free counter with statistics Patung Garuda Wisnu Kencana, Patung Terbesar Di Bali
T9/30/2018

Patung Garuda Wisnu Kencana, Patung Terbesar Di Bali

Iklan
Iklan

Tahun 2018 Pulau Bali dan Indonesia pada umumnya memiliki ikon pariwisata baru yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan asing untuk datang ke pulau Dewata. Ikon pariwisata tersebut berupa patung terbesar ke tiga di dunia yakni Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung ini berdiri di lahan yang kering berkapur di Desa Unggasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Patung GWK yang berdiri di lahan seluas 250 hektar ini sudah diresmikan pada tanggal 22 September 2018 oleh presiden Joko Widodo.

Tahukah anda bahwa patung yang berdiri megah sekarang ini sebelumnya berupa potongan-potongan patung yang disimpan secara terpisah namun masih dalam kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Pembuatan patung GWK ini digagas oleh seninam asal Bali dari tahun 1990 semasih presiden Soeharto memerintah, dan memerlukan waktu 28 tahun untuk merealisasikan berdirinya patung yang memiliki ketinggian 121 meter ini. Penggagas atau pembuat patung GWK ini bernama I Nyoman Nuarta. Patung ini merupakan patung tembaga yang terbesar di dunia yang ketinggiannya mengalahkan patung Liberty yang tingginya 93 meter. 
Patung Garuda Wisnu Kencana, Patung Terbesar Di Bali
Patung GWK Bali

Patung GWK merupakan patung yang mengambil bentuk berupa Dewa Wisnu yang mengendarai Burung Garuda. Dalam kepercayaan umat Hindu, Dewa Wisnu merupakan dewa sebagai pemelihara alam semesta, sehingga patung GWK ini sangat cocok sebagai ikon misi penyelamatan lingkungan dan dunia, di mana akhir-akhir ini marak terjadi pengerusakan lingkungan.

Patung ini dikeliling oleh tebing-tebing kapur nan eksotis. Tentunya dari tebing-tebing kita bisa melihat patung GWK yang menjulang tinggi, sungguh pemandangan yang mempesona. Uniknya penyangga patung GWK merupakan sebuah bangunan yang berlantai 23 yang di dalamnya terdapat ruangan-ruangan. Di dalam ruangan ini pengunjung dapat melihat sejarah perjalanan pembuatan patung ini yang mulai digagas hingga bisa berdiri seperti sekarang ini.
Patung Garuda Wisnu Kencana, Patung Terbesar Di Bali
Patung GWK

Berkunjung ke patung GWK tidak hanya disajikan patung raksasa lho, pengunjung juga akan disajikan tari-tarian budaya Bali dan kesenian lainnya seperti pertunjukan Rindik (musik khas Bali yang terbuat dari Bambu), tari Barong, dan Garuda Wisnu Ballet. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pertunjukan Joged Bumbung dan Tari Kecak.

Patung GWK ini berdiri kokoh di atas perbukitan kapur sehingga wisatawan dapat melihat patung ini dari berbagai kawasan wisata terkenal seperti dari Tanah Lot, Pantai Sanur, pantai Kuta, bahkan dapat dilihat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Tol Bali Mandara. Apalagi tempat wisata ini sejalur dengan objek wisata terkenal lainnya di Bali seperti objek wisata Pantai kedonganan, Pantai Muaya, Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, dan objek wisata Uluwatu yang terkenal dengan pertunjukan tari kecaknya. Akses untuk menuju objek wisata ini sangat mudah sekali karena dekat dengan bandara yang berjarak sekitar 11,5 km dari Bandara Ngurah Rai atau dengan waktu tempuh sekitar 28 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Silahkan baca juga: tempat wisata keren sekitar GWK

Jadi jika berlibur ke bali jangan lupa untuk mengunjungi lokasi Patung GWK ini ya. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah saat mengunjungi tempat ini. Semoga ini dapat dijadikan refrensi dalam mengisi liburan anda ke Bali. Semoga liburan anda menyenangkan, salam longtriper.
Iklan