free counter with statistics Desa Wisata Kertalangu Kesiman, Tempat Wisata Instagramable Di Bali
T12/03/2018

Desa Wisata Kertalangu Kesiman, Tempat Wisata Instagramable Di Bali

Iklan
Iklan

Denpasar merupakan ibu kota provinsi Bali memiliki motto atau slogan “Purradhipa Bhara Bhavana”, yang memiliki makna kewajiban pemerintah adalah meningkatkan kemakmuran Rakyat. Tidak hanya meningkatkan kesejahteraan warganya, tetapi juga memperhatikan dan meningkatkan kesehatan warganya. Ini terbukti dengan banyaknya ruang terbuka hijau yang disedikan di kota yang mendapat julukan sebagai “Parijs van Bally”. 

Desa Wisata Kertalangu Kesiman, Tempat Wisata Instagramable Di Bali
Monuen Gong Perdamanai Dunia di Kertalangu Denpasar


Bagi yang ingin mencari ruang terbuka hijau dengan suasana khas pedesaan di tengah Kota Denpasar, coba mampir ke Desa Wisata Kertalangu. Desa wisata yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai no 88 Denpasar ini merupakan salah satu dari 6 desa wisata yang sudah dikembangkan dengan sangat baik di Denpasar. Apalagi lokasi desa wisata ini sangat strategis dan sangat mudah diakses dari tempat–tempat wisata populer seperti Pantai Sanur, Pantai Kuta, Monumen Bajra Sandhi, bahkan dari kawasan tempat wisata di Ubud. Jika anda datang dari Bali Selatan atau kawasan Bandara Ngurah Rai dan akan berlibur ke kawasan Kintamani, Ubud, atau Candidasa tentu akan melewati desa wisata yang satu ini.


Apa yang wisatawan akan disuguhkan di desa wisata kertalangu? Desa Wisata Kertalangu merupakan salah satu tujuan wisata favorit dan populer di Denpasar, banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengunjung ketika lancong ke Desa Wisata Kertalangu, yakni:
                         
Memeras Keringat di Area Jogging Track
Bagi yang berlibur di seputaran Kota Denpasar dan mencari tempat untuk berlari-lari dengan suasana yang asri khas pedesaan coba jajal jogging track di Desa Wisata Kertalangu yang panjangnya mencapai 4 km dengan lebarnya sekitar 2 m. Jogging track di kawasan wisata yang sangat populer ini berada di tenga-tengah persawahan. Sambil lari pagi atau sore hari, pengunjung bisa menikmati segarnya udara persawahan yang hijau, tentunya tempat-tempat seperti ini jarang ditemui di tengah-tengah kota besar.

Berswafoto di Monumen Gong Perdamaian

Jika berkunjung ke desa wisata Kertalangu, coba sempatkan untuk mampir ke Monumen Gong Perdamaian Dunia. Gong yang berukuran raksasa ini berdiri kokoh di tengah sebuah lapangan hijau nan asri. Jika kita lihat lebih dekat, di Gong Perdamaian Dunia ini akan terlihat banyak simbol dan tiap simbol memiliki makna tersendiri. Di monumen ini juga terdapat patung tokoh-tokoh dunia yang telah berjasa memperjuangkan perdamaian dunia, seperti Soekarno, Mikhail Gorbachev, Willy Brandt, Mother Teresa of Calcutta, Marti Ahtisaari, Kofi Annan, dan Barrack Obama. Tempat ini sangat Instagramable banget lho, jadi yang suka berfoto selfie tempat ini admin rekomendasikan banget untuk dikunjungi.

Melihat dan Membeli Kerajinan Khas Bali

Pengunjung bisa juga melihat dan membeli hasil kerajinan khas Bali yang ada di Desa Wisata Kertalangu seperti gelas, keramik, lilin, patung, produksi garmen, guci (gentong dari tanah liat) serta berbagai jenis batu dan kaca. Pengunjung bisa melihat dari dekat bagaimana proses pengerjaan beberapa kerajinan-kerajinan tersebut sehingga menghasilkan barang yang bernilai tinggi.

Mengenal Lebih Dekat Pertanian

Tidak hanya ditawarkan proses pembuatan aneka kerajinan khas bali yang unik dan menarik, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para petani yang sedang mengolah persawahannya. Bahkan pengunjung juga diperbolehkan untuk terlibat langsung dalam mengolahlahan pertanian seperti menanam padi dengan cara-cara tradisional dan tata cara pengairan subak di Bali, di mana sistem Subak yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia lho. Jika berkesempatan mungkin wisatawan akan diajak menangkap belut yang penuh dengan tantangan karena licinnya hewan lumpur yang satu ini. Biasanya kegiatan ini perlu pemesanan terlebih dahulu karena tidak mungkin para petani di desa wisata kertalangu melakukan kegiatan menanam padi.

