free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Selain Pantai di Pulau Nusa Penida
T10/18/2018

Inilah Tempat Wisata Selain Pantai di Pulau Nusa Penida

Iklan
Iklan

Bali terkenal dengan pesona pantai pasir putihnya yang eksotis nan memukau mata. Hampir sebagian besar pantai pasir putih yang populer di bali berada di Bali Selatan, seperti pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan Pantai Dreamland. Hampir setiap hari pantai-pantai tersebut diserbu oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun nusantara.

Bagi yang ingin mencari destinasi wisata pantai pasir putih yang relatif sepi dari kunjungan turis asing, coba mampir ke pantai-pantai yang ada di Pulau Nusa Pendia. Sepinya pantai-pantai tersebut dari kunjungan wisatawan bukan karena pantainya tidak cantik melainkan karena akses untuk menuju Pulau nusa Penida dari bandara Ngurah rai lumayan jauh. Untuk menuju pulau nusa penida,wisatawan harus menyeberangi laut selat bali yang jaraknya sekitar 11 km di sebelah tenggara Pulau Bali.
 
Inilah Tempat Wisata Selain Pantai di Pulau Nusa Penida
Pesona bentang alam di Nusa Penida Bali
Sumber: Wikipedia
Baca juga ya:

Pulau Nusa Penida tidak hanya memiliki destinasi wisata pantai yang sangat cantik dan alami, tetapi juga memiliki destinasi wisata non pantai yang sangat populer dan menawan hati. Berikut tempat wisata selain pantai yang bisa dikunjungi oleh para traveler yang haus akan sensasi tempat wisata baru di bali.

1. Bukit Teletubbies Nusa Penida
Bukit Teletubbies tidak hanya ada di Kubutambahan, Bali Utara lho, di Pulau Nusa Penida juga ada. Pesona yang ditawarkan kedua-keduanya tidak kalah cantiknya. Bukit Teletubbies Nusa Penida terdiri banyak bukit yang membulat dengan rumput yang tumbuh subur dan menghijau pada musim penghujan. Jika pada musim kemarau rumput di sini agak gersang, tetapi pesona yang ditawarkan tetap mampu membuat mata terpukau akan keindahannya. Lokasi: di perbatasan Dusun Julingan (Desa Tangglad) dan Dusun Sedehing (Desa Sekartaji), kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

2. Pura Gua Giri Putri
Gua Giri Putri merupakan salah satu gua yang disucikan di pulau Nusa Penida karena di dalam goa terdapat tempat suci umat Hindu, sehingga pada hari raya galungan dan kuningan banyak umat hindu yang melakukan persembahnyangan ke pura Goa Giri Putri ini. yang menarik dari goa ini adalah pintu masuk ke dalam goa yang sangat kecil namun ketika tubuh sudah masuk ke bagian dalam gua maka akan terlihat besar dan sangat luas. Panjang Gua Giri Putri sekitar 262 meter. Lokasi: Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

3. Bali Bird Sanctuary
Jika anda ingin melihat penangkaran jalak bali bisa datang ke Taman Nasional Bali Barat. Tidak hanya di bali barat, burung khas bali yang endemik ini bisa di temui di Bali Bird Sanctuary di Pulau Nusa Penida. Burung yang sangat indah dan langka ini dikembangkan secara massal di pulau kecil ini. Luas area penangkaran ini sekitar 20 are dengan suasana pedesaan yang sejuk karena terdapat banyak pohon rindang. Lokasi: Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

4. Pura Paluang
Pura Paluang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat suci yang ada di Pulau Nusa Penida. Tempat suci ini memang unik karena terdapat sebuah bangunan pelinggih yang menyerupai mobil. Satu mobil VW Beatle, satunya bisa dikatakan mirip dengan mobil Jimmy. Mobil VW Beatle memiliki nomor kendaraan KD 013 berada di atas sebuah panggung segi empat, lengkap dengan ukiran pada bagian sisinya. Sedangkan mobil Jimmy memiliki plat nomor kendaraan DK 28703 GL berada tidak jauh dari dari mobil VW. Untuk mengunjungi tempat suci ini pengunjung harus menggunakan kain dan “ikat pinggang” (kamben dan selendang). Lokasi: Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

5. Mata Air Tembeling
Mata air Tembeling termasuk salah satu lokasi menarik di Nusa Penida karena untuk menuju mata air ini kita akan menelusuri jalan setapak yang terdapat ngarai-ngarai indah yang berada di seberang jurang selebar kira-kira 20 meter. Mata air ini berupa telaga air tawar yang jernih, tentunya pengunjung bisa mandi di mata air ini. Sekitar kawasan mata air ini suasana alamnya masih alami dan asri dengan banyaknya pepohonan yang menghijau. Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

6. Mata Air Guyangan
Perjalanan dari pintu masuk hingga sampai ke mata air guyangan memerlukan tenaga yang ekstra karena akan melewati tangga-tangga besi yang cukup banyak. Bagi yang phobia akan ketinggian jangan coba-coba untuk mengunjungi mata air ini karena tangga tersebut berada di tepi tebing yang sangat tinggi. Sepanjang perjalanan mengijakan kaki di anak tangga satu persatu akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang seksotis dari ketinggian. Kelelahan pelancong akan terbayar setelah tiba di lokasi mata air Guyangan. Pemandangan benar-benar indah, dikelilingi oleh tebing-tebing bukit tinggi, dan pemandangan alam laut dengan deburan ombak yang seolah-olah menyapa pengujung. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

