free counter with statistics Inilah Event Di Bali Tahun 2019 Wajib Diketahui
T2/10/2019

Inilah Event Di Bali Tahun 2019 Wajib Diketahui

Iklan
Iklan

Bali sebagai tujuan wisata dunia tidak hanya menyuguhkan panorama pantai pasir putih, tetapi juga menawarkan atraksi seni dan budaya Bali yang adi luhung. Bagi yang ingin mengenal kesenian dan budaya Bali, berikut beberapa even di Bali sepanjang tahun 2019 yang bisa dijadikan referensi dalam mengisi liburan di Pulau Dewata Bali.

Sanur Village Festival, Mengenal Keberagaman Budaya Sanur
Parade budaya di Bali


Event Di Bali Bulan Januari 2019

1. Suwat Water Garden Festival (1 Januari 2019)
Event tahunan ini diadakan di Desa Wisata Suwat dengan mengambil tema “Bersatu Dengan Air”. Pada even yang unik ini, warga akan tumpah ruah ke jalan raya bermain air. Tidak hanya melibatkan warga Desa Suwat, bahkan warga dari lain desa juga bisa ikut terlibat, tidak mau ketinggalan juga turis mancanegara ikut dalam kegembiraan tersebut.

2. Mekotek (5 Januari 2019)
Mekotekan merupakan tradisi tolak bala dari Desa Munggu dengan tujuan untuk memohon keselamatan. Pada pelaksanaan tradisi ini, para pria dari Desa Adat Munggu membawa sebuah tongkat kayu. Ritual ini diawali dengan memohon keselamatan di Pura Desa, kemudian mengelilingi desa dengan membawa tongkat kayu. Setelah itu, mereka pun menyatukan tongkat-tongkat tersebut hingga membentuk menyerupai piramida. Ketika sudah kokoh dan kuat, seorang warga pun ada yang berani naik di atas tumpukan kontak tersebut.

Event Di Bali Bulan Februari 2019

1. Tahun Baru Imlek (5 Februari 2019)
Penyambutan tahun baru Cina ini dilakukan di Klenteng Ling Gwan Kiong yang berlokasi di bekas Pelabuhan Buleleng kawasan Kelurahan Kampung Bugis, Kota Singaraja, Kecamatan Buleleng.

2. HUT Kota Denpasar (27 Februari 2019)
Untuk memperingati berdirinya kota Denpasar pemerintah kota madya Denpasar biasanya melakukan berbagai kegiatan, baik di bidang seni, budaya dan olah raga. Pada puncak Hut Kota Denpasar pada malam harinya biasanya dimeriahkan dengan “Malam Apresiasi”, di mana para seniman dan artis Bali tampil penuh ekspresi karena benar-benar memanfaatkan ruang kreativitas yang disiapkan Pemerintah Kota Denpasar.

3. Pantai Berawa Festival (22 – 25 Februari 2019)
Pergerlaran Festival Pantai Berawa bertujuan untuk mempromosikan daerah tujuan wisata pantai di Kecamatan Kuta Utara. Dalam kegiatan ini akan diadakan berbagai ekspresi seni pertunjukan dan pameran.

Event Di Bali Bulan Maret 2019
1. Parade Ogoh-Ogoh (6 Maret 2019)
Pawai ogoh-ogoh (patung raksasa yang diarak) berlangsung serempak sehari menjelang Hari Raya Nyepi. Persiapan pawai biasanya telah dimulai sejak sore dan pawai akan berlangsung hingga menjelang tengah malam. 

2. Tradisi Megoak-Goakan (8 Maret 2019)
Megoak-Goakan merupakan tarian tradisional rakyat khususnya khas Desa Panji, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng yang biasanya dipentaskan menjelang Hari Raya Nyepi tiba. Ketika merayakan acara Megoak-Goakan ini suasana kekeluargaan dan kegembiraan warga yang merayakannya akan sangat terasa sekali.

