free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sungai Di Bali
T12/29/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Sungai Di Bali

Iklan
Iklan

Berlibur ke Bali para wisatawan tidak hanya ditawarkan dengan panorama pantai pasir putih yang indah dan eksotis, juga menawarkan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menariknya untuk dinikmati pesonanya, salah satunya tempat wisata sungai. Ada banyak tempat wisata sungai di Bali yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengisi liburan ke pulau yang mendapat julukan sebagai pulau surga yang terakhir di bumi ini. 
Inilah 10 Tempat Wisata Sungai Di Bali
Wisata sungai di Bali
Bagi yang ingin mencari tempat wisata sungai di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sungai berikut ini.

1. Wisata Kali Unda
Tempat wisata Kali Unda sangat mudah sekali diakses karena lokasinya dekat dengan jalan raya. Jika berkunjung ke Goa Lawah dari Kota Semarapura tepat di sebelah kiri jembatan yang menghubungkan Kota Klungkung dengan kecamatan Dawan akan terlihat sebuah tirai air terjun yang sangat indah, itulah objek wisata Kali Unda. Objek wisata yang berada di Desa Paksebali ini kini terus dikembangkan dengan menambahkan beberapa fasilitas pendukung seperti bangku untuk nongkrong dan restoran yang menyediakan kuliner khas Bali yang siap menggoyang lidah pengunjung. Tirai air terjun yang ada di objek wisata ini kerap kali digunakan untuk lokasi foto praweding lho.

2. Tukad Gelar
Tempat wisata sungai di bali ini berada di kabupaten Jembrana tepatnya berada di Timur Laut kota Negara, Banjar Gelar Sari, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali. Tukad atau Sungai Gelar menyuguhkan suasana yang tenang dengan keindahan alam yang sangat memukau mata. Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama perbukitan dengan lembah-lembahnya yang hijau dengan sungai yang aliran airnya sangat jernih. Tidak jauh dari sungai (di sebelah utara) terlihat hutan lindung masih hijau menambah kesan indah kawasan ini. Bagi yang suka dengan olahraga trekking atau petualangan di alam bebas, tempat wisata sungai Gelar wajib untuk dikunjungi.

3. Tukad Telaga Waja
Tukad atau Sungai Telaga Waja merupakan salah satu sungai yang ada di Kabupaten Karangasem. Sungai yang terletak di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali ini mengalirkan air yang jernih yang berasal dari kaki gunung tertinggi di Bali, yakni Gunung Agung. Sungai ini dimanfaatkan untuk tempat wisata petualangan seperti arung jeram atau rafting. Bermain rafting di Tukad Telaga Waja sangat seru dan menantang karena para wisatawan akan berpetualang selama 2 jam menyusuri aliran sungai Telaga Waja. Sepanjang perjalanan pecinta rafting akan disuguhkan dengan panorama alam yang hijau dan asri. Selain itu, pengunjung juga akan menemukanair terjun yang indah ketika bermain rafting di sungai ini.

4. Tukad Loloan Sanur
Tempat wisata yang satu ini berada di kawasan objek wisata yang sangat terkenal di Bali yakni objek Wisata Sanur. Sungai yang berada di Jalan Pengembak ini kini ditambahkan beberapa fasilitas pengukung untuk kenyamanan para pengunjung seprti gazebo untuk nongkrong dan jongging track yang bisa digunakan untuk memeras keringat di pagi hari maupun sore hari. Bagi yang hobi memacing di air tawar, tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk menyalurkan hobi karena di sini terdapat spot-spot untuk memancing. Tempat wisata tukad loloan sanur ini berada di sekitar hutan mangrove sehingga tampak hijau dan asri.

5. Tukad “Korea” Denpasar
Sebenarnya nama sungai yang mengalir di Kota Denpasar ini bernama Tukad atau Sungai Badung, karena penataannya mirip seperti sungai Cheonggyecheon yang terletak di pusat kota Seoul, Korea Selatan ini, maka para wisatawan menyebut sungai ini dengan nama Sungai Korea. Sungai yang lokasinya berada di tengah antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari ini dijadikan sebagai tempat wisata malam di Bali karena ada lampu yang warna-warni menghiasi sisi sungai ini, sehingga akan tampak indah pada malam hari karena lampu-lampu yang dinyalakan begitu gemerlap, memberikan keindahan tersendiri. Tempat wisata yang bernama Taman Kumbasari ini sangat Instagramable, bagi yang suka eksis di dunia maya, tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Siang hari tempat wisata yang berada di Kota Denpasar ini kerap kali digunakan sebagai lokasi mancing ikan lho.

