free counter with statistics Inilah 13 Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Banjar Buleleng
T9/27/2019

Inilah 13 Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Banjar Buleleng

Iklan
Iklan

Mungkin terbesit pikiran kalau Kecamatan Banjar identik dengan pemandian air panasnya. Yang memang benar kalau kecamatan di Bali Utara ini memiliki destinasi wisata yang sudah terkenal hingga ke luar negeri berupa memandian air panas yang konon katanya mampu menyembuhkan penyakit kulit karena airnya mengandung belerang. Selain memiliki pemandian air panas sebagi daya tarik wisata, kecamatan banjar juga memiliki daya tarik wisata lainnya. Sebelum membahas tentang daya tarik wisata di kecamatan banjar. Admin akan membahas tentang kecamatan banjar secara singkat.
Inilah 13 Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Banjar Buleleng
Pesona Kecamatan Banjar

Menurut wikipedia, Banjar adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Buleleng, provinsi Bali, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 17 Km dari Singaraja, ibu kota Kabupaten Buleleng ke arah barat. Pusat pemerintahannya berada di Desa Banjar. Kecamatan ini terdiri dari 17 desa yakni sebagai berikut: Banjar, Banjar Tegeha, Banyuatis, Banyuseri, Cempaga, Dencarik, Gesing, Gobleg, Kaliasem, Kayuputih, Munduk, Pedawa, Sidetapa, Tampekan, Temukus, Tigawasa, dan Tirtasari. Adapun batas-batas wilayah kecamatan Banjar adalah sebagai berikut:
Utara     : Laut Bali
Timur    : Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sukasada
Selatan : Kecamatan Busung Biu dan Kabupaten Tabanan
Barat     : Kecamatan Seririt

Oke kembali lagi mengenai daya tarik wisata di kecamatan Banjar. Perlu diketahui terdapat 13 buah daya tarik wisata yang dimiliki oleh kecamatan Banjar yang ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 2017 berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh bupati Buleleng No. 51 tahun 2017 tentang perubahan kedua atas peraturan bupati nomor 32 tahun 2014 yakni sebagai berikut.

1. Air Panas Banjar
Di Air Panas Banjar pengunjung dapat menikmati relaksasi dengan berendam di sebuah kolam air panas alami. Air panas di pemandian ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga cocok untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Di sini terdapat tiga kolam air panas dengan tingkat panas airnya berbeda-beda. Di kawasan pemandian ini juga tersedia restoran dan warung yang menjual suvenir sebagai oleh-oleh.

2. Brahma Wihara Arama
Tidak jauh dari pemandian air panas Banjar, terdapat daya tarik wisata yang bernama Brahma Wihara Arama. Wihara yang berlokasi di Banjar Tegeha ini berdiri dikawasan pegunungan dengan suasana yang tenang dan damai, sehingga sangat cocok sebagai lokasi kawasan spiritual. Di vihara ini pengunjung akan melihat miniatur Candi Borobudur yang sangat bagus untuk lokasi berfoto selfie.

3. Air Terjun Melanting
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Untuk menuju air terjun melanting pengunjung akan melewati hamparan perkebunan kopi dan kebun cengkeh yang menghijau,  karena air terjun ini terletak di tengah-tengah kebun tersebut hawa udara sekitar air terjun begitu segar. Lokasi air terjun ini berada di Jalan Air Terjun Melanting, Desa Gobleg.

4. Danau Tamblingan
Kecamatan Banjar juga memiliki daya tarik wisata danau dengan panorama yang sangat keren bernama Danau Tamblingan. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang menghijau sehingga memiliki udara yang sejuk. Danau yang masuk wilayah desa Munduk ini juga memilik pemandangan yang indah dan masih alami. Keindahan matahari pagi kala baru terbit semakin menambah pesona danau ini.

5. Perkebunan Anggur Dencarik
Bagi yang suka dengan buah anggur, coba mampir ke daya tarik wisata Perkebunan Anggur Dencarik. Desa Dencarik merupakan sentra penghasil buah anggur dan produk olahan anggur di Buleleng. Perkebungan Anggur Buleleng di desa ini kini dijadikan sebagi agrowisata yang mampu menarik kunjungan para turis.

