free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Singaraja Bali
T11/22/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Singaraja Bali

Iklan
Iklan

Singaraja merupakan nama Ibu Kota dari Kabupaten Buleleng. Dulu sebelum dipindahkan ke Denpasar, kota yang berada di Bali Utara ini sempat menjadi ibu Kota Provinsi Bali lho. Selain terkenal sebagai Kota Pendidikan, kota singaraja juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti taman kota Singaraja yang asik untuk sekedar nongkrong pada malam hari, Museum Gedong Kirtya yang menyimpan berbagai macam koleksi lontar, Museum Buleleng yang menyimpan  berbagai koleksi benda-benda purbakala, Ex pelabuhan Buleleng yang menawarkan panorama yang indah terutama menjelang matahari tenggelam, dan tempat wisata lainnya.

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Singaraja Bali
Salah satu tempat wisata sekitar Singaraja Bali


Walaupun lokasinya agak jauh dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, namun Kota Singaraja bisa dijadikan tujuan wisata bagi yang ingin mencari suasana yang berbeda denga Bali selatan. Apalagi di sekitar kota Singaraja banyak terdapat tempat wisata yang menarik untuk disambangi. Berikut admin bagikan dan rekomendasikan 10 tempat wisata keren sekitar Singaraja Bali.

1. Pantai Penimbangan
Pantai yang satu ini berada di sebelah barat Kota Singaraja dengan jarak tempauh sekitar 4,3 km, tepatnya berada di Jalan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Bermain kano merupakan aktivitas yang bisa dilakukan selain mandi atau sekedar nongkrong di pantai ini. Selain bisa menikmati panorama pantainya yang menawan di kala sore hari, pengunjung juga bisa berolahraga dengan mengayuh kano. View yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di Bali Utara, terutama pesona sunsetnya.

2. Air Terjun Tembok Barak
Sesuai dengan namanya air terjun Tembok Barak yang berarti tembok merah memang memiliki tebing yang mengapit air terjun ini berwarna cokelat kemerahan. Air terjun ini memiliki debit air yang besar namun tidak terlalu tinggi. Lokasi air terjun ini sangat dekat dengan Kota Singaraja yang berjarak sekitar 4,5 km, tepatnya berada di Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

3. Pantai Kerobokan
Kalau pantai Penimbangan berada di barat Kota Singaraja, justru pantai Kerobokan berada di sebelah timur Kota Sinagaraja yang berjarak sekitar 6,3 km yang berlokasi di Desa Kerobokan Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Pantai yang memiliki pasir hitam yang masih alami ini menyuguhkan panorama yang memukau ketika sang surya akan terbenam, sungguh panorama yang sangat cantik sekali, tentu tidak kalah cantiknya dengan panorama sunset di pantai-pantai yang ada di Bali Selatan. Bagi yang suka dengan panorama bawah laut, pantai Kerobokan ini juga dapat dijadikan pilihan alternatif untuk berwisata menyelam (diving) karena memiliki pesona bawah laut yang sangat keren dengan terumbu karang yang masih alami.

4. Air Terjun Wana Ayu
Tempat wisata keren sekitar Singaraja berikutnya berada di Air Terjun Wana Ayu atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Padangbulia yang berjarak sekitar 6,4 dari Kota Singaraja. Air Terjun Wana Ayu yang memiliki ketinggian sekitar 35 m ini berada di Dusun Runuh Kubu, Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk menuju lokasi air terjun kita akan dihadapkan dengan puluhan anak tangga yang menghiasi jalan menuju air terjun ini.

5. Air Terjun Kroya
Air terjun Kroya ini merupakan salah satu air terjun sangat populer di Bali Utara, khususnya populer di sosial media Instagram, jika kita cari dengan #kroyawaterfall maka setidaknya terdapat lebih dari 6,3 ribu kiriman tentang air terjun ini. Air terjun yang berjarak sekitar 8,3 km dari Kota Singaraja ini memiliki ketinggian 12 meter. Walaupun air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun air terjun yang berlokasi di Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali ini memiliki keunikan tersendiri, di mana air terjun ini memiliki tempat seluncuran alami. Nah ini yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke air terjun ini. Bagi yang mau uji nyali, boleh mencoba main prosotan alami di air terjun ini.

6. Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling-Aling merupakan salah satu dari 7 air terjun yang ada di Desa Sambangan. Nah diantara 7 air terjun indah di Sambangan, air terjun Aling Aling paling populer di media sosial, khususnya media sosial instagram. Jika kita cari dengan #alingalingwaterfal akan ada lebih dari 11,1k kiriman tentang air terjun ini. Wow sangat populer bukan? Air terjun yang berjarak sekitar 8,6 km dari Kota Singaraja ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan pesona alam di sekitarnya sangat memukau berupa tebing tinggi dan rimbunnya pepohonan yang menambah kesan asri tempat ini. Uniknya, air terjun yang beralamat di Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali ini memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 4 meter.

7. Pantai Sangsit
Sama seperti pantai Kerobokan, Pantai Sangsit juga menawarkan keindahan pesona matahari terbenamnya. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah pelabuhan yang sudah ada sejak zaman kerajaan-kerjaaan di Bali. Kini kawasan ini telah dimanfaatkan sebagai objek wisata rekreasi. Pantai Sangsit berjarak sekitar 8 km di timur Kota Singaraja, tepatnya berada di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

8. Pantai Lovina
Tempat wisata yang satu ini benar-benar populer di Bali Utara. Di sosial media Instagram tempat wisata ini mendapatkan lebih dari 42 ribu kiriman dengan #lovinabeach dan mendapatkan lebih dari 128 ribu kiriman dengan #lovina. Pantai yang berjarak sekitar 9,9 km di barat Kota Singaraja ini menjadi tujuan wisata favorit di Bali Utara. Yang menjadi daya tarik dari Pantai Lovina yakni adanya atraksi lumba-lumba di tengah laut sebelum matahari terbit. Selain itu, pantai lovina yang berada di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali ini merupakan spot menyelam terbaik di Bali, karena bawah lautnya terdapat terumbu karang yang dihuni oleh  ikan hias sehingga tampak mempesona.

9. Rice Terrace Ambengan
Ambengan merupakan sebuah desa yang posisinya di atas bukit yang menghijau. Desa ini dihiasi oleh hamparan sawah yang berundak-undak yang sangat indah nan memukau mata. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit khususnya bagi pecinta panorama sawah terassering di Bali. Panorama yang indah ini dapat dinikmati setelah menempuh perjalanan sekiatr 10,7 km dari Kota Singaraja yang berlokasi di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

10. Air Terjun Gitgit
Sebelum Air Terjun Aling-Aling yang sangat populer di sosial media, air terjun Gitgit juga sangat populer jauh sebelum berkembangnya sosial media yang sangat pesat seperti sekarang ini. Air terjun yang berada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali ini berjarak sekitar 10,8 km dari Kota Singaraja. Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung akan menyusuri jalan setapak, melintasi areal persawahan,  kebun kopi dan cengkeh dengan alam sekitar air terjun yang masih asri dan alami, tentunya hawa udara yang segar dan jauh dari polusi. Perjalanan menuju lokasi ini akan terbayar dengan panorama air terjun yang sangat indah sekali.
Iklan