free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Populer Di Denpasar Timur
T1/16/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Populer Di Denpasar Timur

Iklan
Iklan

Denpasar Timur atau yang disingkat dengan nama Dentim ini merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Madya Denpasar, Bali. Sesuai dengan namanya, kecamatan yang berada di timur Kota Denpasar ini memiliki luas wilayah sekitar 21,96 km². Jika dilihat dari luasnya, kecamatan Denpasar Timur merupakan kecamatan terkecil dari empat kecamatan yang ada di Denpasar. Secara adminitraftif, Kecamatan Dentim terbagi menjadi 7 Desa dan 4 Kelurahan yakni Desa Dangin Puri Klod, Desa Penatih Dangin Puri, Desa Sumerta Kaja, Desa Sumerta Kauh, Desa Kesiman Kertalangu, Desa Sumerta Klod, Desa Kesiman Petilan, Kelurahan Dangin Puri, Kelurahan Kesiman, Kelurahan Penatih, dan Kelurahan Sumerta.

Inilah 10 Tempat Wisata Populer Di Denpasar Timur
Tempat wisata di Denpasar Timur


Denpasar sebagai salah satu tujuan wisata di Bali memiliki banyak tempat wisata populer yang mampu menarik ribuan kunjungan wisatawan tiap harinya dan beberapa tempat wisata populer tersebut berada di kawasan Denpasar Timur. Bagi yang ingin mencari tempat wisata terkenal yang ada di Denpasar Timur berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wsiata berikut ini.

1. Pantai Padang Galak
Pantai Padang Galak berada di Jalan Pantai Padang Galak, Desa Kesiman ini hanya berjarak sekitar 3,4 km dari Pantai Matahari Terbit yang terkenal dengan panorama sunrise-nya. Walaupun lokasinya dekat dengan Pantai Sanur yang berpasir putih, pantai Padang Galak justru memiliki pasir yang berwarna hitam. Untuk menghindari dampak abrasi yang kian meluas, maka pemerintah setempat membeton pantai tersebut dipingirnya. Beton-benton penahan abarsi sepanjang pantai Padang Galak diberi paving sehingga bisa dijadikan sebagai tempat jogging track yang asik dengan panorama laut yang mempesona. Sangat cocok bagi yang ingin berolahraga sambil menikmati keindahan pemandangan laut dengan deburan ombaknya yang saling berkejar-kejaran. Sekitar bulan Juli-September tiap tahunnya, pantai ini digunakan untuk mengadakan festival layang-layang lho. Pada bulan tersebut pengunjung akan disuguhkan dengan layang-layang bertebaran di langit padang galak berbagai ukuran. Selain itu, bagi pecinta surfing, pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat surfing karena ombaknya cukup “galak” dan menantang. Hampir tiap hari kita melihat wisatawan melakukan aktivitas surfing di pantai ini. Selain surfing, pantai ini sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit tiap pagi dan sekedar duduk-duduk pada sore hari.

2. Big Garden Corner
Tempat wisata Big Garden Corner merupakan salah satu tempat wisata populer di Denpasar yang berjarak sekitar 2,6 km dari tempat wisata Pantai Sanur, tepatnya berada di sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak–Waribang, Jalan By Pass Ngurah Rai. Tempatnya yang sangat mudah dijangkau membuat tempat wisata ini populer dan sedang ngehits. Tempat ini memang benar-benar unik dan menarik, di mana pengunjung akan disajikan dengan ratusan patung klasik dengan berbagai ukuran. Dapat dikatakan tempat wisata ini merupakan sebuah galeri seni patung tetapi dengan nuansa yang berbeda dengan galeri patung yang lainnya. Tidak hanya menawarkan keindahan seni patung lho, tempat wisata ini juga menawarkan miniatur candi Borobudur yang hampir mirip seperti minatur candi Borobudur yang berada di Taman Nusa Bali. Banyak hal akan ditawarkan di sini mulai dari rumah pohon, spot foto dengan latar batu besar yang tinggi berdiri tegak, tempat nongkrong yang penuh warna warni, dan lain sebagainya. Pokoknya tidak akan menyesal mengunjungi lokasi yang sedang viral di sosial media ini. Bagi yang suka upload foto di instagram, tempat ini memang pas sebagai tempat foto-foto selfi kamu. Banyak sekali terdapat spot berfoto dengan hasil yang keren pastinya.

