free counter with statistics Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Jembrana Bali
T2/09/2018

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Jembrana Bali

Iklan
Iklan

Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pulau Bali bagian barat sehingga kabupaten ini sering disebut dengan nama Bali Barat. Sama seperti kabupaten lainnya di Bali, Kabupaten Jembrana juga memiliki segudang destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Hanya saja objek wisata yang ada di Bali Barat tidak sepopuler objek wisata yang ada di Bali Selatan. Selain karena akses yang sangat jauh dari bandara Ngurah Rai, juga disebabkan kurangnya promosi sehingga tidak banyak yang tahu akan keberadaan objek wisata di Bali Barat ini.

Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Jembrana Bali
Salah satu keindahan pantai di Jembrana, Bali Barat


Padahal objek wisata yang ada di kabupaten yang mendapat julukan “Bumi Makepung” ini sangat indah dan unik, tentunya tidak akan ditemukan di tempat lain di Pulau Dewata. Mulai dari bentang alam perbukitan, pantai, perkebunan dan pertanian, serta budaya yang mampu membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahan dan keunikannya. Berikut admin bagikan beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten Jembrana.

1. Pucak Mawar
Pucak Mawar merupakan objek wisata baru yang menawarkan panorama alam Jembrana dari ketinggian, di mana daratan dan laut selatan Jembrana yang bisa dilihat jelas dari atas bukit ini. Tempat wisata ini berada di pinggir kawasan hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Salah satunya bunga mawar yang beraneka warna. Lokasi: Tempek IV, Kelurahan Pendem, Kecamataan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Pantai Medewi
Pantai Medewi merupakan pantai pasir hitam yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini. Pantai ini menjadi primadona bagi pecinta surfing, karena memiliki ombak yang cukup bagus untuk kegiatan surfing. Selain bisa menyaksikan aktivitas para surfer, pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam yang indah terutama menjelang sore hari, di mana langit pantai medewi akan tampak indah saat matahari akan terbenam di barat. Lokasi: Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

3. Pantai Yeh Leh
Pantai Yeh Leh tepat berada di perbatasan antara kabuaten Jembrana dengan kabupaten Tabanan. Pantai yang didominasi oleh batu-batu besar ini, kerap kali digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi yang melakukan perjalanan jauh dari Denpasar ke Jembrana atau sebaliknya, karena di pantai ini sudah tersedia tempat duduk (gazebo) dan sebuah wantilan yang cukup besar sebagai tempat berteduh. Lokasi: Perbatasan Jembrana –Tabanan, Jalan Raya Gilimanuk, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

4. Pantai Pengeragoan
Lokasi pantai pengeragoan sangat strategis yakni berada di pinggir Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar, sehingga sangat tepat untuk tempat peristirahatan setelah melakukan perjalanan yang panjang, baik dari Denpasar ke Gilimanuk atau sebaliknya. Di sekitar pantai sudah terdapat warung yang menjual aneka makanan ringan dan minuman dingin dengan harga yang terjangkau. Pantai yang berpasir hitam ini juga menyuguhkan keindahan matahari tenggelamnya yang sangat memukau mata pengunjung. Lokasi: Jalan Gilimanuk – Denpasar, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

5. Pantai Rambut Siwi
Pantai Rambut Siwi merupakan pantai pasir hitam yang masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Walaupun pantai ini sepi bukan berati pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru sebaliknya, pantai ini menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan pura rambut siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area berpasir yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli. Sangat cocok bagi yang ingin mencari suasana sepi dan nyaman karena jauh dari aktivitas perkotaan. Lokasi: Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

6. Pantai Yeh Kuning
Pantai yang berpasir hitam ini sangat mudah untuk dijangkau oleh para pelancong karena akses untuk menuju pantai sudah ada jalan yang beraspal dengan baik. Pantai ini kerap kali digunankan untuk melaksanakan kegiatan mleasti yakni kegiatan serangkain perayaan nyepi di bali. Pantai ini memiliki area berpasir yang landai dan luas, sehingga sangat cocok untuk aktivitas bermain bola atau lari-lari sambil menikmati deburan ombaknya. Lokasi: Jalan Yeh Kuning, Desa Yeh kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten jembrana, Bali.

7. Pantai Perancak
Pada saat air surut pantai Perancak memiliki area yang berpasir hitam yang sangat luas sekali. Tempat ini pas digunakan untuk tempat rekerasi bagi yang bosan dengan suasana hiruk pikuk kota dan membutuhkan tempat wisata yang berbeda dalam mengisi liburan di pulau Bali. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

8. Patung Makepung
Patung Makepung berada di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dengan Kabupaten Tabanan. Makepung atau balap kerbau, atau istilah asingnya sering disebut bullrace ini, merupakan balapan yang terdiri dari dua pasang kerbau jantan yang masing-masing menarik satu pedati kecil. Kini makepung menjadi maskot dari kabupaten Jembrana. Di tempat wisata patung Makepung ini pengunjung bisa menyaksikan laut lepas dengan pantainya yang masih alami. Tempat ini sangat bagus dijadikan tempat peristirahatan karena tidak jauh dari lokasi patung itu berdiri terdapat tempat beristirahat dengan tempat duduk yang sudah tertata dengan rapi. Lokasi: Perbatasan Jembrana –Tabanan, Jalan Raya Gilimanuk, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

9. Pantai Rening
Pantai Rening atau lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening merupakan pantai pasir hitam yang konon pasir dan air lautnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Sehingga banyak sekali penduduk setempat yang melakukan kegiatan berendam air laut di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang melakukan kegiatan menimbun diri setengah badan dengan menggunakan pasir yang ada di pantai ini. Selain itu, pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah dengan suasana pantai yang tenang plus dapat menyaksikan sunset dari pantai ini. Lokasi: Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