7. Air Terjun Seganing
Air terjun seganing atau air terjun sebuluh cukup unik untuk dikunjungi. Air terjun ini berada di dasar bukit curam sehingga akses jalan menuju air terjun seganing sangatlah ekstrim. Kita harus menuruni jurang yang sangat terjal, menapaki jalan dan tangga darurat pada pinggir tebing sepanjang 300 meter. Pelancong harus menuruni jurang harus ekstra hati-hati. Jika turun hujan, lokasinya akan semakin berbahaya, tetapi pelancong hanya bisa mengunjungi air terjun seganing pada saat cuaca cerah atau musim kemarau. Perjalanan yang ekstrim dan menegangkan akan terbayar begitu sampai di air terjun seganing ini. Air terjun ini airnya bersumber dari mata air alami dengan debit air cukup besar dan jernih. Lokasi: Dusun Sebuluh, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

8. Air Terjun Guyangan
Air Terjun Peguyangan di Nusa Penida merupakan air terjun yang airnya langsung terjun ke laut lepas. Sangat bagus untuk spot berfoto-foto baik untuk sesi preweding maupun koleksi pribadi karena di atas air terjun terdapat sebuah gapura. Untuk menuju air terjun ini harus mengeluarkan tenaga ekstra, di mana kita akan dihadapkan dengan anak tangga yang banyaknya sekitar 870 buah yang menuruni tebing karang. Lokasi: Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali

9. Pura Dalem Penataran Ped
Pura Dalem Penataran Ped memiliki suasana yang tenang dan damai seperti suasana pura di Bali pada umumnya. Selain itu, Pura Dalem Penataran Ped memiliki pemandangan yang indah dengan hutan dan pepohonan kelapa di sekitarnya. Tempat suci ini sangat populer sebagai obyek wisata spiritual di Nusa Penida. Lokasi: Jalan Ped, Banjar Buyuk, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

10. Rumah Pohon Batu Molenteng
Dari atas rumah pohon Batu Molenteng para traveler bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dan menpesonanya pantai Atuh. Ombak yang menerjang pinggir karang pulau sekitarnya menjadi pelengkap pemandangan di rumah pohon ini. Hamparan samudra yang biru dan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi terlihat sangat indah. Selain untuk melihat pemandangan yang mengagumkan, tempat ini sering digunakan untuk tujuan berfoto selfie dan mengabadikan foto untuk di share di sosial media pengunjung yang datang. Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

11. Bukit Nunggul
Bukit Nunggul merupakan sebuah tebing dengan banyaknya petak-petak sawah yang unik. Di sini pelancong akan disuguhkan dengan keindahan hutan yang lebat dan hijau, petak sawah yang tersusun dengan rapi dan rumput ilalang yang memenuhi kawasan tersebut, sehingga sangat bagus untu tempat piknik ataupun rekreasi. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

12. Pohon Cinta Nusa Penida
Pohon Cinta ini dengan mudah dapat ditemui ketika melakukan perjalanan menuju pantai Kelingking, karena tempatnya berada di pakiran sebelum menuju pantai Kelingking. Pohon ini banyak dicari pengunjung yang datang ke Nusa Penida untuk dipanjat dan mengabadikan foto karena menghasilkan foto yang unik dan berbeda dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Lokasi: Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

13. Atuh Clift (Bukit Atuh)
Jika mengunjungi pantai atuh maka perjalanan akan dihadapkan dengan jalan yang menuruni perbukitan. Nah bukit ini bernama bukit atuh atau Atuh Clift. Pesona di bukit ini sangat bagus untuk dinikmati. Lokasi: Banjar Pelilit, desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

14. Tanjung Pandan
Tanjung Pandan berada di dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Pemandangan di tanjung ini sangat mempesona, dengan tebing kapur yang curam dan dibentuk oleh hantaman  gelombang besar ke pantai sepanjang tahun. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

15. Pura Puncak Mundi
Puncak Mundi atau bukit Mundi merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida, dengan ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut. Di puncak ini terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Puncak Mundi. Lokasi: Banjar Rata, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

16. Saren Clif Point
Untuk mencapai Saren clift point perlu perjuangan yang ekstra karena jalan yang masih tanah dan berbatu. Namun, semua akan terbayar ketika  tiba, pemandangannya masih alami. Lokasi: Dusun Saren, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

17. Bukit Abangan
Sepanjang jalan setapak menuju Abangan Hills tersebut, kita akan disambut banyak ilalang yang tumbuh subur di kawasan perbukitan ini. Terdapat sebuah tebing cantik yang berwarna hijau segar. Dari sini kita bisa melihat keindahan Nusa Penida secara utuh. Spot yang sangat bagus untuk melihat pesona matahari terbit dari Pulau Nusa Penida. Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

18. Bukit Padang Daung
Bukit Padang Daung merupakan wisata alam ini menawarkan pemandangan Samudra Indonesia. Sekitar lokasi dikelilingi oleh rumput ilalang yang tinggi orang local menyebutkan ambengan. Wisata alam Bukit Padang Daung sangat mempesona. Lokasi: Dusun Watas, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.


Wow ternyata banyak juga tempat wisata selain pantai di Pulau Nusa Penida Bali, padahal pulau ini tidak begitu luas tetapi mampu menawarkan tempat menarik yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, tidak akan habis dikunjungi dalam satu hari. Jadi untuk mengeksplor semua keindahan di Pulau Nusa Penida, siapkan bugdet anda untuk menyewa penginapan. Tetapi bisa juga untuk menghemat dengan cara camping di salah satu tempat populer tersebut. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata selain pantai di Pulau Nusa Penida. Salam longtriper.
Iklan