free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pelabuhan Gilimanuk
T3/22/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pelabuhan Gilimanuk


Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali? Pulau yang terkenal dengan tujuan wisata paling populer di dunia karena keunikan budaya dan keseniannya. Tidak hanya menyuguhkan keunikan seni dan budaya yang spektakuler, Pulau yang berjuluk “Pulau Seribu Pura” ini juga memiliki tempat wisata yang sangat digandrungi para wisatawan, di mana hampir semua penjuru Pulau Bali ini menawarkan tempat wisata yang memiliki keunikan masing-masing. Hanya saja tempat wisata di Bali  yang populer lebih banyak berada di Bali Selatan karena lokasinya dekat dengan Bandara Ngurah Rai sebagai titik awal untuk menginjakan kaki di pulau Bali melalui jalur udara.
Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pelabuhan Gilimanuk
Salah satu tempat wisata di sekitar pelabuhan Gilimanuk Bali

Tempat wisata di Bali tidak hanya berada di Bali Selatan doang lho, di Bali Barat juga ada tempat wisata yang tidak kalah menarik dan uniknya dengan tempat wisata di bali lainnya. Hanya saja kunjungan wisatawan mancanegara di tempat wisata bali barat tidak seramai di Bali Selatan karena Bali Selatan sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan kepariwisataan.

Salah satu tempat wisata di Bali Barat adalah tempat wisata yang berada di sekitar pelabuhan Gilimanuk. Sebagai titik awal atau pintu gerbang untuk mengijakan kaki di Pulau Bali melalui jalur laut, Pelabuhan Gilimamuk tentunya sangat ramai dikunjungi oleh warga yang akan menuju atau keluar Bali. Bagi yang kebetulan ke Bali atau akan keluar Bali melalui jalur Gilimanuk dan ingin mencari tempat wisata yang menarik di sekitar pelabuhan, berikut admin bagikan 10 tempat wisata sekitar Pelabuhan Gilimanuk yang mungkin bisa dikunjungi.

1. Taman Siwa
Tempat wisata yang paling dekat dengan pelabuhan Gilimanuk adalah Taman Siwa. Uniknya, taman siwa ini terdapat sebuah patung yang menjadi ikon pariwisata desa Gilimanuk dan Jembrana pada umumnya. Patung tersebut bernama patung Dewa Siwa Mahadewa dengan tingginya mencapai 22 meter. Selain terdapat patung yang menjulang tinggi, taman yang instagramable ini juga dilengkapi dengan gazebo untuk nongkrong sambil menikmati sejuknya hawa udara di taman ini karena banyak terdapat pohon perindang. Bagi yang ingin berolahraga, di taman ini juga dilengkapi area jogging track yang mengelilingi patung tersebut. Jika berlibur ke Bali Barat, tempat ini wajib untuk dikunjungi.

2. Teluk Gilimanuk
Tidak jauh dari Taman Siwa terdapat tempat wisata teluk Gilimanuk dengan panorama yang sangat keren. Keberadaan objek wisata teluk Gilimanuk sangat mudah sekali untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini pengunjung akan ditawarkan aktivitas naik perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang spektakuler. Dari bibir pantai kita bisa melihat indahnya pulau-pulau yang ditumbuhi oleh tanaman bakau yang menghijau. Kapal-kapal nelayan yang bersandar di teluk ini menambah indahnya kawasan ini. Bagi yang suka hunting foto untuk dipajang di sosial media, khususnya Instagram, tempat wisata teluk gilimanuk wajib untuk dikunjungi jika berlibur ke Bali Barat.

3. Pantai Karang Sewu
Bagi yang mencari tempat wisata pantai di Bali Barat, admin rekomendasikan untuk mengunjungi Pantai Karang Sewu. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Apalagi pantai ini lokasinya dekat dengan pelabuhan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh.  karena pantai ini. Pantai Karang Sewu memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas tentunya pantai ini akan menawarkan kedamian setiap pengunjungnya. Ciri khas atau keunikan dari Pantai Karang Sewu adalah terdpat sebuah pohon yang menghijau berdiri di pinggir pantai. Oleh para pengunjung pohon ini disebut dengan “Pohon Jomblo”, lucu ya julukannya. Bagi yang penasaran akan keindahan pantai ini, coba sambangi pantai ini yang berlokasi di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

4. Taman Nasional Bali Barat
Nah tempat wisata Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bali Barat bahkan di Pulau Bali. Di kawasan Taman Nasional Bali Barat terdapat hewan endemik asli bali yang dilindungi oleh pemerintah yang bernama Burung Jalak Bali. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan yang sangat luas dan rindang. Hutan ini juga bisa terlihat dari pinggir jalan raya, bahkan bisa digunakan sebagai istirahat lho. Hanya saja untuk beristirahat diharapkan untuk berhati-hati karena kawasan hutan ini dihuni oleh banyak kera.