6. Tukad Ayung
Menurut Wikipedia, Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Bali. Sungai ini mengalirkan air sepanjang 68,5 km yang melewati tiga kabupaten dan satu kota yakni kabupaten Bangli, Badung, Gianyar dan kota Denpasar. Sungai yang bermuara di Selat Badung di Sanur ini terkenal sebagi lokasi rafting di Bali. Rafting Sungai Ayung merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali lho. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama sempat menghabiskan liburannya ke Bali dengan bermain rafting di Tukad Ayung ini. Sepanjang perjalanan dalam arung jeram ini penikmat rafting akan melihat pemandangan hutan hijau dan asri, air terjun yang indah, dan pemandangan sawah yang indah.

7. Tukad Beji Guwang
Bagi yang suka dengan wisata anti mainstream tempat wisata yang ada dekat dengan pasar seni Guwang ini wajib untuk dikunjungi. Di Tukad Beji Guwang atau yang dikenal dengan sebutan “Guwang Hidden Canyon” ini para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama sebuah ngarai yang dialiri oleh sungai dengan air yang sangat jernih. Sepanjang perjalanan pengunjung bisa berfoto-foto karena di sini banyak sekali spot berfoto yang sangat instagramable banget. Perlu kewaspadaan yang ekstra untuk menjajal medan di objek wisata ini karena kita akan dituntut untuk melewati bebatuan yang terkadang bebatuannya licin. Akan lebih baik jika menggunakan jasa pemadu yang tahu medan di tempat tersebut.

8. Sungai Nusa Mara
Sungai yang berada di Banjar Nusa Mara, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali kini digunakan sebagai tempat wisata yang menantang yakni river tubing. Menikmati serunya Tubing River Nusa Mara akan menawarkan sensasi yang berbeda, wisatawan selama menyusuri sungai akan menemukan air terjun tersembunyi dengan air sungai yang jernih serta memiliki pemandangan spektakuler.

9. Sungai Melangit
Tukad atau Sungai Melangit mengalirkan air dari Kabupaten Bangli hingga ke kabupaten Klungkung. Sepanjang sungai terdapat beberapa tempat wisata populer di Bali, salah satunya yakni Anjungan Tukad Melangit yang sedang ngehits di sosial media. Sungai ini juga dimanfaatkan untuk wisata petualanga seperti olahraga arung jeram atau rafting. Sungai yang mengalirkan air yang jernih ini sangat bagus digunakan untuk aktivitas rafting karena sepanjang sungai para pecinta rafting akan disuguhkan dengan panorama alam yang masih hijau dan asri.

10. Sungai Pakerisan
Tukad atau Sungai Pakerisan berada di Kabupaten Gianyar. Sungai ini mengalirkan air yang sangat jernih dengan lingkungan alam yang masih asri dan belum tercemar oleh polusi. Sungai ini mampu memberikan ketenangan bagi setiap orang yang berkunjung dan melihat kealamiannya. Bahkan oleh warga sekitar memanfaatkan sumber mata air yang berada di sungai ini sebagai bahan baku air minum lho. Selain itu, Sungai atau Tukad Pakerisan juga dimanfaatkan sebagai objek wisata petualangan yakni River tubing dengan menyusuri sepanjang aliran sungai yang tenang dengan menggunakan ban atau boat kecil. Suasana di sekitar sungai ini cukup asri dan masih alami karena Sungai Pakerisan termasuk sungai yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar sungai sehingga keberlangsungannya begitu dijaga. Beberapa tempat suci umat Hindu dan objek wisata yang populer di Bali juga ada di sepanjang aliran sungai Pakerisan ini seperti Pura Pegulingan, Pura Tirta Empul, Pura Mangening, Pura Candi Tebing Gunung Kawi, Pura Pengukur-Ukur, Pura Samuan Tiga dan objek wisata Goa Gajah. Yang paling keren, kini daerah aliran sungai Pakerisan ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah, bahkan kawasan ini juga ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Nah itu beberapa tempat wisata sungai di Bali yang bisa dijadikan referensi dalam mencari tempat berlibur ke Bali. Semoga liburan anda ke Bali menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.
Iklan