10. Pantai Pebuahan
Pantai Pebuahan tidak hanya menawarkan keindahan sunsetnya, juga menyuguhkan pemandangan aktivitas para nelayan yang mencari ikan dan menyandarkan perahunya di siang hari. Sangat bagus sebagai spot untuk berfoto-foto. Selain berwisata menikmati eksotisnya pantai pebuahan, pengunjung juga bisa berwisata kuliner. Di sini kita bisa menikmati hidangan khas lautnya. Lokasi: Jalan Pantai Pebuahan, Banjar Pebuahan, Desa Banyu Biru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

11.Pantai Candi Kusuma
Pantai Candi Kusuma memiliki panorama yang indah dan menawan dengan suasana yang tenang sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan. Pantai Candikusuma juga dijadikan sebagai tempat memancing oleh penduduk sekitar. Lokasi: Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

12. Pantai Karang Sewu
Pantai Karang Sewu memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas. Cocok untuk tempat istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh karena pantai ini menawarkan kedamian setiap pengunjungnya. Lokasi: Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

13. Taman Siwa
Di Taman Siwa terdapat sebuah patung Dewa Siwa Mahadewa yang tingginya mencapai 22 meter. Di taman ini juga dilengkapi dengan gazebo untuk tempat nongkrong sambil menikmati keindahan taman ini. Bagi yang ingin berolahraga, di taman ini juga dilengkapi area jogging track yang mengelilingi patung tersebut. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

14. Taman Wisata Air Gumbrih
Taman Wisata Air Gumbrih merupakan obyek wisata yang mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Taman Wisata Air Gumbrih merupakan tempat terbaik untuk rekreasi keluarga di Pulau Bali. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

15. Taman Kota Pecangakan
Taman Kota Pecangakan merupakan sebuah taman yang berada di Kota Negara. Di taman ini terdapat sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di simpang siur Kuta. Area di taman kota pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon yang tumbuh subur, sehingga sangat cocok untuk tempat berteduh. Lokasi: Jalan Surapati, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

16. Taman Nasional Bali Barat
Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak kera, jadi diharapkan untuk berhati-hati jika akan istirahat di tempat ini. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

17. Teluk Gilimanuk
Keberadaan objek wisata teluk Gilimanuk sangat mudah sekali untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini pengunjung akan ditawarkan aktivitas naik perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh indah. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

18. Monumen Operasi Lintas Laut
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa–Bali dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang Republik Indonesia yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Monumen ini memang tidak banyak pengunjungn tiap harinya. Padahal monumen ini memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan lokasinya pun sangat strategis. Dengan nuansa merah putih monume ini sangat mudah sekali terlihat. Lokasi: Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

19. Bunut Bolong
Bunut Bolong adalah pohon Bunut yang tumbuh lestari di mana di tengah akar akarnya terdapat jalan raya yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng. Sepanjang mata memandang alam di sekitar Bunut Bolong penuh dengan pohon cengkeh yang tumbuh subur dan menghijau serta udara sejuk karena terletak di daerah pegunungan. Lokasi: Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

20. Pura Rambut Siwi
Pura Rambut Siwi erat kaitannya dengan kedatangan seorang Pendeta dari Majapahit yang melakukan perjalanan ke Bali dan singgah di tempat ini untuk memberikan ajaran Agama Hindu. Dari tepat suci ini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut lepas dan matahari terbenam dengan bentangan sawah yang luas. Lokasi: Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali

21. Desa Wisata Sangkaragung
Di Desa Wisata Sangkaragung terdapat pusat kesenian khas Jembrana yaitu "Jegog" yang sudah terkenal di dunia terutama di Jepang. Di Desa Sangkaragung kesenian Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung. Wsatawan dapat belajar memainkan kesenian jegog di sanggar ini. Lokasi: Desa Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

22. Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah
Taman Rekreasi Dlod Brawah dilengkapi dengan kolam air laut yang diakui sebagai kolam air laut pertama di tempat umum. Selama ini hanya hotel-hotel berbintang yang punya kolam air laut. Kolam air laut yang terletak di tepi pantai Dlod Brawah, terdiri atas kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak. Lokasi: Desa Delod Brawah, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali

23. Makam Tua (Buyut Lebai)
Kampung Loloan dikenal sebagai pemukiman Muslim yang tidak bisa dilepaskan dari pengaruh budaya Bugis dan Melayu yang dibawa oleh sejumlah tokoh di masa lalu. Hubungan antara penganut Islam dan Hindu di Bali memang telah terjalin harmonis sejak lama. Selaian itu, kedatangan seorang ulama besar dari tanah Melayu bernama Buyut Lebai juga membuktikan hubungan kampung Islam di Bali dengan dunia luar telah terjalin sejak lama. Karena jalinan hubungan baik dengan penguasa setempat, Buyut Lebai diperkenankan untuk mengajarkan agama melalui dakwah. Karena sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam, maka makam beliau kini menjadi tempat ziarah bagi umat muslim. Lokasi: Jalan Gunung Agung, Desa Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

24. Pelabuhan Perikanan Pengambengan
View di pelabuhan ini sangat indah, kita bisa melihat hamparan laut membiru yang luas dengan ombak yang sangat tenang. Di seberang lautan bagian barat kita bisa melihat gugusan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa yang menjulang tinggi. Selain itu, pada saat menjelang senja, kita bisa melihat indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. Kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Pengambengan merupakan kapal-kapal para nelayan. Uniknya, seluruh kapal dicat dengan penuh warna-warni dan menjadi ciri khas dari pelabuhan Pengambengan ini. Lokasi: Jalan Raya Negara-Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

