free counter with statistics Inilah 6 Tempat Wisata Tari Barong Di Bali
T12/22/2018

Inilah 6 Tempat Wisata Tari Barong Di Bali

Iklan
Iklan

Bali terkenal dengan wisata seni dan budaya yang sangat spektakuler. Banyak wisatawan khususnya wisatawan asing yang tertarik untuk melihat secara langsung pertunjukan seni dan budaya Bali, salah satunya pertunjukan Tari Barong Bali. Kerennya, kini Tari Barong Bali sudah diakui sebagai tari warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada 2 Desember 2015 di Windhoek, Namibia.


Menurut berbagai sumber, Tari Barong yang ada di Bali dipercaya sebagai “perubahan bentuk” dari Barong Ponorogo atau yang terkenal dengan nama Reog Ponorogo. Dalam perkembangannya Barong Ponorogo dirubah bentuk dan cerita sesuai kondisi masyarakat di Bali yang diperuntukan untuk kegiatan spiritual keagamaan. Tari Barong ini dianggap kesenian yang sakral sehingga terdapat juga kesan mistis di dalamnya.

Inilah 6 Tempat Wisata Pertunjukan Tari Barong Di Bali
Tari Barong Bali


Ada juga pementasan Tari Barong Bali untuk menarik kunjungan wisatawan dan pertujukan tarian ini tidak sakral serta tidak ada unsur mistisnya. Tari Barong yang ditampilkan untuk hiburan para wisatawan, biasanya diselingi dengan adegan-adegan yang lucu. Selain itu ada juga penampilan atraktif dari penari seperti pertunjukan ilmu kekebalan yang membuat decak kagum para penonton. Pertunjukan Tari Barong ini biasanya ditampilkan dengan selingan unsur humor yang dapat membuat penonton terhibur.

Untuk mementaskan tari Barong ini harus ditarikan oleh dua orang penari yang disebut Juru Saluk atau Juru Bapang. Di mana satu penari di bagian kepala dan yang lainnya di bagian pantat atau ekornya. Tari Barong biasanya diiringi dengan gamelan Semar Pagulingan. Biasanya pada saat pementasan Tari Barong berpasangan dengan Rangda, yaitu sosok seram yang melambangkan adharma (keburukan). Barong sendiri dalam tarian tersebut melambangkan dharma (kebajikan).

Perlu di ketahui bahwa menurut beberapa sumber di Bali ada beberapa jenis Tari Barong yakni Barong Ket, Barong Bangkal, Barong Landung, Barong Macan, Barong Gajah, Barong Asu, Barong Brutuk, Barong Lembu, Barong Kedingkling, Barong Kambing, dan Barong Gagombrangan. Biasanya pertunjukan Tari Barong untuk menarik kunjungan wisatawan menggunakan Tari Barong Ket. Di Bali ada banyak tempat untuk melihat pertunjukan Tari Barong Bali tiap harinya. Berikut admin bagikan beberapa tempat wisata untuk menonton pertunjukan tari barong bali secara langsung.

1. Taman Budaya GWK
Taman Budaya GWK merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali. Di sosial media, khususnya pengguna Instaram, tempat wisata yang berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini benar-benar viral. Di Taman Budaya GWK atau Garuda Wisnu Kencana Culture Park terdapat sebuah patung tembaga terbesar di dunia dengan tingginya mencapai 121 meter yang berwujud Dewa Wisnu mengendarai burung Garuda. Patung ini menjadi ikon pariwisata Bali. Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan seni dan budaya Bali yang sangat menarik dan unik, salah satunya tarian khas Bali yakni tari Barong. Di kawasan taman budaya GWK terdapat Amphitheater yang digunakan untuk mengadakan pertunjukan Tari Barong. Amphitheatre ini mampu menampung penonton sebanyak 800 orang lho. Lokasinya pun sangat strategis, berada di bagian depan yang selalu dilewati wisatawan ketika akan berkunjung ke GWK. Untuk pertunjukan Tari Barong dan Keris dimulai pada pukul 10.00 hingga 10.40 Wita dan untuk pementasan Tari Bali Barong, Kera, dan Rangda dimulai pukul 14.00 hingga 14.40 Wita. Tidak hanya disuguhkan dengan pertunjukan Tari Barong lho, pengunjung juga akan disuguhkan dengan tarian lainnya seperti Tari Kecak, Joged Bumbung, Tari Garuda Wisnu Kencana dan Tari Legong. Untuk jadwal pementasannya silahkan lihat di bagian depan Amphitheatre.