3. HUT Kota Singajara (30 Maret 2019)
Untuk memperingati hari jadi Kota Singaraja biasanya pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan berbagai acara tiap tahunnya, seperti parade budaya, lomba seni dan budaya, dan pesta rakyat.

4. 101 Travel Sketch (1 – 3 Maret 2019)
Event yang memiliki komunitas ketertarikan untuk melestarikan seni, budaya, serta beragam tempat warisan lokal. Acara yang diadakan selama tiga hari dari tanggal 1 hingga 3 Maret 2019 ini telah mampu menarik perhatian dari seluruh dunia sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017.

5. Bali Spirit Festival (2 – 8 Maret 2019)
Bali Spirit Festival merupakan festival yoga paling populer di dunia. Tidak tanggung-tanggung ribuan peserta dari berbagai belahan dunia ikut meramaikan acara ini tiap tahunnya. Para peserta akan disuguhkan dengan pesta kebudayaan, kegiatan yoga, tari-tarian, dan pertunjukan musik.

6. Omed-Omedan (8 Maret 2019)
Omed-omedan adalah upacara yang diadakan oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Desa Sesetan, Kota Denpasar yang diadakan setiap tahun. Omed-omedan diadakan setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni.

Event Di Bali Bulan April 2019

1. Festival Gianyar (10 – 19 April)
Untuk memeriahkan HUT Kota Gianyar pada tanggal 19 April tiap tahunnya, pemerintah kabupaten Gianyar menggelar Festival Ginayar dengan berbagai kegiatan didalamnya dan hiburan untuk masyarakat, salah satunya adalah kegiatan Parade Budaya dari tiap kecamatan di Kabupaten Gianyar. Selain itu juga biasanya diadakan kegiatan lomba-lomba bidang seni. Pameran-pameran juga tidak ketinggalan untuk diadakan dalam rangka memeriahkan Festival Gianyar tersebut.

2. Ubud Food Festival (26 – 28 April 2019)
Food Festival Ubud merupakan acara kuliner terpopuler di Asia Tenggara yang menampilkan aneka masakan di Indonesia. Ubud Food Festival mampu menarik ribuan wisatawan khususnya pecinta kuliner dari dalam negeri mapupun luar negeri. Ubud Food Festival bertujuan untuk memperkenalkan makanan Indonesia khas raja-raja. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan atraksi seni dan budaya tradisional, menyelenggarakan seminar tentang dunia pariwisata, dan pameran produk kreatif.

3. Festival Semarapura (28 April – 1 Mei 2019)
Festival Semarapura diadakan serangkaian dengan peringatan hari jadi ibu kota Kabupaten Klungkung diperingati setiap tanggal 28 April. Selain memperingati hari jadi kota Semarapura juga diadakan upacara peringatan hari terjadinya perang Puputan Klungkung. Perang Puputan Klungkung terjadi tanggal 28 April 1908 merupakan wujud nyata dari jiwa dan semangat patriotisme masyarakat Klungkung dimasa lalu yang merupakan tonggak sejarah penentu arah perjuangan bangsa kita. Untuk memeriahkan kegiatan ini pemerintah kabupaten Klungkung mengadakan berbagai lomba yang berkaitan dengan  seni, budaya, dan olahraga. Selain itu juga diadakan kegiatan pameran, pasar murah, parade kesenian tari, dan lain-lain. Festival Semarapura diadakan bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata kabupaten Klungkung.

 Event Di Bali Bulan Mei 2019

1. Festival Bahari Badung (9 – 25 Mei 2019)
Event ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan ke bali khususnya di Kabupaten Badung melalui berbagai event dengan tema bahari.

2. Bali Blues Festval (9 – 25 Mei 2019)
Event ini bertujuan untuk mendukung kegiatan kepariwisataan di Bali dan memberikan ruang kepada musisi Blues untuk berkarya dan tampil.

3. Festival Seni Buleleng (17 – 21 Mei 2019)
Ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Buleleng dalam rangka penggalian, pelestarian, dan pembinaan seni budaya Bali yang ada di Kabupaten Buleleng.

