free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Melihat Sunrise Di Bali
T11/19/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Melihat Sunrise Di Bali

Iklan
Iklan

Bali memang terkenal dengan sajian budaya dan tradisinya yang sangat menarik yang menjadikan bali menjadi incaran traveler internasional. Tiap harinya, ribuan turis mancanegara menyerbu pulau yang mendapat julukan sebagai pulau seribu pura ini. Tidak hanya suguhan budaya yang menjadi magnet bagi para turis, suguhan bentang alam pulau Bali juga mampu menyihir para wisatawan. Bentang alam Pulau Bali sudah terkenal akan keindahannya hingga ke luar negeri, mulai dari pesona pantai pasir putihnya yang eksotis, air terjun yang masih alami, bentang alam perasawahanya yang berundak-undak dan menghijau, pegunungan yang hijau, asri dan sejuk, serta panorama bawah lautnya yang sangat memukau mata. 

Inilah 10 Tempat Wisata Melihat Sunrise Di Bali
Sunrise di Bali


Selain menyuguhkan atraksi budaya dan panorama alam yang sangat indah, Pulau Bali juga menyuguhkan panorama sunrise yang sangat spektakuler. Bagi “pemburu sunrise” bali merupakan surganya tempat melihat sang surya terbit di ufuk timur. Berikut Amdin bagikan dan rekomendasikan tempat melihat sunrise terbaik di Bali.

1. Pantai Sanur
Tempat paling terkenal dan populer untuk melihat sunrise di Bali berada di pantai Sanur. Pantai yang membentang sepanjang kurang lebih 6 km ini memiliki banyak spot pantai pasir putih yang sangat bagus untuk melihat matahari terbit di Bali. Setidaknya terdapat 10 titik pantai di kawasan Sanur mulai dari pantai Matahari Terbit di timur hingga Pantai Pengembak di bagian baratnya. Di pingir pantai terdapat gazebo yang sangat ideal untuk melihat sunrise sembari nongrong-nongkrong di pagi hari. Uniknya, semua titik pantai di kawasan sanur terhubung dengan jogging track yang panjangnya mencapai lebih dari 5 km. Jadi sambil lari pagi pengunjung bisa menyaksikan panorama matahari terbit yang sangat dinanti-nanti oleh para wisatawan, khususnya para fotografer.

2. Gunung Batur
Dinatara semua gunung yang ada di Bali, GunungBatur merupakan gunung yang paling populer untuk pendakian. Selain karena aksesnya yang sangat mudah, ketinggian gunung ini tidaklah terlalu tinggi yakni 1717 meter dari permukaan laut. Panorama yang disuguhkan di puncak gunung batur juga memicu gunung ini menjadi populer di kalangan para pendaki. Pesona matahari terbit sangat ditunggu-tunggu oleh para pendaki ketika sudah bisa menaklukan puncaknya. Dengan cahaya surya yang kuning kemerah-merahan, akan terlihat gunung Agung, Gunung Abang dan Gunung Rinjani dari puncak gunung berapi yang ada di kintamani ini.

3. Gunung Abang
Selain Gunung Batur, tempat terindah untuk melihat sunrise di kintamai berada di Gunung Abang. Gunung tertinggi ketiga di Bali (2.151 m) ini juga menawarkan panorama sunrise yang tidak kalah cantiknya dengan panorama sunrise di Gunung Batu Bali. Gunung yang masuk ke dalam kawasan Batur Global Geopark ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan Gunung Batur, di mana Gunung Abang merupakan bukit yang berupa hutan basah dan cemara. Dari puncak Gunung Abang tersaji panorama Gunung Batur dan Danau Batur yang ekstotis dan Gunung Agung yang terhalang oleh rimbunannya pepohonan dan juga Gunung Rinjani yang jauh di seberang Pulau Lombok. Pesona pagi di sini sangat keren, matahari terbit dengan indahnya disertai dengan kabut-kabut yang tipis, tentunya membuat para pendaki terkagun-kagum akan keindahan ciptaan Tuhan.

4. Bukit Asah
Bukit Asah atau yang sekarang bernama Taman Harmoni Bali merupkan tempat wisata baru di Karangasem Bali. Tempat wisata ini sekarang lagi ngehits di sosial media. Bahkan tempat wisata ini juga digunakan sebagai lokasi syuting iklan produk kecantikan yang sering tayang di tv nasional. Bagi yang suka berkemah, Bukit Asah merupakan tempat kemah paling populer di Bali yang sangat tepat untuk mendirikan kemah karena banyak terdapat tanah lapang dengan panorama yang sangat keren, perpaduan antara alam perbukitan yang hijau dengan panorama laut yang biru. Di kawasan ini juga tersedia jasa penyewaan tenda dengan harga terjangkau. Pagi hari para pengunjung akan disambut dengan keindahan panorama sunset yang sangat keren. Matahari akan menunjukan wajahnya yang kemerah-merahan dan momen-momen ini yang banyak tunggu-tunggu oleh para pengunjung di Bukit Asah ini. Pagi hari, ketika sang surya terbit para wisatawan bisa melihat Pulau Paus yang indah di sinari cahaya yang kemerah-merahan yang mempesona, sungguh pemandangan alam yang langka.

