free counter with statistics Inilah 5 Tempat Wisata Tari Kecak Di Bali
T12/21/2018

Inilah 5 Tempat Wisata Tari Kecak Di Bali

Iklan
Iklan

Menurut Wikipedia, Kecak adalah pertunjukan dramatari seni khas Bali dengan mengambil cerita dari kisah pewayangan Ramayana di mana barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Tarian ini dimainkan terutama oleh puluhan (bahkan ada sampai ratusan) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, sehingga tari ini juga dikenal dengan nama Tari Cak. Sebenarnya Tari Kecak ini berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. Kemudian sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak seorang seniman asal Bali bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan Tari Kecak berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali.
Tari Kecak
Img: wikipedia

Puluhan penari yang duduk melingkar mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa. Biasanya pada bagian cerita Hanoman akan terdapat kisah-kisah jenak yang mampu membuat penonton tertawa karena tingkah lucunya. Lagu tari Kecak diambil dari ritual Tarian Sanghyang. Selain itu, tidak digunakan alat musik seperti pertunjukan tari khas Bali lainnya. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. Nah bagi yang ingin menikmati pertunjukan Tari Kecak di Bali, berikut admin bagikan 5 tempat wisata yang ada pertunjukan Tari Kecak yang mungkin bisa dikunjungi ketika mengisi liburan.

1. Uluwatu
Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali Selatan selain Pantai Kuta dan GWK. Di tempat wisata ini para turis akan disajikan dengan panorama alam dengan tebing karang yang menghijau dan lautan yang biru nan luas diseberangnya. Liburan ke Uluwatu akan lengkap jika menonton pertunjukan Tari Kecak. Di tempata wisata Uluwatu terdapat stage untuk pertunjukan Tari Kecak yang bisa menampung penonton sebanyak 500 orang lho. Stage ini masih berada di dalam kawasan area pura Uluwatu. Selain bisa menonton pertunjukan Tari Kecak yang spektakuler, pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama sunset yang sangat indah, makanya pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu diadakan pada pukul 18.00 wita setiap harinya. Bagi wisatawan pertunjukan tari kecak di tempat wisata Uluwatu terkenal dengan sebutan “Kecak Uluwatu”. Adapun tempat wisata menarik lainnya yang dekat dengan Uluwatu yakni Pantai Padang-Padang, Pantai Suluban, Pantai Nyang-Nyang, Bali Paragliding Tandem, dan Pantai Melasti.

2. Tanah Lot
Selain memiliki objek wisata Bedugul yang sangat terkenal, kabupaten Tabanan juga memiliki objek wisata Tanah Lot. Tidak hanya populer di dunia nyata, tempat wisata ini juga populer di dunia maya. Bagi pengguna Instagram yang suka travelling, tempat ini menjadi objek foto-foto karena tanah lot merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Bali khususnya wisatawan Asia. Tanah Lot tidak hanya menyuguhkan keindahan pura tanah lot yang sangat unik, juga menawarkan wsiata budaya berupa Tari Kecak, oleh wisatawan dikenal dengan sebutan “Kecak Tanah Lot”. Lokasi pertunjukan Tari Kecak di Tanah Lot diadakan di bagian barat Pura Tanah Lot dan dekat dengan Restoran Melati. Pertunjukan Tari Kecak di Tanah Lot diadakan setiap hari pada pukul 18.30. Jadi kalau ingin mendapatkan liburan yang komplit ke tanah lot datanglah pada sore hari, karena pengunjung akan disuguhkan dengan panorama sunset yang sangat indah dengan latar belakang pura tanah lot dan pertunjukan tari kecak yang sangat menarik dan menghibur.

3. Taman Budaya GWK
Di Taman Budaya GWK atau Garuda Wisnu Kencana Culture Park terdapat sebuah patung tembaga terbesar di dunia dengan tingginya mencapai 121 meter yang berwujud Dewa Wisnu mengendarai burung Garuda. Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini pengunjung akan disuguhkan dengan atraksi budaya yang sangat unik, salah satunya tarian khas Bali yakni tari Kecak. Di kawasan taman budaya GWK terdapat Amphitheater yang digunakan untuk mengadakan pertunjukan Tari Kecak yang mampu menampung penonton sebanyak 800 orang lho. Lokasinya pun sangat strategis, berada di bagian depan yang selalu dilewati wisatawan ketika akan berkunjung ke GWK. Jadwal pertunjukannya dapat dilihat di depan bagian Amphitheater. Pertunjukan dimulai pukul 11.00 sampai 15.30 Wita. Tidak hanya disuguhkan dengan pertunjukan Tari Kecak lho, pengunjung juga akan disuguhkan dengan tarian lainnya seperti Tari Barong, Joged Bumbung, Tari Garuda Wisnu Kencana dan Tari Legong.            

4. Desa Batubulan
Batubulan masuk sebagai salah satu desa wisata populer di Gianyar yang terkenal sebagai desa seni di Bali. Tidak mengherankan jika sepanjang jalan raya batubulan para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai art shop atau galeri seni yang menjual aneka barang seni seperti patung, lukisan, perhiasan emas dan perak, batik khas Bali, dan lain sebagainya. Sebagai desa seni, tari kecak dan barong menjadi ikon dari desa wisata batubulan karena setiap hari para pelancong akan disuguhkan dengan pertunjukan tari kecak dan tari barong di desa ini. Oleh wisatawan pertunjukan tari kecak di batubulan dikenal dengan nama “Tari Kecak Batubulan” atau “Kecak Dance Batubulan”. Di Desa Wisata Batubulan terdapat empat tahap pertunjukan Tari Kecak, di mana sekali pertunjukan dapat menampung kurang lebih sebanyak 600 orang penonton. Pertunjukan Tari Kecak di batubulan hanya berdurasi 1 jam saja,biasanya dimulai pukul 18.30 hingga pukul 19.30.

5. Desa Ubud
Desa Ubud terkenal dengan panorama alam pedesaan yang asri dan hijau. Di sini para wisatawan akan disuguhkan dengan view persawahan yang berundak-undak yang sangat unik. Terdapat banyak pilihan tempat wisata di ubud seperti Bukit Cinta Ubud dengan panorama hijaunya hamparan rumput ilalang di perbukitan, Ubud Monkey Forest dengan aksi tingkah lucu para kawanan monyet, beberapa museum seni, Pasar Seni Ubud untuk membeli oleh-oleh khas Bali, Puri Saren Ubud tempat tinggal Raja Ubud, Pura Taman Saraswati, dan Wisata Rafting. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pertunjukan seni dan budaya Bali setiap harinya, khususnya pertunjukan tari khas Bali seperti Tari Kecak dan Barong. Pertunjukan tari kecak di ubud lokasinya berubah-ubah. Jadi bagi yang ingin menyaksikan pertunjukan tari kecak ubud, lokasinya bisa di cek di Ubud Tourist Information dengan nomor telpon 0361-973285. Biasanya pertunjukan Tari Kecak di Ubud berdurasi 1 jam yang dimulai pada pukul 19.00 hingga  pukul 20.00


Nah itu beberapa tempat wisata di Bali yang mempertunjukan tari kecak setiap harinya. Semoga ini dapat dijadikan refrensi dalam mencari tempat wisata pertunjukan Tari Kecak di Bali. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah ketika menonton pertunjukan tarian khas Bali ini. Salam longtriper.
Iklan