free counter with statistics Tempat Wisata Monumen Gong Perdamaian Dunia Kertalangu Bali
T12/01/2015

Tempat Wisata Monumen Gong Perdamaian Dunia Kertalangu Bali

Manusia pada dasarnya ingin hidup damai. Kedamaian itu akan tercapai jika manusia mampu hidup secara berdampingan dan harmonis dengan sesama mahluk hidup di muka bumi ini. Untuk itu manusia berusaha dengan segala cara agar kedamaian itu tercipta dan terpelihara dengan baik, sehingga memunculkan tokoh-tokoh yang menentang kekerasan di muka bumi seperti Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Soekarno, dan tokoh-tokoh lainnya di dunia.

Untuk mengenang jasa-jasa para tokoh “pemburu” kedamaian (anti kekerasan) dan perdamaian yang mereka perjuangkan tetap terpelihara maka dibuatlah Gong Perdamaian Dunia. Dengan adanya Gong Perdamaian Dunia, diharapkan mampu menyadarkan umat manusai bahwa perdamaian dan kebersamaan itu sangat penting tanpa membedakan ras, suku, bangsa, idiologi, ataupun sekat-sekat pemisah lainya.

Gong Perdamaian Dunia ini dibuat pada akhir tahun 2002 oleh Djuyoto Suntani sebagai presiden komite perdamaian dunia, Gde Sumarjaya Linggih sebagai anggota DPR-RI, dan beberapa tokoh nasional lain seperti Esy Darmadi, Lius Sungkharisma, dan lain-lain. Gong Perdamaian Dunia ini ditabuh untuk pertama kalinya oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden RI Hamzah Haz tepat pada pukul 00.00 WITA tanggal 31 Desember 2002 di Bali.

Jika kita lihat lebih dekat Gong Perdamaian Dunia ini, maka akan terdapat banyak simbol dan tiap simbol memiliki makna tersendiri. Tepat ditengah-tengah lingkaran gong terdapat sebuah peta permukaan bumi, ini bermakna bahwa perdamaian harus terjadi di muka bumi ini. Lingkaran kedua terdapat lambang 10 agama besar di dunia. Lingkaran ketiga terdapat tulisan berbahasa inggris “World Peace Gong” dan berbahasa Indonesia “Gong Perdamaian Dunia”. Di antara tulisan berbahasa Ingris dan Indoensia terdapat sebuah bunga sebagai pemisah. Gambar bunga merupakan lambang keindahan, kebahagian serta perdamaian. Pada bagian lingkaran terluar terdapat gambar 202 bendera dari 202 negara. Gong Perdamaian Duna ini merupakan gong perdamaian terbesar di dunia dengan diameter gong mencapai 5 meter yang terbuat dari lima unsur logam, yaitu Emas, Perak, Perunggu, Besi, dan Timah. Kelima unsur logam ini dikenal dengan nama Panca Datu yang melambangkan lima benua. 
Tempat Wisata Monumen Gong Perdamaian Dunia Kertalangu Bali
Monuen Gong Perdamanai Dunia di Kertalangu Denpasar
Sekarang gong itu diletakan di Taman Shanti Buana dan menjadi monumen yang bernama Monumen Gong Perdamaian Dunia. Di monumen ini juga terdapat patung tokoh-tokoh dunia yang telah berjasa memperjuangkan perdamaian dunia, seperti Soekarno, Mikhail Gorbachev, Willy Brandt, Mother Teresa of Calcutta, Marti Ahtisaari, Kofi Annan, dan Barrack Obama. Taman Shanti Buana ini berada di tengah-tengah Desa Budaya Kertalangu. Tidak jauh dari monumen ini terdapat areal persawahan yang luas dan hijau. Di sini juga terdapat area jogging track yang panjangnya mencapai 4 km yang melewati area persawahan. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke monumen ini sambil menikmati suasana alam desa ini bersama keluarga dan teman. Tempat ini sekarang menjadi tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi jika Anda berlibur ke Pulau Bali.

Letak dan Cara Akses Monumen Gong Perdamaian Dunia

Tempat wisata Monumen Gong Perdamaian Dunia berada di Jalan By Pass Ngurah Rai 88X, Desa Kertalangu, Kesiman, Denpasar, Bali, Indonesia. Dari pusat Kota Denpasar hanya berjarak 9 km dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 21,4 km atau dengan waktu tempuh 34 menit dengan kendaraan bermotor. Adapun rute perjalanan terdekat yang bisa anda lalui sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju jalan Tol Bali Mandara kemudian ke Jalan By Pass Ngurah Rai ke timur hingga ke Patung Titi Banda. Dari patung ini jalan yang anda lalui merupakan jalan satu jalur, oleh karena itu kira-kira 1 km dari patung ini ke utara kemudian memutar arah. Kira-kira 170 m dari tanda U turn tersebut, akan menemukan plang “Desa Budaya Kertalangu”, dengan belok kiri dan memasuki jalan tersebut Anda sudah sampai di Monumen Gong Perdamaian Dunia.

Adapun objek wisata yang dekat dengan Monumen Gong Perdamaian Dunia Kertalangu yakni Monumen Bajra Sandhi, Monumen Puputan Badung, Patung Titi Banda, Pantai Padang Galak, Pantai Tangtu, Pantai Biaung, Pantai Lembeng, Pantai Gumicik, dan Pantai di kawasan Sanur.