4. HUT Kota Bangli (10 Mei 2019)
Untuk memeriahkan hari ulang tahun kota Bangli biasanya diadakan parade budaya yang tujuannya sebagai wahana bagi seniman untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni dan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Bangli.

 Event Di Bali Bulan Juni 2019

1. Bali & Beyond Travel Fair (26 – 30 Juni 2019)
Sebuah perhelatan besar bagi kalangan industri pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri dengan mempromosikan keanekarragaman potensi wisata yang dimiliki oleh negara Republik Indonesia.

2. Buleleng Education Expo (2 – 6 Juni 2019)
Kegiatan ini menampilkan berbagai potensi dan prestasi dalam ajang pendidikan di Bali Utara (kabupaten Buleleng) yang juga diadakan kegiatan pameran dan berbagai macam hiburan tradisional dan modern.

3. PKB Denpasar (23 Juni – 21 Juli 2019)
Dalam Pesta Kesenian Bali akan disajikan berbagai suguhan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Dalam pembukaan festival seni ini, akan diadakan pawai kesenian dari masing-masing delapan kabupaten dan satu kota madya yang ada di Bali. Tiap-tiap kabupaten dan kota madya yang ada di Bali akan memparadekan busana khas daerah, serta pertunjukan tari dan gambelan khas kabupaten masing-masing. Di sini kita bisa melihat perbedaaan, keunikan dan ciri khas seni dan budaya masing-masing daerah di Bali. Tidak hanya dimeriahkan oleh kabupaten dan kodya masing-masing di Bali, bahkan dari daerah lain di indonesia juga ikut meramaikan acara ini dengan menampilkan busana dan keseniannya yang khas. Bahkan kesenian dari Negara lain juga ikut diparadekan pada kesempatan ini.

4. Karangasem Festival (14 – 27 Juni 2019)
Karangasem Festival diadakan dalam rangka perayaan HUT Kota Amlapura yang jatuh tanggal 22 Juni. Hari ulang tahun Kota Amlapura merupakan pesta rakyat bagi warga kabupaten karangsem yang. Untuk memeriahkan HUT kota Amlapura maka pemerintah kabupaten karangasem akan mengadakan berbagai acara, misalnya pawai budaya, parade kesenian tradisional dan berbagai pameran. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi untuk mengembangkan potensi wisata dan perekonomian yang dapat memajukan masyarakat Karangasem.

5. Tenganan Festival (24 – 25 Juni 2019)
Festival ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian upacara adat di desa Tenganan Pegringsingan Kabupaten Karangasem yang disebut dengan Usaba Sambah dengan mengadakan perang pandan atau mekare-kare yang bertujuan untuk memuja dewa Indra sebagai dewa perang. Dalam perang pandan atau Mekare-kare ini menggunakan pandan berduri untuk tradisi perang dan juga perisai dari rotan yang berfungsi sebagai tameng menangkis serangan lawan. Perang ini hanya diikuti oleh kaum pria yang sudah mulai menginjak dewasa. Pada saat perang para pria dewasa berhadap-hadapan satu lawan satu dengan segepok daun pandan berduri pada tangan kanan dan perisai pada tangan kiri dan seorang “wasit”. Setelah diberi aba-aba, maka kedua peserta saling serang, dengan menggeretkan pandan berduri punggung lawan.

6. Festival Surfing I (24 Juni 2019)
Festival ini diadakan untuk menggali potensi pemain surfing wisatawan lokal. Even ini dilaksanakan di pantai watu klotok yang terkenal sebagai spot surfing yang bagus di kabupaten klungkung.

Event Di Bali Bulan Juli 2019

1. Twinlake Festival (3 – 6 Juli 2019)
Festival ini diadakan untuk mempromosikan keindahan danau kembar miliki kabupaten Buleleng yakni Danau Buyan dan Danau Tamblingan ke dunia internasional. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan Danau Buyan dan Danau Tamblingan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui hasil-hasil pertanian, perkebunan, usaha kecil dan kerajinan.

