free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pantai Jimbaran Bali
T1/29/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pantai Jimbaran Bali

Iklan
Iklan

Jimbaran merupakan nama sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia. Lokasi wilayah ini berdekatan Kuta dan Nusa Dua serta Bandara Internasional Ngurah Rai. Di Jimbaran terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Jimbaran. Pantai ini terdiri dari beberapa spot pantai seperti Pantai Muaya, Pantai Pemelisan Agung Jimbaran, dan Pantai Yoga Perkanti. Pantai Jimbaran terkenal akan wisata kulinernya, yaitu ikan bakar Jimbaran yang sudah dikenal hingga dunia internasional.
Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Pantai Jimbaran Bali
Pantai Jimbaran
Bagi yang kebetulan berlibur ke Pantai Jimbaran dan ingin mencari tempat wisata di sekitar pantai Jimbaran, berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wsiata berikut ini.

1. Pantai Tegal Wangi
Pantai Tegal Wangi menjadi spot foto preweding yang sangat populer di Bali. Tidak mengherankan jika pantai yang berpasir putih ini kerap kali diburu para fotografer karena keindahan yang disajikannya. Pantai ini memiliki tebing-tebing tinggi dengan tekstur tebing yang kasar karena tebingnya berupa batu karang. Karena pantai ini dikelilingi tebing karang yang sangat tinggi, dikatakan bahwa pantai tegal wangi merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali. Pantai yang beralamat di Jalan Tegal Wangi, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali ini berjarak sekitar 4,3 km dari Pantai Jimbaran. Dari atas tebing kita bisa melihat panorama pantai ini yang sangat menawan dengan balutan pasir putih dan karang-karang yang mengelilinginya. Panorama akan bertambah indah ketika matahari akan tenggelam dengan cahaya kemerah-merahan yang perlahan-lahan sirna dari pandangan kita. Momen-momen itulah paling banyak diburu oleh pecinta pantai, khususnya anak muda yang gemar hunting foto.

2. Pantai Kedonganan
Pantai Kedonganan merupakan pantai terdekat dengan pantai Jimbaran yang berjarak sekitar 2,2 km. Pantai yang berpasir putih ini terkenal akan wisata kuliner khas lautnya yang sudah melegenda hingga ke luar negeri akan kelezatannya. Di Pantai Kedonganan pengunjung tidak hanya bisa menikmati kulinernya, tetapi juga bisa menikmati keindahan pantainya. Menikmati keindahan laut sambil menyantap kulinernya sungguh pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan. Apalagi ditambah dengan suguhan sunset yang keren tentu liburan akan tambah berkesan. Kuliner di Pantai Kedonganan tidak hanya diburu oleh wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara juga ikut mencoba menikmati sambil nimbrung di pantai yang berhadapan langsung dengan deburan ombaknya.

3. Pantai Kelan
Tidak jauh dari Pantai Kedonganan, tepatnya di sebelah utara (kanannya) terdapat Pantai Kelan. Karakteristik pantai Kelan hampir sama seperti Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran yakni sama-sama berpsir putih dengan hamparan pasir yang landai. Bagi pecinta sunset, pantai kelan mungkin bisa dijadikan wisata alterntif untuk menikmati pesona sang surya yang akan menghilang dari pandangan kita. Pantai Kelan lokasinya dekat dengan Bandara Ngurah Rai, tentunya kita akan melihat pesawat yang mendarat di Bandara Ngurah Rai, sungguh pemandangan yang unik dan langka. Bagi yang suka olahraga, pantai ini sangat cocok untuk bermain sepak bola karena memiliki area pantai yang luas dan datar. Tidak mengherankan jika pantai ini pada sore hari digunakan untuk bermain sepak bola oleh pemuda yang tinggal di sekitar pantai. Pantai ini hanya berjarak sekitar 4,5 km dari Pantai Jimbaran Bali.

4. Garuda Wisnu Kencana
Bali kini sudah memiliki ikon pariwisata baru yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan asing untuk datang ke pulau Dewata. Ikon pariwisata baru ini berupa patung yang terbuat dari tembaga yang bernama Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung GWK ini memiliki ketinggian mencapai 121 meter yang ketinggiannya mengalahkan patung Liberty. Jika dilihat dari tingginya, Patung GWK merupakan patung terbesar ketiga di dunia setelah patung Spring Temple Buddha dan patung Laykyun Setkyar. Jika dlihat dari bahannya, maka patung GWK dikatakan sebagai patung tembaga terbesar di dunia lho. Patung GWK ini berdiri di sebuah taman budaya yang bernama Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK Culture Park yang berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Taman Budaya GWK merupakan jendela seni dan budaya Pulau Bali dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan. Dari GWK kita bisa melihat indahnya pemandangan Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa. Dari Pantai Jimbaran hanya menempuh jarak sekitar 5 km untuk menuju GWK Bali.

