free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pelabuhan Gilimanuk
T12/30/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pelabuhan Gilimanuk

Pulau Bali memiliki beberapa pelabuhan laut yang tersebar di beberapa titik, di timur terdapat Pelabuhan Padang Bai, di selatan terdapat pelabuhan Benoa, di barat terdapat pelabuhan Gilimanuk dan di sebelah utara ada pelabuhan Celukan Bawang. Jika datang melalui jalur darat dari Pulau Jawa, maka satu-satunya akses menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk. Pelabuhan ini dipilih para wisatawan yang ingin menuju Pulau Jawa atau sebalinya jika menggunakan jalur darat. Menurut wikipedia, setiap harinya, ratusan perjalanan kapal feri melayani arus penumpang dan kendaraan dari dan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Rata-rata durasi perjalanan yang diperlukan antara Gilimanuk - Ketapang atau sebaliknya dengan feri ini adalah sekitar 1 jam.
Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pelabuhan Gilimanuk
Tempat wisata dekat pelabuhan Gilimanuk
Bagi yang kebetulan berlibur ke Bali Barat dan ingin mencari tempat wisata yang dekat dengan pelabuhan Gilimanuk, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Karang Sewu
Bagi pecinta pantai, pantai Karang Sewu wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali Barat, karena pantai yang berlokasi di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas. Cocok untuk tempat istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh karena pantai ini menawarkan kedamian setiap pengunjungnya. Terdapat sebuah pohon yang tumbuh di pinggir pantai yang menjadi ciri khas pantai ini. Oleh para wisatawan, pohon yang berdaun rindang ini disebut sebagai pohon jomblo, lucu ya sebutannya. Pohon tersebut bisa digunakan untuk berteduh di siang hari lho. Bagi yang hobi eksis di dunia maya, khususnya pengguna Instagram, pantai Karang Sewu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

2. Teluk Gilimanuk
Tidak hanya di pantai karang sewu para pelancong bisa menikmati panorama laut, di teluk gilimanuk juga menyuguhkan pemandangan laut yang sangat memukau mata. Akses menuju objek wisata teluk Gilimanuk sangat mudah sekali, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini pengunjung akan ditawarkan aktivitas naik perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh indah. Di kejauhan akan terlihat pulau-pulau yang ditutupi rimbunan pohon bakau yang tumbuh dengan suburnya. Terlihat juga perahu-perahu nelayan yang bersandar menambah indahnya panorama di teluk ini.

3. Taman Siwa
Tidak jauh dari kawasan Teluk Gilimanuk terdapat sebuah taman yang terdapat sebuah patung besar yang tingginya mencapai 22 meter lho. Taman ini diberi nama Taman Siwa karena terdapat Dewa Siwa Mahadewa yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, maka pemerintah melengkapi taman ini dengan beberapa fasilitas seperti tempat parkir yang luas dan gazebo untuk nongkrong sambil menikmati keindahan taman ini. Bagi yang ingin berolahraga atau sekedar jalan-jalan, di taman ini juga dilengkapi area jogging track yang mengelilingi patung tersebut.

4. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dan populer di Bali Barat. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan lindung yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak kera liar, jadi diharapkan untuk berhati-hati jika akan istirahat di tempat ini. Di sini pengunjung akan melihat sebuah patung beberapa hewan dengan berpose tertentu yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini seperti burung jalak bali, kera, dan binatang lainnya.

5. Vihara Empu Astapaka
Vihara Empu Astapaka memiliki keunikan yakni terdapat patung Buddha berwarna putih setinggi 25 meter yang berdiri di atas sebuah candi berukiran khas Bali. Patung Budha ini merupakan patung Budha tertinggi di Indonesia lho.

6. Museum Manusia Purba
Museum Manusia Purba merupakan satu-satunya museum yang ada di Kabupaten Jembrana yang merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan, seperti rangka manusia, binatang, dan peralatan-peralatan yang digunakan beberapa abad lalu. Lokasinya pun sangat dekat dengan pelabuhan laut Gilimanuk. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi untuk mengenal lebih jauh tentang kehidupan manusia purba terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

7. Pantai Selat Bali
Walaupun Pantai Selat Bali tidak populer di Bali Barat, namun menawarkan pesona pantai yang sangat indah. Lokasi ini sangat cocok dikunjungi untuk mencari ketenangan karena tempatnya tidak begitu ramai dari kunjungan wisatawan.

8. Pulau Menjangan
Pulau Menjangan merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang ada di sekitar Pulau Bali. Di pulau ini terdapat spot snorkeling dan menyelam yang sangat populer di Bali. Panorama bawah lautnya sangat memukau mata dengan terumbu karang yang masih alami dan ikan hias yang menambah indahnya kawasan bawah lautnya. Sesuai dengan namanya, di pulau ini terdapat hewan menjangan (rusa) yang dengan setia menghuni kawasan pulau ini. Selain menawarkan panorama bawah laut yang sangat keren, pantainya juga tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Bali Selatan yang berpasir putih nan eksotis. Pulau yang berlokasi di Desa Sumber Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.

9. Campgrounds Hall West Bali National Park
Bagi yang suka dengan wisata berkemah, Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sini tedapat hutan yang luas dan berdampingan dengan laut dekat pelabuhan laut Gilimanuk dan perlindungan Jalak Putih Bali yang langka. Tempatnya nyaman untuk perkemahan, baik untuk kegiatan kemah sekolah maupun keluarga. Ingin mencoba berkemah di sini? Coba sambangi tempat ini yang berada di Jalur Utama Jalan Raya Gilimanuk Denpasar, Banjar Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

10. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali menjadi monumen bersejarah di Pulau Bali karena monumen ini dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang Republik Indonesia yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Monumen ini memang tidak banyak pengunjungn tiap harinya. Padahal monumen ini memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan lokasinya pun sangat strategis yang berada di pingir jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Dengan nuansa merah putih monumen ini sangat mudah sekali terlihat. Bagi suka berwisata sejarah jangan lewatkan untuk mengujungi monumen ini ketika berlibur ke Bali Barat.

Nah itu beberapa tempat wisata keren yang dekat dengan pelabuhan Gilimanuk yang mungkin bisa dikunjungi ketika ke Bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali dan semoga liburan menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.