5. Bukit Cinta Kintamani
Tempat menarik lainnya untuk melihat sunrise di kintamani selain Gunung Batur dan Gunung Abang berada di Bukit Cinta Kintamani atau yang populer dikenal dengan nama Bukit Cinta Pinggan. Untuk bisa menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) di Bukit Cinta Pinggan, para wisatawan harus tiba di bukit tersebut sebelum pukul 06.00, karena rata-rata waktu terbit matahari di bukit tersebut sekitar pukul 06.00. Akan lebih baik jika berkemah di kawasan Bukit Cinta Pinggan atau menginap di kawasan objek wisata kintamani, tentu akan lebih mudah dan tidak perlu bangun terlalu pagi untuk menuju ke tempat ini. Untuk bisa melihat panorama sunrise terbaik di Bali ini, usahakan menghindarai musim hujan saat mengujungi objek wisata ini, agar diperoleh pemandangan sunset yang mempesona dengan background tiga gunungnya yakni Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung yang sangat indah sekali. Bulan terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit dengan kabut yang menyelimuti di bawah desa pingan sekitar bulan September – November. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya para fotografer yang berburu indahnya matahari terbit dengan pemandangan kabut di sekitar Gunung Batur, serasa kita menginjakan kaki di negeri atas awan.

6. Pantai Candidasa
Pantai Candidasa berada di Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur. Keunikan dari tempat wisata pantai Candidasa yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya di Bali yakni para pengunjung bisa menyaksikan sunset dan sunrise. Jika di pantai kuta kita hanya bisa menyaksikan sunset dan di pantai Nusa Dua hanya bisa menyaksikan sunrise, di pantai Candidasa kita bisa menyaksikan keduanya. Pada pagi hari kita akan menyaksikan sunrise sedangkan pada sore hari kita akan menyaksikan sunset. Tempat terbaik untuk melihat sunrise di pantai Candidasa berada di Tanjung Iri yang berada di sebelah timur objek wisata Candidasa. Sedangkan pemandangan sunset di pantai Candidasa terlihat lebih menarik karena matahari terlihat lebih bulat dan terbenam di antara bukit dan perairan Candidasa. Ketika matahari telah tenggelam, langit masih membiaskan warna kemerahan yang membuat suasana menjadi tambah indah.

7. Pantai Nusa Dua
Sebenarnya kawasan pantai nusa dua terdiri dari beberapa titik pantai seperti Pantai Selagan, Pantai Segara Samuh, Pantai Club Med, dan Pantai Mengiat. Semua titik pantai tersebut sangat ideal untuk melihat sunrise di Bali. Jika ingin menikmati sunrise sambil duduk santai di gazebo, datanglah ke pantai club med dan pantai segara samuh karena di kawasan ini sudah tersedia gazebo. Tidak hanya di pantai doang untuk melihat sunrise di Nusa Dua, kawasan Pulau Nusa Dharma dan Pulau Peninsula juga spot yang sangat bagus untuk melihat sunrise di Bali. Dari kedua pulau tersebut, admin sarankan untuk memilih Pulau Peninsula untuk melihat surise karena selain bisa melihat sang surya terbit dengan warnanya yang keren, di pulau ini juga terdapat tempat wisata yang sangat keren yakni Water Blow Nusa Dua.

8. Bukit Surga Karangasem
Selain Bukit Asah, tempat yang sangat ideal untuk menyaksikan panorama sunrise di Bali berada di Bukit Surga karangasem atau lebih dikenal dengan nama Bukit Surga Nampo. Bukit yang berada di Banjar Tanahampo, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Bali ini merupakan tempat wisata baru di Karangasem Bali yang sedang viral di sosial media Instagram. Para pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam perbukitan yang indah dan masih alami, dengan view persawahan yang luas dan perkebunan yang mengijau, lautan luas membentang di sebelah tenggara, dan matahari terbit. Tempat wisata bukit yang ada di Bali ini juga cocok untuk tempat mendirikan kemah karena pesona malam hari di kawasan ini sangat memukau, apalagi ketika pagi hari dengan sajian sunrise yang sangat indah.

9. Pantai Amed
Pantai Amed merupakan spot untuk menyelam dan snorkeling terbaik di Bali karena memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karangnya masih alami. Tidak hanya itu saja, pantai yang beralamat di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali ini juga menyajikan pemandangan yang spektakuler dengan suasana yang sepi dan tenang. Pantai yang memiliki garis pantai yang melengkung ini, pada siang hari pengunjung akan melihat kapal-kapal atau jukung-jukung nelayan berjejer dengan rapi di pinggir pantai, tentu ini akan menambah kecantikan pantai ini. Pada pagi hari di pantai ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sunrise yang sangat keren lho.

10. Pantai Tulamben
Spot lainnya untuk melihat sunrise terbaik di Bali selain pantai Amed berada di Pantai Tulamben. Sama seperti pantai Amed, Pantai Tulamben juga terkenal sebagai spot menyelam terbaik di Bali dengan suguhkan terumbu karangnya yang sangat indah. Pagi hari pantai Tulamben menawarkan pesona yang sangat memukau mata. Cahaya sang surya yang kemerah-merahan muncul secara perlahan-lahan dari balik cakrawala dunia, sungguh pemandangan yang ciamik. Tidak cukup dengan pesona bawah laut dan panorama di pagi hari, bentang alam pantai ini juga tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali. Bagi yang penasaran akan keindahan pantai Tulamben ketikan sunrise di pagi hari, silahkan datang ke Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.


Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata melihat sunrise terbaik di Bali. Tidak hanya menyajikan panorama sunrise yang sangat keren lho, di Bali juga merupakan tempat melihat sunset yang sangat ideal di Bali. Ada beberapa spot untuk melihat sunset tebaik di bali, salah satunya berada di pantai Kuta dan Dreamland. Untuk info lainnya silahkan baca: Inilah 10 tempat wisata melihat sunrise terbaik di Bali selain Pantai Kuta dan Inilah 10 Pantai Sunset Terindah Di Bali Selatan. Salam longtriper.
Iklan