free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Populer Di Tabanan Selain Tanah Lot
T10/01/2018

Inilah Tempat Wisata Populer Di Tabanan Selain Tanah Lot

Iklan
Iklan

Siapa yang tidak tahu objek wisata Tanah lot Bali. Gaungnya sudah melegenda hingga ke mancanegara akan keindahan dan keunikan tempat wisata ini. Bahkan tempat wisata ini menjadi ikon pariwisata pulau Bali. Dari data Badan Pusat Statistik Pariwisata Bali, dari tahun ke tahun objek wisata Tanah Lot mendapat kunjungan terbanyak di Bali, baik dari kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara.

Wisatawan tertarik mengunjungi tempat wisata Tanah Lot karena tenpat ini benar-benar unik, di mana di sini terdapat sebuah tempat suci umat Hindu (Pura) yang berada di tengah laut yang bernama Pura Tanah Lot. Jika air laut sedang pasang, Pura Tanah Lot ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Sedangkan jika air laut sudah mulai surut, daratan yang menghubungkan pura ini akan terlihat. Bagi pecinta sunset, Tanah Lot merupakan surganya untuk menyaksikan sunset di Bali. Pada saat menjelang matahari tenggelam, momen-momen inilah yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot yang berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.
 
Inilah Tempat Wisata Populer Di Tabanan Selain Tanah Lot
Tempat wisata Tanah Lot Tabanan Bali

Selain Tanah Lot, Kabupaten Tabanan juga memiliki tempat populer lainnya yang layak untuk dikunjungi jika berlibur ke Bali khususnya ke kabupaten Tabanan Bali. Berikut Admin bagikan beberapa tempat wisata populer di Tabanan selain Tanah Lot.
                                          
1. Alas Kedaton
Objek wisata Alas Kedaton merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di pulau Bali, khususnya di kabupaten Tabanan. Di tempat wisata ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Alas Kedaton. Pura ini terletak di tengah hutan yang dihuni oleh ribuan kera dan ratusan kelelawar besar. Jadi dapat dikatakan bahwa objek wisata ini hampir mirip seperti Sangeh Monkey Forest. Monyet di hutan Alas Kedaton sangat ramah dan sangat dekat dengan pengunjung karena mereka selalu memberinya makan dengan kacang-kacangan dan makanan ringan lainnya. Tetapi meskipun monyetnya ramah, pengunjung dihimbau agar tetap berhati-hati, karena mereka juga bisa menyerang ketika mereka merasa terganggu. Objek wisata Alas Kedaton berada di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Air Terjun Pengempu
Objek wisata lainnya yang populer di Tabanan selain Tanah Lot yakni Air terjun Pengempu. Keunikan dari Air Terjun Pengempu yakni air terjun ini seperti dihimpit dua buah tebing batu yang sangat kokoh. Suasana sekitar air tejun masih sangat alami dengan pepohonan rindang dan menghijau. Kita bisa berendam di kolam yang berada tepat jatuhnya air terjun ini. Selain berendam, air terjun ini kerap digunakan sebagai latar untuk berfoto selfi oleh anak muda. Dari objek wisata Alas Kedaton hanya berjarak sekitar 12,8 km yang berada di Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

3. Ulun Danu Beratan
Kabupaten Tabanan memiliki sebuah danau dan merupakan danau terbesar kedua di Bali yang bernama danau Beratan. Keindahan Danau Beratan ditambah adanya Pura Ulun Danu di tengah danau menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan Nusantara lho, objek wisata ini juga dikunjungi oleh turis luar negeri karena tempatnya benar-benar ikonik. Banyak spot untuk berfoto-foto di lokasi ini dengan latar belakang pura Ulun Danu Beratan yang unik ataupun berlatar belakang danau Beratan. Objek wisata Ulun Danu Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

4. Air Terjun Leke Leke
Air terjun lainnya yang populer di Tabanan selain Air Terjun Pengempu adalah Air Terjun Leke-Leke. Nama lain dari Air terjun Leke-leke yakni Air Terjun Kipuan Kebo yang artinya tempat berkubang kerbau. Walaupun debit airnya tidak begitu besar namun pesona yang ditawarkan sangat menawan dengan latar pohon pakis yang menghijau. Untuk mengakses air terjun ini kita harus melalui jalan setapak melewati perkebunan milik warga dengan hawa udara yang sejuk dan alami. Air terjun Leke Leke berada di Banjar Kerobokan, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tempat wisata ini masih satu jalur dengan objek wisata Bedugul.

5. Wisata Alam Jatiluwih
Desa Jati luwih merupankan areal persawahan yang berundak-undak (terasering) yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain menawarkan pesona keindahan persawahan, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking. Sejauh mata memandang hanya persawahan memukau yang bisa dilihat. Akan sangat baik jika berkunjung ke kawasan ini pada saat musim cocok tanam, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani seperti membajak sawah, menanam padi, dan lain sebagainya. Tidak hanya keindahan alam persawahan yang memukau mata, di sini juga terdapat air terjun Yeh Ho yang memilki air yang segar dan jernih. Wisata Alam Jatiluwih berada di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