2. Batubulan
Batubulan masuk dalam kategori sebagai salah satu desa wisata populer di Bali. Desa yang berada dekat dengan Kota Denpasar ini terkenal sebagai desa seni di Bali. Ini terbukti di sepanjang jalan Raya Batubulan para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai art shop atau galeri seni yang menjual aneka barang seni seperti patung, lukisan, perhiasan emas dan perak, batik khas Bali, dan lain sebagainya. Sebagai desa seni, tari kecak dan barong menjadi ikon dari desa wisata Batubulan karena setiap hari para pelancong akan disuguhkan dengan pertunjukan tari kecak dan tari barong di desa ini. Oleh wisatawan pertunjukan Tari Barong di Batubulan dikenal dengan nama “Tari Barong Batubulan” atau “Barong Dance Batubulan”. Di Desa Wisata Batubulan setidaknya terdapat 3 stage pertunjukan Tari Barong yakni Sila Candra Stage, Sahadewa Stage, dan Denjalan Stage. Pertunjukan Tari Barong Batubulan berdurasi selama 1 jam yang dimulai pukul 09.00 – 10.00 Wita.

3. Waribang Kesiman
Tempat wisata pertunjukan Tari Barong di Bali lainnya berada di Sanggar Tari Barong dan Keris, yang berada di Panggung Uma Dewi, Jalan Waribang, Desa Kesiman, Kota Denpasar. Untuk menikmati pertunjukan Tari Barong Waribang, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp100.000 per orang. Selain melihat pertunjukan Tari Barong yang spektakuler dan ada adegan lucunya, para pengunjung juga dapat berfoto dengan penari sebelum masuk dan setelah pertunjukan usai. Durai pertunjukan Tari Barong Waribang berlangsung sekitar 1 jam yang dimulai pada pukul 09.30-10.30 Wita setiap harinya.

4. Desa Ubud
Ubud merupakan salah satu tempat wisata terkenal dan populer di Bali dengan panorama alam pedesaan yang asri dan hijau. Tempat ini makin terkenal dengan dijadikannya lokasi syuting film Holywood yang berjudul “Eat Pray Love” yang dibintangi oleh artis Julia Roberts. Di Ubud terdapat banyak pilihan tempat wisata yang menarik dan unik yang bisa dikunjungi oleh para traveler seperti Bukit Cinta Ubud dengan panorama hijaunya hamparan rumput ilalang, Ubud Monkey Forest dengan aksi tingkah lucu para kawanan monyet, beberapa museum lukisan dan seni, Pasar Seni Ubud untuk membeli oleh-oleh khas Bali, Puri Saren Ubud tempat tinggal Raja Ubud, Pura Taman Saraswati, dan Wisata Rafting bagi yang ingin wisata anti mainstrem di Bali. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pertunjukan seni dan budaya Bali setiap harinya, khususnya pertunjukan tari khas Bali seperti Tari Kecak dan Barong. Pertunjukan Tari Barong di ubud lokasinya berubah-ubah dan pada hari-hari tertentu. Misalnya pertunjukan tari Barong di Depan Pura Padang Kerta – Ubud pada hari Senin yang dimulai pada pukul 19.00 Wita, pertunjukan tari barong di Arma Museum – Ubud pada hari Jumat yang di mulai 17.30 Wita, dan Pura Dalem Ubud – Ubud pada hari Kamis mulai pukul 19.30 Wita.

6. Suwung Kauh Denpasar
Selain di Waribang Kesiman, untuk di Kota Denpasar pertunjukan Tari Barong juga diadakan di Banjar Suwung Kauh. Pementasan Tari Barong di Banjar Suwung Kauh dilakukan setiap hari yang mulai pukul 09.30 – 10.30 Wita.

5. Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kota Denpasar. Sebagai desa budaya, di desa ini ada pertunjukan seni dan budaya Bali setiap harinya. Di sini terdapat panggung khusus untuk pementasan seni ini. Tarian yang dipentaskan seperti tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung. Para penari berasal dari warga setempat. Hanya saja, jadwal kegiatan pementasan tarian di Desa Budaya Kertalangu sesuai pemesanan dan tergantung pengunjung yang ada, durasi setiap tarian sekitar 45 menit.


Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata pertunjukan Tari Barong di Bali. Silahkan baca juga “Inilah 5 tempat wisata Tari Kecak di Bali” bagi yang ingin mencari tempat pertunjukan Tari kecak. Semoga liburan ke Bali menyenangkan dan berkesan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah dengan kamera ketika berlibur ke Bali. Salam longtriper.
Iklan