2. Festival Surfing II (3 Juli 2019)
Surfing yang dilakukan oleh wisatawan lokal di Pantai Watu Klotok yang diselenggarakan oleh Pemda Klungkung bersama Lembongan Surf Team.

3. Festival Pertanian Badung (15 – 18 Juli 2019)
Festival Budaya Pertanian biasanya diadakan di kawasan Jembatan Tukad Bangkung Pelaga Petang, Badung. Even ini digelar bertujuan untuk menjaga pertanian kawasan Badung Utara, menggali semangat budaya pertanian dan menciptakan pasar produk pertanian yang langsung melakukan proses transaksi petani setempat. Dalam even ini akan ada kegiatan pawai budaya pertanian saat pembukaan festival, pameran produk pertanian, serta berbagai pementasan kesenian. Selain itu, ada kegiatan yang melibatkan warga setempat dan wisatawan seperti demo kuliner dan pasar rakyat, berbagai lomba terkait dengan budaya pertanian.

4. Pitik Kite Festival (18 Juli 2019)
Pitik Kite Festival diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Setia Remaja dari Bajar Pitik Pedungan, Denpasar. Dalam even ini pengunjung akan disuguhkan dengan ratusan layang-layang yang akan berlomba menunjukan ke elokannya di udara. Berbagai jenis layangan yang diperlombakan meliputi layangan janggan, bebean, pecukan dan layangan kreasi baru.

5. Mostly Jazz (19 Juli 2019)
Festival ini merupakan kegiatan musik yang menampilkan musisi-musisi jazz baik nasional maupun lokal temasuk berbagai hiburan dan kuliner bagi pecinta musik jazz.

6. Bali International Choir Festival (23 – 27 Juli 2019)
Even ini merupakan kompetisi paduan suara internasional dengan beragam aliran musik yang diikuti dari berbagai negara di belahan bumi ini seperti Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, China, Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Thailand, dan Indonesia.

7. Tulamben Festival (27 – 29 Juli 2019)
Tulamben Festival diadakan untuk memperkenalkan potensi desa Tulamben sebagai spot menyelam terbaik di Bali yang tujuannya untuk menarik kunjungan para turis luar negeri. Tulamben terkenal sebagai surga bagi penyelam yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa spektakuler.

8. Makepung Gubernur Cup (14 Juli 2019)
Even ini kembali diadakan oleh pemerintah kabupaten Jembrana setelah 10 tahun tidak pernah terdengar gaungnya. Even ini diharapkan bisa melestarikan budaya Makepung sekaligus meningkatkan kunjungan turis ke Kabupaten Jembrana.

 Event Di Bali Bulan Agustus 2019

1. Sanur Village Festival (21 – 25 Agustus 2019)
Sanur Village Festival menyuguhkan kegiatan bazaar, festival kuliner dan atraksi seni serta budaya. Sanur Village Festival menampilkan berbagai kegiatan kreatif yang mempu menarik banyak pengunjung tiap tahunnya, salah satunya adalah parade budaya yang biasanya diadakan pada pembukaan ataupun penutupan. Para wisatawan tidak hanya melihat keberagaman budaya masyarakat Sanur, namun ia turut terlibat menjadi bagian dari parade.

2. Mertasari Kite Festival (13 Agustus 2019)
Festival layang-layang ini diadakan di Pantai Mertasari yang merupakan salah satu pantai pasir putih paling populer di Bali. Dalam even ini pengunjung akan disuguhkan dengan ratusan layang-layang yang akan berlomba menunjukan ke elokannya di udara. Berbagai jenis layangan yang diperlombakan meliputi layangan janggan, bebean, pecukan dan layangan kreasi baru.

3. Bali Kite Festival (29 Agustus 2019)
Even ini melombakan ratusan layang-layang dengan ukuran super besar dari seluruh Bali yang diadakan di Pantai Padang Galak. Berbagai jenis layangan yang diperlombakan meliputi layangan janggan, bebean, pecukan dan layangan kreasi baru.

