free counter with statistics Inilah Spot Menyelam Terbaik di Nusa Penida Bali
T10/16/2018

Inilah Spot Menyelam Terbaik di Nusa Penida Bali

Iklan
Iklan

Nusa Penida merupakan nama sebuah kecamatan sekaligus nama sebuah pulau yang posisinya berada di tenggara Pulau Bali dan masuk kedalam wilayah administratif kabupaten Klungkung. Pulau Nusa Penida memiliki luas wilayah sekitar 191,5 km2. Untuk bisa menikmati pesona Pulau Nusa Penida sangat mudah sekali. Satu-satunya akses menuju kedua pulau itu hanya bisa melalui jalur laut dengan menggunakan kapal Roro dari Pelabuhan Padang Bai, jukung atau sampan (kapal tradisional) dari pelabuhan Kusamba, fast boat dari pelabuhan Pantai Matahari Terbit, dan cruise dari pelabuhan Benoa.


Tahukah anda kalau di Nusa Penida terdapat spot menyelam yang sangat populer di Bali, bahkan keindahan pesona bawah lautnya tidak kalah keren dengan spot-spot menyelam di Bali lainya seperti yang ada di Pulau Menjangan, Pemukuran, Tulamben, dan Candidasa. Berikut nama-nama spot menyelam di Nusa Penida yang perlu kamu ketahui.
Inilah Spot Menyelam Terbaik di Nusa Penida Bali
Gambar Ilustrasi Menyelam
Sumber: pixabay.com

1. Manta Point
Manta point merupakan spot untuk menyaksikan keindahan bawah laut. Lokasi ini berada di dekat ujung barat Pulau Nusa Penida. Keunikan spot menyelam di titik ini dibandingkan dengan spot menyelam lainnya dibali yakni adanya ikan pari Manta sepanjang tahun. Jadi jika anda ingin melihat ikan pari “menari-nari” di tengah laut, di manta point lokasinya. Kita hanya bisa melihat ikan pari di tv atau di foto doang, menyelam di manta point nusa penida kita akan melihat ikan pari secara langsung, tentu itu merupakan sensasi yang luar biasa dan akan anda ingat sepanjang hidup. Hewan laut yang satu ini sangat ramah, sering bermain-main dengan penyelam. Terkadang pada musim kemarau kita bisa melihat ikan mola-mola juga lho. Akan tetapi kesulitan yang dapat dihadapi di lokasi selam ini yakni kawasan ini memiliki gelombang kuat. Lokasi: Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

2. Crystal Bay
Dulunya sebelum bernama Crystal Bay kawasan ini bernama pantai Penida karena berada di banjar penida. Pantai ini benar-benar keren dengan panorama yang indah dan mengesankan. Tempat ini merupakan tempat paling favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara jika mengadakan liburan ke pulau nusa penida. Crystal Bay memiliki pantai yang menghadap ke barat, tentu ini sangat bagus sekali untuk melihat sang surya terbenam (sunset). Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di crystal Bay yakni menyelam, snorkeling, berenang, berjemur, dan bermain bola pantai. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

3. Temple Point
Temple Point merupakan spot menyelam di Nusa Penida yang benar-benar keren dan unik. Di dalam laut para penyelam akan ditawarkan pesona bawah laut yang indah dengan banyaknya patung budha dan stupa atau candi budha sebagai tempat bermain ikan-ikan kecil yang lucu. Patung budha beserta stupa-stupanya yang berjajar di bawah laut menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Lokasi: perairan antara Pulau Nusa Penida dengan Pulau Nusa Ceningan.

4. Gamat Bay
Gamat Bay merupakan tempat untuk menyelam dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Akan tetapi agar menikmati indahnya bawah laut, harus sudah berpengalaman dalam menyelam karena titik menyelaman ini paling menantang di Nusa Penida. Di dasar Gamat Bay hampir seluruhnya berpasir, kelompok koral, dan gundukan karang berbentuk indah. Gamat Bay dapat menjadi tempat yang dapat diandalkan untuk kesempatan melihat Mola-mola pada musimnya. Lokasi: Desa Adat Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

