free counter with statistics Nikmati Asiknya Camping Di Bukit Asah Bali
T1/29/2019

Nikmati Asiknya Camping Di Bukit Asah Bali

Bingung mencari tempat kemah (camping) di Bali yang menyenangkan? Coba saja datang ke tempat wisata Bukit Asah. Bukit Asah merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam perbukitan dan keindahan lautnya. Dari atas bukit kita bisa melihat hijaunya alam perbukitan dan birunya laut. Di sini kita bisa melihat fenomena matahari terbit dan matahari tenggelam sekaligus. Jadi tempat ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan kemping.
Camping di Bukit Asah
Di tempat wisata Bukit Asah terdapat dua spot tempat kemping yang sangat bagus yakni di atas tebing dan di dekat laut (Pulau Paus). Pada kesempatan ini mimin akan menceritakan pengalaman mimin kemping di bukit asah. Spot camping yang kami pilih di atas tebing, tujuannya agar bisa melihat indahnya matahari terbit pada pagi hari dan melihat indahnya pulau paus pada saat matahari terbit. Pada siang hari dari atas tebing kita bisa melihat indahnya pantai Bugbug yang tepat berada di bawah tebing.
Pantai Bugbug dari atas tebing Bukit Asah
Mimin berangkat ke tempat wisata Bukit Asah dengan sepeda motor sekitar jam 6 sore, karena sebelumnya mimin sudah mengunjungi lokasi ini, sehingga lokasi yang akan kita tuju sudah kita ketahui sebelumnya. Dari rumah mimin (Sidemen) lokasinya hanya berjarak 26 km atau dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan untuk sampai di tempat wisata Bukit Asah dengan melalui tempat wisata bukit putung.

Begitu memasuki kawasan bukit asah kita akan disambut dengan petugas yang mengelola tempat wisata tersebut. Kita akan membayar biaya retribusi sebesar Rp 12.000,00 per orang. Kita juga akan ditawari tenda jika tidak membawa tenda untuk berkemah di bukit asah. Biaya sewa tenda di sini sebesar Rp 80.000, dan hanya cukup untuk menampung 4 orang. Karena mimin sudah membawa tenda dhome jadi tidak perlu sewa lagi. Di sini mimin hanya membeli kayu bakar seharga Rp 20.000 per ikat. Setelah selesai membayar retribusi dan membeli kayu bakar, kami langsung menuju lokasi kemah.

Sampai di lokasi kemah kira-kira jam 19.30 malam dan di lokasi tersebut sudah banyak terdapat tenda yang sudah berdiri. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit tenda kami sudah berdiri. Acara kami selanjutnya membuat api unggun, makan-makan, dan riang gembira (ada anggota tim yang membawa gitar) hingga jam 11 malam.

Pagi hari kami disambut dengan suasana di ufuk timur yang sangat indah. Matahari akan menunjukan wajahnya dan momen-momen ini yang kami tunggu-tunggu. Pagi hari sebelum matahari tebit kita bisa melihat pulau paus yang indah di sinari cahaya yang kemerah-merahan yang mempesona. Sungguh pemandangan alam yang langka.
Sunrise di Bukit Asah

View pulau Paus dari tebing Bukit Asah
Sekitar jam 7 pagi kami sudah merapikan tenda yang digunakan dan menuju ke bawah (Pulau Paus) karena pada siang hari view di sini sangat memukau mata. Kita bisa melihat indahnya Pantai Perasi (Virgin Beach). Ternyata di lokasi ini banyak terdapat tenda berdiri. Di sini juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman, sedangkan di atas tebing tidak terdapat warung. Bahkan warung ini buka 24 jam lho. Jadi kita kapan saja bisa membeli makanan atau minuman di lokasi ini.
View pagi hari dari dekat Pulau Paus
Di Pulau Paus ini merupakan spot foto yang sangat pas, karena dekat dengan laut. Di sini juga terdapat sebuah pohon yang sudah mati tetapi masih kokoh berdiri. Kami mencoba mengambil foto di atas pohon tersebut.
Pohon yang jadi tempat berfoto di Bukit Asah (Pulau Paus)

Bukit Asah Tempat Kemah Yang Menyenangkan Di Bali
Anggota longtrip berfoto dari atas pohon melihat keunikan
Pulau Paus dari Bukit Asah

Lokasi Tempat Wisata Bukit Asah

Tempat wisata Bukit Asah berada di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Bali. Hanya memerlukan jarak 71 Km dari Bandara Ngurah Rai melalu Jl. By Pass Ngurah Rai – Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1 jam 52 menit), 68 Km dari Kuta melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1 jam 46 menit), 58 Km dari Kota Denpasar melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1 jam 36 menit), dan 6 Km dari Pantai Candidasa (12 menit perjalanan).

Akses Menuju Bukit Asah

Akses menuju wisata Bukit Asah sangat mudah, dari Denpasar ambil arah jalan Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra -> Jalan Raya Goa Lawa -> Jalan Raya Padang Bai -> Jalan Raya Manggis -> Jalan Raya Candidasa -> Jalan Raya Bugbug.
Setelah memasuki desa Bugbug, setelah jalan berkelok-kelok di Bukit Sanghyang Ambu yang merupakan jalan raya utama Karangasem – Klungkung, kamu akan menemukan jembatan dan dari jembatan ini sekitar 200 meter masih jalan raya utama kamu akan menemukan pertigaan pada sebuah tikungan, ambilah jalan ke kanan, setelah kurang lebih 10 menit kamu akan di sambut petugas yang menjaga kawasan wisata Bukit Asah untuk membayar biaya retribusi.