4. Tangsi Kite Festival (22 Agustus 2019)
Salah satu rangkaian lomba layang-layang yang diadakan di Pantai Sanur Bali. Biasanya even ini diadakan serangkaian dengan Sanur Village Festival.

5 Ubud Village Jazz Festival (16 – 17 Agustus 2019)
Even Jazz berskala internasional yang menampilkan konser musik jazz yang berkualitas dan melibatkan lokal bisnis serta komunitas-komunitas seni yang ada di Bali.

6. Kuta Sea & Land Fest (15 – 19 Agustus 2019)
Kuta Sea & Land Fest merupakan acara tahunan yang diadakan di Pantai Kuta. Pada acara ini biasanya diadakan kegiatan parade dari berbagai komunitas. Untuk start parade biasanya di mulai dari depan gapura utama pantai Kuta. Selain bisa menikmati suguhan parade budaya di Kuta Sea & Land Fest, pada sore harinya kita akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) di pantai Kuta.

7. Tanah Lot Festival (18 – 20 Agustus 2019)
Even ini diadakan di tempat wisata Tanah Lot yang tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Tabanan. Acara ini diisi oleh berbagai kegiatan seperti pagelaran seni tari, atraksi seni dan budaya, kuliner, pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), festival kopi, serta berbagai hiburan musik lainnya.

8. Buleleng Festival (2 – 6 Agustus 2019)
Even yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Buleleng ini akan menampilkan atraksi dari puluhan seniman baik lokal maupun nasional. Even ini merupakan ajang seni, budaya dan kuliner.

9. Lomba Jukung (8 Agustus 2019)
Even ini merupakan lomba perahu nelayan tradisional yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Event ini dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Buleleng dan biasanya diadakan di Panta Kerobokan.

10. Festival Surfing III (31 Agustus 2019)
Festival ini diikuti oleh para surfer lokal dan luar negeri yang diadakan di Pulau Penida yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Klungkung bersama Lembongan Surf Team.

11. Kite Festival (8 – 9 Agustus 2019)
Kabupaten Klungkung juga mengadakan lomba layang-layang tradisonal dengan ukuran raksasa yang siap mengiasai langit bumi serombotan.

12. Tirta Gangga Festival (24 – 26 Agustus 2019)
Even ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata Taman Tirta Gangga sebagai salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Karangasem. Taman ini merupakan taman air miliki kerajaan Karangasem yang sangat indah.

13. Karangasem Expo (14 – 27 Agustus 2019)
Kegiatan ini untuk memperkenalkan produk-produk lokal dari Karangasem.

14. Jembrana Festival (1 – 31 Agustus 2019)
Even ini merupakan kegiatan rakyat sekaligus mempromosikan potensi dan hasil-hasil pembangunan daerah. Dalam kegiatan ini juga serangkaian dengan HUT Kota Negara yang jatuh pada tanggal 15 Agustus. Untuk memperingati hari jadi kota Negara biasanya pemerintah kabupaten Jembrana mengadakan kegiatan-kegiatan yang memeriahkan HUT tersebut, misalnya parade budaya, lomba mekepung, pementasan Jegog, parade gong kebyar, dan lain-lain.

15. Makepung (11 Agustus 2019)
Even ini bertujuan untuk memeperkenalkan pariwisata kabupaten jembrana ke kancah internasional dan juga sekaligus untuk melestarikan tradisi Makepung.

16. Jembrana Kite Festival (19 Agustus 2019)
Festival layang-layang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Jembrana yang menampilkan berbagai macam bentuk layang-layang tradisional.

17. Medewi Road Rider Challenge (25 Agustus 2019)
Even surfing terbesar di kabupaten Jembrana ini diikuti oleh para surfer lokal, nusantara, dan internasional di Pantai Medewi yang terkenal sebagai spot surfing terbaik di Bali. even ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata kabupaten bumi makepung ini ke kancah internasional.