5. Pantai Toyapakeh
Pantai Toya Pakeh selain berfungsi sebagai pelabuhan transit tempat dermaga sejumlah fast boat dan perahu sampan saja, tetapi air lautnya jernih serta keindahan bawah lautnya berupa terumbu karang dan ikan penghuni kawasan ini beraneka ragam, sehingga perairan Toya Pakeh ini memang ideal untuk wisata bahari seperti diving dan juga snorkeling. Pantainya dengan pasir putih keemasan ideal juga untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam laut. Lokasi: Kampung Toya Pakeh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

6. Malibu Point
Malibu Point Nusa Penida merupakan spot menyelam yang tak kalah menariknya dengan Manta Point. Sangat cocok bagi penyelam yang menginginkan pengalaman berbeda dan berkesan. Malibu Point merupakan spot menyelam yang lengkap dengan terumbu putih, terumbu karang abu-abu dan terumbuk perak. Disana Anda bisa melihat berbagai varian ikan yang indah. Karena lokasinya yang menarik dan arusnya mendukung pergerakan ikan-ikan untuk berenang disekitarnya. Menyelam di Malibu sangatlah menyenangkan, terlebih di sepanjang lereng curam dan karang meja yang besar. Tentu akan menjadi pengalaman diving tak terlupakan dan jangan lupa abadikan moment tersebut. Lokasi: Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

7. Pantai Sampalan
Keindahan dari pantai Sampalan ini bagi wisatawan adalah pantai ini memiliki suasana yang tenang dan nyaman, dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Sehari-hari pantai ini difungsikan sebagai pelabuhan, yang dikenal dengan Pelabuhan Sampalan. Selain itu, pesona bawah lautnya sangat mempesona dengan beberapa lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda. Lokasi: Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

9. Sekolah Dasar (SD) Point
SD Point merupakan salah satu spot menyelam yang populer di Nusa Penida. Tempat ini memiliki arus yang kuat dan tepat untuk penyelam yang menyukai petualangan berbeda. Di SD Point terdapat ikan besar seperti Giant Trevally, Hiu dan jika musimnya akan melihat ikan Mola-Mola. Lokasi: dekat pelabuhan Buyuk, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

10. Pantai Banjar Nyuh
Pantai Banjar Nyuh memiliki hamparan pasir putih yang tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Pantai ini juga merupakan sebuah pelabuhan yang ramai digunakan oleh warga sebagai tempat penyeberangan. Di sini pengunjung bisa melihat kapal-kapal nelayan atau kapal-kapal yang datang dari Pulau Bali. Keindahan sunset pun dapat dinikmati di Pelabuhan Banjar Nyuh. Selain panorama pantai, di pantai banjar Nyuh merupakan spot menyelam yang sangat keren di Pulau Nusa Penida. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

11. Pantai Buyuk
Jika menggunakan fast boat dari dermaga pantai matahari terbit, selain mendarat ke pelabuhan banjar Nyuh, juga bisa mendarat di pelabuhan Buyuk. Tidak hanya sebagai jalur penyeberangan, di sini juga terdapat pantai yang eksotis yang siap memanjakan pengunjung ketika menginjakan kaki di pulau nusa penida. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat lokasi menyelam dengan panorama bawah laut yang sangat indah. Lokasi: Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali

12. Pandan Bay
Pandan Bay merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Nusa Penida yang lokasinya bersebelahan dengan Crytal Bay, bahkan keindahannya pun hampir sama. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan menyusuri bukit sepanjang 1 km, tentu ini sangat pas sekali bagi yang suka dengan wisata trekking. Begitu sampai di pantai pandan, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam pantai yang begitu indah. Terkadang para wisatawan mengadakan kemah di tempat ini. Bagi yang suka menyelam, Pandan Bay merupakan spot menyelam yang sangat bagus di Pulau Nusa Penida. Lokasi: Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali


Wow ternyata banyak juga spot menyelam di nusa penida. Jadi para diver yang ingin merasakan sensasi baru sambil mengisi liburan, tidak salahnya untuk mencoba menyelam di perairan Nusa Penida. Selain tempatnya yang mudah dijangkau, masyarakat setempat juga sangat wellcome dengan para wisatawan, baik wisatawan asin maupun wisatawan mancanegara. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari spot menyelam terbaik di Bali, khususnya di kawasan Pulau Nusa Penida Bali. Salam longtriper.
Iklan