5. Pantai Mimpi Pondok Pemuda
Pantai ini memang terdengar asing dan aneh. Bahkan waktu admin mencari lokasi pantai ini dengan bertanya pada penduduk sekitarnya, tidak ada yang mengetahui nama pantai tersebut. Penduduk sekitar meyatakan bahwa tidak ada pantai yang namanya seperti itu. Ternyata nama lain dari Pantai
Mimipi Pondok Pemuda adalah Pantai Bene. Pantai ini memang keren dan tentunya sangat sepi dari kunjungan wisatawan. Untuk saat ini pantai mimpi pondok pemuda belum ada akses ke jalan. Akses satu-satunya sedang ditutup karena sedang ada proyek pembangunan fasilitas pariwisata di sekitar pantai ini. Karena tempat ini sangat menarik, pasti nantinya pantai ini akan dibuka kembali untuk umum. Dari Pantai Jimbaran untuk menuju pantai Mimpi Pondok Pemuda akan menempuh jarak sekitar 1,8 km.

6. Pantai Sempaning
Sama seperti Pantai Mimpi Pondok Pemuda, nama Pantai Sempaning tidak begitu populer dan terkenal dikalangan para traveler karena pantai ini merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali. Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang tidak terlalu luas. Karang berlumut hijau menjadi hiasan di pinggir pantainya. Belum ada akses yang beraspal untuk menuju pantai ini. Lokasi pantai Sempaning berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali yang berjarak sekitar 3,5 km dari Pantai Jimbaran.

7. Monumen Pahlawan Mumbul
Monumen Perjuangan Taman Mumbul atau Monumen Pahlawan Perang Kemerdekaan 1945 memiliki arsitektur mirip seperti monumen Bajra Sandhi Renon, hanya saja ukuran monumen ini lebih kecil daripada monumen yang ada di Lapangan Puputan Renon tersebut. Selain sebagai tempat wisata sejarah, monumen ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, karena monumen ini bentuknya yang sangat indah dan unik. Monumen ini masih relaif sepi dari kunjungan wisatawan (tidak sebanyak kunjungan di Monumen Bajra Sandhi), kunjungannya masih didominasi oleh pasangan yang akan mengadakan sesi foto praweding. Lokasi monumen ini berada di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, Banjar Mumbul, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali yang berjarak sekitar 5,7 km dari Pantai Jimbaran.

8. Pantai Lanji Batu Belah
Pantai Lanji Batu Belah namanya tidak seterkenal pantai Jimbaran, walaupun sama-sama berpasir putih. Namun pesona yang ditawarkan tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali Selatan. Pantai yang berlokasi di Gang Kuda Laut, Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali berjarak sekita 4,3 km dengan waktu tempuh sekitar 11 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Bagi yang ingin menikmati panorama pantai yang relatif sepi, pantai Lanji Batu Belah dapat dijadikan salah satu tujuan wisata anda.

9. Bendungan Jimbaran
Mungkin karena lokasinya berada di Jimbaran maka bendungan ini bernama Bendungan Jimbaran. Ada juga yang menyebutnya dengan nama Bendungan Unud karena lokasinya berada dekat dengan Kampus Unud tepatnya berada di Jalan Kampus Unud Blk. R No.88, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Bendungan ini dibangun untuk untuk menampung air hujan yang turun dan agar nantinya bisa dipakai warga untuk menyuburkan tanaman ketika musim kemarau datang. Selain berfungsi sebagai penampung air, bendungan ini juga dapat digunakan sebagai tempat wisata. Banyak anak muda yang memanfaatkan bendungan ini untuk berfoto selfie karena tempatnya yang sangat Instagramable banget. Untuk menjangkau bendungan ini akan menempuh perjalanan sekitar 4,8 km dari Pantai Jimbaran dengan kendaraan bermotor.

10. Jimbaran Panorama Point
Jimbaran Panorama Point atau ada juga yang menyebutnya dengan Pantai Honeymoon memiliki panorama yang cantik dan masih perawan. Begitu menginjakan kaki di kawasan ini sejauh mata memandang akan terlihat eksotisme laut, hamparan laut biru dengan tebing-tebing karang, serta perbukitan hijau yang mengelilingi menjadi suguhan panorama alam spektakuler. Lokasi Jimbaran Panorama Point berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali yang berjarak sekitar 4,5 km dari Pantai Jimbaran.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada tempat wisata lainnya di sekitar Pantai Jimbraan yang layak untuk dikunjungi yakni Pantai Plix, Pantai Balangan, Pantai Dreamland, dan Hutan Mangrove Tuban. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata sekitar Pantai Jimbaran Bali.
Iklan