Event Di Bali Bulan September 2019

1. Taman Ujung Festival (15 – 17 September 2019)
Even ini diadakan di Taman Sukasada, Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem. Taman Ujung ini merupakan situs kerajaan miliki kerajaan karangasem berupa istana air yang dikelilingi kolam air.

2. Subak Festival (6 – 8 September 2019)
Festival ini diselenggarakan oleh Pemda Karangasem yang menginisiasi pertumbuhan sinergi pertanian dengan pariwisata serta masyarakat dalam menerapkan teknologi pertanian. Even ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki oleh kabupaten Karangasem.

3. Petitenget Festival (14 – 16 September 2019)
Dalam even ini aneka kegiatan seperti pertunjukan musik, wayang orang, tari tenun, kesenian Bali, food festival, berbagai lomba, juga menampilkan grup band lokal Bali, DJ nasional, hingga senam yoga tertawa massal.

4. Jatiluwih Festival (20 – 21 September 2019)
Dalam even ini berbagai tarian khas Bali ditampilkan pada festival tersebut. Bahkan beberapa UMKM serta BUMDes Tabanan turut serta memamerkan potensi lokal unggulan, mulai dari ragam kuliner jajanan Bali, berbagai macam kopi, teh dari beras merah, hingga ragam kerajinan anyaman bambu.

5. Maha Bandhana Prasadha (20 September 2019)
Festival ini diadakan untuk memperingati peristiwa Puputan Badung yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Denpasar. Dalam kegiatan ini akan diadakan parade seni dan budaya Bali.

6. Mekorot Festival (27 -28 September 2019)
Mekorot merupakan kegiatan mengadu kekuatan tali layangan yang sedang terbang di daerah Den Bukit, kabupaten Buleleng. Tujuan diadakannya mekorot festival untuk melestarikan warisan dari leluhur agar tidak punah.

7. Lovina Festival (25 – 28 September 2019)
Lovina Festival bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam Lovina ke kancah internasional. Pada Lovina Festival akan dimeriahkan dengan pertunjukan dan parade budaya khas Buleleng. Selain itu, untuk menambah semarak kegiatan ini, biasanya di isi dengan kegiatan Balap Banteng di Desa Kaliasem.

 Event Di Bali Bulan Oktober 2019

1. Festival Surfing IV International (25 – 27 Oktober 2019)
Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan Pulau Nusa Penida dengan mengadakan kegiatan lomba surfing tingkat internasional di Nusa Penida yang melibatkan peselancar lokal, nusantara dan mancanegara.

2. Festival Nusa Penida (3 - 5 Oktober 2019)
Nusa Penida Festival merupakan agenda tahunan Kabupaten Klungkung, yang bertujuan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten Klungkung, khususnya ke Nusa Penida. Selain untuk menarik kunjungan wisatawan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pesona Nusa Penida kepada dunia. Pada pembukaan acara ini biasanya di isi dengan kegiatan parade budaya dan kesenian, seperti seni tari.

3. Bali Buleleng Dive Festival (25 – 28 Oktober 2019)
Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan bahwa Buleleng merupakan spot menyelam terbaik di Bali sekaligus meningkatkan kesadarkan masyarakat untuk melestarikan terumbu karang. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan seni dan budaya di Tejakula dan Buleleng.

4. Pesona Besakih Festival (10 – 12 Oktober 2019)
Pesona Besakih Festival bertujuan untuk memperkenalkan keindahan pura terbesar di bali, Pura Besakih.

5. Gilimanuk Bay Festival (29 – 30 Oktober 2019)
Tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan keindahan Teluk Gilimanuk. Dalam kegiatan ini pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa aktivitas seperti lomba perayu layar, lomba sampan hias, dan lain sebagainya.

6. Brompton Owner Bali (31 Oktober – 2 November 2019)
Brompton Owner Bali merupakan sebuah kegiatan wisata di Bali untuk menikmati pemandangan dan kuliner sambil tour sepeda lipat.

