free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Sidemen Karangasem Bali
T11/25/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Di Sidemen Karangasem Bali

Iklan
Iklan

Sidemen merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Karangasem, yang memiliki luas wilayah sekitar 35,15 km². Kecamatan ini terbagi menjadi 10 desa yakni Desa Kertha Buana, Desa Lokasari, Desa Sangkan Gunung, Desa Sidemen, Desa Sinduwati, Desa Talibeng, Desa Tangkup, Desa Telaga Tawang, Desa Tri Eka Buana, dan Desa Wisma Kerta.
Inilah 10 Tempat Wisata Di Sidemen Karangasem Bali
Pesona persawahan terassering di Sidemen

Daerah Sidemen merupakan daerah pengunungn dengan hawa udara yang sejuk. Kecamatan ini didominasi dengan panorama gunung, bukit, tegalan dan persawahan yang menghijau. Di tangah-tengah kecamatan Sidemen mengalir sungai Yeh Unda. Sungai ini sangat penting sekali sebagai sumber irigasi yang mengairi persawahan di kecamatan ini.

Sidemen terkenal sebagai sentra penghasil kain songket Bali atau dikenal juga dengan nama Songket Sidemen. Kain songket ini peminatnya tidak hanya dari warga lokal yang digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan, juga sangat diminati oleh wisatawan luar negeri lho. Apalagi kini kain songket sidemen sudah dijadikan produk olahan lainnya seperti tas dan dompet. Tidak hanya sebagai penghasil kain songket khas Bali, sidemen juga memiliki beberapa tempat wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

1. Bendungan Sungai Yeh Unda Hulu
Bendungan Sungai Yeh Unda Hulu ini hampir mirip seperti bendungan kali unda yang ada di Dawan, Klungkung. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan tirai air terjun yang sangat indah. Bendungan ini difungsikan untuk mengairi sawah yang ada banjar Tabola dan sekitarnya. Selain berfungsi sebagai saluran irigasi, bendungan Tukad Yeh Unda Hulu berfungsi sebagai tempat nongkrong yang asik. Tempatnya yang sangat Instagramable membut tempat ini banyak dikunjungi oleh kaula muda yang gemar hunting foto.

2. Cepik
Cepik merupakan nama sebuah daerah yang terletak di banjar Tabola, desa Sidemen. Di cepik para wisatawan dapat melihat keindahan Pura Bukit Sangkan Gunung dan Gunung Agung yang menjulang tinggi. Hamparan sawah yang berundak-undak juga ikut menambah keindahan daerah ini. Di Cepik terdapat art shop yang menjual kain songket, bahkan di art shop ini pengunjung bisa melihat proses pembuatan kain songket sidemen secara langsung. Jika mengalami kelelahan dan ingin menikmati suasana di Cepik wisatawan bisa menyewa villa dan menginap untuk beberapa hari untuk merasakan suasana pedesaan Sidemen.

3. Jembatan Kuning Yeh Unda
Tidak perlu jauh-jauh ke Lemongan untuk sekedar berfoto-foto dengan latar belakang jembatan kuning. Di Sidemen juga terdapat jembatan kuning sebagai spot berfoto yang Instagramable banget. Kini jembatan ini sedang ngehits di sosial media, sehingga banyak dikunjungi oleh anak muda hanya sekedar berfoto-foto. Jembatan yang unik ini berada di perbatasan Banjar Dukuh dengan desa Sidemen yang membentangi Tukad Yeh Unda. Jembatan kuning ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan sepeda motor.

4. Panorama Lembah Bodog
Lembah bodog menawarkan pesona lembah sungai atau Tukad Telaga Waja yang sering digunakan sebagai tempat rafting yang sangat populer di Bali. Di sini kita bisa melihatnya hijaunya sungai telaga waja diantara aliran airnya yang jernih. Gunung Agung yang menjulang tinggi dapat dilihat dari tempat ini. Selama perjalanan menuju lembah ini, kita akan disuguhkan dengan pesona sawah dengan aktivitas para petani yang menggarap lahan pertanian.

5. Pura Petemon Sanggem
Di Pura Petemon yang berada di Banjar Sanggem Desa Sangkan Gunung ini kita disajikan pemdangan alam dengan persawahan serta pegunungan yang sangat indah. Berbeda dengan cepik di mana kita melihat keindahan alam dari bawah, justru di Pura Petemon kita melihat pemandangan alam dari ketinggian atau dari atas bukit. Kita bisa melihat pemandangan alam di kecamatan sidemen bagian timur dengan hamparan sawah yang luas yang dibatasi oleh gunung Dwangga yang menghijau.

6. Sidemen Swing
Sidemen juga memiliki tempat wisata yang memacu adrenalin yakni ayunan yang super tinggi yang bernama Sidemen Swing. Ini merupakan tempat wisata baru di Sidemen. Selain itu, di sini juga ada agrowisata kopi luwak yang sangat terkenal rasanya yang sangat nikmat.

7. Patal Kikian
Patal Kikian merupakan sebuah perbukitan. Di sini pengunjung akan disajikan panorama alam berupa pesona dengan gunung Agung yang menjulang tinggi dan persawahan yang sangat indah. Di sini sudah ada villa untuk tempat menginap bagi yang ingin menikmati suasana malam hari di Sidemen.

8. Persawahan Banjar Dukuh-Ogang
Masyarakat di kecamatan Sidemen hampir sebagian besar bekerja di sektor pertanian, sehingga di Sidemen banyak terdapat sawah yang masih dikerjakan secara tradisonal. Karena wilayah Sidemen sebagian besar wilayahnya berbentuk pegunungan, oleh karena itu sawah di sidemen berbentuk terasering (berundak-undak). Nah sawah yang berundak-undak inilah jadi keunikan dan daya tarik wisatawan yang datang ke Sidemen. Salah satu spot untuk melihat sawah terassering di Sidemen adalah di Banjar Dukuh-Ogang. Untuk melihat panorama yang sangat indah, datanglah pada musim tanam padi.

9. Desa Iseh
Iseh merupakan nama sebuah desa yang terletak paling utara kecamatan Sidemen dan berbatasan langsung dengan kecamatan Selat. Iseh terkenal dengan keindahan alamnya berupa panorama persawahanya yang terasering dan pesona gunung Agung yang menjulang tinggi. Di sana juga dapat membeli buah salak Bali yang dijajakan sepanjang jalan di jalur Amlapura – Klungkung.

10. Pura Bukit Sangkan Gunung
Pura Bukit Sangkan Gunung terletak di Desa Sangkan Gunung. Untuk mencapai pura ini harus menaiki anak tangga yang banyaknya sekitar 200 anak tangga. Dari areal pura bukit kita bisa melihat keindahan alam Sidemen dari ketinggian. Jika memandang ke utara tersaji panorama gunung agung yang menjulang tinggi dan jika menghadap ke timur terlukisakan pemandangan alam dan pemukiman penduduk desa Sidemen dengan gunung Dwangga sebagai backgroundnya.
Iklan