25. Air Terjun Dewasana
Air terjun Dewasana merupakan air terjun yang masih alami dan asri dengan pesona yang sangat indah. Untuk menuju lokasi air terjun ini pengunjung akan menyusuri ladang milik warga setempat. Lokasi: Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

26. Air Terjun Bidadari
Air terjun Bidadari merupakan salah satu air terjun yang dekat dengan ibu kota kabupaten jembrana. Tempat ini yang bagus untuk berfoto-foto karena memiliki pemandangan yang bagus, dengan airnya masih bersih sehingga cocok untuk mandi atau bermain air. Lokasi: Jalan Sawe Rangsasa, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

27. Pantai Pengambengan
Pantai Pengambengan merupakan pantai berpasir hitam yang menawarkan pesona matahari terbenamnya di sore hari. Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pelabuhan perikanan yang digunakan untuk bongkar muat hasil tangkapan para nelayan setempat. Lokasi: Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

28. Museum Manusia Purba Gilimanuk
Museum Manusia Purba Gilimanuk merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan, seperti rangka manusia, binatang, dan peralatan-peralatan yang digunakan beberapa abad lalu. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

29. Tukad Gelar
Tukad Gelar merupakan sebuah sungai yang memiliki air sangat segar, jernih, dan ditambah pemandangan alam yang masih sangat asri. Lokasi: Dusun Gelar Sari, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

30. Pelabuhan Gilimanuk
Pelabuhan Gilimanuk merupakan sebuah pelabuhan feri yang berada di ujung barat pulau Dewata. Tidak hanya sebagai jalur penyeberangan via laut dari jawa ke bali atau sebaliknya, tetapi juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata, karena pemandangan sekitar pelabuhan sangat bagus sekali. Tiap hari pengunjung bisa melihat aktivitas kapal yang bongkar muat dan menaikan atau menurunkan penumpang di pelabuhan ini. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

31. Pucak JR
Pucak JR menyuguhkan keindahan alam pegunungan dari ketinggian puncak bukit. Dari atas bukit pengunjung akan menyaksikan kawasan hutan yang cukup luas dan masih asri dengan alam perbukitan yang membentang menghijau. Tempat ini memang sangat cocok untuk muda mudi yang gemar berswafoto (foto selfie) dengan latar belakang hijaunya pepohonan. Uniknya, di tempat ini menyediakan anjungan yang terbuat dari kayu. Lokasi: Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, kabupaten Jembrana, Bali.

32. Green Cliff Yeh Embang Kangin
Di Green Cliff merupakan sebuah bangunan ditepi tebing yang terbuat dari bambu dengan panjang lintasan 60 meter serta tinggi 10 meter. Di atas bangunan tersebut dibangun gazebo serta tiga buah kursi panjang yang memudahkan pengunjung untuk berfoto. Dari atas bangunan tersebut pengunjung akan disuguhkan dengan suasana pedesaan dengan pemandangan hijau. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat aliran Sungai Pangkung Jelati dari kejauhan. Lokasi: Banjar Bangli, Desa Yahembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

33. Bendungan Palasari
Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian, bendungan Palasari dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan latar belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk. Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di bendungan ini yakni bersampan mengelilingi bendungan, menikmati pemandangan dan memancing. Lokasi: Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

34. Bendungan Benel
Bendungan yang membendung Sungai Aya ini dibangun dengan tujuan untuk mengairi sawah di sekitar Sungai Aya dan persawahan yang ada di Desa Kaliakah. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan air, juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan tempat mancing. Di sekitar bendungan dikelilingi oleh hutan yang menghijau dan menambah indahnya panorama di bendungan ini. Lokasi: Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

35. Pantai Delod Brawah
Begitu sampai dikawasan pantai pantai pengunjung akan “disambut” dengan patung putri duyung sebagai ikon pantai delod berawah ini. Kawasan dengan pantai yang berpasir hitam ini sangat asri, indah dan tentunya masih alami. Selain itu pantai ini memiliki areal lapang yang sangat luas sehingga cocok untuk kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola dan bola volley. Lokasi: Desa Delod Brawah, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali

36. Pantai Karang Impian
Pantai Karang Impian merupakan pantai pasir hitam yang indah dengan karang yang unik berbentuk Pulau Bali yang menjadi spot berfoto di pantai ini. Selain itu, pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing, melihat sunset pada sore hari, dan bersantai menikmati panorma pantai. Bahkan tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding. Lokasi: Desa Sumbersari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

37. Gedung Kesenian Bung Karno
Di Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) terdapat lukisan 3D berupa gambar tangga langit menembus awan yang terpasang di dinding tangga sebelah barat bangunan gedung utama dan gambar orang makepung di dinding taman sisi kolam sebelah barat jembatan sebelum menuju gedung utama. Selain itu, GKBK juga dilengkapi sarana fitness, jogging trek, dan taman bermain untuk anak-anak. Bahkan kawasan ini juga menyediakan perpustakaan gratis dan wifi gratis. Lokasi: Jalan Jendral Sudirman, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

38. Bukit Tamblang
Bukit Tamblang menyajikan panorama keindahan alam perbukitan. Di bukit Tamblang juga terdapat tempat pembibitan sapi, di mana sapi-sapinya dilepas di padang rumput berbukit yang sangat luas, sungguh pemandangan yang sangat unik. Dari atas perbukitan pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang perbukitan dan laut. Lokasi: Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

39. Pantai Pekutatan
Pantai Pekutatan memiliki garis pantai pasir hitam yang sangat panjang. Pantai ini masih alami dengan areal persawahan yang hijau berada di pinggir pantainya. Pantai ini cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana yang sepi dan tenang. Lokasi: Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten jembrana, Bali.

