa. Selain itu, di Pura Kebo Edan terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan arkeologis, serta menyimpan peninggalan sejarah perkembangan Kerajaan Hindu di Indonesia, khususnya di Bali. Lokasi: Jalan Raya Pejeng, Dusun Intaran, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

83. Pura Bukit Dharma Kutri
Pura Bukit Dharma Kutri berdiri di atas yang ditumbuhi beberapa jenis pohon kayu berdaun rimbun seperti pohon beringin, kepih, dan lain-lainnya, sehingga kawasan pura ini benar-benar asri. Di tempat suci umat Hindu ini terdapat peninggalan arca kuno, salah satunya Arca Durga Mahisasura Mardini. Lokasi: Banjar Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

84. Sekar Bumi Farm
Sekar Bumi Farm tidak hanya menyuguhkan pesona alam yang sejuk, tetapi juga tempat pendidikan untuk putra putri anda. Di sini terdapat hutan yang kaya tanaman langka dan obat. Selain itu, di kawasan ini terdapat ratusan jenis tanaman bunga, sehingga tempat ini tampak sangat indah. Di sini juga menyediakan aneka permainan yang menantang seperti flying fox, paintball, trekking, dan bersepeda. Lokasi: Jalan Sekar Bumi No. 99, Banjar Buhu, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

85. Munduk Asri Payangan
Tempat ini memang keren yang sangat cocok untuk tempat liburan keluarga. Di sini terdapat rumah-rumah kecil yang berbentuk jamur. Selain itu, di tempat wisata baru ini terdapat pohon-pohon yang sudah ditata unik dan tentunya sangat cantik. Lokasi: Banjar Kerta, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

86. Jembatan Kuning Payangan
Jembatan Kuning Payangan merupakan jembatan penghubung antara Banjar Pilan dengan Banjar Penyabangan. Jembatan ini menjadi objek wisata remaja. Sekitar jembatan sangat asri karena terdapat pohon-pohon yang tumbuh menghijau. Lokasi: Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

87. Kebun Raya Gianyar
Kebun Raya Gianyar memanfaatkan hutan rakyat di tanah negara yang dikelola oleh warga banjar Pilan. Hutan rakyat tersebut disakralkan oleh warga, sehingga alam sekitarnya masih perawan asri dan alami. Di kebun raya Gianyar ini tumbuh berbagai jenis tanaman untuk ritual umat Hindu dan tanaman obat, sehingga kebun raya ini menyatu dengan kehidupan budaya masyarakat Bali. Lokasi: Banjar Dinas Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

88. Desa Wisata Belega
Desa Wisata Belega terkenal sebagai sentra pengerajin berbahan bambu seperti kursi, meja, tempat tidur, lemari, tempat lampu, dan lain-lain yang berbahan bambu. Bahkan hasil kerajinan di desa ini sudah di ekspor hingga ke luar negeri. Lokasi: Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

89. Desa Wisata Bona
Desa Wisata Bona terkenal sebagai sentra pengerajin berbahan daun lontar, seperti kipas, topi, tas, sandal, keranjang, hiasan-hiasan pohon natal dan lain sebagainya. Selain itu, desa wisata Bona juga terkenal dengan pentas tariannya seperti tari kecak, Tari Sang Hyang Dedari,  dan Tari Sang Hyang Jaran. Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

90. Desa Wisata Bresela
Desa Wisata Bresela terkenal sebagai sentra pengerajin dulang di Bali. Dulang merupakan tempat sesaji yang akan dipersembahkan untuk para dewa. Selain itu, dulang juga bisa digunakan untuk sajian kuliner. Lokasi: Desa Bresela, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

91. Pura Penataran Sasih
Keunikan dari Pura Penataran Sasih yakni di dalam pura terdapat sebuah nekara ukuran besar yang terbuat dari perunggu yang dikenal sebagai “Bulan Pejeng”. Nekara ini diduga dipakai dalam acara ritual meminta hujan. Lokasi: Jalan Raya Pejeng, Banjar Intaran, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

92. Desa Wisata Kerta
Di Desa Wisata Kerta terdapat jalur trekking yang bernama “jalur Trekking Pucak Sari” yang berlokasi di Banjar Pilan Desa Kerta. Selain memiliki tempat wisata trekking, desa kerta dapat dijadikan sebagai wisata sejarah karena di sini ditemukan beberapa Sarkofagus. Lokasi: Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali.