3. Desa Wisata Kertalangu
Desa budaya yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai no 88 Denpasar ini merupakan salah satu dari 6 desa wisata di Denpasar yang sudah dikembangkan dengan sangat baik. Di Desa Wisata Kertalangu memiliki panggung khusus untuk pementasan seni dan budaya Bali. Tarian yang dipentaskan seperti tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung yang berasal dari warga setempat yang sudah terlatih. Untuk bisa menikmati suguhan seni dan budaya Bali pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dan jadwal kegiatannya pun disesuai dengan pemesanan dan tergantung jumlah pengunjung dengan durasi setiap tarian sekitar 45 menit. Pengunjung tidak hanya melihat pertunjukan wisata seni dan budaya Bali lho, tetapi dapat juga melakukan kegiatan menarik lainnya seperti memeras Keringat di Area Jogging Track yang panjangnya mencapai 4 km berada di tenga-tengah persawahan, berswafoto di Monumen Gong Perdamaian, bermain ATV dan flying fox, memancing karena terdapat spot memancing, bertualang naik kuda, menikmati kuliner khas Bali, ikut cooking class dan melihat dan membeli kerajinan khas Bali seperti gelas, keramik, lilin, patung, produksi garmen, guci (gentong dari tanah liat) serta berbagai jenis batu dan kaca.

4. Bali Orchid Garden
Tempat wisata Bali Orchid Garden sangat cocok dikunjungi bagi pecinta bunga, khususnya pecinta anggrek. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan dari 820 jenis anggrek khas dari berbagai belahan dunia, seperti Cordylines, Aroids, dan Heliconia. Dapat dikatakan bahwa Bali Orchid Garden merupakan surganya anggrek di Bali. Tidak hanya menyuguhkan ratusan tanaman anggrek, di taman ini juga terdapat jenis tanaman hias lainnya. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke taman angrek demi melihat berbagai jenis bunga anggrek yang sedang bermekaran. Para petugas akan memberikan informasi tentang bunga anggrek dan tanaman-tanaman hias lainnya yang berada di taman ini. Bagi yang ingin menikmati pesona bunga anggrek di taman ini, silahkan datang ke Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu.

5. Taman Werdhi Budaya
Pembangunan Taman Werdhi Budaya yang lebih terkenal dengan sebutan Art Centre ini bertujuan sebagai tempat pementasan seni seperti seni musik dan seni tari, dan sekaligus sebagai tempat memamerkan hasil-hasil seni yang lainnya seperti seni lukis, seni ukir, seni patung, dan seni-seni yang lainnya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Objek wisata yang digagas oleh almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ini juga sebagai tempat untuk mengembangkan bakat–bakat seni yang dimiliki masyarakat Bali. Selain itu, tempat wisata yang berlokasi di Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali ini digunakan sebagai pusat penyelengaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap tahunnya, biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni-Juli (pada liburan sekolah).

6. Pantai Muara Tangtu
Pantai Muara Tangtu lokasinya berdekatan dengan Pantai Padang Galak yang hanya dipisahkan oleh muara sungai Ayung. Pemandangan di pantai ini sungguh menawan dengan latar belakang Pura Campuhan Segara Windu yang selalu ramai dikunjungi oleh umat Hindu yang akan sembahyang. Di area ini juga terdapat pertemuan antara laut dengan hilir sungai Ayung yang namanya “campuhan”, sehingga banyak warga yang bedatangan ke lokasi ini untuk “membersihkan diri” dari segala kesialan maupun penyakit. Pantai Muara Tangtu juga dikunjungi oleh pemancing mania yang ingin menghabiskan waktu senggangnya dengan duduk di pinggiran sungai menunggu kailnya disambar ikan. Pantai yang terletak di Banjar Tangtu, Desa Kesiman Kertalangu ini sangat pas dikunjungi bagi yang menginginkan suasana pantai yang berbeda.

