free counter with statistics Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Pulau Bali
T10/28/2018

Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Pulau Bali

Iklan
Iklan

Bali sebagai tujuan wisata internasional menawarkan sejumlah destinasi wisata yang sangat berbeda dari belahan bumi manapun. Bentang alam yang indah menjadikan bali menjadi incaran para traveler. Pantai pasir putih yang eksotis dan indah yang terhampar di bagian selatan Pulau Bali dan gunung-gunung menjulang tinggi nan indah di tengah pulau Bali membuat pulau ini layak mendapat julukan sebagai “pulau surga”. 
Inilah 10 Puncak Tertinggi Di Pulau Bali
Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali

Wisatawan yang berkunjung ke Bali lebih dominan mengincar pantai pasir putihnya dibandingkan menikmati pesona gunungnya. Padahal di Bali ada banyak gunung yang menawarkan keindahan spektakuler terutama ketika fajar mulai menyingsing di ufuk timur. Hanya saja untuk menikmati semua itu para wisatawan harus rela ngos-ngosan mengapai puncaknya. Berikut 10 gunung tertinggi di Pulau Bali yang mungkin bisa dijajal ketinggiannya.

1. Gunung Agung
Gunung Agung merupakan gunung berapi aktif yang tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 3.142 meter dari permukaan laut. Gunung Agung salah satu gunung populer di Bali bagi para pendaki gunung. Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem ini sangat terkenal dengan pendakian matahari terbit (sunrise trekking) tetapi karena kesulitannya, gunung Agung kurang terkenal bagi turis dibandingkan dengan gunung Batur. Ada tiga jalur pendakian untuk sampai ke puncak Gunung Agung yakni melalui Desa Junggul, melalui Desa Pucang yang merupakan jalur sisi barat laut gunung, melalui jalur Pura Pasar Agung merupakan jalur terpendek untuk mencapai puncak gunung (jalur ini sangat populer bagi wisatawan asing), dan melalui jalur Kedampal yang dekat Amed.


2. Gunung Batukaru
Gunung Batukaru atau Watukaru adalah gunung tertinggi kedua di Bali dengan ketinggian 2.276 meter dari permukaan laut. Gunung Batukaru memiliki sebuah tempat suci di lereng selatannya yang bernama Pura Luhur Batukaru sebagai tempat pemujaan dewa pemelihara tumbuh-tumbuhan. Gunung yang berada di Kabupaten Tabanan ini kurang populer bagi kalangan pendaki untuk pendakian karena kawasan gunung ini tertutup hutan lebat yang membatasi pandangan. Batukaru memiliki kawah besar, yang terbesar di Bali, tapi kawah ini terbuka di ujung selatan, membebaskan sungai Yeh Mawa untuk mengalir. Unikanya, di puncak gunung ini terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Pucak Kedaton yang merupakan pura tertinggi di Pulau Bali. Ada tiga jalur utama pendakian ke gunung batukaru yakni melalui Desa Jatiluwih sambil menikmati pesona sawah terasering di kawasan objek wisata Jatiluwih, melalui Pura Batukaru, dan bisa juga melalui sisi barat laut Desa Pujungan.


3. Gunung Abang
Gunung Abang memiliki ketinggian 2.152 meter dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau seribu pura ini. Gunung yang terletak di tempat wisata kintamani ini kini menjadi jalur trekking pendakian yang sangat populer dikalangan wisatawan, karena tidak sulit untuk mencapai puncaknya. Di puncak gunung kita akan dihadapkan dengan pemandangan yang sangat indah dari gunung Batur dan danau Batur yang berbentuk bulan sabit. Pagi hari pesona sekitar gunung sangat memukau mata, kita akan disajikan pemandangan gunung Agung dan Gunung Batur yang indah diselimuti kabut putih. Gunung Abang merupakan salah satu tempat untuk melihat sunrise di kintamani, juga memiliki tempat untuk berkemah di puncak gunung ini. Ada dua jalur pendakian ke Gunung Abang yakni melalui jalur Desa Suter merupakan jalur yang paling populer digunakan oleh para pendaki dan melalui jalur Desa Songan yang merupakan trek horisontal terpanjang di Bali 7,8 km (jalur ini kurang populer bagi para pendaki karena akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk mencapai puncak gunung ini).


4. Gunung Catur
Di kabupaten badung terdapat Gunung Catur yang sangat populer bagi kalangan wisatawan. Gunung Catur terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 2.098 meter dari permukaan laut yang merupakan titik tertinggi sepanjang tepi kaldera Bedugul dan merupakan gunung tertinggi keempat di pulau Dewata. Gunung ini juga dikenal dengan nama Puncak Mangu karena di gunung ini berdiri tempat suci umat hindu yang bernama Pura Pucak Mangu. Gunung Catur cukup populer di kalangan pendaki karena menyajikan keindahan yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Ada dua jalur pendakian ke Gunung Catur yakni melalui kawasan objek wisata Bedugul yang harus melalui jalan tanah dengan hutan yang sangat lebat (kurang populer bagi para pendaki) dan melalui Desa Petang yang jalurnya berupa jalan yang sudah di semen hingga ke kawasan Pura Pucak Mangu (jalur yang paling populer karena cukup 45 menit para pendaki sudah bisa mencapai puncak gunung ini)

5. Gunung Sanghyang
Gunung Sanghyang juga disebut Sengjang atau Sengayang merupakan sebuah gunung yang tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul. Tinggi totalnya adalah 2.074 meter dari permukaan laut. Gunung yang cantik ini memiliki dua puncak yang berdiri diantara Gunung Batukaru dan Pucak Adeng. Gunung ini tidak populer bagi para pendaki karena belum ada akses menuju puncaknya. Satu-satunya akses menuju puncaknya hanyalah jalur setapak sisa jaman kerajaan yang menghubungkan Tamblingan dan Jatiluwih.

