free counter with statistics Tempat Wisata Teluk Gilimanuk Jembrana Bali Barat
T3/22/2019

Tempat Wisata Teluk Gilimanuk Jembrana Bali Barat

Iklan
Iklan

Kawasan Bali Barat khususnya Kabupaten Jembrana kini terus mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya yang tujuannya untuk menarik kunjungan para turis, baik itu turis nusantara maupun turis mancanegara. Tidak mengherankan jika beberapa tahun belakangan ini kabupaten yang berjuluk “bumi makepung” ini terus memunculkan objek wisata baru yang unik dan menarik tentunya akan menjadi magnet para wisatawan untuk berlibur ke Bali Barat seperti Green Cliff Yeh Embang Kangin, Puncak JR, Puncak Mawar, Kebun Raya Jagatnata, Pantai Candikusuma, dan Teluk Gilimanuk.
Tempat Wisata Teluk Gilimanuk Jembrana Bali Barat
Tempat wisata Teluk Gilimanuk Bali Barat

Bagi yang ingin mencari tempat wisata yang asik untuk rekreasi keluarga cobalah bertandang ke Kelurahan Gilimanuk. Kelurahan yang berada diujung barat Pulau Dewata ini memiliki destinasi wisata baru yang sangat pas untuk mengisi liburan bersama keluarga yang bernama Teluk Gilimanuk. Selain tempatnya yang sangat keren, tempat wisata ini dekat dengan pelabuhan Gilimanuk yang merupakan jalur penyeberangan menuju Pulau Jawa.

Memang kawasan wisata Bali Barat khususnya Teluk Gilimanuk jauh dari kawasan Bali Selatan yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Jarak tempuh teluk Gilimanuk dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar 140 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari Kota Denpasar untuk menuju Teluk Gilimanuk akan menempuh jarak 128 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 13 menit perjalanan versi Google Map. Jika dari Kota Negara (Ibu kota kabupaten Jembrana) memerlukan jarak tempuh sekitar 34,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 43 menit perjalanan.

Jika datang dari kawasan Bali Selatan (Kota Denpasar atau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai) agar perjalanan tidak membosankan saat menuju ke tempat wisata Teluk Gilimanuk karena jarak tempuh yang jauh dan memerlukan waktu yang lumayan lama, akan lebih baik untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang searah dengan perjalanan. Sepanjang jalur Denpasar-Gilimanuk terdapat beberapa tempat wisata yang populer di Bali yang siap menyambut kunjungan para wisatawan. Apa sih yang menarik di tempat wisata Teluk Gilimanuk?

Baca juga: Inilah Tempat Wisata Sepanjang Jalur Gilimanuk-Denpasar

Sebagai kawasan teluk tentu para pengunjung yang bertandang ke Teluk Gilimanuk akan disuguhkan dengan panorama laut yang sangat indah. Dengan hamparan pantai yang bersih dan tenangnya ombak, sungguh pemandangan alam yang tampak begitu menyejukkan mata. Selain itu, para turis akan disajikan dengan panorama hutan mangrove yang menghijau dan asri di kejauhan. Bagi yang suka dengan kegiatan menyelam atau snorkeling, teluk Gilimanuk merupakan salah satu spot menyelam yang sangat keren di Bali.

Selain kegiatan snorkeling dan diving, para pengunjung juga bisa menelusuri Teluk Gilimanuk dengan kano atau sampan untuk menyusuri Pulau Kalong, Pulau Gadung, dan Pulau Burung. Memang kawasan teluk ini sangat cocok untuk kegiatan sampan atau bermain kano karena ombak di kawasan ini tidak terlalu besar. Bahkan di kawasan ini kerap kali digunakan sebagai tempat untuk mengadakan lomba perahu atau sampan.

Apalagi tidak jauh dari kawasan teluk Gilimanuk terdapat sebuah taman yang bernama Taman Siwa. Taman ini sudah dilengkapi dengan gazebo-gazebo yang dapat menarik wisatawan asing ataupun wisatawan mancanegara yang hendak mencari tempat beristirahat sebelum atau sesudah dari Pelabuhan Gilimanuk. Menariknya, Teluk Gilimanuk ini lokasinya berdekatan dengan tujuan wisata lainnya di Bali yaitu seperti Karang Sewu, Museum Manusia Purba, dan Taman Nasional Bali Barat. Tidak jauh dari Teluk Gilimanuk terdapat warung makan yang menyediakan menu khas Bali seperti ayam betutu dan ikan bakar dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Teluk Gilimanuk? Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel yang ada kameranya ketika akan berkunjung ke tempat wisata ini karena tempatnya sangat Instagramable banget. Bagi pecinta berburu foto yang akan dipajang di sosial media, tempat ini wajib untuk dikunjungi. Semoga tempat wisata Teluk Gilimanuk ini dapat dijadikan refrensi bagi yang mencari tempat wisata di Bali, khususnya tempat wisata di Bali Barat. Salam longtriper.
Iklan