7. Patung Titi Banda
Pada tahun 2014, Pemda Kota Madya Denpasar membangun sebuah patung di dekat lapangan umum Kapten Japa yang bernama patung Titi Banda. Ide pembangunan Patung Titi Banda ini diambil dari kisah pewayangan Ramayana, yang menceritakan tokoh Sri Rama yang membangun jembatan Titi Banda di tengah laut bersama pasukan wanara (kera) yang akan menjemput istrinya yakni Dewi Shinta, yang menjadi tawanan dari raja Rahwana di negeri Alengka. Patung ini sangat mudah ditemukan karena lokasinya sangat strategis. Jika datang dari kawasan timur (kabupaten Karangsem dan kabupaten Klungkung) akan menuju kawasan Sanur dan Nusa Dua ataupun Tabanan dan Gilimanuk, maka akan menemukan Patung Titi Banda ini. Tempat ini merupakan pertemuan antara Gianyar dari arus utara, Karangasem dan Klungkung dari timur, dan Nusa Dua dari selatan. Lokasi patung ini berada pertigaan jalan By Pass Ida Bagus Mantra – By Pass I Gusti Ngurah Rai.

8. Sanggar Uma Dewi
Selain Desa Wisata Batubulan dan GWK, tempat wisata pertunjukan Tari Barong di Bali lainnya berada di Sanggar Tari Barong dan Keris Waribang, yang berada di Panggung Uma Dewi, Jalan Waribang, Desa Kesiman. Untuk bisa menikmati pertunjukan Tari Barong di Sanggar Uma Dewi, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp100.000 per orang. Selain melihat pertunjukan Tari Barong yang spektakuler dan ada adegan lucunya, para pengunjung juga dapat berfoto dengan penari sebelum masuk dan setelah pertunjukan usai. Durasi pertunjukan Tari Barong dan Keris di Waribang berlangsung sekitar 1 jam yang dimulai pada pukul 09.30-10.30 Wita setiap harinya.

9. Taman Festival
Taman Festival Bali merupakan wisata horor atau wisata menyeramkan yang ada di Bali. Tempat wisata ini tidak sengaja di buat seram, melainkan dibiarkan terbengkalai begitu saja sehingga tampak menyeramkan. Bangunan-bangunan yang ada di kawasan ini tidak terurus, ditumbuhi semak belukar, ada bekas kebakaran dan coretan-coretan di dinding bangunan yang membuat tempat tersebut kelihatan seram ataupun horor. Bagi yang suka dengan wisata anti mainstream atau horor di Bali, tidak salahnya untuk mengunjungi Taman Festival yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Padang Galak, tepatnya berada di Jalan Pantai Padang Galak, Desa Kesiman.

10. Pantai Biaung
Pantai Biaung lokasinya berada di sebelah timur Pantai Muara Tangtu. Pantai ini merupakan pantai pasir hitam yang berada di ujung timur Kota Denpasar dan merupakan pembatas antara kabupaten Gianyar dengan Kota Denpasar. Pantai Biaung sangat cocok untuk aktivitas bermain surfing karena memiliki ombak yang cukup bagus. Pantai ini juga memiliki area pantai yang cukup luas sehingga cocok untuk kegiatan bermain layang-layang. Pada bulan-bulan tertentu pantai ini kerap diguanakan untuk mengadakan even festival layang-layang.

Nah itu beberapa tempat wisata populer yang ada di Denpasar Timur yang bisa dikunjungi ketika sedang berlibur ke Bali. Semoga ini menjadi referensi bagi yang ingin mencari tempat wisata di Bali khususnya di kawasan Denpasar Timur.
Iklan