93. Keramas Park
Di Keramas Park merupakan sarana edukasi sekaligus rekreasi. Di sini terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya, panjat tembok, ATV, dan rumah pohon. Uniknya, di dalam ruumah pohon tersebut terdapat trampolin, perosotan, dan flying fox khusus untuk anak-anak. Bahkan keramas park menyediakan tempat untuk berkemah karena memiliki area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan tempat api unggun. Lokasi: Jalan Maruti 8, Desa Keramas, Kecamatan Balahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

94. Pura Gaduh Kebo Iwa Blahbatuh
Pura ini merupakan peninggalan dari patih Kebo Iwa. Di dalam pura terdapat arca kepala Kebo Iwa. Lokasi: Jalan Kebo Iwa, Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

95. Stadion Dipta
Stadion ini merupakan markas sekaligus tempat latihan dari tim sepak bola Bali United. Setiap pagi dan sore banyak orang yang memanfaatkan di kawasan luar stadion ini untuk berolahraga lari-lari (jogging). Lokasi: Jalan By Pass Dharma Giri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

96. Rimba Reptil Singapadu
Rimba Reptil didirikan untuk para wisatawan yang senang dan menyukai dunia reptil. Di sini terdapat aneka hewan reftil dari seluruh dunia. Bagi mereka yang memiliki nyali dan tidak risih dengan binatang reptil, tempat ini sangat tepat untuk liburan anda. Lokasi: Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali,

97. Museum Ada Guna
Museum Ada Guna dibangun oleh pematung yang bernama Made Ada pada tanggal 31 Desember 2002. Tujuan dibangunnya museum ini yakni  untuk mengenang perjalanan seni patung garuda di Banjar Pakudui. Di dalam museum terdapat ratusan koleksi patung garuda dengan berbagai ukuran. Lokasi: Desa Pakraman Pakudui, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

98. Stage Barong Sidan
Stage Barong Sidan dibangun dengan lokasi yang sangat strategis dengan pemadangan persawahan yang indah. Stage ini dibangun untuk pementasan kesesnian yang ada di Gianyar ataupun tari Barong khas Sidan. Lokasi: Banjar Sidan Kelod, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

99. Pura Bukit Camplung
Pura Bukit Camplung berdiri megah di atas tebing, di mana tebing-tebing tersebut terdapat tulisan-tulisan kuno. Sedangkan pada bagian utara tebing, terdapat mata air kecil yang sangat dikeramatkan karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Lokasi: Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

100. Desa Wisata Suwat
Desa wisata Suwat terkenal akan festival airnya yang dikenal dengan nama “Siat Yeh” yang artinya perang air. Festival air ini rutin dilakukan tiap tahunnya yang tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan ke desa ini. Festival ini dibuka untuk umum, artinya peserta festival ini tidak hanya warga dari desa Suwat tetapi masyarakat dari luar desa juga bisa mengikuti festival ini yang diadakan tiap penyambutan tahun baru, bahkan wisatwan asing juga diperbolehkan terlibat dalam acara ini. Lokasi: Catus Pata (perempatan jalan) desa Adat Suwat, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Itulah 100 tempat wisata yang ada di kabupaten Gianyar yang dapat dijadikan refrensi wisata anda selama berlibur ke “pulau seribu pura” ini. Masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di kabupaten Gianyar. Semoga liburan anda ke bali menjadi berkesan dan menyenangkan. Salam longtriper.
Iklan