7. Perang Ketipat (14 Oktober 2019)
Perang Ketipat (ketupat) merupakan sebuah tradisi tahunan yang dilakukan oleh warga desa Mengwi.

8. Festival Uluwatu (26 – 28 Oktober 2019)
Dalam kegiatan ini diadakan pagelaran seni musik, seni tari, dan parade budaya. Selain itu juga diadakan kegiatan lomba surfing, lomba membuat patung dari pasir pantai, lomba membuat patung dari buah, DJ exibition, dan lomba memancing.

9. Nusa Dua Fiesta (25 – 27 Oktober 2019)
Nusa Dua Fiesta diadakan di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali.  Nusa Dua Fiesta meruapakan kegiatan pameran seni, budaya dan wisata yang diadakan tiap tahun. Event Nusa Dua Fiesta ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam lewat pertunjukan, eksibisi seni kerajinan yang digelar oleh  provinsi dan kabupaten dari seluruh Indonesia.

10. Ubud Writers & Readers Fest (23 – 27 Oktober 2019)
Ubud Writers & Readers Fest merupakan festival sastra tingkat dunia yang melibatkan penulis, pembaca, dan jurnalis dari berbagai negara.

11. Desa Nusantara Festival (11 – 13 Oktober 2019)
Dalam festival ini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai produk unggulan dari perwakilan desa wisata dari beberapa kabupaten seperti menampilkan kerajinan, kuliner, melukis, permainan gasing, dan kegiatan lainnya.

Event Di Bali Bulan November 2019

1. Lomba Makepung (10 November 2019)
Makepung merupakan tradisi yang berada di kabupaten jembrana, bali Barat. Tradisi ini mirip seperti karapan sapi yang ada di Madura, hanya saja untuk tradisi makepung tidak menggunakan sapi melainkan menggunakan kerbau. Tradisi ini sekarang dilombakan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Bali Barat.

2. Makepung Lampit (17 November 2019)
Hampir sama seperti Makepung, hanya saja kegiatan Makepung Lampit diadakan di areal persawahan yang berlumpur dengan menggunakan kerbau sebagai penarik lampit (sejenis alat bajak sawah tradisional untuk meratakan tanah berlumpur).

3. Angklung Kebyar (1 – 5 November 2019)
Sejenis kompetisi gambelan gong kebyar tradisional dengan ritme khusus yang tujuannya untuk melestarikan kesenian khas Bali ini.

4. Legian Beach Festival (8 – 12 November 2019)
Event tahunan yang diselenggarakan oleh desa Adat Legian ini biasanya diadakan di sepanjang pantai Legian. Pada kegiatan ini akan diadakan kegiatan parade kesenian dan budaya dan pameran berbagai kerajinan oleh para perajin, pematung dan pelukis Bali yang terampil, juga pakaian, sepatu, tas, serta hotel, restoran, dan lain sebagainya.  

5. Beleganjur Competition (1 – 5 November 2019)
Gambelan Beleganjur pada awalnya digunaka sebagai pengiring upacara ngaben atau pawai adat dan agama. Kini gamelan baleganjur dipakai untuk mengiringi pawai kesenian, ikut dalam iringan pawai olahraga, mengiringi lomba laying-layang, dan bahkan ada yang dilombakan. Lomba beleganjur bertujuan melestarikan kesenian ini sekaligus untuk menarik kunjungan wisatawan.

6. Sport Festival (FORMI) (24 – 30 November 2019)
Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) ini diadakan untuk memperkenalkan olahraga tradisional kepada masyarakat seperti senam, tarik tambang, gagongan, metajog (enggrang), jalan terompah, deduplak, pencak silat, dan olahraga tradisional lainnya.

7. World Wood Carver (1 -3 November 2019)
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus untuk melestarikan seni pahat atau seni patung ke dunia internasional yang diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gianyar.

8. Sidemen Festival (12 – 14 November 2019)
Festival ini menyuguhkan pementasan khas Sidemen berupa produk-produk kerajinan seperti kain tenun, kain songket, dan produk hasil warga Sidemen, Kabupaten Karangasem. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk memperkenalkan sidemen sebagai penghasil produk kain songket yang berkualitas di Bali.

