free counter with statistics Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali
T10/16/2014

Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Long trip ke Taman Sukasada Ujung merupakan lanjutan ber-long trip dari Pantai Candidasa. Setelah menikmati view di Pantai Candidasa kami lanjutkan perjalanan menuju kota dari Kabupaten Karangasem, yaitu Kota Amlapura. Di kota Amlapura ini tim Long Trip Mania menikmati nasi campur, tepatnya di pasar Amlapura.

Setelah istirahat sejenak di warung makan, salah satu tim bertanya kepada pemilik warung makan ke mana arah jalan menuju Taman Soekasada Ujung. Walaupun kami berasal dari Kabupaten Karangasem tetapi kami belum tahu lokasi Taman Sukasada Ujung, sangat miris mendengarnya anak Karangasem tetapi tidak tahu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Karangasem.
Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Sang pemilik warung makan memberikan petunjuk agar dari pasar Amlapura berjalan lurus menuju desa Tumbu yang jaraknya kira-kira 5 km lagi. Dari pasar Amlapura jangan belok ke kanan, tetapi lurus saja.mSesuai dengan petunjuk sang pemilik warung makan, kami akhirnya sampai di Taman Ujung Sukasada.

Taman Sukasada Ujung merupakan situs kerajaan, terletak di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem berjaraknya kurang lebih 10 km dari Pantai Candidasa dan kira-kira 90 km jaraknya dari Kota Denpasar.
Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Taman Sukasada Ujung terdapat sebuah istana raja yang lokasinya berada di tengah sebuah kolam, sehingga Taman Sukasada Ujung sering dikenal dengan nama Istana Air (Water Palace) Ujung. Taman ini lebih populer dengan nama Taman Ujung karena terletak di Banjar Ujung.

Menurut informasi yang kami baca di mesinnya Mbah Google, Taman Ujung merupakan proyek mahakarya dari Raja Karangasem dan dibangun pada tahun 1919 yang merupakan pengembangan Kolam Dirah yang telah dibangun lebih awal pada tahun 1901. Taman Ujung dibangun pada masa pemerintahan Raja I Gusti Bagus Jelantik (1909 – 1945) yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem dan selesai dibangun pada tahun 1921. Sedangkan peresmian kompleks istana air Taman Ujung dilakukan pada tahun 1937 dengan sebuah prasasti batu marmer yang ditulisi naskah dalam dua aksara yakni Latin dan Bali dan dua bahasa yakni Melayu dan Bali. Prasasti tersebut ditempelkan pada dinding di Bale Warak.
Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Taman Ujung merupakan taman tempat peristirahatan raja dan tempat menjamu tamu-tamu penting seperti raja-raja atau kepala negara asing yang berkunjung ke kerajaan Karangasem. Taman Ujung merupakan salah satu mega karya Bali dibangun dengan melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali) dan arsitek asing yaitu orang Belanda yang bernama van Den Hentz juga arsitektur Cina bernama Loto Ang, sehingga menghasilkan seni bangunan kombinasi dari arsitektur Bali, Cina dan Eropa.

Ada tiga pintu gerbang menuju areal taman soekasada. Gerbang utama berada di sisi barat sebagai pintu masuk yang disebut “Bale Kapal” karena dulunya bentuk bangunan menyerupai sebuah kapal. Selanjutnya dari pintu masuk bale ini, menuju areal taman dengan menuruni ratusan buah anak tangga. Dari tempat ini panorama seluruh areal taman dapat dilihat.
 Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Taman Ujung memiliki tiga buah kolam besar dan luas sehingga sering disebut Taman Air Kerajaan atau The Water Palace. Di tengah kolam pertama di sisi utara terdapat bangunan utama yang disebut “Bale Gili” yang dihubungkan dengan jembatan menuju arah selatan.

Di tengah-tengah kolam taman ujung ini terdapat patung-patung dan pot-pot bunga. Di sebelah barat kolam pertama, terdapat bangunan berbentuk bundar, yang disebut “Bale Bunder” sebagai tempat untuk menikmati keindahan taman. Di sebelah barat Bale bundar terdapat bangunan persegi empat panjang yang disebut “Bale Lunjuk”. Di tengah kolam kedua di sisi selatan kolam pertama terdapat bangunan untuk jamuan makan kerajaan yang disebut “Bale Kambang”.
 Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Di sebelah timur kolam kedua terdapat kolam air yang disebut Kolam Dirah, ini merupakan kolam pertama yang dibuat oleh Raja Karangasem. Di areal sebelah utara Taman Ujung ini terdapat patung badak dan juga patung banteng dimana dari mulut kedua patung tersebut keluar air menuju kolam, di sebelah utara taman ini tedapat sebuah pura bernama Pura Manikan.
 Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali

Di sekitar kawasan Taman Ujung terdapat Masjid yang bisa kita pergunakan untuk Sholat bagi umat muslim, karena di kawasan Taman Ujung dahulu kala banyak didatangi oleh warga Bugis yang kini menetap di seputaran Taman Ujung.
Tempat Wisata Taman Ujung Karangasem Bali 

Di lokasi ini juga terdapat areal parkir yang luas dan juga terdapat restoran-restoran dengan menu khas Bali-nya. Untuk wisatawan lokal dikenani biaya masuk sebesar Rp. 10.000 dan jika membawa kamera LSR atau yang lebih canggih akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000, sedangkan untuk yang membawa kamera poket tidak dikenakan biaya apapun.

Areal parkir Taman Ujung

Tiket masuk untuk wisatawan lokal
Objek wisata Taman Ujung sangat cocok digunakan untuk kegiatan fotografi dan sekedar nongkrong-nongkrong bersama keluarga karena di areal ini ada lapangan yang cukup luas. Hampir setiap harinya Taman Ujung selalu ramai dikunjungi wisatawan baik itu wisatwan lokal maupun asing.
 

Dari Taman ujung Anda juga bisa melihat laut lepas dengan pantainya sehingga menambah keindahan tempat ini. Anda tidak akan pernah beranjak dari lokasi ini jika mengunjungi lokasi ini.
Taman Ujung dengan view laut lepasnya

Setelah menikmati lokasi Taman Ujung tim kami lanjutkan untuk menuju pantai Ujung. Tidak seperti pantai lainnya, Pantai Ujung tidak berpasir melainkan berbatu yang sudah di susun sedemikian rupa untuk menghindari abrasi yang terus menggerus pantai ini. Kami tidak berlama-lama di pantai ini karena waktu sudah menunjukan sore hari.
Pantai Ujung

Perjalanan kami lanjutkan untuk pulang dan tidak lupa juga kami membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang yakni berupa ikan awan mentah yang akan kami panggang bersama tim Long trip mania sambil menunggu pertandingan piala dunia Brasil melawan Jerman di babak semifinal, di mana pada akhirnya di menangkan oleh jerman dengan melibas Brasil dengan skor 7 : 1 dan pada akhirnya jerman juga menjadi juara World Cup 2014 di Brasil. Selamat buat tim Jerman.

Demikian perjalanan kami mengunjungi Taman Ujung dan Pantai Ujung. Jika Anda tertarik persiapkan diri Anda untuk menikmati keindahan pulau Bali khususnya Taman Ujung.