40. Pantai Gumbrih
Pantai Gumbrih merupakan pantai pasir hitam dengan pesona alamnya yang indah. Sekitar pantai terdapat tanaman mangrove yang menghijau membuat kawasan pantai ini menjadi asri. Kawasan ini merupakan spot memancing yang sangat bagus karena terdapat muara sungai Gumbrih yang banyak terdapat ikannya. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten jembrana, Bali.

41. Air Terjun Juwuk Manis
Air terjun Juwuk Manis memiliki debit air cukup besar dengan tinggi air terjun sekitar 6 meter. Pemandagan alam sekitar air terjun masih asri dan alami. Bagi yang suka dengan aktivitas trekking, mengungunjungi air terjun ini sangat pas, dengan rute perjalanan agak menanjak, berkelok dan melewati perbukitan dengan perkebunan cengkeh dan kopi. Lokasi: Banjar Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

42. Air Terjun Yeh Embang Kangin
Air terjun ini sebenarnya belum memiliki nama, karena berada di daerah desa Yeh Embang Kangin, maka orang menyebut air terjun ini dengan sesuai dengan nama desa di mana air terjun itu berada. Air Terjun ini juga masih sangat tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan. Lokasi: tengah hutan, Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

43. Air Terjun Yeh Mesehe
Ada yang mengatakan Air Terjun Yeh Mesehe merupakan air terjun tertinggi yang ada di Pulau Bali. Air terjun ini berada di kawasan Gunung Mesehe, sehingga air terjun ini diberi nama air Terjun Mesehe. Jika dilihat air terjun ini dari dari bawah, maka bagian atasnya tidak akan kelihatan karena saking tingginya, apalagi suasana bagian atas air terjun berkabut. Debit air yang mengalir di air terjun Mesehe tidak terlalu besar dan keberadaan air terjun ini sangat tersembunyi di dalam hutan belantara. Tidak mengherankan jika warga sekitar menyebut air terjun Mesehe sebagai air terjun dunia maya, karena air terjun ini kadang bisa ditemukan dan kadang tidak bisa.

44. Air Terjun Grojogan (Yeh Buah)
Air Terjun Grojogan atau Air Terjun Yeh Buah memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan karakteristik hampir sama seperti air terjun juwuk manis. Pada musim hujan air terjun ini sangat besar karena debit air yang dialirkan sangat besar karena air hujan. Air terjun ini belum populer dikalangan para pelancong. Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung harus melewati jalan setapak dengan medan yang naik turun. Lokasi: Banjar Yeh Buah, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana.

45. Pantai Yeh Sumbul
Pantai Yeh Sumbuh menawarkan pesona keindahan pantai pasir hitam dengan pepohonan hijau yang menghiasi bibir pantainya. Pantai ini merupakan pantai nelayan, sehingga tidak mengherankan jika pada siang hari akan melihat jukung-jukung nelayan berjejer rapi di pinggir pantai. Terkadang pengunjung juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang melempar jaring ke tengah laut. Lokasi: Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

46. Pantai Tuwed
Pantai Tuwed memiliki hamparan pasir hitam yang landai dan luas sekali, sehingga cocok untuk aktivitas bermain bersama keluarga seperti bermain bola atau bermain pasir. Pesona di pantai ini tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali Barat, terutama pada saat menjelang matahari tenggelam di ufuk barat. Lokasi: Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

47. Pantai Tembles
Pantai Tembles menawarkan pesona matahari terbenamnya yang sangat mempesona di kala sore hari. Pantai juga memiliki hamparan pasir hitam yang landai dan luas ini sangat cocok untuk aktivitas bermain bola atau sekedar bermain pasir. Untuk mengurangi dampak abrasi, pantai ini dibeton, tetapi tidak mengurangi keelokan dari pantai ini. Beton penghalang abrasi tersebut bisa digunakan sebagai tempat nongkrong untuk menikmati pesona pantai. Lokasi: Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

48. Pantai Pelabuhan
Pantai Pelabuhan itulah namanya karena berada di Jalan Pelabuhan. Di pantai ini terdapat pelabuhan rakyat sehingga namanya makin menguatkan bernama pantai Pelabuhan agar lebih mudah mengingat nama spot pantai ini. Pantai ini juga spot surfing yang sangat bagus karena memiliki ombak yang sangat bagus untuk bermain selancar. Lokasi: Jalan Pelabuhan, Dusun Pasar, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

49. Pantai Pulukan
Pantai Pulukan masih alami dengan persawahan masih menghiasi kawasan bibir pantai yang belum terjamah aktivitas investor. Pantai yang berpasir hitam ini sangat ideal untuk bermain surfing karena memiliki ombak yang sangat bagus. Pantai ini masih sepi dari kunjungan wisatawan. Lokasi: Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

50. Pantai Air Kuning
Pantai Air Kuning berada di sebelah barat dari Pantai Yeh Kuning. Pantai yang berpasir hitam ini memiliki area pantai yang landai dan luas sehingga cocok untuk aktivitas bermain bola maupun lari-lari (jogging) di pagi maupun di sore hari. Siang hari pengunjung akan melihat jukung-jukung berjejer dengan rapi di pantai ini yang menambah indah kawasan pantai ini. Lokasi: Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten jembrana, Bali.