Bermain ATV dan Flying Fox

Tidak hanya bertani, ada aktivitas seru dan menantang yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Desa Budaya Kertalangu yakni bermain ATV dan Flying Fox. Pengunjung cukup dengan menbayar Rp 35 ribu, sudah bisa menikmati 2 kali putaran trek bergelombang yang disediakan. Pasti seru, apalagi liburan mengajak serta anak-anak karena di sini juga tersedia mainan anak-anak seperti trampoline dan ayunan. Belum puas mencoba wisata tantangan, coba nikmati wahana Flying Fox. Terbang dengan tali tentu akan sangat menyenangkan dan menegangkan.

Menyaksikan Perunjukan Seni dan Budaya Bali

Di Desa Wisata Kertalangu juga memiliki panggung khusus untuk pementasan seni dan budaya Bali. Tarian yang dipentaskan seperti tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung. Para penari berasal dari warga setempat. Untuk bisa menikmati suguhan seni dan budaya Bali pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dan jadwal kegiatannya pun disesuai dengan pemesanan dan tergantung jumlah pengunjung dengan durasi setiap tarian sekitar 45 menit.

Spot Memancing Di Denpasar

Bagi yang ingin mencari kolam pancing di seputaran Kota Denpasar, admin rekomendasikan untuk bertandang ke kolam pancing di desa wisata kertalangu yang bernama D’Tukad Mancing. Di kolam pemancingan ini juga tersedia penyewaan alat pancing dengan harga yang terjangkau, jadi yang tidak sempat membawa alat pemancingan tidak perlu repot-repot membelinya, cukup menyewa saja di lokasi ini. Tetapi kalau sempat, akan lebih bagus kalau membawa alat pancingan dari rumah. Di sini terdapat tiga buah kolam yang masing-masing kolam berisi berbagai jenis ikan seperti ikan bawal, ikan lele, dan ikan patin.

Bertualang Naik Kuda

Berwisata naik kuda di Bali tidak hanya ada di Pantai Saba, Banjar Umalas dan tempat wisata Canggu, tetapi bisa juga menikmati petualangan berkuda di Desa Wisata Kertalangu. Para wisatawan akan diajak mengelilingi area persawahan yang ada di desa wisata ini. Jadi tidak perlu capek-capek untuk menikmati panorama di desa ini, cukup duduk di atas punggung kuda dan akan ditemani oleh instruktur berpengalaman lho.

Menikmati Kuliner Khas Bali

Setelah lelah berkeliling menikmati pesona desa wisata ini, pengunjung bisa mencoba kulinernya lho. Bagi yang ingin mencicipi kuliner tradisional khas Bali sambil berwisata maka desa Budaya Kertalangu tempatnya. Di sini pengunjung bisa menikmati suguhan kuliner khas Bali seperti sate lilit, pelecing kangkung berbagai jajanan khas Bali serta juga minuman. Harganya cukup murah dan terjangkau, sambil bersantai di gazebo menikmati acara bersantap dengan suguhan alam indah, menjadi pengalaman istimewa. Bagi yang kebetulan memancing di lokasi ini, ikan yang didapatkan dari hasil pancingan bisa dimasak langsung di tempat lho, mau di goreng atau dibakar, tetapi dengan biaya tambahan tentunya. Tidak hanya di goreng atau dibakar, ikan yang didapat bisa dinyat-nyat juga lho. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir akan kualitas ikannya, karena ikan yang diolah hasil tangkapan sendiri yang pastinya  masih sengar.

Ikut Cooking Class

Bagi yang hobi mengolah bahan makananan, desa wisata kertalangu juga menawarkan program cooking class yang dibuka untuk umum. Dalam prorgam ini pengunjung akan diajak memetik sayur di kebun atau juga memancing ikan bagi yang ingin mengolah daging ikan. Setelah semua bahan yang akan dimasak terkumpul, peserta akan diajari proses memasak selama 3 hingga 4 jam tergantung jenis makanan yang dimasak. Tentu ini akan menjadi pengalaman liburan yang asik di tengah kota yang super sibuk tetapi menawarkan suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung di desa wisata kertalangu tersedia beberapa fasilitas pendukung seperti areal parkir yang luas bisa menampung mobil dan bus pariwisata dan toilet. Tentunya ini akan membuat para pengunjung nyaman. Desa Wisata Kertalangu memang menjadi tempat ideal untuk liburan keluarga terutama yang mengajak anak-anak berlibur ke Bali. Bagi wisatawan bisa mengemas acara tour di Bali untuk mengunjungi desa wisata yang satu ini. Sedangkan bagi warga kota Denpasar, desa wisata ini dapat dijadikan tempat yang ideal untuk mengisi waktu senggang untuk bersantai, menghilangkan penat dan merefresh pikiran akibat sibuknya aktivitas harian.
Iklan