free counter with statistics Inilah 8 Buah Buahan Paling Populer Di Bali
T2/08/2019

Inilah 8 Buah Buahan Paling Populer Di Bali

Iklan
Iklan

Bali sebagai daerah tujuan wisata tentu menjadi incaran para traveler yang ingin mencoba uniknya budaya dan alam Bali. Berlibur ke Bali tidak akan lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau untuk teman. Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk keluarga atau teman ketika berlibur ke Bali, salah satunya adalah buah-buahan khas Bali. Berikut admin bagikan beberapa buah-buahan paling populer di Bali yang bisa dijadikan buah tangan.
Inilah 8 Buah Buahan Paling Populer Di Bali
Buah paling populer di Bali

1. Salak Bali
Buah Salak Bali memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan salak lainnya seperti memiliki daging buahnya tebal, berwarna putih kekuningan, rasa manis bercampur asam, teksturnya renyah, dan bijinya kecil-kecil. Sentra pembudidayaan salak Bali berada di Desa Sibetan, Kabupaten Karangasem. Namun buah ini sangat muda di dapat di Bali, karena hampir semua swalayan yang ada di Bali menjual buah salak Bali. Apalagi produksi Salak Bali tidak mengenal musim sehingga ketersediaannya selalu terpenuhi dan jarang terjadi kehabisan stok. Tempat wisata di Bali yang menyediakan buah salak Bali sebagai oleh-oleh adalah tempat wisata besakih dan tempat wisata kintamani. Tetapi buah ini dapat juga dibeli di pasar tradisional dan pasar swalayan di Bali.

2. Jeruk Kintamani
Sesuai dengan namanya, buah jeruk dari Pulau Dewata ini tumbuh di Kintamani yang merupakan daerah dataran tinggi dengan curah hujan besar dan dengan hawa yang sangat sejuk sepanjang hari. Buah ini sangat mudah sekali didapatkan jika berlibur ke tempat wisata Kintamani. Sepanjang pinggir jalan penelokan kintamani berjejer pedagang buah jeruk kintamani yang menggoda dan tentunya rasanya juga manis. Kualitas jeruk ini sudah diakui pasar karena memiliki rasa yang segar, manis, ukuran yang lebih besar, kulit yang tipis dan mulus dibandingkan buah jeruk dari daerah lain. Buah ini sangat pas sekali dijadikan oleh-oleh ketika belibur ke tempat wisata Kintamani. Apalagi di kintamani terdapat agrowisata jeruk kintamani yang siap menyambut kunjungan para wisatawan. Di agrowisata jeruk kintamani, para pengunjung bisa mempelajari bagaimana pembudidayaan jeruk kintamani dan pengunjung bisa memetik secara langsung buah jeruk kintamani dari pohonnya.

3. Durian Bali
Durian merupakan salah satu buah populer di kalangan masyarakat Bali. Untuk menikmati rasa durian di Pulau Bali, harus datang pada bulan-bulan panen durian. Biasanya untuk awal panen buah durian khas Bali pada sekitar bulan Oktober. Sentra pembudidayaan durian di bali berada di kabupaten Tabanan, Bangli, Buleleng dan Karangasem. Jika menginginkan harga durian lebih murah maka datanglah pada musim panen di daerah sentra penghasil durian di Bali. Buah yang memiliki bau sangat menyengat ini memiliki banyak jenis lho, seperti durian montong, durian daging merah, dan banyak lagi jenis lainnya.

4. Pisang
Buah-buahan paling populer di Bali berikutnya adalah buah pisang. Struktur tanah dan iklim di Bali sangat cocok untuk dijadikan perkebunan pisan, sehingga banyak terdapat perkebunan pisang di Bali. Buah ini juga sangat mudah sekali ditemukan di tempat wisata kintamani. Buah pisang yang paling populer yang dijual oleh pedangang di tempat wisata adalah pisang mas dengan bulir buah yang kecil-kecil namun memiliki rasa yang sangat manis.

5. Manggis
Buah manggis di bali menjadi sebuah ungkapan “selem-selem buah manggis” yang artinya “hitam-hitam buah manggis”. Ungkapan ini ditunjukan oleh orang yang memiliki kulit hitam tapi memiliki senyuman yang manis. Buah manggis ini memiliki banyak manfaat, bahkan kulit buah manggis bisa dijadikan obat lho, sehingga banyak petani di Bali yang menanam pohon manggis. Sama seperti durian, buah manggis juga buah musiman sehingga akan sangat mudah didapatkan jika pada musim panen sekitar bulan Maret yang merupakan puncak panen buah manggis di Bali. sentra pembudidayaan buah manggis di Bali berada di Kabupaten Tabanan. Bahkan buah manggis di Tabanan di ekspor hingga ke luar negeri lho.

6. Strawbery
Surga buah strawbery di Bali berada di tempat wisata Bedugul. Sepanjang jalan sekitar Pasar Bedugul Candikuning banyak pedagang yang menjual buah strawbery yang sudah bungkus dengan rapi dan dengan harga yang terjangkau. Bagi yang ingin memetik buah strawbery secara langsung bisa berkunjung ke Strawberry Farm & Restaurant. Tempat wisata ini menawarkan layanan memetik buah strawberry langsung dari kebun. Kawasan bedugul memiliki hawa udara yang sangat sejuk sehingga memetik buah strawbery di kebun ini bisa dilakukan pada siang hari. Selain itu, Bali Strawberry Farm & Restaurant juga menyediakan segala jenis makanan yang berbahan dasar strawberry lho.

7. Anggur Bali
Anggur kini menjadi salah satu buah populer di Bali, bahkan di dunia lho. Sentra pembudidayaan Anggur Bali berada di kabupaten Buleleng yakni di Kecamatan Seririt, Banjar dan Gerokgak. Potensi budidaya Anggur Bali sudah terkenal sejak puluhan tahun silam. Perkembangan budidaya anggur yang terus meningkat membuat banyak petani di Kabupaten Buleleng menekuni usaha ini. Aanggur Bali dapat dikonsumsi dalam bentuk buah segar maupun olahan seperti minuman (wine). Buah ini sangat mudah sekali didapatkan jika berlibur ke tempat wisata pemandian air panas Banjar karena sepanjang perjalanan dari tempat wisata Lovina hingga menuju pemandian air panas terdapat pedagang yang menjual buah anggur segar di pinggir jalan raya jurusan Singaraja – Seirit.

8. Markisa
Tanaman Markisa di Bali sudah sudah lama ditanam oleh petani, terutama di wilayah dataran tinggi seperti di Bedugul dan Kintamani. Janis markisa yang paling populer di Bali adalah Markisa Kuning yang banyak mengandung Vitamin C yang cocok untuk daya tahan tubuh, mencegah penyakit Kanker, Jantung dan Asma. Di Desa Pelaga buah markisa ini diolah menjadi minuman dalam kemasan lho. Bagi yang kebetulan berlibur ke tempat wisata kintamani atau bedugul, cobalah membeli buah yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau untuk teman.
Iklan