6. Gunung Pohen
Gunung Pohen merupakan sebuah gunung yang tidak aktif di wilayah Bedugul yang memiliki ketinggian 2.063 meter dari permukaan laut. Jalur pendakian ke gunung ini bisa melalui jalur Geothermal yang merupakan satu-satunya jalur ada di sebelah selatan pertigaan.

7. Gunung Tapak
Gunung Tapak memiliki ketinggian 1909 meter. Jalur pendakian ke gunung Tapak bisa melalui Desa Pancasari dari sisi Danau Buyan dan jalur kedua dari kebun raya Bedugul tetapi harus minta izin terlebih dahulu karena akan memasuki kawasan cagar alam. Gunung ini biasa disebut Pucak Keramat, karena berdiri Makam Wali Islam Bali dan Pura Pesimpangan Pucak Terate Bang. Berada di daerah Bedugul, di belakang area Kebun Raya Eka Karya yang biasa dijadikan tempat tujuan wisata bagi mereka yang mengunjungi Pulau Bali. Lereng bagian selatan dari gunung ini berdiri Kebun Raya Eka Karya yang terkenal itu. Semua terawat dengan baik, bunga aneka warna, rumput yang menghijau dan pinus yang ditanam dalam jarak yang seragam.

8. Gunung Lesung
Gunung Lesung juga disebut Lesong adalah sebuah gunung yang tidak aktif dan terletak tepat di sebelah selatan Danau Tamblingan. Gunung ini berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali ini memiliki ketinggian 1.865 meter dari permukaan laut. Jalur Pendakian menuju puncak gunung ini bisa melalui Desa Tamblingan yang mengikuti alur Sungai Mue hingga ke hulu dan dari perkampungan kecil di sebelah Bukit Pucuk.

9. Gunung Adeng
Gunung Adeng merupakan gunung yang tidak aktif di daerah vulkanik Bedugul. Adeng memiliki ketinggian 1.826 meter dari permukaan laut. Gunung ini berada bersebelahan dengan Desa Jatiluwi dan Desa Angseri yang terdapat pemandian air panas. Hampir sepanjang tahun terjadi turun hujan di daerah ini sehingga menyebabkan hutan tumbuh degan subur dan lebat hingga ke puncak gunung yang tidak menyisakan sedikitpun celah untuk melihat pemandangan. Jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Adeng bisa melalui Pura Pucak Adeng yang berada di lereng selatan gunung ini, dilanjutkan naik menuju Pura Pucak Anyar dan ikuti setapak di sebelah kanan punden.

10. Gunung Batur
Gunung Batur merupakan salah satu gunung yang masih aktif di pulau Bali yang terletak di Desa Songan, Kecamatan Kintamani. Gunung yang memiliki ketinggian 1717 meter dari permukaan laut ini masuk kawasan Batur Geopark yang sudah diresmikan oleh UNESCO pada tanggal 20 September 2012. Gunung Batur adalah tempat wisata terpopuler untuk mendaki di kalangan wisatawan yang datang ke Pulau Bali khususnya ke Kintamani. Di atas puncak Gunung Batur kita akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbit dan juga pada puncaknya bebas dari tutupan hutan, sehingga menawarkan pemandangan yang indah, spektakuler dan tentunya sangat mudah diakses. Gunung Batur merupakan salah satu tempat melihat sunrise terbaik di Kintamani lho. Uniknya, setidaknya terdapat 5 warung berdiri di puncak-puncaknya untuk menyuguhkan kopi panas menjelang matahari terbit, tetapi jangan ditanya berapa harganya untuk secangkir kopi. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Batur setidaknya ada 6 jalur yang berada di desa-desa di kaki Gunung Batur. Jalur yang paling populer yakni melalui jalur Pura Jati dan Toya Bungkah. Apalagi sekarang sudah ada jalan beraspal hingga ke Pura Pasar Agung Gunung Batur membuat jalur pendakian lebih pendek lagi.


Gunung-gunung di Bali sangat disucikan oleh masyarakat Bali, jadi sebagai pendaki yang baik seharusnya ikut menjaga kesucian gunung tersebut dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan. Selain menghormati dan menjaga kesucian gunung, tidak membuang sampah secara sembarangan juga akan menjaga kelestarian dan keindahan gunung tersebut. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari puncak tertinggi di Pulau Bali. Salam longtriper.
Iklan