51. Desa Wisata Batuagung
Desa wisata Batuagung menawarkan pesona keindahan alam khas pedesaan. Di desa ini terdapat perbukitan yang hijau, air terjun yang indah, dan sungai yang mengalir jernih. Uniknya di sini juga terdapat spot berfoto yang dinamai "batu belah", karena tumbuh sebuah pohon besar diantara batu yang penampakannya seperti terbelah menjadi dua. Lokasi: Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

52. Jembatan Merah Tukad Gelar
Jembatan yang berwarna merah yang membentang di atas tukad gelar sangat unik, mirip seperti jembatan kuning di payangan, jembatan cinta lembongan, dan jembatan kuning tukad unda. Dari atas jembatan wisatawan bisa melihat aliran air Tukad Gelar yang jernih. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dalam mengisi liburan. Lokasi: Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

53. Hutan Mangrove Budeng
Hutan mangrove yang ada di Desa Budeng memiliki potensi untuk dijadikan wisata alam dan edukasi. Di hutan ini merupakan habitat hewan-hewan perairan seperti kepiting, burung, udang dan lain-lain. Tempat ini benar-benar indah apalagi dikawasan ini sudah dibuatkan jembatan kayu sebagai tempat untuk sekedar berfoto-foto selama mengisi liburan ke hutan mangrove ini. Lokasi: Desa Budeng, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

54. Taman Pesisir Perancak
Tidak hanya di Desa Budeng, Di Desa Perancak juga terdapat hamparan hutan mangrove yang tumbuh dengan subur dan hijau. Uniknya, hutan mangrove di sini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diolah menjadi bahan makanan, jus, sabun dan sarana batik tulis. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

55. Konservasi Penyu Kumara Asih
Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, konservasi penyu Kumara Asih juga dapat digunakan sebagai sarana belajar. Sehingga tidak mengherankan jika pada waktu-waktu tertentu banyak wisatawan yang berkunjung ke Kurma Asih ini, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sini pengunjung dapat melihat tempat penyu bertelor dan tukik (anak penyu). Terkadang wisatawan juga diperbolehkan ikut berpartisipasi dalam melepas tukik ke laut. Lokasi: Banjar Mekar Sari, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

56. Hutan Mangrove Tuwed
Selain untuk mengurangi dampak abrasi, hutan mangrove seluas 44 ha yang berada di desa Tuwed ini mampu menarik kunjungan wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah. Apalagi di kawasan ini sudah dibangun tempat-tempat khusus untuk berfoto dengan latar belakang hutan mangrove. Lokasi: Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

57. Pantai Padang Balang
Pantai Padang Balang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Pantai yang berpasir hitam ini masih alami dengan pohon kelapa menghiasi bibir pantai. Pesona pantai ini sangat indah ketika matahari akan terbenam di ufuk barat. Lokasi: Dusun Dauh Pangkung, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

58. Monumen Pendaratan I Gusti Ngurah Rai
Monumen Pendaratan I Gusti Ngurah Rai berada di Pantai Pekutatan ini berbentuk kapal yang menceritakan tentang pendaratan pasukan I Gusti Ngurah Rai dari pulau Jawa. Dalam tugu ini, terdapat empat pejuang atas kapal dengan pose yang berbeda-beda. Nampak sosok I Gusti Ngurah Rai dengan kokohnya berdiri. Di bagian sisinya terdapat sebuah tulisan yang terpahat dalam sebuah nisan yang berbunyi “Pada Tanggal 4 April 1946 Setelah Kembali Dari Tugas Melapor Kepada Pimpinan Negara Republik Indonesia Di Yogya”. Lokasi: Pantai Pekutatan, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

59. Waterpark Giri Buana
Waterpark Giri Buana tempat yang bagus untuk rekreasi keluarga karena di sini tersedia wahana seluncuran air untuk anak-anak dan orang dewasa. Lokasi: Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

60. Rumah Panggung Loloan Timur
Di Loloan Timur terdapat rumah panggung khas suku Bugis yang jumlahnya mencapai puluhan. Rumah panggung ini menjadi destinasi wisata karena bentuknya yang unik. Selain rumah panggung, warga loloan timur masih menggunakan bahasa Melayu dalam percakapan sehari-hari, sehingga tidak jarang wisatawan dari Malaysia datang ke Loloan untuk berwisata. Lokasi: Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

61. Warung Tegal Dadong
Warung Tegal Dadong merupakan sebuah restoran yang menawarkan wisata kuliner dengan alam pedesaan dikelilingi pohon-pohon besar yang tumbuh alami. Warung ini hadir dengan konsep cita rasa masakan nusantara. Di Warung Tegal Dadong juga menyediakan kolam pancing yang berisi ribuan ikan air tawar yang lokasinya berada di tengah areal restoran. Lokasi: Jalan Pengastian, Banjar Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

62. Pesawat Terdampar
Pesawat yang sengaja di “parkirkan” di tanah lapang yang hijau ini menjadi daya tarik wisatawan. Pesawat yang berjenis Boeing 737 ini pada awalnya ingin dijadikan sebuah perpustakaan, restoran atau kafe, tapi belum terlaksana. Tempat ini kerap kali digunakan untuk tempat selfie kaula muda.