6. Desa Tua Sidatapa
Desa Sidatapa ini merupakan sebuah desa Bali Aga atau desa tua di Buleleng yang masih melestarikan budaya dan warisan leluhurnya. Misalnya adanya sebuah bangunan rumah adat yang sudah tua dan langka bernama Bale Gajah Tumpang Salu dan tradisi unik bernama Agung Briyang yang tujuannya untuk mengusir roh-roh jahat.

7. Desa Tua Pedawa
Desa Pedawa merupakan bagian dari Desa Bali Aga yang sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata di Buleleng. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Uniknya, di Desa Pedawa tidak mengenal sistem wangsa seperti di Bali Umumnya. Semua orang punya kedudukan yang setara. Di sini tidak ada orang yang bergelar Ida Bagus/Ida Ayu, I Gusti, I Dewa / I Desak sehingga tidak ada gelar Ida Pedanda maupun yang lainnya. Bagi yang gemar berfoto di sini juga terdapat spot untuk berfoto dengan hasil jepretan sangat unik yang bernama Kubu Hobbit.

8. Desa Tua Cempaga
Desa Cempaga merupakan desa tua dan bagian dari desa Bali Aga yang berlokasi di dataran tinggi. Desa tua ini memiliki berbagai jenis tarian sakral yang sudah diwariskan dari dahulu, tentunya tarian sakral ini berbeda dengan daerah lainnya di Bali, misalnya Tari Jangkang dan Tari Baris Jojor.

9. Desa Tua Tigawasa
Desa Tigawasa tidak mengenal istilah pembakaran mayat. Memang ada upacara ngaben, tetapi tidak di bakar melainkan di kubur. Acara penguburan mayatnya pun cukup unik, karena mayat tidak di taruh di dalam peti, melainkan hanya dibungkus dengan kain batik, dan di kubur begitu saja. Selain itu, desa ini juga memiliki tradisi Meboros Kidang (berburu rusa atau kijang).

10. Desa Tua Banyuseri
Di Desa Banyuseri terdapat 7 lempengan prasasti yang terbuat dari baja. Namun tidak seluruh prasasti bisa dibaca karena sebagian besar huruf dari prasasti itu sudah tidak terlihat karena tertutup karat. Selain itu, desa ini juga memiliki panorama alam yang cukup indah.

11. Air Terjun Singsing
Air Terjun Singsing memiliki tinggi sekitar 12 meter dan memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 3 meter. Untuk bisa menikmati indahnya air terjun ini kita harus melalui jalan setapak yang panjangnya mencapai 600 meter, sehingga cocok untuk wisata trekking. Air terjun yang berada di Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus ini terletak di daerah perbukitan sehingga memiliki pemandangan yang sangat keren. Dari sini akan terlihat hamparan pantai lovina di sebelah utara.

12. Krisna Funtastic Land
Di sini terdapat 16 wahana yang siap memanjakan para pengunjung, seperti Airbone Shot, Boom-Boom Cars, Carousel, Control Plane, Flying Cakra, Singaraja Flyer dan masih banyak lagi. Uniknya, di sini ada pesawat terbang yang bertuliskan Krisna Air. Lokasi: Jalan Raya Seririt-Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali

13. Krisna Watersport
Krisna Watersport merupakan obyek wisata olahraga air pertama di Singaraja. Berbagai wahana permainan yang menantang tersedia di Krisna Watersports seperti fly fish, fly boards, parasalling, donut boats, banana boats, canoe dan berbagai jenis permainan yang menarik lainnya. Lokasi: Jalan Seririt - Singaraja, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Selain itu, kecamatan Banjar juga memiliki kesenian rakyat yang sangat unik dan menarik untuk disaksikan seperti Sapi Gerumbungan dan Megangsing. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di kecamatan Banjar. Salam longtriper.

https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/78/bankdata/data-produk-unggulan-pariwisata-di-kabupaten-buleleng-tahun-2017-14.pdf
Iklan