9. HUT Kota Mangupura (16 November 2019)
Serangkaian perayaan HUT kota Mangupura biasanya akan diadakan acara Festival Seni dan Budaya yang merupakan kegiatan rutinitas tahunan ini yang bertujuan untuk menggali bakat–bakat seni yang terlahir di Kabupaten Badung. Selain itu, Festival Seni dan Budaya ini juga diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke Bali khususnya ke kabupaten Badung.

10. HUT Kota Tabanan (29 Nopember 2019)
Untuk menyambut hari lahirnya Kota Tabanan biasanya pemerintah kabupaten Tabanan mengadakan pesta rakyat dan parade budaya. Selain itu juga diadakan berbagai lomba tentang seni dan budaya bali, misalnya membuat kelengkapan penjor, lomba membuat tamyang, lomba mepidarta Bali, lomba mesatwa Bali, dan lain-lain.

Event Di Bali Bulan Desember 2019

1. Denpasar Festival (28 – 31 Desember 2019)
Denpasar Festival merupakan sebuah perayaan akhir tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Madya Denpasar. Dalam festival ini pengunjung akan disuguhkan dengan pameran produk, kuliner, pesta budaya, aktivitas komunitas, konser musik, seni tabuh dan tari tradisional.

2. Junior Chef Competition (29 Desember 2019)
Kegiatan ini diadakan untuk memberikan ruang kepada anak-anak SMK untuk mengembangkan kuliner khas Bali.

3. Pandawa Beach Festival (25 Desember 2019 – 1 Januari 2020)
Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai media promosi untuk menarik kunjungan para wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Pandawa sebagai pantai baru yang berada di balik tebing. Festival ini dirangkai dengan beragam kegiatan seru dan menarik seperti acara musik dan menikmati beragam kuliner rumput laut yang berasal dari Pantai ini.

4. Pemuteran Bay Festival (12 – 15 Desember 2019)
Pemuteran Bay Festival merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan keindahan pesona Pantai Pemuteran yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Bali. Selain itu, pantai ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Pada pembukaan Pemuteran Bay Festival biasanya disajikan dengan ragam kesenian Bali.

5. Penglipuran Village Festival (22 – 31 Desember 2019)
Festival ini diadakan bertujuan untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Obyek Wisata Penglipuran. Dalam kegiatan ini biasanya diisi dengan parade seni dan budaya seperti parade barong ngelawang dan parade busana tempo dulu. Selain itu juga ada kegiatan berbagai lomba seperti lomba busana adat Bali, tari, karaoke, lomba ngelawar, dan membuat sate lilit.

6. Suwat Festival (30 Desember 2019 – 02 Januari 2020)
Event tahunan ini diadakan di Desa Wisata Suwat dengan mengambil tema “Bersatu Dengan Air”. Pada even yang unik ini, warga akan tumpah ruah ke jalan raya bermain air. Tidak hanya melibatkan warga Desa Suwat, bahkan warga dari lain desa juga bisa ikut terlibat, tidak mau ketinggalan juga turis mancanegara ikut dalam kegembiraan tersebut.

7. Nusa Dua Light Festival (Desember 2019)
Nusa Dua Light Festival merupakan event lampion yang diselenggarakan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Berbagai macam bentuk lampion akan dihadirkan dalam acara ini, tergantung tema yang diusungnya. Selain itu, wisatawan juga akan dihibur dengan bermacam hiburan, seperti pentas kesenian daerah, musik dan kuliner.

Sumber:
https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/78/pengumuman/coe-bali-2019-40.pdf

Nah itu beberapa even di Bali tahun 2019 yang bisa dijadikan referensi dalam mencari tempat wisata yang unik di Bali. jadi berlibur ke Bali tidak harus ke pantai mulu, tetapi bisa juga mengunjungi beberapa even-even yang populer di Bali.
Iklan