free counter with statistics Bukit Cinta Desa Pinggan, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Kintamani
T2/04/2019

Bukit Cinta Desa Pinggan, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Kintamani


Pantai meruapakn tempat paling mudah untuk melihat matahari terbit (sunrise) di Bali. Ada banyak tempat wisata pantai yang menyuguhkan pesona keindahan matahari terbitnya seperti pantai Sanur, pantai Candidasa, dan pantai Nusa Dua. Akan tetapi, untuk menikmati indahnya matahari terbit di Pulau Bali tidak harus pergi ke pantai doang lho, tetapi bisa juga menikmatinya di daerah pegunungan. Tempat tebaik menikmati sunrise di daerah pegunungan di pulau yang mendapat julukan pulau seribu pura ini yakni di bukit cinta pinggan yang lokasinya berada di pegunungan Kintamani. 

Bukit Cinta Pinggan, Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Kintamani
Desa Pinggan pada siang hari

Untuk bisa menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) di desa Pinggan, para wisatawan harus tiba di desa tersebut sebelum pukul 06.00, karena rata-rata waktu terbit matahari di desa tersebut sekitar pukul 06.00. Akan lebih baik jika berkemah di kawasan bukit cinta pinggan atau menginap di kawasan objek wisata kintamani, tentu akan lebih mudah dan tidak perlu bangun terlalu pagi untuk menuju ke desa ini. Tetapi bagi wisatawan yang menginap di kawasan objek wisata Bali selatan, untuk dapat melihat pemandangan matahari terbit desa Pinggan Kintamani, harus bangun sekitar pukul 03.00 lho. Saran admin, lebih baik berkemah di kawasan Bukit Cinta karena sudah tersedia tempat untuk mendirikan tenda.

Bukit Cinta Pinggan berada di pegunungan Kintamani yang memiliki suhu udara mencapai 16-18 derajat Celsius, dengan suhu seperti itu tentu badan kita akan kedinginan. Disarankan untuk menggunakan jaket, celana panjang, dan sepatu ketika berkemah atau berlibur ke Bukit Cinta Pinggan. Selain itu, usahakan menghindarai musim hujan saat mengujungi objek wisata ini, agar diperoleh pemandangan sunset yang mempesona dengan background tiga gunungnya yakni Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung yang sangat indah sekali. Bulan terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit dengan kabut yang menyelimuti di bawah desa pingan sekitar bulan September – November. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya para fotografer yang berburu indahnya matahari terbit dengan pemandangan kabut di sekitar Gunung Batur, serasa kita menginjakan kaki di negeri atas awan.

Tempat wisata Bukit Cinta Pinggan berada di Desa Pinggan, Kecamatan kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dari kawasan objek wisata pantai kuta untuk menuju desa pinggan menempuh jarak kurang lebih 74 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur Tegallalang. Dari kawasan kota Denpasar menempuh jarak kurang lebih 65 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 13 menit, sedangkan jika dari objek wisata penelokan akan menempuh jarak kurang lebih 14 km atau dengan waktu tempuh sekitar 46 menit (versi google Map).

Untuk lebih memudahkan mencari lokasi Bukit Cinta Pinggan, wisatawan harus mencari objek wisata kintamani lalu ikuti jalan ke arah Singaraja. Tepat di pertigaan di Pura Puncak Penulisan ambil jalan lurus (jangan belok ke kiri). Kalau menemukan pertigaan cari jalan menuju ke Desa Pinggan (sudah ada plang petunjuk jalan) yang jalannya penuh belokan dan turunan. Tepat di sebelah kanan jalan akan terlihat sebuah anjungan yang berdiri, itulah Bukit Cinta Pinggan.

Setelah mengunjungi atau berburu matahari terbit di Bukit Cinta Pinggan, perjalanan bisa dilanjutkan untuk mengunjungi tempat wisata sekitarnya seperti belajar gunung api di  museum vulkanologi Batur, pemakaman unik di Desa Trunyan, merelaksasi diri di pemandian air panas Toya Bungkah, ataupun menikmati kuliner ikan mujair Nyat-Nyat khas kintamani.