63. Gereja Palasari
Keunikan dari sebuah gereja yang berada di Palasari yakni memadukan arsitektur tradisional Bali dengan Gothic sebagai bentuk akulturasi budaya Kristen dan Hindu. Kini gereja tersebut sering menjadi tujuan wisata rohani dan ziarah oleh wisatawan yang liburan ke pulau Bali. Pada pintu masuknya Gereja Palasari, seperti halnya bangunan Pura terdapat gapura yang dinamakan candi bentar, begitu juga pada gereja ini. Bangunan gereja terdapat berbagai ornamen seni dari ukiran khas Bali, pada bagian depannya menonjolkan suasana alam Bali. Lokasi: Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

64. Kampung Muslim Air Kuning
Penduduk Desa Air Kuning merupakan warga keturunan Bugis yang datang ke Bali. Di kampung ini terdapat sumur yang jernih bernama Sumur Bajo. Di sini warga kampung Bugis hidup rukun dengan warga bali yang menganut agama Hindu. Selain keindahan akulturasi yang ada di kehidupan masyarakat Desa Air Kuning, wisatawan bisa menyaksikan keindahan lingkungan alam yang terjaga dengan rapi. Lokasi: Jalan Air Kuning, Kelurahan Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

65. Air Terjun Yeh Mecebur
Air terjun Yeh Mecebur masih asri dengan air yang jernih. Air terjun ini akan memiliki debit air yang besar pada saat musim hujan. Lokasi: Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

66. Desa Wisata Penyaringan
Desa Penyaringan menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan memukau, mulai dari keindahan pantai, sungai yang jernih dengan air terjun, dan alam perbukitan yang cocok untuk kegiatan trekking. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga karena menyediakan tempat outbound yang asik. Lokasi: Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

67. Hutan Tibu Tanggang
Hutan Tibu Tanggang merupakan kawasan hutan lindung yang masih alami dan asri. Di kawasan hutan ini juga terdapat sungai dengan air yang jernih sekali. tempat ini cocok untuk merelaksasi pikiran karena suasananya yang tenang dan nyaman apalagi didukung dengan udara yang sejuk dan bebas dari polusi. Lokasi: Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

68. Pasar Senggol Negara
Pasar Senggol Negara berada di terminal Negara. Di sini tersedia bermacam kuliner yang dibuka mulai sore hari hingga tengah malam ini. Tidak hanya itu, di pasar senggol Negara juga menjual aneka jenis pakaian dan mainan anak-anak. Lokasi: Jalan Pahlawan, Desa Dauhwaru, Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

69. Perancak Sunset Point
Sesuai dengan namanya Perancak Sunset Point merupakan tempat menyaksikan pesona matahari terbenam. Tempat ini sangat populer bagi wisatawan asing. Biasanya sebelum menginap di hotel atau villa di Bali Barat, para wisatawan asing menyempatkan diri menikmati keindahan pesona desa perancak terutama matahari terbenamnya. Lokasi: Desa Perancak, kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

70. Desa Wisata Berangbang
Di Desa Berangbang pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam perswahan yang asri dan tegalan dengan pohon kelapanya. Di desa ini juga ada peninggalan arkeologi berupa sarkofagus atau peti kubur. Selain bekerja sebagai petani, warga desa berangbang juga bekerja membuat kerajinan ingka untuk mengisi waktu senggangnya. Lokasi: Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

71. Pantai Melaya
Pantai Melaya merupakan pantai pasir hitam yang indah terutama ketika matahari akan terbenam di ufuk barat. Pantai ini merupakan pantai nelayan, di mana siang hari pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan jukung-jukung nelayan yang berjejer rapi. Areal pantai ini sangat luas sehingga sangat cocok untuk kegiatan bermain bola. Lokasi: Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

72. Pantai Larisa Candikusuma
Pantai ini bernama Larisa Candikusuma karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah tempat penginapan yang bernama Pondok Wisata Larisa yang terletak di desa Candikusuma. Untuk mengingatkan nama pantai tersebut maka wisatawan menyebutnya dengan nama pantai Larisa Candikusuma. Pantai ini juga merupakan pantai nelayan dengan pesona matahari terbenamnya yang sangat keren. Lokasi: Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

73. Kebun Raya Jagatnata Jembrana
Kebun Raya Jagatnatha Jembrana merupakan salah satu destinasi wisata unik yang memadukan fungsi konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian botani dan rekreasi. Kebun raya ini memiliki luas area sekitar 5,8 hektar dengan koleksi tumbuhan upakara (tumbuhan untuk upacara adat umat Hindu) dan Usada (tumbuhan obat tradisional Bali). Pengunjung Kebun Raya Jagatnatha dapat bersantai menikmati keindahan dan keasrian kebun raya sambil mempelajari manfaat berbagai jenis tumbuhan koleksi untuk kehidupan sehari-hari. Lokasi: Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

74. Pura Agung Jagatnatha Jembrana
Pura Agung Jagatnatha Jembrana berdiri di lahan seluas 5,8 hektar dengan tinggi bangunan kurang lebih 40 meter. Pura Agung Jagatnatha Jembrana ini sangat istimewa karena selain sebagai tempat sembahnyang, pura ini juga memiliki areal panggung yang berada di bagian depan yang sering digunakan untuk pementasan kesenian dan budaya Jembrana, seperti gong kebyar, jegog, dan lain sebagainya. Lokasi: Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

75. Agrowisata Subak Munduk Nangka
Di Agrowisata Subak Munduk Nangka pengunjung akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang indah dan berundak-undak. Spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto di areal persawahan dengan latar pegunungan yang hijau. Jika pada musim tanam padi, pengunjung akan melihat para petani menggarap sawahnya, seperti membajak sawah dan menanam padi. Lokasi: Banjar Munduk Nangka, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali

76. Monumen Perjuangan Nusa Mara
Untuk mengenang perjuangan rakyat Bali mengusir penjajah dari pulau Dewata maka pemerintah membangun monumen Nusa Mara. Di dalam monumen tersebut terdapat tulisan yang berbunyi “MONUMEN TONGGAK SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN RI 2 JUNI 1946”. Lokasi: Banjar Nusa Mara, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali

77. Candi Kusuma Love Jembrana
Candi Kusuma Love Jembrana merupakan tempat wisata baru sangat bagus untuk lokasi berfoto-foto dengan latar pantai Candi Kusuma yang indah. Lokasi: Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

78. Desa Pekutatan
Di Desa Pekutatan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Di desa ini terdapat areal persawahan yang berpotensi menjadi objek wisata yang sangat menarik karena pesona yang ditawarkannya tidak kalah menarik dengan persawahan di daerah tabanan. Selain persawahan, Desa pekutatan didominasi oleh area perkebunan (terutama perkebunan coklat dan karet) yang sangat bagus digunakan untuk tempat trakking menyusuri perkebunan warga. Di desa ini juga terdapat tempat trail adventure yang sangat populer di Bali. Lokasi: Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

79. Taman Prasasti
Taman Prasasti merupakan taman untuk bermain anak-anak dengan pepohonan yang rindang dan asri, sehingga tempat ini sangat sejuk di siang hari. Di sini tersedia arena tempat bermain seperti perosotan, ayunan, tempat duduk untuk sekedar nongrong, dan lain sebagainya. Lokasi: Desa Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

80. Jembatan Cinta Desa Penyaringan
Jembatan Cinta Desa Penyaringan merupakan sebuah jembatan gantung dengan keindahan sungai yang airnya jernih dan sawahnya yang sangat indah. Lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi untuk berfoto sefie oleh anak-anak muda. Jembatan ini memiliki panjang 64 meter dan lebar 165 cm. Lokasi: Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

81. Tubing Sungai Nusa Mara
Tubing River Nusa Mara atau meluncur bebas di aliran sungai Nusa Mara merupakan wisata yang sangat menantang. Wisata ini menawarkan sensasi yang berbeda, wisatawan selama menyusuri sungai akan menemukan air terjun tersembunyi dengan air sungai yang jernih serta memiliki pemandangan spektakuler. Lokasi: Banjar Nusa Mara, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

82. Patung Raja Pecangakan
Patung Raja Pecangakan berada di sebelah barat taman pecangakan. Patung ini menggambarkan seseorang raja yang menaiki kuda dengan membawa sebilah keris. Wisatawan menyebut patung itu dengan nama patung kuda, padahal patung itu merupakan patung seroang raja yang terkenal di jembrana. Jadi tempat wisata tersebut sarat dengan nilai-nilai sejarah. Raja yang sedang duduk di atas kuda yang membawa sebuah sejata keris dengan kaki depan kuda terangkat bernama I Gusti Ngurah Gde Pecangakan, sedangkan kuda yang ditungganginya bernama Jaran Bana Rana. Lokasi: simpang empat jalan sudirman (jalan raya gilmanuk-denpasar), jalan Mayor Sugianyar, dan Jalan Hasanudin.

83. Secret Bay Diving Gilimanuk
Gilimanuk tidak hanya terkenal dengan pesona teluknya yang sangat indah, tetapi pesona bawah lautnya juga sangat indah. Di perairan teluk gilimanuk trumbu karangnya masih bagus dan masih alami. Bagi yang suka menikamti pesona bawah laut maka teluk gilimanuk merupakan pilihan yang tepat untuk diselami. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

84. Anjungan Cerdas Rambut Siwi
Anjungan cerdas rambut Siwi berada di Rest Area Rambut Siwi. Lokasinya sangat strategis yakni berada di pinggir Jalan Raya Jurusan Gilimanuk-Denpasar. Anjungan cerdas ini dibangun untuk menekan angka kecelakaan akibat kurang isirahat dalam melakukan perjalanan. Selain sebagai tempat istirahat, Ajungan Cerdas Rambut Siwi juga menawarkan pesona yang sangat indah dengan hamparan sawah yang menyejukan mata. Lokasi: Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

85. Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat
Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat merupakan tepat kemah yang asik. Di sini tedapat hutan yang luas dan berdampingan dengan laut dekat pelabuhan laut gilimanuk dan perlindungan Jalak Putih Bali yang langka. Tempatnya nyaman untuk perkemahan, baik untuk kegiatan kemah sekolah maupun keluarga. Lokasi: Jalur Utama Jalan Raya Gilimanuk Denpasar, Banjar Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

86. Pantai Selat Bali
Pantai Selat Bali menawarkan pesona pantai yang sangat indah. Lokasi ini sangat cocok untuk mencari ketenangan karena tempatnya tidak begitu ramai dari kunjungan wisatawan. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

87. Desa Wisata Pendem
Desa Wisata Pendem menawarkan pesona alam yang indah seperti perbukitan yang hijau, air terjun, dan hutan yang masih asri. Selain wisata alam, desa pendem juga mengembangkan wisata seni seperti Kesenian Jegog, Leko, dan Bumbung. Lokasi: Kelurahan Pendem, Kecamataan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

88. Pelabuhan Nelayan Yeh Sumbul
Di Pelabuhan Nelayan Yeh Sumbul wisatawan akan disajikan pesona keindahan pantai yeh sumbul plus aktivitas para nelayan yang mencari ikan. Siang hari pengunjung akan melihat para nelayan yang menjejerkan jukung-jukungnya di pinggir pantai. Terkadang pengujung akan melihat warga sekitar yang memancing di kawasan ini. Sore hari akan disuguhkan dengan pesona matahari terbenam di pelabuhan ini. Lokasi: Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