5. Vihara Empu Astapaka
Gilimanuk tidak hanya memiliki Patung Siwa Mahadewa lho, di desa Gilimanuk ini juga terdapat sebuah patung Buddha berwarna putih setinggi 12 meter yang berdiri di atas sebuah candi berukiran khas Bali. Patung Budha ini berada di sebuah wiahara yang bernama Vihara Empu Astapaka. Jika akan ke Pelabuhan Gilimanuk pasti akan menemukan patung megah ini di sebelah kiri jalan raya. Tidak jauh dari dari lokasi patung Budha ini, juga terdapat sebuah patung yang menjadi ikon dari pariwisata kabupaten Jembrana yakni Patung Makepung. Tidak hanya diperbatasan Jembaran – Tabanan kita bisa melihat patung Makepung, tetapi juga dapat dilihat di Desa Gilimanuk.

6. Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat
Bagi yang suka dengan kegiatan berkemah, coba nikmati suasana berkemah di Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat. Berbeda dengan tempat kemah pada umumnya di Bali, sesuai dengan namanya di sini terdapat hutan yang luas dan berdampingan dengan laut dekat pelabuhan laut gilimanuk dan perlindungan Jalak Putih Bali yang langka. Tempatnya nyaman untuk perkemahan, baik untuk kegiatan kemah sekolah maupun keluarga, sehingga Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat merupakan salah satu tempat kemah yang asik di Bali. Lokasi tempat ini juga sangat strategis yanki dipinggir jalan raya Jalur Utama Jalan Raya Gilimanuk Denpasar, Banjar Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

7. Musuem Manusia Purba Gilimanuk
Bagi yang suka mengunjungi museum, mungkin bisa menyambangi museum yang ada di Gilimanuk yang satu ini yakni Museum Manusia Purba Gilimanuk. Museum yang lokasinya sangat dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk ini merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan, seperti rangka manusia, binatang, dan peralatan-peralatan yang digunakan beberapa abad lalu. Sangat cocok dikunjungi untuk mengenal kehidupan manusia purba di jaman tempo dulu yang tidak mengenal peradaban yang modern seperti era sekarang ini, sehingga dapat dikatakan bahwa tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Bali.

8. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa–Bali
Selain Musuem Manusia Purba Gilimanuk, tempat wisata edukasi yang ada di Bali Barat yakni Monumen Operasi Lintas Laut Jawa–Bali. Perlu diketahui bahwa monumen ini dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang Republik Indonesia yang telah dengan gigih berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dari penjajah pada April 1946. Monumen ini lokasinya sangat strategis yakni berada pinggir Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Monumen ini memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan. Dengan nuansa merah putih monume ini sangat mudah sekali terlihat dari pinggir jalan raya.

9. Secret Bay Diving Gilimanuk
Tempat wisata berikutnya yang dekat dengan Pelabuhan Giliamuk yakni Secret Bay Diving Gilimanuk. Perlu diketahui bahwa banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Gilimanuk, tidak hanya terkenal dengan pesona teluknya yang sangat indah nan memukau mata, juga memiliki spot menyelam yang sangat keren dengan pesona bawah lautnya juga sangat indah karena di perairan Teluk Gilimanuk trumbu karangnya masih bagus dan masih alami. Bagi yang suka menikamti pesona bawah laut maka teluk gilimanuk merupakan pilihan yang tepat untuk diselami.

10. Pantai Selat Bali
Selain Pantai Karang Sewu dengan pohon jomblonya yang rimbun, tidak jauh dari pelabuhan Gilimanuk juga terdapat Pantai Selat Bali yang siap menyambut kunjungan para traveler. Pantai Selat Bali menawarkan pesona pantai yang sangat indah. Lokasi ini sangat cocok untuk mencari ketenangan karena tempatnya tidak begitu ramai dari kunjungan wisatawan.

Nah itu beberapa tempat wisata sekitar Pelabuhan Gilimanuk yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke Bali Barat, khususnya ke Desa Gilimanuk. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata Anda ketika berlibur ke bali khususnya bagi yang mencari tempat wisata di Bali Barat. Silahkan baca juga info tempat wisata di Bali lainnya di blog ini. Salam longtriper.