6. Pantai Soka
Pantai Soka memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pada bagian timur pantai ini akan terlihat Gunung Agung sedangkan di sebelah barat pantai terbentang kebun kelapa dan hamparan persawahan yang tertata rapi dengan gugusan perbukitan dan Gunung Batukaru yang mempesona. Di pantai Soka terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet. Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah museum yang memajang puluhan ogoh-ogoh (patung raksasa yang diarak pada saat sebelum perayaan Nyepi di Bali) berbagai jenis. Di pantai ini juga terdapat sebuah restoran dan pusat oleh-oleh khas Bali. Tempat ini semakin populer dikalangan wisatawan karena lokasinya berada di sebelah kiri jalan utama Denpasar-Gilimanuk. Jika kamu berlibur ke objek wisata Bali Barat dari arah Denpasar pasti akan menemukan objek wisata pantai Soka ini yang berlokasi di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

7. Air Panas Penatahan
Tabanan tidak hanya menawarkan objek wisata pantai yang indah, juga menawarkan ojek wisata pemandian air panas lho. Salah satu objek wisata pemandian air panas yang populer di Tabanan yakni air panas Penatahan. Air Panas Penatahan sangat pas dikunjungi jika sudah lelah jalan-jalan menikmati pesona keindahan alam tabanan. Pengunjung bisa merelaksasi diri dengan berendam di kolam pemandian air panas. Air panas ini mengandung belerang dan mineral lainnya yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Lokasi objek wiasata air panas penatahan berada di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

8. Pantai Yeh Gangga
Tabanan tidak hanya memiliki objek wisata alam pegunungan yang indah, juga memiliki pantai yang eksotis. Pantai Yeh Gangga merupakan salah satu pantai yang populer dikalangan wisatawan karena memiliki keunikan dan keindahan tiada tara. Pantai ini merupakan pantai pasir hitam dengan panorama yang indah serta keadaan pantai yang masih tenang dan nyaman. Pada saat sore pengunjung bisa menyaksikan pesona matahari terbenam. Uniknya, kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Pada saat air laut surut, pengunjung bisa naik ke atas batu karang tersebut dan melihat pesisir pantai yang membentang luas ke selatan. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati, pokoknya keren guys. Lokasi pantai Yeh Gangga berada di Jalan Yeh Gangga, Desa Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

9. Kebun Raya Bali
Kebun Raya Bali (Bali Botanical Garden) memiliki nama lain Kebun Raya Eka Karya Tabanan merupakan salah satu hutan lindung yang dapat berfungsi sebagai penyuplai udara bersih di dunia, sehingga kawasan ini memiliki udara yang sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga. Kebun yang memiliki luas sekitar 50 hektar dengan koleksi 2000 lebih spesies flora yang beberapa diantaranya adalah tumbuhan langka. Uniknya, di kebun raya ini terdapat rumah kaca yang berisi koleksi puluhan jenis tanaman kaktus. Lokasi Kebun Raya Bali berada di Jalan Kebun Raya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

10. Pantai Kelating
Selain pantai Yeh Gangga, Tabanan juga menawarkan objek wisata Pantai Kelating yang eksotis. Pantai Kelating sangat bagus digunakan untuk tempat berekreasi bersama keluarga karena memiliki hamparan pasir hitam yang luas dan landai. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak cukup besar, sehingga sangat bagus untuk bermain surfing. Pantai kelating merupakan pantai sunset, sehingga pada sore hari pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pesona matahari tenggelam dari pantai ini. Sangat bagus untuk sekedar nongkrong di pantai ini sambil melihat indahnya sunset di sore hari. Tempat ini benar-benar populer di Tabanan, terbukti banyak yang mengunggah foto tentang pantai ini di media sosial Intargram. Sesuai dengan namanya, pantai Kelating berada di Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali

11. Pantai Balian
Pantai Balian memiliki pemandangan laut biru dibarengi gulungan ombak yang tinggi serta suasana tenang di sekitarnya cukup membuat pengunjungnya terkesima. Pantai ini juga jadi incaran para surfer kelas dunia karena memiliki ombak yang sangat bagus. Tidak jauh dari pantainya, terdapat sebuah tebing yang bernama tebing Balian, sangat cocok untuk berfoto di lokasi ini karena tempatnya Instagramable. Sekitar pantai terdapat pohon kelapa yang hijau dengan daun yang terpa sang bayu, sungguh pemandangan yang indah. Lokasi pantai Balian ini berada di Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali

12. Pantai Kedungu
Pantai Kedungu menjadi populer di kalangan wisatawan karena menyajikan pemandangan yang indah. Pantai ini merupakan pantai pasir hitam yang memiliki gelombang laut yang cocok untuk surfing. Selain itu, pantai ini dikelilingi oleh pemandangan persawahan yang hijau sehingga menambah indah panorama di Pantai Kedungu. Pantai Kedungu cocok digunakan sebagai lokasi camping karena ada beberapa tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Lokasi pantai Kedungu berada di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Nah itu beberapa tempat wisata populer di Tabanan selain Tanah Lot yang mungkin bisa dijadikan rujukan dalam mencari tempat berlibur di Bali khususnya di Tabanan. Tidak hanya itu saja, masih banyak tempat wisata populer lainnya di Tabanan seperti Taman Kupu-Kupu Tabanan, Museum Subak, Puri Agung Tabanan dan Puri Agung Kerambitan, Bendungan Telaga Tunjung dan Pura Luhur Watukaru.


Apalagi baru-baru ini banyak ditemukan air terjun yang indah di Tabanan yang mungkin nantinya tempat-tempat tersebut akan menjadi populer. Ayo berkunjung ke Tabanan Guyssss. Salam Longtriper.
Iklan