89. Desa Wisata Perancak
Desa Perancak menyajikan banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, seperti pantai perancak dengan pohon kelapa yang melambai-lambai, perancak sunset point yang menjadi incaran turis asing, sirkuit makepung tempat diadakannya lomba makepung, hutan mangrove yang hijau dan asri, pura perancak, dan pelabuhan nelayan perancak yang unik dengan jukung-jukung nelayan yang bersandar. Sebagian besar penduduk di desa perancak bekerja sebagai nelayan. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

90. Desa Wisata Belimbingsari
Desa Wisata Belimbingsari adalah salah satu tempat wisata di bali barat yang paling unik. Keunikan yang dimiliki oleh Belimbingsari yaitu terletak pada keramah tamahan dari penduduknya. Keramah tamahan penduduk desa tersebut juga didukung dengan berbagai kondisi alam yang indah dan asri. Di sini juga ada berbagai wahana permainan atau wisata edukasi yang siap mengisi liburan wisatawan ke Bali Barat. Lokasi: Desa Belimbingsari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

91. Dermaga Nelayan Perancak
Di Dermaga Nelayan Perancak pengunjung bisa melihat aktivitas para nelayan yang pulang dan pergi melaut. Di sini wisatawan menyaksikan kapal-kapal nelayan yang berjejeran penuh warna warni. Bagi yang suka fotografi, kawasan tempat jukung-jukung bersandar dapat dijadikan objek foto yang sangat bagus. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

92. Vihara Empu Astapaka
Vihara Empu Astapaka memiliki keunikan yakni terdapat patung Buddha berwarna putih setinggi 12 meter yang berdiri di atas sebuah candi berukiran khas Bali. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

93. Taman Makam Pahlawan Ksatria Kusuma Mandala
Taman Makam Pahlawan Ksatria Kusuma Mandala merupakan objek wisata sejarah. Tempat ini merupakan tempat peristirahatan akhir para pahlawan Jembrana yang berjuang sangat gigih mengusir para penajajah dari Bumi Indonesia. Lokasi: Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

94. Sungai Ijogading
Sungai Ijogading kini sudah ditata dengan baik yakni dengan dibuatkannya jogging track di pinggiran sungai ini. Tempat ini sangat cocok untuk olahraga lari-lari di pagi hari maupun sore hari. Lokasi: Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali

95. Air Terjun Tegal Cangkring
Air Terjun Tegal Cangkring merupakan air terjun buatan karena berupa terowongan air yang difungsikan untuk saluran irigasi subak. Air yang mengalir di air terjun buatan ini sangat jernih. Lokasi: perbatasan antara Lingkungan Petapan Persidi dan Lingkungan Munduk Anyar, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

96. Wisata Atraksi Makepung
Makepung merupakan tradisi yang berada di kabupaten jembrana, bali Barat. Tradisi ini mirip seperti karapan sapi yang ada di Madura, hanya saja untuk tradisi makepung tidak menggunakan sapi melainkan menggunakan kerbau. Tradisi ini sekarang dilombakan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Bali Barat. Bagi yang penasaran ingin melihat secara langsung lomba makepung ini, silahkan datang ke bali barat pada bulan Juli - November tiap tahunnya. Lokasi: Sirkuit Makepung Delodberawah, Desa Delod Brawah, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

97. Bali Reftil Rescue Pekutatan
Bali Reptile Rescue Pekutatan merupakan sebuah organisasi non-profit yang didirikan untuk menolong dan menjaga reptil-reptil di Pulau Bali. Di sini terdapat berbagai jenis reptil yang hidup di alam bebas. Selama berkunjung ke Bali Reftil Rescue Pekutatan, pengunjung akan dipandu oleh pemandu yang kompeten di bidangnya, sehingga pengunjung benar-benar aman. Tempat ini dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak karena di sini pengunjung akan mempelajari kehidupan hewan reptil. Lokasi: Jalan Taman, Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

98. Pabrik Fermentasi Coklat Pekutatan
Kakao (coklat) yang merupakan salah satu komoditi andalan Kabupaten Jembrana. Bahkan coklat di sini sudah diekspor ke luar negeri karena kualitasnya sangat bagus. Biji coklat yang diekspor adalah biji coklat yang sudah difermentasi. Bagi wisatawan yang ingin melihat proses fermentasi biji coklat yang layak ekspor, bisa berkunjung ke desa Gumbrih. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

99. Agrowisata Kebun Karet
Di Pekutatan terdapat kebun karet yang sangat luas sekali sehingga kawasan ini dijadikan sebagai agrowisata. Di sini wisatawan bisa berkeliling menyusuri kebun karet untuk melihat aktivitas petani menyadap getah karet. Kawasan kebun karet ini sangat sejuk karena pohon karet sangat rindang, sehingga sangat bagus dikunjungi pada siang hari. Lokasi: Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

100. Agrowisata Tirta
Kolam renang Agrowisata Tirta tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, namun orang dewasa juga dapat menggunakan fasilitas yang terdapat di dalamnya. Adapun permainan anak-anak yang ada ditempat ini untuk membuat anak-anak tidak merasa bosan. Di tempat ini juga disediakan empat bale bengong untuk menaruh barang-barang saat berenang dan kolam pancing ikan gurami. Jika tidak sempat membawa pancing, di sini juga menyewakan alat pancing dengan harga yang sangat murah. Lokasi: Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Seiring perkembangan waktu, nantinya akan bermunculan destinasi wisata yang baru di Bali Barat karena Jembrana memiliki kawasan hutan dan perbukitan yang layak dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang menarik di Bali khusunya bagi yang ingin menikmati liburan di kabupaten Jembrana. Semoga liburan anda ke Bali Barat menjadi berkesan dan menyenangkan. Salam Longtriper.
Iklan