free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Nusa Penida Bali
T10/26/2018

Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Nusa Penida Bali

Iklan
Iklan
Pulau Nusa Penida berada 11 km di tenggara Pulau Bali yang memiliki luas wilayah sekitar 191,5 km2. Untuk bisa menikmati keindahan pulau ini para wisatawan harus menyeberangi laut Selat Badung terlebih dahulu. Banyak jalur penyeberangan menuju pulau ini, seperti melalui pelabuhan Padang Bai, pantai kusamba, pantai matahari terbit, dermaga serangan maupun dari pelabuhan Benoa.


Tahukah Anda bahwa pulau Nusa Penida ini sekarang lagi ngehits di sosial media Instagram karena pulau kecil imi banyak memiliki objek wisata yang keren lho. Banyak tagar tentang Nusa Penida di Instagram seperti #nusapenidaisland yang memiliki 98,4 ribu kiriman, #nusapenidatrip dengan 59,1 ribu kiriman, #travelnusapenida dengan 23 ribu kiriman, #nusapenidatour dengan 69,2 ribu kiriman, #nusapenidabali dengan 26,1 ribu kiriman, dan tagar-tagar lainnya tentang nusa penida. Dengan banyaknya kiriman tentang pulau ini membuat tempat wisata di Pulau Nusa Penida diburu para traveler, baik traveler dalam negeri maupaun dari luar negeri.
Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Nusa Penida Bali
Image credit by @putulia21_

Pulau Nusa Penida memiliki banyak pantai pasir putih yang indah nan eksotis yang menjadi incaran para traveler. Karena akses satu-satunya ke Nusa Penida harus melewati laut, tentunya wisatawan asing yang berkunjung ke pantai di Nusa Penida tidak seramai di Pantai Kuta yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai. Tidak hanya memiliki pantai yang sedap dipandang mata, Pulau Nusa Penida juga memiliki objek wisata air terjun lho.

1. Air Terjun Seganing
Nama lain dari Air Terjun Seganing yakni Air Terjun Sebuluh karena berada di Banjar Sebuluh. Air terjun yang pertaman ini berlokasi di Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Air terjun ini sangat unik karena untuk menikmati pesonanya para pengunjung harus menuruni perbukitan karang yang curam sehingga akses jalan menuju Air Terjun Seganing ini sangatlah ekstrim. Para traveler harus menuruni jurang yang sangat terjal, menapaki jalan dan tangga darurat pada pinggir tebing sepanjang 300 meter. Bagi yang takut akan ketinggian jangan coba-coba menuruni jalan ini. Pelancong harus menuruni jurang harus ekstra hati-hati. Jika turun hujan, lokasinya akan semakin berbahaya, tetapi pelancong hanya bisa mengunjungi air terjun seganing pada saat cuaca cerah atau musim kemarau. Perjalanan yang ekstrim dan menegangkan akan terbayar begitu sampai di Air Terjun Seganing ini. Air terjun ini airnya bersumber dari mata air alami dengan Penida debit air cukup besar dan jernih.

2. Air Terjun Guyangan
Air terjun yang kedua bernama Air Terjun Guyangan karena lokasinya berada di Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali. Tidak seperti air terjun biasanya yang airnya jatuh ke sungai, berbeda dengan air terjun Guyangan ini, di mana airnya langsung terjun ke laut lepas. Tempat ini sangat bagus untuk spot berfoto-foto baik untuk sesi preweding maupun koleksi pribadi karena di atas air terjun terdapat sebuah gapura. Hampir sama seperti Air Terjun Seganing, untuk menuju air terjun Guyangan para pelancong juga harus mengeluarkan tenaga ekstra lho, di mana para pemburu air terjun akan dihadapkan dengan anak tangga yang banyaknya sekitar 870 buah yang menuruni tebing karang. Begitu sampai di air terjun perjalanan anda yang menegangkan akan terbayar dengan pesona air terjun ini dan juga pesona laut lepas dari atas tebing karang.

Tidak hanya memiliki air terjun dan pantai lho, pulau Nusa Penida juga memiliki wisata alam perbukitan yang hijau dan asri, penangkaran burung Jalak Bali, rumah pohon dengan pemandangan yang indah, mata air yang jernih untuk mandi, spot menyelam yang spektakuler, dan tempat suci umat Hindu yang sangat unik dan populer. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata air terjun di Pulau Nusa Penida. 

Silahkan baca:

Salam Longtriper.
Iklan